Sponsors Link

36 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Sponsors Link

Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak dialami oleh wanita. Dari 20 penderitanya sebanyak 6% nya meninggal dunia. Para ahli memiliki pendapat, penyebab kanker payudara disebabkan hormonal dan makanan yang mempengaruhi. Makanan berlemak terutama lebih besar kemungkinan terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak banyak makan makanan berlemak. Wanita dengan perawakan tinggi besar, lebih memungkinkan terkena kanker ini dibandingkan wanita yang kurus dan pendek, kemudian keluarga yang pernah menderita penyakit ini, maka cenderung akan mendapatkan penyakit ini juga.

Sponsors Link

Beberapa kondisi wanita lainnya yang memiliki resiko kanker payudara yakni :

makanan pencegah kanker payudara

  • Wanita bertambah tua usianya
  • Wanita yang telah menderita satu kanker payudara
  • Wanita dengan riwayat keluarga pernah terkena kanker payudara seperti kakak, ibu atau bibi
  • Wanita yang belum pernah hamil
  • Wanita yang mempunyai anak pertama setelah usia 35 tahun
  • Wanita dengan riwayat penyakit payudara lain
  • Wanita saat haid pertama usianya dibawah 10 tahun
  • Wanita tidak pernah melahirkan anak
  • Wanita tidak pernah menyusui
  • Pernah melakukan terapi sulih hormon
  • Pernah melakukan progam KB dengan menggunakan pil KB dan sejenisnya dalam kurun waktu yang lama

Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

Saat mengkonsumsi makanan sehari-hari, perlulah kita menghindari makanan yang bersifat karsinogenik. Sebaliknya kita perlu memakan makanan sehari-hari pencegah kanker yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga akan melawan radikal bebas penyebab kanker untuk memberikan imunitas kepada tubuh. Selain itu faktor pemicu kanker karena kurangnya asupan sayur dan buah alami dimana memiliki serat yang tinggi. Dalam penelitian universitas California mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan sayuran dan buah secara teratur dapat mengurangi resiko kanker hingga separuhnya.

Selain antioksidan yang bersifat fitokomiawi dalam sayuran dan buah memiliki sejumlah serat kasar termasuk pada makanan pencegah kanker payudara. Dengan begitu zat-zat yang karsinogenik akan terikat dengan serta, yang kemudian dibuang melalui kotoran, sehingga hal ini dapat menyingkat waktu racun untuk transit.

Jus dan Buah-buahan

Jus dan buah-buahan penuh dengan vitamin yang penting dalam membangun imunitas tubuh.  Selain itu buah mengandung serat alami sebagai makanan pencegah kanker payudara. Serat yang diperlukan tubuh setiap harinya adalah 20-30 gram menurut National Cancer Institute, USA. Tentunya ada beberapa hal yang kita dapatkan dari manfaat jus yaitu

  • Mudah untuk dikonsumsi
  • Dapat di mix dengan buah lainnya
  • Dapat ditambah madu sehingga mengurangi rasa asam dari buah
  • Komponen bermanfaat dalam buah menjadikan konsumsi lebih maksimal misalnya ada spon putih pada jeruk yang biasanya dibuang ketika di jus mudah dikonsumsi, karena mengandung zat limone yang tinggi.

Minum 1 liter jus perhari untuk pengobatan dan pencegahan sangat dianjurkan. Beberapa buah yang disarankan

ads
1. Nama buahManfaat yang terkandung
2. ApelVitamin C yang tinggi, serat larut air terutama karoten dan pektin
3. BelimbingVitamin C tinggi, anti inflamasi
4. Jambu bijiVitamin C, 6 kali lebih banyak dari jeruk
5. Jeruk manisBioflavanoid dan antioksidan pencegah kanker, Vitamin C untuk mendukung imun tubuh, limonoids untuk sistem kekebalan tubuh
6. Jeruk lemonAntioksidan, vitamin C, disarankan untuk memakan spon putihnya juga
7. NanasAntioksidan, sacharosa, dektrosa, asam organik, anti inflamasi. Dan mengganggu pertumbuhan sel kanker
8. PepayaBetakaroten, pektin, fitokinase, papain untuk pemecah protein
9. SirsakVitamin C, serat, dan antioksidan
10. TomatVitamin C, antioksidan, lycopen sebagai penangkal radikal bebas
11. MelonZat antikoagulan, karotinoid untuk melawan kanker
12. AnggurFlavanoid antioksidan, polifenol pecyin, tannin untuk menangkal kerusakkan gen, mencegah timbulnya kanker.
13. SemangkaFlavanoid, Vitamin C

Sayuran dan Biji-bijian

Nama sayuranManfaat yang terkandung didalamnya
1. Brokoli, kubis merah, sawi, lobak dan kembang kolGlukosinoat, betakaroten, indol, isotiosianat, sulfosaran, kumarin, dan fenol sebagai anti kanker dalam makanan pencegah kanker payudara yang kaya serat
2. WortelGlutathione, Vitamin C, betakaroten, folic acid, zat antioksidan.
3. BuncisLignin, serat kasar, dan protease
4. Daun pepayaSerat kasar, vitamin A dan C, enzim papain
5. Daun singkongSerat kasar, vitamin A dan antioksidan ini juga bisa mencegah penyebab kanker usus
6. BayamSerat kasar, karotenoid, dan nitrosamin
7. TerungProtease, inhibitor
8. KedelaiGenistein, daidzen, asam fitat, saponin, fitostero, asam fenolat
9. MericaCapsaicin untuk karsinogen
10. Ketan hitam, jangung, kacang hijau, kacang merah dan kacang toloSerat kasar, vitamin

Madu dari lebah

Madu sebagai zat pemanis alami dari bahan baku nektar bunga. Kandungannya adalah :

  • Glukosa, kandungan yang tinggi berkhasiat untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat
  • Fruktosa, untuk mengurangi kerusakkan hati yang menjadi penyebab kanker hati
  • Enzim diastase dan invertase untuk mengurangi pati, protein dan glikosida yang berlebih dalam tubuh

Manfaat yang dimiliki madu sebagai makanan pencegah kanker payudara yakni :

  • Meningkatkan daya tahan dan membentuk sistem imunitas tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan luka baik luka karena kanker dan bekas operasi pengangkatan kanker
  • Royal jelly nya dapat menormalkan fungsi tubuh dan mengatur fungsi sel, sebagai antiviral dan antikanker.
  • Propolis, mengandung antibiotik, perangsang imun tubuh dan meningkatkan kerja pagosit dalam sel darah putih, juga antioksidan.
  • Bee pollem, dikumpulkan oleh lebah sebagai cadangan makanan. Kandungan betakaroten yang terdapat didalamnya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan menstabilkan proses regenerasi dan rehabilitasi sel.

 Makanan yang Mengandung Klorofil

Klorofil sdalah pigmen utama dalam pertumbuhan hijau, alga dan bakteri fotosintetik. Dalam hal ini seperti pigmen karoten, klorofil penting dalam mengaktifasi senyawa radikal yang berbahaya bagi sel. Berikut konsumsi klorofil  sebagai makanan pencegah kanker payudara dan bentukkannya :

  1. Alfa-alfa, adalah sayuran seperti tauge namun ukurannya lebih panjang dan berwarna hijau. Berfungsi sebagai antioksidan, membersihkan darah, melancarkan darah, memperbaiki pencernaan, mengatasi radang.
  2. Spirulina, adalah alga hijau biru bersel satu hidup di air tawar yang berukuran mikroskopis berbentuk spiral. Mengandung betakaroten 25 kalilipat dari wortel. Hal ini menjadi antioksidan yang sangat baik.
  3. Daun padi, yang menjadi sumber klorofil adalah tanaman berumur kurang dari 10 hari yang bebas dari residu pestisida. Untuk penyembuhan kanker, dibutuhkan 20-30 gram daun padi segar dan dicuci bersih lalu dihaluskan dengan 2 gelas air dan disaring. Air tersebut kaya klorofil yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker.

Cara Membersihkan Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah sebelum masuk ke lemari es maka perlu dibersihkan terlebih dulu. Hal ini sebagai cara aman sebelum mengkonsumsi makanan yang bisa mengandung zat pestisida, seperti berikut :

  • Mencuci sayuran dan buah dengan air yang mengalir untuk membuang kotoran dan residu yang menempel.
  • Rendam dengan garam, cuka apel atau cairan pencuci sayuran selama 10 menit. Untuk satu kilo sayuran atau buah pakai ½ bata garam atau 4-5 sendok makan cuka apel.
  • Cuci kembali dengan air bersih sehingga garam atau cairan pencuci buah tidak tersisa. Jika menggunakan cuka apel tidak boleh dicuci kembali.
Sponsors Link

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari

Sejumlah makanan diduga dapat zat kasinogenik jika dikonsumsi. Hal ini bisa menyebabkan kanker payudara, bahkan juga kanker payudara pada pria.

  1. Makanan yang mengandung tinggi lemak – Makanan tinggi protein, seperti daging berwarna merah dimana didalamnya mengandung senyawa heterosiklik yang memicu kanker. Lalu daging unggas atau daging putih yang awalnya sehat kini juga mulai dicurigai. Hal ini disebabkan unggas diternakkan tidak lagi alamiah sehingga kaya akan lemak.
  2. Makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau diasap – Pembakaran dibagian luarnya yang hangus akan menghasilkan senyawa kuinon dan benzopirene yang memiliki sifat merangsang pertumbuhan kanker.
  3. Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi dan minyak jenuh – Minyak goreng merupakan minyak jenuh dan lemak trans. Misalnya mentega, margarin dan minyak goreng bekas. Minyak goreng bekas yang telah 2 kali goreng dan berwarna kehitaman mengandung senyawa hydrogen peroksida yang merupakan radikal bebas yang sangat kuat.
  4. Daging kaleng – Makanan kaleng banyak ditambahi garam natrium nitrit untuk mengawetkan dan mempercantik. Senyawa tersebut jika berikatan dengan amino yang terkandung dalam daging akan membentuk nitrosamine yang bersifat karsinogen.
  5. Makanan beracun – Misalnya makanan yang telah tercemar racun mitoksin yang dihasilkan oleh Aspergillus flavus.
  6. Umbi-umbian – Umbi yang sudah bertunas dan berbercak kehijauan mengandung senyawa glokoalkaloid khususnya solanin dan karsonin yang bersifat karsinogen,
  7. Zat aditif – Makanan yang mengandung additives sebenarnya aman menurut takaran pemerintah, namun perlu diwaspadai jika tak sesuai takaran misalnya, makanan yang mengandung pemanis, pengawet dan ada pewarna buatan. Misalnya bakso, mi, junk food fast food dan lain-lain.
  8. Ikan basah, ikan asin dan telur asin
  9. Minuman berlakohol, soda, cokelat, kopi, dan es
  10. Buah durian dan nangka

Fakta Tentang Kanker Payudara


Penyebab Kanker Payudara paling Utama

Berawal dari mastitis, adalah infeksi yang seringkali ditemui saat ibu sedang menyusui. Diantaranya mengalami penyumbatan ketika menyusui. Jika sumbatan tak diatasi, dapat berkembang menjadi abses. Karena infeksi akan menyebabkan penyakit dikemudian hari.

Bentuk benjolan payudara

  1. Kista, kantong yang berisi cairan
  2. Fibroadenoma, merupakan pengerasan jaringan kelenjar susu
  3. Tumor jinak
  4. Kanker payudara, walau ini lebih jarang terjadi dibanding 3 hal diatas.


Gejala dan Tanda-tanda

Ciri-ciri kanker payudara bisa dilihat dengan beberapa hal berikut :

  1. Jika ada luka sulit untuk sembuh terutama daerah lidah, mulut dan bibir.
  2. Satu benjolan tidak menimbulkan rasa sakit terutama pada bibir, lidah atau payudara.
  3. Pendarahan atau keluar cairan yang tidak wajar misalnya mimisan terus menerus, batuk/ludah berdarah, cairan diantara waktu dan setelah menopause tetap keluar darah, darah dalam air kencing atau kotoran.
  4. Warna tahi lalat berubah-ubah dan mencurigakan.
  5. Sulit buang air besar atau tidak teratur.
  6. Batuk dan suara serak tidak henti-hentinya dan sukar menelan.
  7. Wajah pucat, lemas dan kurang darah.
  8. Kedengaran suara-suara dalam telinga yang menetap atau tuli.

Tanda-tanda Munculnya Kanker Payudara :

  • Ciri benjolan kanker payudara pada awalnya tidak terasa sakit
  • Kulit kemerahan yang terus menerus disekitar puting susu
  • Puting susu berdarah atau mengeluarkan cairan yang tak wajar
  • Kulit payudara menjadi bengkak dan berkerut, terdapat lekukan-lekukan dan berkerut
  • Punting susu tertarik kedalam payudara


Pencegahan Kanker Payudara

  1. Jangan merokok
  2. Jangan mengunyah tembakau
  3. Diet yang bijaksana dengan mengurangi lemak serta lebih banyak memakan serat
  4. Imunisasi hepatitis B
  5. Lakukan pemeriksaan sendiri sekali setiap bulan
  6. Setiap wanita melakukan papsmer test ke ahli ginekologi
  7. Setelah berumur 50 tahun lakukan general check up


Demikian telah kita bahas kanker payudara dan makanan pencegah kanker payudara maupun makanan yang dilarang. Berdasarkan kenyataan, banyak sekali orang yang memiliki resiko kanker memilih racikan tradisional untuk merawat dirinya, begitu juga bagi yang telah sakit kanker karena kondisi secara sosial dan ekonomi tidak mendukung juga ketidakberdayaan kondisi setiap pasien terhadap reaksi obat dan kemoterapi.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, April 2015 / 05:08 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara