Sponsors Link

Kanker Payudara Stadium 4 : Kondisi, Ciri-ciri dan Metode Pengobatannya

ads

Kanker payudara stadium 4 merupakan fase dimana sel kanker sudah sangat parah dan sangat ganas. Kemungkinan untuk penyembuhan secara total bagi pasien pun sangat kecil. Tetapi, tentu saja pasien harus tetap berusaha dan optimis untuk menyembuhkan kanker payudara tersebut.

Kondisi Kanker Stadium 4

Pada stadium 4 sel kanker mengalami fase metastasis, yaitu penyebaran sel kanker ke jaringan tubuhnya yang semakin luas. Penyebaran sel kanker akan menjalar ke kelenjar getah bening dan yang lebih berbahaya lagi sel kanker tersebut dapat menjalar ke tulang, otak, paru-paru dan hati. Bila sel kanker sudah sangat menyebar, maka bisa saja akan timbul komplikasi penyakit lainnya.

kanker payudara stadium 4

Sejauh ini, pengobatan kanker payudara stadium 4 belum tersedia obat yang spesifik untuk penyakit ini. Namun dengan menyusutnya kanker, pengobatan dapat memperlambat penyakit, membantu membuat pasien merasa lebih baik, dan membiarkan hidup lebih lama. Walaupun pasien dengan kanker payudara stadium IV dapat hidup bertahun-tahun, namun bisa mengancam jiwa setiap saat.

Ciri-ciri

Ciri-ciri kanker payudara stadium 4 merupakan kelanjutan stadium 3. Hal ini dapat terlihat dari gejala kanker payudara seperti berikut :

  • Terdapat borok pada payudara yang sangat besar.
  • Rasa nyeri yang sudah sangat terasa sakit.
  • Payudara mengeluarkan darah dan bernanah.
  • Benjolan sudah besar dan bahkan tidak diketahui ukuran pastinya.
  • Mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Terasa perih dan panas yang sangat mengganggu.
  • Berat badan yang menurun secara cepat
  • Terjadi komplikasi penyakit lainnya

Pengobatan

Ada banyak jenis kanker payudara, ada banyak jenis pilihan pengobatan. Namun tidak setiap pengobatan akan sama diberikan untuk setiap pasien. Disini beberapa daftar pilihan pengobatan kanker payudara stadium 4 yang tersedia yaitu :

Sponsors Link

1. Kemoterapi

atau pengobatan dengan obat anti kanker, sering menjadi pilihan utama untuk tahap kanker payudara stadiu 4. Hal ini dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Kemoterapi sering digunakan dalam kombinasi dengan terapi hormon atau imunoterapi. Kemoterapi biasanya akan menimbulkan efek samping seperti kebotakan, turun berat badan, dan mual-mual.

2. Terapi Hormonal

Terapi hormon dapat membantu wanita dengan kanker yang memerlukan hormon untuk tumbuh. Tamoxifen telah digunakan untuk memblokir efek estrogen selama beberapa dekade. Obat-obat baru, seperti inhibitor aromatase Arimidex, Aromasin, dan Femara, juga efektif pada wanita pasca menopause. Obat-obatan ini akan mengurangi jumlah estrogen tubuh dengan memotong pasokan estrogen dan dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

Bagi wanita yang belum mencapai masa menopause, dapat mempertimbangkan untuk pengangkatan indung telur untuk menghentikan produksi hormon. Untuk mengendalikan pertumbuhan kanker atau melalui pengobatan dengan efek yang sama.

3. Terapi Biologi

Pada sekitar 25% dari wanita dengan kanker payudara, kelebihan protein yang dikenal sebagai HER2 membuat kanker menyebar dengan cepat. Herceptin adalah obat yang telah disetujui untuk mengobati wanita dengan kanker payudara metastatik yang positif mengalami HER2. Protein ini dari membuat sel kanker tumbuh, namun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan kekuatan untuk melawan kanker itu sendiri.

4. Uji klinis

Uji klinis adalah studi penelitian dengan menggunakan obat baru atau kombinasi baru obat-obatan, yang telah disetujui untuk digunakan dalam penelitian manusia. Ujian dilakukan ketika para peneliti, mempercayai bahwa pengobatan tersebut memiliki potensi untuk menjadi lebih baik, daripada pengobatan standar saat ini.

Meskipun pikiran menakutkan tentang menjadi bagian dari studi penelitian, namun penting untuk diingat bahwa masing-masing dari perawatan standar saat ini pernah menjadi bagian dari percobaan klinis ini.

Sponsors Link

5. Operasi dan Radiasi

Tindakan pembedahan (operasi) sudah tidak mungkin dihindari oleh pasien. Sel kanker yang semakin menyebar harus segera di bersihkan dan angkat. Biasanya pada stadium 4, payudara akan diangkat semuanya. Metode operasi dan radiasi ini digunakan dalam beberapa kasus. Perawatan ini dapat membantu mengobati rasa sakit dan gejala lain di daerah di mana kanker telah menyebar.

Kanker payudara memang sangat mengerikan, terlebih lagi apa bila kanker tersebut sudah memasuki stadium 4. Sebaiknya apabila anda menyadari bahwa diri anda terkena penyakit kanker payudara segeralah lakukan tidakan pengobatan untuk mencegah penyakit tersebut semakin berkembang dan menjadi stadium 4.

6. Obat-obat lain

Beberapa jenis obat juga dibutuhkan untuk mengobati beberapa efek samping dari pengobatan kanker payudara, seperti mual, dan kelelahan.

Pencegahan

Tindakan pencegahan penyakit kanker payudara ini sebaiknya dilakukan jauh sebelum kanker payudara berada pada stadium 4 ini. Termasuk ketika penyakit kanker payudara ini baru berada pada stadium 1, 2 dan 3. Berikut ini beberapa tindakan pencegahan kanker yang bisa dilakukan :

  • Rajin berolahraga
  • Menjadi berat badan
  • Tidak makan makanan yang mengandung zat berbahaya
  • Tidak merokok
  • Tidak makan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Banyak minum air putih yang higienis
  • Makan buah dan sayuran secara rutin
  • Periksakan segera bila terdapat benjolan di payudara atau sekitar bawah ketiak

Memang tidak mudah menerima kondisi ketika kanker payudara ini, telah berada pada fase yang sangat parah. Namun, setiap usaha pasti akan mendatangkan hasil meskipun sekecil apapun.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 10th, March 2015 / 08:17 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara