Sponsors Link
     Sponsors Link

Kanker Payudara Stadium 3 : Fase Kanker, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

ads

Kanker payudara stadium 3 merupakan kelanjutan dari kanker payudara stadium 1 dan kanker payudara stadium 2. Kanker payudara stadium 3 merupakan fase dimana sel-sel kanker dalam tubuh semakin ganas dan mengerikan. Pada tahap stadium ini, sel kanker sudah semakin berkembang ke bagian tubuh lainnya di sekitar payudara. Kanker payudara stadium 3 ini, merupakan fase dimana kanker akan semakin sulit untuk ditangani dan juga peluang sembuh total yang sangat tipis.

Bila kanker payudara telah mencapai stadium 3 ini tidak segera disembuhkan, maka sel kanker ini akan semakin berkembang, meluas dan akan menjadi lebih ganas.

Fase Kanker Payudara Stadium 3

Pada penyakit kanker payudara stadium 3 memiliki 3 fase, yaitu :


Stadium 3 A

kanker-payudara stadium 3Kanker payudara stadium 3 A mempunyai ukuran benjolan lebih dari 5cm atau sudah menyebar dan mempengaruhi kelenjar limpa di tubuh. Lalu kelenjar-kelenjar limpa yang sudah terjangkit ini, akan saling merapat dan mendesak jaringan sekitarnya.

 

 

 

 


Stadium 3 B

kanker payudara stadium 3Kondisi kanker payudara pada stadium ini, dimana sel kanker sudah menjalar ke kulit, dinding rongga dada dan kelenjar limpa mamari di bawah rusuk. Pada stadium ini sel kanker dapat menyebar ke bagian lain tubuh dan akan semakin menjadi ganas.

 

 

 

 


Stadium 3 C

kanker payudara stadium 3Kanker payudara stadium 3 C, yaitu sel sudah menyebar ke titik-titik pada pembuluh getah bening dalam group N3, yaitu kanker telah menyebar lebih dari 10 titik di saluran getah bening di bawah tulang selangka.

 

 

 

 

 


Sponsors Link

Gejala-gejala

Gejala dan ciri-ciri kanker payudara stadium 3 ini merupakan perkembangan dari kanker stadium sebelumnya, yaitu stadium 1 dan kanker payudara stadium 2. Pada kanker payudara stadium 3 si penderita tidak bisa menunda pengobatan lagi. Gejala yang terjadi pada kanker payudara stadium 3, yaitu :

  • Terdapat benjolan yang berdiameter lebih dari 5cm.
  • Gelenjar getah bening sudah mulai terinfeksi sel kanker payudara.
  • Sel-sel kanker sudah melekat pada kulit payudara.
  • Warna kulit payudara berubah menjadi kemerahan.
  • Kulit payudara mengerut.
  • Terdapat proses peradangan pada kulit payudara.
  • Terdapat luka yang tidak kunjung sembuh dan mulai bernanah.

Pengobatan

Pengobatan kanker payudara yang sudah memasuki stadium 3 sebaiknya dilakukan dalam tahapan seperti berikut :

  1. kemoterapi terlebih dahulu agar wilayah yang terkena kanker bisa diperkecil baru setelah itu baru dilakukan pembedahan oleh dokter
  2. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel kanker pada payudara. Pada kanker payudara stadium 3 pembedahan sudah tidak bisa ditunda lagi.
  3. Teknik radiasi dilakukan untuk membasmi
  4. Kanker payudara pada stadium 3 ini, hanya memungkinkan penderita untuk sembuh sekitar 11,2%, akan tetapi penderita tidak boleh putus asa dan harus tetap berusaha terlebih dahulu untuk melakukan segala cara untuk menyembuhkan penyakit ini.

Metode yang digunakan dalam pengobatan kanker payudara stadium 3 ini, tidak diberlakukan sama pada setiap pasien. sebaiknya segera konsultasi dengan dokter yang ahli, untuk melakukan pengobatan yang tepat sesegera mungkin.

Pencegahan

Cara mencegah kanker payudara stadium 3 ini, untuk menghindari tingkat keparahan yang lebih tinggi yaitu :

Sponsors Link

  • Tidak menggunakan BH terlalu ketat dalam jangka waktu lama
  • Tidak mengkonsumsi rokok
  • Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman alkohol
  • Makan buah-buahan dan sayuran secara teratur. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung phyto estrogen, yaitu genistein, yang berguna mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker. Makanan yang baik dikonsumsi adalah jenis makanan olahan dari kacang-kacangan seperti tempe, tahu, dan susu kedelai murni dan harus higienis.
  • Rajin berolahraga secara teratur. Olahraga dapat dilakukan dengan yang ringan-ringan saja. Anda dapat melakukan olahraga seminggu 3 kali atau minimal 2 kali seminggu dengan waktu minimal 20 menit.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter setiap bulan.
  • Tidak makan makanan yang berlemak
  • Kontrol tingkat stres Anda. Stres yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit dalam tubuh kita.
  • Banyak minum air putih yang higienis

Cara mendeteksi stadium kanker payudara ini hanya dengan cara memeriksanya ke dokter dengan sesegera mungkin, jika mulai menimbulkan gejala kanker payudara. Karena apa bila kita tidak mengetahui secara pasti tentang jenis kanker payudara stadium 3 ini, maka sel-sel kanker bisa semakin berkembang dan berlanjut menjadi kanker payudara stadium 4.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, March 2015 / 06:47 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara