Sponsors Link
     Sponsors Link

Kanker Payudara Stadium 1 : Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatannya

ads

stadium kanker payudaraPayudara merupakan salah satu bagian intim yang sangat di  jaga oleh setiap wanita. Banyak wanita di Indonesia menganggap bahwa payudara yang indah akan meningkatkan kepercayaan diri. Maka tak heran bahwa setiap wanita harus mewaspadai bahaya kanker payudara ini, meskipun kanker payudara pada pria juga bisa juga terjadi tapi dalam skala resiko yang lebih rendah.

Sekilas Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara (Carcinoma mammae) adalah sel kanker yang menyerang jaringan-jaringan payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Biasanya kanker payudara menyerang wanita, dengan gejala yang diam-diam terjadi pada tubuh tanpa disadari. Tingkat keganasan kanker payudara di bagi menjadi stadium kanker payudara.

Pada tingkatan awal, ciri-ciri kanker payudara stadium 1 ini sebenarnya sudah dapat diketahui. berikut ini ulasan selengkapnya.

Gejala-gejala

kanker-payudara-stadium-1lg-okGejala kanker payudara stadium 1,masih sulit dideteksi, karena pada stadium ini biasanya penderita tidak terdapat rasa nyeri atau sakit pada bagian payudara ini. Akan tetapi, gejalanya sudah mulai bisa dikenali, yaitu :

  • Timbulnya benjolan kecil pada payudara atau di bawah ketiak yang berdiameter tidak lebih dari 2 cm. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri untuk penderita.
  • Jika kita menekan payudara, maka akan kerluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau.
  • Kulit payudara mengerut dan pori – pori kulit payudara menjadi kasar.

Cara mengetahui gejala kanker payudara ini, dapat dilakukan dengan pengecekan dini sendiri, seperti berikut :

  1. Kenali bentuk payudara, bandingkan bentuk payudara ketika kita meletakkan kedua tangan di atas kepala dan tangan di pinggang.
  2. Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  3. Rabalah payudara dengan menggukan permukaan jari dengan sedikit di tekan. Anda dapat melakukan pola memutar dan naik turun saat menekan dan meraba payudara Anda.
  4. Tekan putting secara perlahan dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  5. Periksalah daerah payudara, ketiak, dan tulang dada dalam posisi berbaring.
  6. Lakukanlah langkah yang sama pada payudara kanan
Sponsors Link

Lakukan langkah-langkah pengecekan dini pada waktu seminggu setelah masa mentruasi. Seminggu setelah masa mentruasi, biasanya hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Pada saat itulah pengecekan dini dapat lebih mudah dilakukan. Lakukanlah pengecekan payudara ini secara rutin, setiap bulannya.

Penyebab

Banyak dari wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terkena kanker payudara. Maka, sebagai seorang wanita sebaiknya kita waspada terhadap yang terjadi pada diri kita. Agar kita dapat terhindar dari kanker payudara maka kita harus mengetahui betul apa saja yang menjadi penyebab kanker payudara, terutama pada level awal stadium 1 ini :


1. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi dimana kita memiliki berat badan yang sangat berlebih. Obesitas ini membuat kita susah beraktivitas dan badan akan terasa berat. Penderita obesitas memang sangat rentang terhadap banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker payudara.

2. Kandungan lemak

Lemak yang berlebih dalam tubuh kita juga dapat menimbulkan masalah. Kandungan lemak dalam tubuh kita menjadi salah satu faktor penting sebagai penyebab terjadinya kanker payudara. Lemak berlebih pada tubuh yang semakin lama semakin menumpuk bisa saja menumpuk di bagian kelenjar payudara, yang selanjutnya dapat menimbulkan kanker payudara.

Menurut Willet, dalam studinya menyatakan bahwa kandungan lemak berhubungan dengan risiko kanker payudara pada wanita umur 34 tahun sampai 59 tahun.

3. Faktor genetika (riwayat keluarga)

Untuk para wanita yang memiliki keluarga penderita kanker payudara maka, ia juga memiliki faktor resiko terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan wanita lainnya.

Penelitian

Sebuah studi menyatakan bahwa penyakit kanker payudara mempunyai keterkaitan atau hubungan dengan gen tertentu. Bila seseorang berusia 50 tahun terdapat BRCA 1 (suatu gen penurun kanker payudara) maka kemungkinan ia terkena kanker payudara adalah sebesar 60%. Sedangkan pada usia 70 tahun kemungkinana terkena kanker payudara adalah sebesar 85%, dan 60% wanita terkena kanker payudara adalah usia 60 tahun. Serta pada usaia 75 tahun adalah usia yang sangat rentang terkena kanker payudara.

4. Radiasi dari ionisasi

Radiasi ionisasi merupakan gelombang elektromagnetik dari suatu benda yang kemudian dapat diserap oleh benda lain. Gelombang elektromagnetik itu sendiri berupa gelombang radio, cahaya inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, dan X-ray. Radiasi ionisasi ini juga dapat diserap oleh tubuh manusia dan mengganggu sistem biologi pada tubuh kita. Salah satu gangguan biologi yang ditimbulkan adalah penyakit kanker payudara. Hal ini seperti radiasi hp yang menyebabkan kanker otak.

5. Penyakit fibrokistik

Penyakit fibrokistik adalah perubahan bentuk payudara yang ditandai dengan adanya benjolan tumor lunak dan jinak pada payudara. Benjolan inilah yang dapat berubah menjadi kanker payudara bisa tidak segera diobati.

6. Faktor reproduksi

Faktor reproduksi yang menjadi risiko terkena penyakit kanker payudara seperti nuliparitas, menarche pada umur muda, menopause pada umur lebih tua, dan kehamilan pertama pada umur tua. Semakin bertambahnya umur, maka semakin bertambah juga risiko terkena kanker payudara.

Rentang Waktu antara haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan window of initiation perkembangan kanker payudara. Pada saat itu secara anatomi dan fungsional, payudara akan mengalami perubahan dan rentan terkena kanker payudara

7. Penggunaan hormon

Hormon yang mempunyai risiko dengan penyakit kanker payudara adalah horman estrogen. Harvard School of Public Health melaporkan bahwa para pengguna terapi estrogen replacement terdapat peningkatan kanker payudara. Suatu analisa juga menyatakan bahwa wanita yang menggunakan obat kontrasepsi oral memiliki risiko terkena kanker payudara pada usia menopause.

8. Konsumsi makanan tidak sehat

Makanan yang berkembang pada zaman sekarang sangatlah bervariasi. Makanan yang berwarna cerah biasanya sangat diminati dan menggoda selera. Tetapi, kita harus waspada terhadap makanan yang ada pada saat ini. Makanan yang mengandung zat berbahaya seperti boraks dan pewarna tekstil dapat menimbulkan penyakit kanker payudara, termasuk jenis kanker lainnya.

Pencegahan

Mencegah adalah tindakan yang paling bijaksana dari pada kita harus mengobati. Cara mencegah kanker payudara ini harus dilakukan sedini mungkin, terutama untuk menghindari kanker payudara stadium 1, yaitu :

Sponsors Link

  • Melakukan olahraga rutin
  • Tidak makan makanan yang mengandung banyak lemak
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh
  • Minum air putih yang higienis
  • Makan buah dan sayur dengan rutin, dan
  • Minum obat pencegah sel kanker (harus konsultasi dahulu dengan dokter).

Pengobatan

Pengobatan kanker payudara stadium 1 yang dilakukan dengan tindakan medis yaitu indakan bedah, kemoterapi, dan terapi radiasi.

  • Bedah, dilakukan untuk mengangkat benjolan paFda payudara
  • Kemoterapi, dilakukan untuk membunuh sel kanker dengan cara mengkonsumsi obat anti kanker tertentu ke dalam tubuh. Kemoterapi ini menimbulkan efek rontoknya rambut, mual, dan kelelahan pada penderitanya.
  • Terapi radiasi, adalah tindakan menembak benjolan dengan energi sinar  yang tinggi untuk membunuh sel-sel kanker.

Kondisi kanker payudara stadium 1 ini, juga masih dapat memungkinkan untuk diobati dengan cara alami yaitu dengan cara mengkonsumsi campuran ekstrak kulit manggis, daun sirsak, apel dan madu. Campuran ekstrak kulit manggis, daun sirsak, apel dan madu dipercaya mampu menghancurkan sel-sel kanker payudara. Ekstrak kulit manggis mempunyai sifat antiproliferasi yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak itu juga bersifat apoptosis yang berguna membantu penghancuran sel kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 10th, March 2015 / 04:10 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara