Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 3 Sesuai Fase

Sponsors Link

Penyakit kanker payudara merupakan penyakit yang sangat ditakuti, dan menjadi penyakit mematikan nomor dua setelah kanker rahim. Seperti penyakit kanker lainnya, kanker payudara juga terbagi dalam beberapa stadium. Kanker payudara stadium 3 memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi dari kanker payudara stadium 1 dan kanker payudara stadium 2. Sementara itu, pada tahap stadium 3 kanker payudara terbagi dalam 3 fase, yang memiliki ciri berbeda pula. Pada tahap stadium 3 sel kanker tidak hanya terdapat di payudara saja, namun telah menyebar ke organ lain dan jaringan di sekitarnya. (Baca Juga: Apakah Kanker Payudara Menular Atau Tidak)

Sponsors Link

Penyebab Terjadinya Kanker Payudara

Penyakit kanker terjadi akibat pertumbuhan sel secara abnormal yang dapat menyebar ke seluruh tubuh, termasuk kanker payudara.  Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kanker payudara, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Faktor genetik
  2. Faktor usia
  3. Faktor gaya hidup
  4. Alat kontrasepsi
  5. Obesitas
  6. Terpapar radiasi
  7. Penggunaan deodoran

(Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya , Kanker Payudara Stadium 4)

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 3

Kanker payudara sebenarnya sudah memiliki ciri dan gejala sejak stadium awal, namun seringkali kita tidak menyadarinya dan akhirnya terabaikan begitu saja. Setelah memasuki stadium lanjut seperti stadium 3 barulah diketahui kalau di payudara terdapat sel kanker. Tentu saja jika sudah pada tahap ini si penderita tidak boleh menunda pengobatan untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk. Berikut ini adalah ciri-ciri dari kanker payudara stadium 3 yang harus diketahui.

1. Terdapat benjolan yang diameternya sudah lebih dari 5 cm

Benjolan ini terdapat di kelenjar mamary internal di sekitar payudara. Biasanya benjolan sebesar ini mulai dirasakan pada fase 3A, namun bisa juga baru mulai terasa saat sudah memasuki fase 3B. Benjolan bisa terasa keras namun bisa jadi lunak. (Baca Juga: Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara , Makanan Pencegah Kanker Payudara)

2. Sel kanker payudara sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening, ketiak dan otot dada

Sel kanker yang semakin ganas akan mulai menyebar ke sel lain di sekitarnya. Dan yang paling umum adalah menyebar ke kelenjar getah bening. Pada awalnya kelenjar getah bening yang diserang adalah yang berada di ketiak, otot dada dan lengan atas. Namun lama kelamaan akan menjalar hingga ke kelenjar getah bening di area tulang selangka. (Baca Juga: Makanan Pemicu Kanker Payudara , Gejala Awal Kanker Payudara Pada Wanita)

3. Terdapat peradangan, luka dan nanah

Pada kanker payudara stadium 3 mulai muncul luka yang tidak kunjung sembuh dan munculnya nanah pada luka tersebut. Adanya peradangan yang ditimbulkan dari luka tersebut akan memberikan rasa nyeri yang luar biasa di sekitar area payudara.  (Baca Juga: Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki , Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1)

4. Payudara mengerut dan kulit pada payudara terlihat kemerahan

Saat sel kanker menyebar dan meliputi seluruh bagian payudara, maka pada kulit payudara akan terlihat kemerahan. Payudara juga akan mengerut dan volumenya berbeda. Biasanya pasien akan merasakan berat kedua payudara tidak lagi seimbang. Puting juga akan berubah arah, biasanya puting akan masuk ke dalam payudara. (Baca Juga: Bahaya Kanker Payudara , Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh)

Sponsors Link

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 3 Berdasarkan Fasenya

Kanker payudara stadium 3 terbagi ke dalam 3 fase, yaitu fase 3A, fase 3B dan fase 3C. Ketiga fase tersebut juga memiliki ciri masing-masing yang menunjukkan perkembangan sel kanker sudah sampai sejauh mana. Mengetahui ciri-cirinya sangat penting untuk menentukan langkah pengobatan yang tepat sesuai dengan fase dan tingkat keparahannya.

  1. Fase 3A

Pada fase 3A yang merupakan tahap lanjutan dari stadium 2, sel kanker membentuk benjolan pada kelenjar getah bening mamaria interna yang ukurannya lebih dari 5 cm. Sel kanker juga telah menyebar ke kelenjar limfa atau kelenjar getah bening aksila yang terdapat di sekitar ketiak. Sebanyak 87% diketahuinya pasien menderita kanker payudara setelah berada di fase ini. Sel kanker telah semakin banyak dan menekan sel normal lainnya yang berada di dekatnya. (Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kanker)

Pada fase ini juga setidaknya sekitar 4 sampai 9 kelenjar getah bening di sekitar payudara sudah terserang sel kanker yang mulai menyebar. Kelenjar getah bening yang paling dekat adalah yang terdapat di ketiak, leher dan dekat tulang dada. Karena itu dalam pengobatan kanker payudara pada fase ini bisa dilakukan kombinasi dari beberapa cara pengobatan, dan kelenjar getah bening ikut bagian dalam pengobatan tersebut. (Baca Juga:  Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker)

2. Fase 3B

Fase 3B adalah lanjutan dari fase 3A. Sel kanker sudah hampir memenuhi seluruh bagian payudara. Bahkan hingga ke kulit, otot dada, tulang rusuk dan dinding dada. Selain itu lebih dari 9 titik kelenjar getah bening telah diliputi oleh sel kanker. Dinding dada mulai membengkak dan mulai muncul luka yang menghasilkan nanah dan keluar dari puting. Bahkan sel kanker sudah ditemukan pada bagian tubuh yang lain, seperti misalnya pada lengan atas atau organ penting lainnya di dalam tubuh. (Baca Juga: Manfaat Vitamin E Untuk Pengobatan Kanker)

3. Fase 3C

Pada fase 3C, sel kanker telah menjadi sangat ganas. Sel kanker telah menyebar lebih jauh dan dapat ditermukan di seluruh kelenjar mamary internal, kelenjar getah bening aksila hingga kelenjar getah bening di dekat tulang selangka. Sel kanker telah menyebar ke lebih dari 10 titik kelenjar getah bening yang termasuk dalam kelompok N3. Dikarenakan seluruh bagian payudara telah dipenuhi sel kanker, kemungkinan pada fase ini pengangkatan payudara akan dilakukan.  (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya)

Tindakan Pengobatan

Kanker payudara stadium 3 masih bisa disembuhkan asalkan mau menjalani rangkaian proses pengobatan secara lengkap hingga pasien dinyatakan sembuh. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan metode pengobatan mana yang paling tepat untuk dilakukan. Beberapa tindakan medis yang dapat dilakukan untuk pengobatan kanker payudara stadium 3 yaitu:

Sponsors Link

Tindakan Pencegahan

Untuk mencegah sel kanker payudara berkembang menjadi stadium 3, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Tindakan tersebut antara lain:

  • Menghindari rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif
  • Hindari menggunakan BH yang terlalu ketat
  • Jauhi makanan yang tinggi lemak dan minyak
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang kaya vitamin C
  • Rutin berolahraga
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup
  • Hindari stres dan beban pikiran, karena stres dapat menurunkan imunitas tubuh dan memperburuk penyakit yang ada di dalam tubuh.

(Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara , Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini)

Penyakit kanker payudara merupakan penyakit yang cukup serius, dan usahakan untuk mendeteksinya sedini mungkin agar kemungkinan untuk sembuh semakin besar. Terapkan pola hidup yang sehat untuk mencegah berkembangnya sel kanker. Selain itu mengkonsumsi makanan pencegah kanker sebaiknya dilakukan secara rutin, dan segera periksakan diri ke dokter jika merasakan gejala yang aneh pada tubuh.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, May 2017 / 00:49 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara