Sponsors Link

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 – Cara Diagnosa dan Pencegahannya

ads

Kanker payudara merupakan penyakit yang ditimbulkan karena sel – sel kanker menyerang jaringan payudara. Penyakit ini merupakan jenis penyakit kanker paling umum yang dialami oleh kaum wanita, meskipun pria pun dapat terserang penyakit ini namun kemungkinannya lebih kecil. Seperti penyakit kanker lainnya, kanker payudara disebabkan oleh sel yang telah kehilangan kendali sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal dan menyerang jaringan organ tubuh di sekitarnya. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Pria , Bahaya Kanker Payudara).

Dalam pertumbuhannya, kanker payudara memiliki tahapan atau stadium yang mungkin akan dialami. Pada stadium awal, gejala – gejala yang dialami sulit untuk diidentifikasi dan cenderung terasa ringan, sehingga banyak orang yang tidak menyadari adanya penyakit kanker pada payudaranya. Lain halnya pada kanker yang telah mengalami stadium akhir, gejala – gejala yang timbul semakin terasa dan bahkan bisa saja menyebabkan kematian bagi penderitanya. (Baca juga: Kanker Payudara Stadium 4 , Apakah Kanker Payudara Menular atau Tidak ?)

Pada kanker payudara stadium 1 atau awal, ciri – cirinya masih terlihat ringan. Ketika berada dalam kondisi ini, benjolan yang terjadi pada kanker payudara diketahui berukuran 2 cm atau lebih kecil. Selain itu, benjolan tersebut belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Akan tetapi jika tidak segera ditangani maka tahap pertumbuhan kanker akan semakin parah. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui ciri – ciri yang diindikasikan sebagai gejala dari kanker payudara stadium 1. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Gejala Awal Kanker PayudaraKanker Payudara Stadium 1  )

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

  1. Adanya benjolan pada payudara

Apabila pada payudara terdapat benjolan, dapat dipastikan bahwa hal tersebut menjadi ciri adanya penyakit kanker payudara, meskipun tidak semua benjolan yang timbul merupakan gejala penyakit kanker payudara. Pada stadium 1, benjolan ini tidak terasa sakit. Namun jika dibiarkan begitu saja benjolan tersebut akan membesar dan menimbulkan rasa sakit. (Baca juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya ).

  1. Terjadi perubahan warna kulit pada payudara

Selain adanya benjolan, penyakit kanker payudara dapat dikenali dari timbulnya perubahan warna kulit di payudara. Banyak orang yang mengartikan bahwa perubahan warna kulit tersebut timbul karena adanya infeksi pada kulit. Namun kita perlu waspada karena perubahan warna kulit tersebut merupakan pertanda terjadinya penyakit kanker payudara. Warna yang timbul pada kulit payudara akibat adanya kanker payudara adalah warna kemerahan, sama seperti adanya iritasi pada kulit. (Baca Juga: Gejala Awal Terkena Kanker Kulit , Ciri-ciri Kanker Kulit)

sponsored links

  1. Timbul rasa sakit pada puting

Pada kanker payudara stadium 1, gejala yang akan dirasakan yaitu timbul rasa sakit atau nyeri pada puting. Rasa nyeri ini akan menyebabkan keluarnya cairan yang tidak normal dari puting. Perlu dipastikan bahwa hal ini merupakan ciri – ciri dari kanker payudara.

  1. Adanya benjolan pada ketiak

Apabila sel kanker menyebar ke ketiak, maka akan timbul benjolan pada ketiak pula. Hal ini dikarenakan jaringan payudara meluas sampai ke ketiak. Benjolan ini terdapat pada ketiak bagian bawah. Benjolan pada ketiak ini mengindikasikan adanya penyakit kanker payudara yang menyebar ke ketiak. (Baca Juga: Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening)

  1. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Selain perubahan warna kulit, orang yang mengidap penyakit kanker payudara akan mengalami perubahan ukuran dan bentuk payudara secara tiba – tiba. Hal ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada jaringan payudara yang disebabkan oleh sel – sel kanker.

  1. Adanya kerutan di sekitar payudara

Selain perubahan bentuk, akan terdapat kerutan di daerah sekitar payudara. Hal ini perlu diwaspadai karena kerutan yang timbul bisa saja disebabkan oleh adanya penyakit kanker payudara.

Untuk mengenali adanya penyakit kanker payudara yang menyerang tubuh, ada baiknya jika dilakukan diagnosa pada stadium awal. Diagnosa ini akan membantu dalam menghasilkan informasi yang lebih akurat untuk mendeteksi kanker payudara. Ada beberapa cara diagnosa yang dapat dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut. (Baca juga: Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai , Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh).

Cara Diagnosa Kanker Payudara

  • Mammogram. Mammogram merupakan metode yang dilakukan dengan cara pemindaian menggunakan x – ray. Metode ini dinilai ampuh untuk mendeteksi adanya penyakit kanker payudara dalam tubuh. Hasil dari diagnosa ini berupa gambar x – ray dari payudara untuk mengetahui jaringan yang ada di dalamnya. (Baca Juga: Cara Diagnosis Kanker Otak , Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)
  • Biopsi. Metode ini biasanya digunakan untuk orang yang diduga mengidap penyakit kanker payudara. Metode ini digunakan untuk menindaklanjuti hasil pemindaian dan gejala yang mungkin dirasakan untuk mengetahui adanya sel kanker payudara pada jaringan payudara. Proses dalam pemeriksaan ini meliputi pengambilan sampel dari sel payudara untuk selanjutnya diuji guna mengetahui sifat dari sel tersebut.
  • USG. USG merupakan metode pemeriksaan yang berguna untuk mengetahui dan memastikan bentuk dari benjolan yang ada dalam payudara. Benjolan yang terlihat dapat berbentuk padat atau bentuk benjolan yang mengandung cairan di dalamnya. (Baca Juga: Gejala Kanker Mata)
  • Pada saat didiagnosa terkena penyakit kanker payudara, diperlukan beberapa pemeriksaan lainnya untuk mengetahui stadium dari kanker tersebut, seperti Rontgen dada, MRI, dan CT Scan.
  • Pemeriksaan tulang untuk mengetahui adanya penyebaran sel kanker pada tulang yang ada di sekitarnya. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Tulang Wajib Diketahui)
  • Biopsi untuk kelenjar getah bening di ketiak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebaran sel kanker pada kelenjar getah bening yang ada di ketiak. (Baca Juga: Biopsi Kanker)

Selain pemeriksaan yang dilakukan secara medis, keberadaan kanker payudara dapat dideteksi oleh orang itu sendiri. Bagi wanita, pemeriksaan ini dapat dilakukan seminggu setelah mengalami menstruasi. Hal ini disebabkan karena pada kondisi tersebut hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah, sehingga memudahkan dalam melakukan diagnosis. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan tersebut adalah sebagai berikut. (Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Payudara , Ciri-ciri Kanker Payudara)

Cara Melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri)

  • Perhatikan kondisi payudara pada saat kedua tangan diposisikan berada di atas kepala dan kedua tangan diposisikan berada di pinggang.
  • Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  • Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara. Pastikan tangan menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan dapat berupa gerakan dengan arah memutar, arah naik dan turun, serta arah keluar dan masuk area puting. Hal ini harus dilakukan setiap bulannya dengan pola gerakan yang sama.
  • Menekan setiap puting secara lembut dan memperhatikan ada atau tidaknya cairan yang keluar dari puting.
  • Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak, serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
  • Hal tersebut di atas harus dilakukan pada kedua payudara.

Kanker payudara yang berada pada stadium awal memang cukup sulit untuk diketahui dan dirasakan gejalanya. Agar tahapan kanker payudara tidak semakin parah, maka ada baiknya jika kita melakukan pencegahan. Pencegahan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sejak dini, meskipun kita tidak terdiagnosa mengidap penyakit kanker payudara. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini ).

Sponsors Link

Cara Mencegah Kanker Payudara

1. Hindari meminum alkohol

Alkohol yang dikonsumsi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Jika Anda merupakan orang yang memiliki kecanduan terhadap alkohol, sebaiknya kurangi jumlah alkohol yang diminum. Karena dalam alkohol ini terdapat zat yang disebut karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh. Ada baiknya jika alkohol tersebut dihindari. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut Paling Utama , Jenis Makanan Pemicu Kanker Serviks)

2. Hindari merokok

Sudah banyak dibuktikan jika merokok menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya, termasuk kanker payudara. Sebaiknya, hindari rokok tersebut meskipun Anda merupakan perokok pasif. Untuk perokok aktif, ada baiknya jika hal tersebut dikurangi dan lebih baik lagi jika dihindari. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)

3. Mengatur berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu timbulnya kanker dan meningkatkan risiko terkena kanker. Sebaiknya, atur pola makan dan harus lebih sering mengkonsumsi makanan yang sehat serta rendah lemak. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar)

4. Olahraga secara teratur

Sudah sangat jelas jika olahraga yang teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu, agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit lakukan olahraga secara teratur. Karena hal ini pun dapat mengatur berat badan dengan baik. (Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Otak)

5. Bagi ibu yang menyusui

Adanya peranan penting menyusui dalam mencegah penyakit kanker. Hal ini dinilai sangat efektif dalam upaya pencegahan penyakit kanker. Semakin lama menyusui, maka semakin besar efek perlindungan terhadap penyakit kanker payudara.

Itulah pemaparan mengenai ciri – ciri dari kanker payudara stadium 1 atau stadium awal. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara).

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 23rd, October 2016 / 15:50 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara