Sponsors Link
     Sponsors Link

Benarkah Susu Kedelai Penyebab Kanker Payudara ?

ads

Siapa yang tidak mengetahui susu kedelai? Susu atau sari kedelai ini merupakan minuman yang dibuat dengan bahan dasar dari kacang kedelai. Minuman ini banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita, baik di pasar tradisional, di warung, pedagang keliling, hingga supermarket. Banyak orang yang mengonsumsi minuman ini. selain rasanya yang enak, juga karena minuman ini mengandung banyak manfaat dan bisa dijadikan sebagai pengganti susu. Bagi yang alergi susu sapi, bisa diganti dengan mengonsumsi susu kedelai ini. (Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kanker , Manfaat Vitamin E Untuk Pengobatan Kanker)

Kandungan Gizi atau Nutrisi yang Terdapat pada Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari bahan sari kedelai tentu saja mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Kacang kedelai sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai banyak kandungan nutrisi untuk tubuh. Berikut ini merupakan daftar rinci kandungan nutrisi ynag terdapat pada susu atau sari kedelai dengan jumlah yang diteliti adalah 100 gram:

  1. Energi sebanyak 41 kkal
  2. Protein sebanyak 3,5 gram
  3. Lemak susu sebanyak 2,5 gram
  4. Karbohidrat susu sebanyak 5 gram
  5. Kalsium sebanyak 50 mg
  6. Fosfor sebaniyak 45 mg
  7. Zat besi sebanyak 1 mg
  8. Vitamin A sebanyak 200 IU
  9. Vitamin B1 sebanyak 0,08 mg
  10. Vitamin C sebanyak 2 mg

(Baac Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker)

Nah itulah daftar nutrisi atau gizi yang terdapat pada susu atau sari kedelai. Cukup lengkap bukan? Maka dari itu mengonsumsi susu atau sari kedelai ini akan menambah nutrisi pada tubuh kita. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara , Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini)

Susu atau sari kedelai memanglah minuman yang cukup populer di masyarakat. Banyak orang yang menyukai minuman ini, namun ada pula yang tidak terlalu menyukainya. Berbicara mnegenai susu kedelai ini, beredar kabar yang ada di masyarakh bahawasannya susu kedelai ini merupakan salah satu minuman yang menyebabkan timbulnya kanker payudara. Namun, banyak pula yang tidak mengetahui adanya kabar ini. lalu sebenarnya, apakah memang benar bahwa susu kedelai ini menyebabkan kanjer payudara? Ataukah hanyak mitos belaka? Artikel ini akan membahas mengenai kabar yabg beredau tersebut. (Baca Juga: Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki , Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1)

Sponsors Link

Mitos dan Fakta Susu Kedelai Merupakan Pemicu Kanker Payudara

Kedelai merupakan salah satu dari ribuan jenis kacang- kacangan di dunia. Dari ribuan jenis kacang- kacangan terseut, kedelai lah yang paling popuer di kalangan masyarakat. Lalu, mengenai kabar bahwa kacang kedelai bisa memicu terjadinya kanker payudara ini ternyata belum mempunyai bukti sama sekali. Hal ini hanyalah sebuah dugaan dari logika manusia. Lalu Benarkah Susu Kedelai Penyebab Kanker Payudara ? (Baca Juga: Bahaya Kanker Payudara , Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh)

Dugaan mengenai kedelai bisa memicu kanker payudara ini karena adanyak kandungan fitoestroge yang ada pada kacang kedelai. Karena adanya kandungan ini maka zat yang ada di dalam tubuh anusia bisa meniru hormon estrogen. Dan hal inilah yang dicurigai akan menjadi pemicu adanya kanker payudara, mengingat hormon estrogen merupakan bahan bakar untuk membuat kanker payudara. (Baca Juga: Makanan Pemicu Kanker Payudara , Gejala Awal Kanker Payudara Pada Wanita)

Namun, kecurigaan tersebut ternyata tidak bisa dibuktikan dengan ilmiah atau penelitian. Bahkan pengujian dengan ilmiah atau penelitian justru menemukan sebaliknya. Hasil penelitian adalah kedelai dapat menurunkan resiko seseorang terjangkit kanker payudara. Beberapa negara  telah melakukan penelitian terhadap hal ini dan menemukan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi makanan tang berbahan dasar kedelai justru mempunyai resiko terkena kanker payudara yang lebih kecil daripada wanita yang jarang mengonsumsi kedelai ini. Negara yang melakukan penelitian ini antara lain adalah Inggris dan Amerika, dimana yang menjadi objek penelitian adalah wanita Asia dan Wanita Cina. (Baca Juga: Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara , Makanan Pencegah Kanker Payudara)

Sponsors Link

Kedelai justru diatakan sebagai makanan yang mencegah terjadinya kanker karena di dalam kedelai terkandung sebuah senyawa yang bernama isoflavon. Senyawa ini merupakan senyawa yang mempunyai pengaruh biak bagi tubuh manusia selama dikonsumsi adalam jumlah yang tepat. Pada saat estrogen di dalam tubuh tinggi, isoflavon yang terdapat dalam kedelai ini tidak akan merusak etrogen yang alami di dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kanker payudara.dan mengonsumsi kedelai serta makanan lain yang berbahan dasar kedelai tidak akan menyebabkan meningkatnya resiko terjangkitnya kanker payudara. (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya , Kanker Payudara Stadium 4)

Penelitian tersebut telah membawa kavar baik bagi kita semua, khususnya bagi para perempuan yang menggemari olahan kacang kedelai. Namun, penelitian tersebut juga mempunyai kelemahan. Salah satu dari kedua penelitian tersebut adlah objek yang diteliti adalah sama- sama wanita Asia. Maka kita tidak megetahui apakah hasil yang sama juga akan dialami oleh wanita- wanita di luar Asia. Namun, dengan adanya kedua penelitian tersebut sudah cukup melegakan. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 3 , Kanker Payudara Stadium 2)

Berdasarkan informasi yang demikian ini maka dapat dikatakan bahwasannya kabar mengenai susu kedelai atau sari kedelai ataupun makanan lain yang berbahan dasar kedelai dapat memicu terjadinya kanker payudara adalah sebuah mitos belaka. Jadi, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi apabila ingin mengonsumsi susu atau sari kedelai ini. Jika Anda menginginkan manfaatnya, justru harus mengonsumsi susu atau sari kedelai ini, namun dengan catatan bahwa jumlah yang dikonsumsi itidak boleh terlalu berlebihan. Karena jumlah yang berlebihan tidak akan membawa dampak baik, justru akan membawa dampak yang buruk. Semoga artikel ini membawa pencerahan bagi Anda yang belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat. (Baca Juga: Apakah Kanker Payudara Menular Atau Tidak ?

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 08th, January 2017 / 13:31 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara