Sponsors Link
     Sponsors Link

4 Bahaya Kanker Payudara yang Perlu di Waspadai

ads

Kanker payudara merupakan suatu penyakit dimana sel-sel kanker menyerang jaringan payudara. Kanker ini dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria, meskipun perbandingan pria untuk terkena penyakit ini lebih kecil dibandingkan dengan wanita. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Pada Pria)

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker yang bisa mematikan penderitanya. Sama seperti penyakit kanker lainnya, kanker payudara juga memiliki tingkatan atau stadium. Jika tidak ditangani dengan cepat dan segera, penyakit ini akan semakin parah dan bahkan menyebabkan kematian. (Baca juga: Apakah Kanker Payudara Menular atau Tidak , Gejala Awal Kanker Payudara)

Belum diketahui secara spesifik mengenai penyebab kanker payudara. Salah satu penyebabnya adalah faktor keturunan. Kita perlu mengetahui apakah kita berpotensi mengidap penyakit kanker payudara ini atau tidak. Jika memang berpotensi, perlu diwaspadai segala gejala yang mungkin akan terjadi. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai bahaya dari kanker payudara, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab kanker payudara secara umum. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Stadium Kanker Payudara , Ciri Ciri Kanker Payudara).

1. Dampak dari adanya riwayat kanker payudara sebelumnya. Jika beberapa waktu yang lalu pernah mengalami penyakit kanker payudara, ada kemungkinan sel kanker yang tadinya sudah hilang kemudian muncul kembali dan menyebabkan penyakit kanker payudara tersebut menyerang kembali. (Baca juga: Penyebab Kanker Payudara Yang Perlu Diwaspadai)

2. Pengaruh adanya benjolan yang dimiliki. Adanya benjolan pada payudara tidak selalu berarti bahwa seseorang mengidap penyakit kanker payudara. Akan tetapi, jika benjolan tersebut tumbuh semakin besar ada kemungkinan risiko terkenanya kanker payudara lebih tinggi. (Baca juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya )

3. Faktor genetik dan riwayat kesehatan dari keluarga. Jika dalam suatu anggota keluarga terdapat salah satu anggota yang sedang atau pernah mengidap penyakit kanker payudara, ada kemungkinan penyakit ini menyerang anggota lainnya dalam keluarga tersebut. Serta risiko terkena kanker payudara lebih besar atau meningkat. Karena dalam satu keluarga bisa saja lebih dari dua anggota terkena penyakit kanker payudara.

4. Faktor usia. Ketika usia semakin bertambah dan semakin tua, maka kemungkinan terjadinya penyakit kanker payudara akan semakin besar. Pada umumnya, kanker ini menyerang wanita di usia 50 tahun ke atas. Akan tetapi, kanker payudara juga berpotensi menyerang wanita di usia yang lebih muda.

5. Sering terkena paparan radiasi. Kanker payudara dapat disebabkan karena adanya paparan dari radiasi. Radiasi ini bisa dihasilkan dari benda-benda elektronik yang biasa kita gunakan sehari-hari. Misalnya, penggunaan handphone yang terlalu sering secara tidak langsung dapat menyebabkan sinar radiasi tersebut menyerang organ tubuh kita. Oleh sebab itu, gunakan peralatan elektronik tersebut dengan bijak agar tidak membahayakan kesehatan. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

Sponsors Link

6. Adanya paparan estrogen. Paparan estrogen ini dapat meningkatkan terkenanya penyakit kanker payudara. Salah satu kondisi dari adanya paparan estrogen, di antaranya adalah ketika seseorang mengalami menstruasi lebih cepat atau lebih lama dari waktu standar.

7. Dampak dari terapi penggantian hormon. Jika seseorang pernah melakukan terapi penggantian hormon, ada kemungkinan risiko terkena penyakit kanker payudara lebih besar. Terapi tersebut jika dilakukan secara terus menerus akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker payudara. (Baca Juga: Penyebab Kanker Ovarium , Gejala Kanker Rahim)

8. Kelebihan berat badan. Jika seseorang memiliki berat badan yang berlebih apalagi jika di usianya yang sudah tua, maka risiko terkena kanker payudara menjadi lebih besar. Karena produksi estrogen dalam tubuh menjadi meningkat. (Baca Juga: Penyebab Kanker Prostat Pada Pria)

9. Dampak mengkonsumsi alkohol atau minuman keras. Alkohol sudah sangat jelas menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya dan mematikan, salah satunya adalah kanker payudara. Oleh sebab itu, hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol agar terhindar dari berbagai penyakit. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut)

Setiap penyakit memiliki tingkat bahayanya masing – masing. Sama halnya dengan kanker payudara yang pada dasarnya sangat berbahaya dan bahkan mengancam kehidupan bagi pengidapnya. Kita harus mengetahui bahaya apa saja yang ditimbulkan dari adanya kanker payudara. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Makanan Pemicu Kanker Payudara)

  1. Adanya risiko kematian seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kanker payudara memiliki tingkatan stadium. Jika pada stadium awal tidak dilakukan penanganan yang cepat dan segera, maka kanker akan semakin parah dan akan menyebabkan kematian bagi penderitanya. Apabila pada saat melakukan pemeriksaan oleh dokter dan di diagnosa memiliki kanker payudara, maka lakukan pengobatan intensif untuk mencegah kanker payudara semakin parah. (Baca Juga: Penyebab Kanker Empedu)
  2. Memiliki risiko metastase kanker Metastase merupakan penyebaran sel – sel kanker pada organ tubuh lainnya. Begitu pula dengan kanker payudara, jika tidak segera ditangani maka sel – sel kanker tersebut akan menyebar ke organ tubuh lainnya dan menyebabkan komplikasi. Hal ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kehidupan penderitanya. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar)
  3. Adanya kemungkinan terjadi kekambuhan kanker Ketika kanker payudara dapat disembuhkan bukan berarti sel kanker tersebut dapat hilang total. Ada kemungkinan sel – sel kanker tersebut akan muncul kembali dalam jangka waktu tertentu. Oleh sebab itu, tetap menjaga pola hidup sehat ketika penyakit sudah berhasil disembuhkan. Selain itu, hindari segala hal yang dapat menyebabkan penyakit kanker tersebut muncul kembali.
  4. Atrofi otot pada lengan dan anggota tubuh bagian atas Atrofi merupakan kerusakan jaringan pada suatu organ tubuh. Kanker payudara akan menyebabkan otot – otot yang ada pada lengan menjadi rusak. Sehingga kondisi fisik tubuh menjadi lemah, terutama pada anggota tubuh bagian atas.
Sponsors Link

Jika kanker payudara sudah terlanjur menyerang tubuh kita, maka hal yang harus dilakukan adalah pengobatan. Pengobatan yang dilakukan untuk menangani kanker payudara hampir sama dengan pengobatan untuk penyakit lainnya. Sebelum melakukan pengobatan, diperlukan beberapa pertimbangan, karena setiap tingkatan kanker memerlukan pengobatan yang berbeda – beda. Pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pasien. Pengobatan – pengobatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. (Baca juga: Kanker Payudara Stadium 4 , Makanan Pencegah Kanker Payudara)

  • Operasi atau pembedahan. Operasi yang dilakukan juga tergantung pada kebutuhan pasien. Operasi merupakan suatu upaya untuk mengangkat sel – sel kanker yang ada dalam tubuh. Jenis operasi yang dapat dilakukan untuk menangani kanker payudara, yaitu operasi pengangkatan tumor, operasi pengangkatan payudara, dan operasi plastik rekonstruksi. Untuk memutuskan jenis operasi yang sesuai untuk dilakukan, perlu adanya pertimbangan dari dokter ahli, agar tindakan yang dilakukan tidak salah. (Baca juga: Operasi Kanker Serviks , Biopsi Kanker)
  • Kemoterapi. Secara umum, kemoterapi terdiri dari dua jenis, yaitu kemoterapi yang dilakukan setelah operasi untuk menghancurkan sel – sel kanker dan kemoterapi yang dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor yang ada dalam tubuh. Obat – obatan yang digunakan tergantung pada jenis dan tingkat penyebaran kanker. Metode pengobatan ini dapat menyembuhkan kanker, tetapi jika kanker sudah menyebar semakin luas maka kemoterapi hanya bisa dilakukan untuk mengecilkan tumor saja. (Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Kanker Payudara , Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)
  • Radioterapi. Radioterapi merupakan langkah pengobatan dengan cara memberikan sinar radiasi dalam dosis terkendali pada sel – sel kanker. Penggunaan metode ini juga disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Karena tidak semua penderita kanker payudara membutuhkan pengobatan radioterapi. (Baca juga: Radioterapi Kanker Serviks , Gejala Kanker Nasofaring )

Itulah pemaparan mengenai bahaya kanker payudara. Penyebab kanker payudara dapat diminimalisir sejak dini agar kanker tidak semakin menyebar. Pengobatan yang intensif juga dapat dilakukan untuk menghancurkan dan bahkan menyembukan penyakit kanker payudara. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini )

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 03:18 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara