Sponsors Link

7 Ciri-ciri Kanker Payudara pada Pria – Pengobatan dan Pencegahannya

ads

Kanker Payudara Pada PriaKanker payudara tidak hanya terkena pada wanita, namun pria juga dapat terinfeksi kanker payudara. Walaupun persentasenya sangat kecil daripada wanita.  Karena pada pria juga jaringan payudara mengalami pertumbuhan, maka pada pria juga terinfeksi kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara pada Pria

  • Adanya mutasi gen pada penderita kanker payudara
  • Memiliki kelainan genetic atau adanya factor keturunan kanker payudara
  • Payudara yang membesar secara tidak wajar pada pria
  • Membrane sel yang mengandung reseptor
  • esterogen
  • Pengkonsumsi rokok yang menyerang bagian lain dapat menyebar ke payudara

Metode Pendeteksian Kanker Payudara

Cara pengobatan kanker payudara secara medis, melalui beberapa pemeriksaan untuk mendeteksi keberadaan kanker payudara ini. Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Pendeteksian SARARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)
  • Deteksi dengan USG dan mamografi, namun belum memungkinkan jika anda berada dinegara berkembang, karena pendeteksian ini baru ada di Negara maju
  • CBE (Clinical Breast Examination)

Ketika umur pria memasuki usia 60-70 tahun, ciri-ciri kanker payudara ini biasanya mulai menyerang. Pada usia tersebutlah, usia yang paling riskan untuk pertumbuhan sel kanker payudara. Walaupun persentase penderitanya sangat kecil, 1:1000 orang yang dapat terinfeksi kanker ini, namun kanker ini tetaplah menjadi hal yang mematikan. Untuk menegenalinya, ketahui ciri-ciri kanker payudara

1. Puting berdarah – Keluarnya cairan berwarna merah atau terkadang seperti susu dari puting susu. Cairan yang keluar pada puting ini, mengidentifikasi bahwa stadium kanker payudara sudah berada pada fase yang berbahaya.

2. Rasa lelah dan lemah – Pertumbuhan sel kanker yang cepat mengganggu fungsi tubuh yang membuat tubuh menjadi cepat lelah dan terasa lemah serta bersamaan dengan rasa haus (dehidrasi)

Sponsors Link

3. Terjadi penurunan berat badan – Fungsi tubuh yang mulai terganggu karena pertumbuhan sel kanker maka mengakibatkan asupan makanan yang dikonsumsi menjadi tidak maksimal yang mengakibatkan penderitanya mengalami kekurangan nafsu makan, sehingga berefek langsung terhadap berat badan.

4. Fungsi Tubuh Terganggu – Sel kanker adalah sel-sel yang paling agresif yang menyerang tubuh manusia. Jika sel kanker ini begitu aktif, maka tidak mustahil bahwa sel kanker ini dapat menyerang kesehatan prostat dan hati pada pria. Ketika fungsi tubuh anda mulai terganggu, maka bisa terkena dampak pada kesehatan dan juga fungsi tubuh pengidapnya.

5. Perubahan Tekstur Payudara – Terjadinya perubahan pada tekstur payudara, dimulai dengan kulit disekitar putting yang akan mulai bersisik, memerah yang disertai dengan rasa gatal serta mengkerut dan putting akan masuk ke dalam.

Cara Pengobatan Kanker Payudara Secara Alami

Baik pengobatan atau cara mencegah kanker payudara ini, dapat memanfaatkan tumbuhan obat kanker alamai yang sering hidup dipekarangan rumah. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Kunyit / Temu Putih atau Kunir – Rasa yang pahit pada kunyit justru berkhasiat. Didalam kunyit terkandung Ribosome In Activing Protein (RIP) yang membantu ribosom untuk mengganggu protes sintesis protein. Dan RIP juga sangat penting untuk membantu penghambatan terhadap pertumbuhan sel-sel kanker. Kunyit berperan menangkal radikal bebas penyebab utama tumbuhnya sel kanker.

2. Tapak Dara – Adanya komponen Vinblastine (VLB), Vincristine (VCR), Leurosine (VLR) Vincadioline, Leurosidine dan juga Catharanthine yang berfungsi sebagai antikanker.

3. Daun Dewa – Flavonoid, Monoterpen dan Seskuitpen Lakton yang terkandung didalam daun dewa memiliki peran penting untuk menghambat pertumbuhan serta perkembangan dari sel kanker. Serta dengan adanya sifat farmakologis yang terdapat dalam daun dewa dapat meringankan rasa sakit yang ditimbulkan karena penyebaran sel kanker.

Tips Pencegahan Kanker Payudara pada Pria

Kanker adalah perkembangan sel yang terjadi secara tidak normal. Dengan banyaknya penyebab kanker payudara yang tanpa kita sadari ini, alangkah baiknya lakukan pendeteksian secara dini terhadap tubuh, hingga lebih baik cara penanganannya apabila masih dini. Semakin banyak sel kanker yang berkembang, maka semakin besar pula resiko yang dapat terjadi pada tubuh.

Selain itu, langkah pencegahan juga dapat dilakukan mulai dari sekarang. Berikut ini beberapa langkah pencegahan kanker payudara pada pria dan wanita :

Sponsors Link

Tips 1 : Berolahraga yang teratur

Kadar esterogen yang meningkat pada tubuh, menyebabkan tubuh menjadi rentan terinfeksi kanker payudara. Namun dengan dilakukkan olahraga secara teratur, maka akan menurunkan kadar esterogen tersebut.

Tips 2 : Menurunkan Lemak

Didalam tubuh terdapat lemak jahat (lemak jenuh) dan juga lemak baik (lemak tak jenuh), namun lemak jenuh yang banyak, harus diturunkan agar meminimalisir dari penyebaran sel kanker.

Tips 3 : Hindari Konsumsi daging yang melewati batas masak

Daging yang terlalu lama dimasak, tidak baik dikonsumsi. Daging yang dikonsumsi dengan terlalu masak, baik itu karena dipanggang ataupun dimasak akan meningkatkan senyawa karsinogenik.

Tips 4 : Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

Didalam buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki antioksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan, didalam keduanya juga terkandung serat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun hindari mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang banyak mengandung lemak.

Tips 5 : Hindari mengkonsumsi alkohol

Ketika anda mengkonsumsi alcohol, maka produksi esterogen pada darah akan meningkat, sehingga mudahnya sel-sel kanker menyerang

Tips 6 : Hindari Strees

Strees yang berlebihan dapat mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, begitu juga terinfeksi kanker

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 18th, February 2015 / 06:24 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara