Sponsors Link

13 Tanda tanda Kanker Paru paru Paling Berbahaya

ads

Paru-paru menjadi salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Pasalnya, paru-paru menjadi organ yang terlibat dalam sistem pernapasan pada manusia. Selain itu, paru-paru memiliki dua fungsi utama, di antaranya menyebarkan oksigen ke dalam darah pada saat menghirup udara serta mengeluarkan karbondioksida ketika menghela napas. Jika paru-paru mengalami gangguan atau kesehatannya terganggu, maka sistem pernapasan menjadi tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, kita perlu menjaga kondisi paru-paru agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan semestinya. (Baca juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 1 )

Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ paru-paru pada manusia adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru jika dilihat dari penyebabnya dibagi menjadi dua, yaitu secara primer dan sekunder. Kanker paru-paru primer merupakan kanker yang timbul dari paru-paru itu sendiri. Sedangkan, kanker paru-paru sekunder berasal dari penyebaran sel kanker dari organ tubuh lain yang ada di sekitarnya. Penyakit kanker paru – paru merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh manusia. Di Indonesia sendiri, kanker par-paru lebih sering menyerang pria dibandingkan dengan wanita. (Baca juga: Gejala Kanker Paru-paru )

Tanda tanda kanker paru paru pada tahap awal belum dapat dideteksi dengan jelas. Hal ini dikarenakan pada tahap awal, tanda-tanda tersebut masih bersifat ringan dan sangat umum dialami oleh setiap orang meskipun berada dalam kondisi yang normal. Tetapi ada baiknya jika kita mengetahui tanda-tanda kanker paru-paru sejak dini untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini merupakan pemaparannya. (Baca juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 )

  1. Batuk yang berkelanjutan

Batuk merupakan kondisi yang sangat umum dialami oleh setiap orang meskipun dalam keadaan yang normal. Tetapi lain halnya dengan orang yang mengidap penyakit kanker paru-paru. Batuk yang dialami akan berkelanjutan dan sulit untuk sembuh. Jika dibiarkan begitu saja maka batuk tersebut akan semakin parah dan akan mengeluarkan darah. Selain itu, batuk yang timbul dapat disertai dengan dahak ataupun berupa batuk kering. Batuk yang disebabkan oleh penyakit kanker paru-paru cukup sulit disembuhkan meski sudah mengkonsumsi obat-obatan pereda batuk. (Baca juga: Pengobatan Kanker Paru-paru Secara Alami )

  1. Batuk berdarah

Apabila batuk yang dialami pada poin sebelumnya berkelanjutan, maka batuk tersebut akan mengeluarkan darah. Hal ini merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit kanker paru-paru. Batuk yang dirasakan tidak terlalu nyeri tetapi pada akhirnya akan mengeluarkan darah.

  1. Mengalami sesak napas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, paru-paru merupakan organ penting yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia. Jika kesehatan paru-paru tersebut mengalami gangguan maka sistem pernapasan tidak dapat berjalan dengan semestinya. Salah satu dampak atau tanda yang timbul adalah orang tersebut akan mengalami sesak napas.

Kondisi ini akan berbeda ketika seseorang mengidap penyakit kanker paru-paru ataupun penyakit asma. Perasaan sesak napas timbul karena kesulitan menarik napas. Hal ini disebabkan oleh tumor atau sel kanker yang mendesak saluran pernapasan. Ada baiknya jika tanda ini tidak dibiarkan begitu saja, seperti sesak napas yang timbul setelah melakukan berbagai aktivitas. (baca juga: Gejala Kanker Paru-paru)

Sponsors Link

  1. Mengalami nyeri dada

Apabila seseorang mengidap penyakit kanker paru-paru, ia akan merasakan nyeri pada dadanya. Tanda ini tidak bisa disepelekan dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Meskipun nyeri dada tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi adanya tanda tanda kanker paru paru. Selain pada dada, nyeri juga dapat dirasakan pada bahu bahkan lebih parahnya lagi dapat menyerang daerah punggung. Sifat nyeri yang di timbul terasa tajam dan terjadi secara terus menerus.

  1. Sering mengalami kelelahan

Kelelahan merupakan kondisi yang wajar dialami oleh setiap orang, terutama setelah melakukan berbagai aktivitas. Tetapi lain halnya dengan orang yang mengidap penyakit kanker paru-paru. Orang tersebut akan lebih sering mengalami kelelahan meskipun hanya melakukan kegiatan yang bersifat ringan. Jika mengalami hal tersebut, lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan adanya kanker pada paru-paru. Meskipun telah menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk beristirahat, namun bagi penderita penyakit kanker paru-paru rasa lelah tersebut cukup lama terjadi dan sulit untuk dihilangkan.

  1. Terjadi pembengkakan pada muka atau leher

Salah satu tanda yang dapat mengindikasikan adanya kanker paru-paru adalah terjadi pembengkakan pada muka atau leher. Pembengkakan dapat terjadi melalui berbagai penyebab. Untuk memastikan tanda dari adanya penyakit kanker paru-paru, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. (Baca juga: Cara Melakukan Pencegahan Kanker Paru-paru )

  1. Mengalami sakit kepala

Sakit kepala merupakan kondisi umum yang sering dirasakan oleh setiap orang. Ada berbagai penyebab yang timbul dari sakit kepala tersebut, salah satunya adalah adanya kanker pada paru-paru. Hal ini disebabkan karena sel-sel kanker mulai menyebar ke bagian organ tubuh lainnya. Meskipun tanda ini terbilang aneh apabila dikaitkan dengan penyakit kanker paru-paru, tetapi kita tidak dapat menganggapnya sebagai suatu tanda yang sepele. Sakit kepala yang dialami oleh orang yang mengidap penyakit kanker paru-paru biasanya tak tertahankan, sulit disembuhkan meskipun sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri, dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala ini dapat disertai juga dengan melemahnya anggota tubuh, kesemutan, serta kehilangan keseimbangan pada tubuh.

  1. Merasakan sakit pada tulang

Tanda ini timbul ketika kanker paru-paru berada pada stadium lanjut. Hal ini disebabkan karena sel kanker mulai menyebar ke organ tubuh lainnya di sekitar paru-paru, seperti tulang. Tulang yang akan terserang oleh sel kanker ini, biasanya pada tulang bahu, lengan, atau tangan. Rasa nyeri pada tulang biasanya timbul pada malam hari dan dapat hilang ketika kembali beraktivitas. Tetapi nyeri tulang tersebut dapat muncul kapan saja. Penyebaran sel kanker paru-paru pada tulang biasanya melalui aliran darah yang ada dalam tubuh.

sponsored links
  1. Kehilangan selera makan

Kehilangan selera makan tidak selamanya merupakan tanda dari adanya penyakit kanker paru-paru. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan selera makannya. Orang yang terkena penyakit kanker paru-paru akan kehilangan selera makannya karena kesulitan tubuh dalam menerima nutrisi yang ada pada makanan tersebut.

  1. Menurunnya berat badan

Dampak dari kehilangan selera makan adalah terjadi penurunan berat badan. Kondisi ini akan dialami oleh orang yang mengalami berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit kanker paru-paru. Selain itu, menurunnya berat badan dapat disebabkan oleh sel kanker yang mengkonsumsi banyak nutrisi yang ada dalam tubuh. Biasanya penurunan berat badan terjadi sebanyak 5 kg. (baca juga: Penyebab Kanker Paru paru )

  1. Suara menjadi serak

Tanda selanjutnya yang timbul dari adanya penyakit kanker paru-paru adalah suara yang dikeluarkan menjadi serak. Hal ini dikarenakan sel kanker sudah menyebar ke jaringan tenggorokan, sehingga suara yang dikeluarkan oleh orang yang mengidap penyakit kanker paru-paru menjadi serak dan terdengar tidak jelas. Masa kanker dapat menekan syaraf yang berfungsi dalam berbicara. Suara serak dapat terjadi ketika mengalami demam, tetapi jika serak yang dialami berlangsung lama dan sulit disembuhkan maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker paru-paru.

  1. Mengalami kesulitan ketika menelan

Tanda lainnya adalah seseorang akan mengalami kesulitan ketika menelan apabila ia terkena penyakit kanker paru-paru. Jika hal ini terus dialami, maka harus segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

  1. Tidak adanya gejala

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit kanker paru-paru pada stadium awal akan sulit dideteksi karena tidak menunjukkan tanda-tanda yang serius. Tanda-tanda tersebut di atas biasanya dialami ketika penyakit kanker paru-paru berada pada stadium lanjut. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pencegahan terhadap faktor-faktor penyebab kanker paru-paru.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker paru-paru. Dengan mengetahui faktor tersebut, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini agar penyakit kanker paru-paru dapat segera diatasi. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker paru-paru. (baca juga: Pengobatan Kanker Paru paru )

  • Perokok aktif maupun pasif.
  • Adanya polusi udara yang terhirup oleh paru-paru.
  • Adanya zat-zat kimia yang terhirup, terutama ketika berada di tempat kerja.
  • Pancaran radiasi dari peralatan-peralatan elektronik yang biasa digunakan.
  • Pola hidup yang tidak sehat.
  • Jarang berolahraga.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia.

Itulah pemaparan mengenai tanda-tanda dari penyakit kanker paru-paru beserta beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Rahim )

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 03rd, November 2016 / 06:06 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru