Sponsors Link

6 Penyebab Kanker Paru-paru

ads

kanker-paru-paruKanker paru-paru adalah kanker yang berasal dari jaringan-jaringan tipis pda paru-paru yang berupa lapisan sel yang terletak pada saluran udara. Kanker paru-paru menyerang organ tubuh pagian pernapasan. Sudah sangat dipastikan seorang perokok yang aktif memiliki paru-paru yang sudah tidak sehat lagi karena sudah tercemar dengan asap rokok yang bersarang pada jaringan paru-paru. Selain itu menghirup asap polusi, asap pabrik dan lainnya dapat beresiko terkena kanker paru-paru.

Tembakau merupakan komponen paling penting yang menjadi faktor penyebab kanker paru-paru, karena sekitar 80% orang yang terkena kanker paru-paru memiliki sel yang telah rusak akibat terkena asap tembakau tersebut. Jika terlalu lama mengendap dalam paru-paru sel yang rusak tersebut akan berubah menjadi kanker ganas. Secara keseluruhan orang yang beresiko terkena kanker paru-paru menghabiskan waktu mereka di lingkungan dengan banyak asap rokok, polusi, di bandingkan mereka yang tidak.((cancerresearchuk.org, Lung Cancer Risk and Causes, diakses pada 18 Desember 2014))

Penyebab dari kanker paru-paru:

1. Merokok

Penyebab utama kanker paru-paru adalah rokok. Sekitar 90% kanker paru-paru timbul akibat menghisap tembakau kering. Resiko akan lebih besar jika perokok merokok secara aktif dari waktu ke waktu. Terdapat 60 zat beracun pada rokok yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker. Zat-zat tersebut merupakan zat karsinogenik yang merusak organ paru-paru, sehingga paru-paru menjadi berlubang.

Fakta dari seorang perokok:

  • Semakin sering merokok maka semakin besar resiko mengidap penyakit kanker paru-paru.
  • Memulai merokok pada saat usia muda lebih berbahaya dari pada mulai merokok saat usia dewasa.
  • Berhenti merokok akan mengurangi resiko kanker paru-paru, semakin cepat berhenti merokok maka akan lebih baik.
  • Perokok pasif juga berpotensi terkena kanker paru-paru. Meskipun hanya menghirup asap rokok dari rokok orang lain, asap rokok yang dihirup juga dapat bersarang pada paru-paru. Meski begitu jauh sedikit bila dibandingkan dengan perokok aktif.((nhs.uk, Cancer of The Lung, diakses pada 18 Desember 2014))
Sponsors Link

2. Gas radioaktif

Gas radon adalah gas rasioaktif merupakan gas yang tak berwarna, tak berbau, dan tidak berasa yang berasal dari batuan dan tanah. Gas radon juga menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru. Gas radon memang tidak bisa diketahui keberadaannya, namun senyawa ini  merupakan faktor penyebab kanker paru-paru tertinggi kedua setelah rokok. Gas radon biasanya ditemukan dari bawah lantai rumah, dinding atau atap-atap pada rumah yang berasal dari bumi. Akan tetapi kadar gas radon pada ruangan tertutup lebih sedikit dari pada kadar gas radon pada ruangan terbuka.

3. Akibat bahan kimia tertentu

Bukan hal yang asing lagi jika bahan kimia merupakan senyawa yang berbahaya jika tidak berhati-hati. Tanpa banyak disadari, asbes adalah bahan bangunan konstruksi yang mengandung sejumlah zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Selain itu bahan bangunan konstruksi lainnya yang beresiko juga adalah silika kaca.

Silika kaca yang mengandung logam jika terlalu sering menghirupnya maka akan mengakibatkan pertumbuhan sel kanker pada paru-paru. Tidak hanya silika kaca, pengolahan bahan aspal, penambangan serta pabrik logam juga menjadi salah satunya.

4. Polusi udara

Sudah menjadi rahasia umum jika polusi mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuh, partikel-partikel dalam polusi udara yang mengendap dalam paru-paru dapat menimbulkan kanker. Polusi udara sangat berpotensi menyebabkan kanker paru-paru jika seseorang terlalu sering terkena pencemaran udara. Udara yang mengandung banyak polutan mengakibatkan sistem pernapasan terganggu yang berdampak kerusakan besar pada paru-paru. Mulai dari mengidap penyakit ringan seperti bronkial, jika terus menerus akan berpotensi menjadi kanker paru-paru.

Sponsors Link

5. Riwayat faktor genetik

Bukan perokok tidak berarti tidak akan berpotensi terkena kanker paru-paru, pasalnya faktor keturunan berlaku untuk penyakit ini. Faktor genetik menjadi pemicu kanker paru-paru 10-15%. Jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat penyakit paru-paru maka ada kemungkinan penyakit ini akan menurun ke generasi berikutnya.

6. Adanya penyakit paru

Bermula dari penyakit paru-paru lambat laun akan menjadi sel kanker dalam paru-paru. Terdapat pertumbuhan kanker tunggal di dalam paru yang berasal dari alveolidi paru-paru yang disebut dengan karsinoma sel alveolar yang berasal dari alveoli di dalam paru-paru yang bisa menyebabkan penyebaran ke seluruh bagian paru. Ada dua jenis kanker paru, yaitu:

  • Kanker paru sel kecil – Kanker ini terjadi di hampir seluruh bagian paru. Kanker ini memiliki pertumbuhan yang terbilang cepat dan agresif. Berkisar 13-15% kanker jenis ini akan menyebar ke seluruh paru dan ada kemungkinan akan menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Kanker paru bukan sel kecil – Kanker jenis ini adalah kanker yang umum terjadi dan berkisar 80% dalam kasus kanker paru-paru. Kanker ini terdiri dari sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma sel besar. Kanker sel besar memiliki pertumbuhan yang lebih besar dari kanker paru sel kecil dan sangat berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya.((webmd.com, Lung Cancer Causes))
ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 20th, December 2014 / 02:45 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru