Sponsors Link

15 Pengobatan Kanker Paru-paru secara Alami dan Ampuh

ads

Kanker paru-paru terjadi di dalam tubuh kita karena muncul pertumbuhan sel kanker yang sama sekali tak terkontrol pada jaringan paru dan asal kanker jenis ini biasanya dari jaringan tipis di organ paru kita di mana wujudnya adalah lapisan sel di saluran udara. Merokok merupakan penyebab utama dari kurang lebih 75 persen kasus kanker paru-paru pada wanita dan 90 persen pada pria. Kanker paru-paru dapat dialami oleh seseorang karena banyaknya asap rokok yang terhisap. Apakah ada kiranya metode pengobatan akan kanker paru-paru dengan langkah dan bahan alami tapi dijamin efektif?

(Baca juga: penyebab kanker paru-paru)

1. Berhenti Merokok

Karena penyebab paling utama dari timbulnya kanker yang menyerang paru-paru adalah rokok, para pecandu rokok atau siapapun yang menderita kanker paru-paru karena aktif merokok perlu menghentikan kebiasaan buruk ini. Di dalam rokok ada banyak kandungan berbahaya bagi tubuh kita sehingga akan makin meyakinkan kita untuk segera berhenti merokok, seperti:

  • Benzene yang dikenal juga sebagai petrokimia dan kerap dimanfaatkan sebagai pen-dry clean pakaian. Di dalamnya ada karsinogen sehingga bisa memicu kanker darah.
  • Nikotin adalah zat yang paling tinggi di dalam rokok dan asalnya adalah dari tembakau; inilah zat yang bakal merusak struktur DNA dan mengakibatkan kanker.
  • Tar merupakan sebuah zat yang juga bersifat karsinogenik apabila kita membakar rokoknya. Selain kanker paru-paru, ada juga penyakit jantung, bronkitis kronis, penyakit darah, impotensi, gangguan kehamilan, serta enfisema.
  • Arsenik juga berbahaya karena ini adalah sejenis logam pada rokok yang bisa membuat darah kita terkontaminasi racun.
  • Aseton adalah zat kimia yang ada pada penghilang cat kuku namun rupanya ini juga ada pada rokok dan bisa tinggal di bagian organ paru kita.
  • Formaldehida diketahui sebagai zat kimia yang biasanya dimanfaatkan sebagai pengawet jenazah, jadi bisa dibayangkan betapa mengerikan dan berbahayanya zat pada rokok ini bagi tubuh.
  • Amonia juga ada di dalam rokok dan inilah zat yang membuat seorang yang merokok bisa menjadi kecanduan.
  • Karbonmonoksida adalah kandungan di dalam rokok dengan persentase sebesar 5 persen dan ini merupakan sebuah gas beracun yang bisa merusak proses pengangkutan dan pendistribusian oksigen oleh darah. Paru-paru akhirnya menjadi rusak dan ancaman lainnya adalah penyakit jantung koroner.
  • Nitrogen oksida tak boleh dilupakan juga karena zat atau gas beracun ini juga berpengaruh buruk terhadap kinerja dan kesehatan paru-paru; biasanya peradanganlah yang akan ditimbulkannya.
  • Kadmium merupakan jenis logam lainnya di mana biasanya ada pada proses pembuatan baterai. Kadmium merupakan senyawa yang akan masuk ke dalam tubuh para perokok dan akan bersemayam pada bagian lapisan ginjal. Selain berbahaya untuk paru-paru, kerusakan ginjal juga dapat disebabkan olehnya.
  • Kumarin mungkin tidak terlalu familiar, tapi zat ini dulunya ada pada makanan sebagai bahan tambahan, tapi standar dunia telah melarang pemakaian zat ini pada makanan, namun masih ada pada produk rokok.
  • Timbal pun adalah karsinogen yang dapat membawa kematian.
  • Naftalena diketahui sebagai bahan kapur barus yang berguna mengusir tikus dan serangga, jadi tentu tak akan baik untuk organ dalam tubuh manusia.
  • Kromium merupakan logam lainnya lagi yang terbukti menyebabkan kanker.
  • Hidrogen sianida adalah kandungan terakhir pada rokok yang akan dengan cepat memicu kerusakan silia pada saluran bronkial dan paru-paru.

(Baca juga: penyebab kanker tenggorokan)

sponsored links

2. Memakai Ekstrak Daun Sirsak

Untuk mengobati kanker paru-paru tanpa harus meminum obat dokter atau segala perawatan medis lainnya yang berefek samping, memanfaatkan ekstrak daun sirsak akan sangat menolong supaya kondisi paru-paru lebih baik semasa perawatan. Ekstrak daun sirsak sangat direkomendasikan karena memang di dalamnya ada senyawa acetogenins yang bisa membuat sel kanker mati. Paling tidak, dengan kandungan tersebut pertumbuhan sel kanker akan dapat diperlambat.

Senyawa acetogenins tidak akan membahayakan sel-sel tubuh yang sehat di dalam tubuh karena hanya sel kanker saja yang akan dilawan. Memiliki kekuatan 10 ribu kali lebih besar daripada obat kemoterapi, ekstrak daun sirsak bersama senyawa acetogeninsnya diketahui mampu membasmi lebih dari dua belas macam penyakit kanker menurut penelitian yang telah membuktikannya. Maka tak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan obat alami satu ini.

(Baca juga: cara melakukan pencegahan kanker paru-paru)

3. Mengonsumsi Ekstrak Kulit Manggis

Ekstrak dari kulit manggis sudah sangat terkenal akan manfaat baik dan segala keunggulannya dalam merawat tubuh dan mencegah tubuh dari segala penyakit berbahaya, terutama kanker. Kandungan xanthone di dalam ekstraknya betul-betul terpercaya dan efektif berperan sebagai antioksidan dan juga antikanker di saat yang bersamaan. Telah dibuktikan pada sebuah riset praklinis dengan kultur sel kanker payudara manusia atau SKBR3 bahwa xanthone memiliki sifat antiproliferasi dengan kekuatan besar di mana ini bisa diandalakan untuk membuat pertumbuhan sel kanker menjadi lebih lambat.

Perannya sebagai apoptosis juga membuat kita makin dapat memercayai kulit manggis sebagai obat kanker paru-paru alami karena pengancuran sel kanker didukung oleh sifat tersebut. Berbagai jenis senyawa termasuk di dalam xanthone pada kulit manggis, maka sudah sangat jelas terbukti bahwa manfaatnya sangat besar. Namun senyawa xanthone ini hanya kita jumpai pada kulit manggis saja.

(Baca juga: daftar makanan sehari-hari pencegah kanker)

4. Menggunakan Rumput Laut

Penyembuhan kanker paru-paru tanpa obat atau penanganan medis sebenarnya bisa saja kita lakukan dan salah satu bahan alami yang akan menolong adalah rumput laut. Rumput laut pada kenyataannya seringkali masuk ke dalam bagian diet makrobiotik karena memang kekuatan penyembuhannya termasuk tinggi. Telah dibuktikan pula bahwa rumput laut sangat berguna dalam penyembuhan berbagai jenis kanker, dan tak terkecuali kanker paru-paru.

Jenis sayuran laut ini memang sangat bermanfaat karena perannya yang besar dalam mendetoksifikasi tubuh manusia. Berbagai mineral penting terdapat di dalam rumput laut, sehingga tubuh dipastikan memerlukannya. Perawatan atau pengobatan menggunakan bahan ini boleh dicoba asalkan juga kebiasaan merokok juga dihentikan agar dapat memperoleh hasil yang terbaik.

(Baca juga: daftar tanaman obat kanker dan cara menggunakannya)

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis minuman sehat yang tak hanya baik untuk mengobati kanker paru-paru tapi juga jenis penyakit kanker umum. Ini dikarenakan peran teh hijau juga sebagai antioksidan di mana kanker paru-paru akan terbantu dalam masa pemulihannya. Namun ingat, boleh dan dianjurkan mengonsumsi bukan lantas kemudian kita bisa mengonsumsinya sebanyak yang kita mau karena ketika berlebihan juga tak akan bagus untuk tubuh. Cukup mengonsumsi 2 cangkir per hari, kanker paru-paru akan terawat dengan lebih baik selain dari menghindari rokok.

6. Menghindari Gula

Gula tak sekadar perlu dihindari oleh para pengidap diabetes, tapi rupanya gula pun juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pengidap kanker paru-paru. Gula malah justru akan meningkatkan pertumbuhan sel lebih cepat dari biasanya sehingga kanker dapat menjadi lebih serius dalam waktu dekat. Untuk menghindari memburuknya kanker paru-paru, sebaiknya makanan dan minuman kaya akan gula dihindari sebaik mungkin.

(Baca juga: manfaat cuka apel untuk kanker)

7. Menghindari Minuman Alkohol

Tampaknya sudah sangat jelas dan tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa minuman alkohol tak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker, termasuk yang mengidap kanker paru-paru, karena alkohol juga merupakan salah satu jenis minuman perusak kesehatan. Banyak jenis penyakit yang timbul dalam tubuh manusia diakibatkan oleh efek minuman keras, jadi untuk mengobati kanker paru-paru secara sukses, hentikan kebiasaan meminum minuman keras. Tak hanya paru-paru saja yang akan terganggu kinerjanya oleh minuman beralkohol, sistem saraf pun lama-kelamaan akan menjadi rusak dan inilah mengapa banyak peminum dan pecandu alkohol mulai kehilangan akal sehatnya.

(Baca juga: makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari)

8. Diet Sehat

Berdiet tak hanya akan membantu kita memperoleh berat badan ideal dan bentuk tubuh yang indah dipandang karena diet yang sehat juga mampu menolong para penderita kanker paru-paru dalam masa pemulihannya. Mulai berdiet seimbang ketika telah merasakan gejala kanker paru-paru juga akan menurunkan risiko kanker menjadi parah. Hal yang perlu dilakukan ketika berdiet sehat adalah mengonsumsi banyak air putih dan diimbangi dengan makanan sehat seperti salad.

Buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, hanya saja untuk buah citrus perlu lebih diperbanyak dan sebaiknya dinikmati secara rutin pada siang atau sore hari. Untuk membantu pengobatan kanker paru-paru, penderita disarankan untuk menjauhi kacang-kacangan karena jenis makanan ini tak baik untuk kanker paru-paru.

(Baca juga: gejala kanker paru-paru dan cara pencegahannya)

9. Memperoleh Vitamin D

Vitamin D rupanya juga penting dan bisa dijadikan obat alami kanker paru-paru. Untuk memperoleh nutrisi ini, kita bisa mencari makanan-makanan dengan kandungan vitamin D tinggi (susu sapi diperbolehkan dengan kuantitas yang sedikit saja, tapi untuk produk susu lainnya harus dihindari). Namun sebetulnya vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari pagi; jadi, ada baiknya setiap pagi ambil waktu sebentar untuk berjemur ketika matahari pagi bersinar. Vitamin D akan sangat mendukung perawatan, pemulihan dan pengobatan para pasien kanker paru-paru secara alami.

(Baca juga: manfaat vitamin e untuk kanker)

10. Menggunakan Minyak Rami

Pernah mendengar atau melihat bentuk flax oil atau minyak rami? Kalau bisa, para penderita kanker paru-paru juga boleh memakai bahan alami ini untuk penyembuhan yang lebih alami dan sempurna. Cara penggunaannya jelas dengan mengonsumsinya dengan kuantitas atau takaran yang sedikit saja setiap harinya. Jangan berhenti dan konsumsilah setiap hari, bahkan ketika paru-paru terasa sudah agak baikan.

(Baca juga: jenis kanker paling mematikan di dunia)

Sponsors Link

11. Memanfaatkan Ginseng Asia

Ginseng tak diragukan lagi memang manfaatnya untuk menjaga dan bahkan meningkatkan kesehatan tubuh. Ginseng sangat sering digunakan sebagai bahan utama obat tradisional dan ternyata bahan ini juga baik untuk mengobati kanker paru-paru. Bahkan menurut UMMC atau University of Maryland Medical Center, mengonsumsi ginseng setiap hari atau secara rutin bakal mampu mengurangi risiko jenis kanker tertentu; selain paru-paru kanker perut, kanker ovarium, kanker hati, dan kanker pankreas dapat diturunkan risikonya.

Hal ini dikarenakan ginseng telah dibuktikan memiliki kemampuan untuk menahan atau memperlambat pertumbuhan tumor dalam tubuh. Selain kanker paru-paru yang diobati, ginseng juga akan menolong meningkatkan kualitas fisik dan mental pengonsumsinya. Jadi sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan yang bisa sekaligus dirasakan oleh kita.

(Baca juga: manfaat wortel untuk kanker)

12. Mengkonsumsi Jahe

Jahe mungkin kita ketahui sebagai bahan alami ampuh yang paling sering digunakan sebagai obat batuk, padahal jahe juga bagus dan efektif dalam mengobati serta mencegah kanker paru-paru. Baik itu dijadikan minuman hangat atau menambahkannya ke dalam masakan, kita bisa merasakan khasiatnya bagi paru-paru kita yang tengah bermasalah.

13. Menggunakan Kunyit

Rempah lainnya yang boleh digunakan untuk mengobati kanker paru-paru adalah kunyit karena rempah yang tingkat kemiripan dengan jahe tinggi ini memiliki zat kurkumin. Zat tersebutlah yang akan sangat berperan dalam mengusir zat pemicu kanker paru-paru. Bahkan bagi yang menderita radang paru-paru juga akan lebih ringan setelah mengonsumsi bahan satu ini.

(Baca juga: manfaat kunyit untuk kanker)

14. Mengonsumsi Buah Delima

Pengobatan kanker paru-paru yang aman dan alami lainnya adalah buah delima karena buah ini rupanya sangat bermanfaat untuk membuat suplai darah meningkat. Selain itu, zat beracun yang masuk dan tinggal di organ paru-paru kita akibat rokok pun akan dihilangkan secara natural tanpa efek samping.

15. Mengonsumsi Buah Berry

Untuk mengusir dan menghilangkan segala karsinogen dari rokok yang tinggal di paru-paru kita, buah berry boleh dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Di dalam buah berry ada kandungan zeaxanthin yang dibarengi dengan flavonoid, lutein dan bahkan karotenoid yang otomatis mendukung masa penyembuhan kanker paru-paru. Jenis buah berry yang lebih disarankan untuk dikonsumsi antara lain blackberry, raspberry serta blueberry.

(Baca juga: manfaat antioksidan untuk kanker)

Demikian 15 pengobatan kanker paru-paru secara alami dan sehat yang bisa dilakukan baik dengan atau tanpa pengobatan medis. Pengobatan alami jelas lebih terpercaya tanpa efek samping berbahaya asalkan bahan-bahan obat tersebut dikonsumsi menurut takaran yang tepat tanpa berlebihan. Bersihkan paru-paru dengan cara-cara tersebut dan selamat mencobanya.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 17th, June 2016 / 16:00 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru