Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Pengobatan Kanker Paru-Paru Berdasarkan Jenisnya

ads

Kanker paru-paru memiliki dua jenis tipe yaitu samll cell lung cancer dan non small cell lung cancer dengan gejala kanker paru-paru dimana gejala dari dua jenis kanker ini sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya.  Sehingga di butuhkan pengobatan yang sesuai dengan pertumbuhan sel kanker yang menyebar.

Berikut cara pengobatannya :

Small cell lung cancer (kanker paru-paru kecil)

Small cell cancer ini menyebar di daerah kelenjar getah bening pada bagian dada.  Pengobatannya((uptodate.com, Patient information: Small cell lung cancer treatment (Beyond the Basics) , di akses 28 November 2014)):

1.  Kemoterapi

Kemoterapi berupa penggunaan obat-obatan untuk membunuh dan menghentikan sel-sel kanker dalam pertumbuhannya.  Kemoterapi berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang beerkembang dan tumbuh.

Pasien yang memiliki kanker paru-paru kecil ini dapat di obati dengan kemoterapi tunggal, artinya dengan menggunakan gabungan dua obat kemoterapi yang diberikan bersamaan.  Hal ini dapat membantu mengurangi ukuran tumor dan dapat memperpanjang kehidupan si pasien.

Biasanya, kemoterapi di lakukan selama pengobatan 1-3 hari setiap minggu.  Lamanya pengobatan ditentukan sejauh mana kanker paru-paru dapat merespon dalam pengobatan.  Biasanya, pengobatan small cell lung cancer berupa etoposid atau irinotecan.  Kedua obat ini memiliki efek samping yang sangat ringan.

2.   Terapi Radiasi

Terapi radiasi dianjurkam bagi si pasien yang masih melakukan kemoterapi dengan tahap terbatas.  Terapi radiasi berupa sinar-x yang memiliki enerrgi yang sangat tinggi, yang di fokuskan pada keberadaan penyakit tertentu untuk membunuh sel-sel kanker.

Radiasi merupakan pengobatan lokal dan memiiliki efek samping yang ringan, berbeda sekali dengan kemoterapi.  Pada penggunaan radiasi dada memungkinkan bagi penderita kanker paru-paru dapat mengurangi dan menghambat pertumbuhan kanker.  Begitu pula dengan radiasi otak, yang juga berfungsi untuk mengurangi penyebaran tumor.

Sponsors Link

3.  Operasi

Kanker paru-paru kecil memiliki sifat cepat menyebar, sehingga dengan menggunakan operasi untuk pengangkatan tumor paru-paru tidak menjamin kelangsungan hidup pasien.  Tapi, dengan mendiagnosa lebih awal pada kanker paru-paru kecil ini memiliki kelangsungan hidup hingga 35% – 40%.   Operasi pembedahan ini menggunakan tabung tipis yang dimasukkan kedalam tulang dada dan ke bagian tengah dada antara paru-paru kanan dan kiri.

Dalam operasi, dokter akan mengaangkat kelenjar getah bening untuk sebagai sampel apakah didalam kelenjar getah bening mengandung sel-sel kanker atau tidak.

Non small cell lung cancer (kanker paru-paru sel non kecil )

Pada tingkatan pengobatan kanker paru-paru sel non kecil berdasarkan tahapan-tahapan stadium dengan tingkatan pertumbuhan kanker.  Untuk kanker paru-paru sel non kecil ini terlihat pada tahap awal.  Berikut tahapan-tahapan pengobatan pengobatannya((cancer.org ,Treatment choices by stage for non-small cell lung cancer, di akses 28 November 2014)) :

1.  Stadium awal

Kanker paru-paru sel non kecil sangat berbeda dengan jenis kanker paru-paru kecil.  Kanker paru-paru sel non kecil tidak menyerang dan menyebar lebih dalam pada jarringan paru-paru.  Sehingga dapat disembuhkan dengan operasi pembedahan saja.  Sealain itu, perawatan seperti terapi photodynamic, terapi laser, atau brachytheraphy merupakan pengobatan alternatiff untuk operasi pada tahap 0 kanker.

2.  Stadium 1

Pada tahap 1, operasi merupakan jalan keluar dalam pengobatan dengan cara menghilangkan dan memeriksanya apakah terdapat sel-sel kanker.  Pada tahap stadium 1, kanker ini memiliki resiko lebih tinggi muncul kembali.  Dengan pengobatan kemoterapi adjuvan, dapat menurunkan resiko kanker kembali.

Jika kanker yang di derita leebih parah, terapi radiasi stereotatic atau terapi radiasi konvensional merupakan pengobatan utama anda.  Selain itu, alternatif kedua dengan menggunakan radiofrequency dimana tumor ini tumbuh kecil ini tumbuh dan berkembang di bagian luar dari paru-paru.

3.  Stadium 2

Pada tahap stadium dua di perlukan pengobatan dengan cara operasi, yaitu mengangkat sel-sel kanker kelenjar getah bening.  Sebelum melakukan operasi, kemoterapi dapat membantu mengecilkan tumor agar operasi dapat berjalan dengan mudah.  Jika dalam operasi terdapat sel-sel kanker yang tertinggal, hal ini di lakukan dengan operasi tambahan untuk membersihkan sel-sel kanker yang tertinggal.  Kemudian di lakukan kemoterapi dan radiasi.

4.  Stadium 3A

Pada tahap stadium 3A dilakukan dengan pengobatan terapi radiasi, kemoterapi, atau operasi.  Dalam tahap staduim 3A di butuhkan beberapa masukan dalam perencanaan pengobatan baik itu dari ahli medis, ahli radiasi, dan ahli bedah.  Pada pemilihan pengobatan sesuai dengan pertumbuhan sel-sel kanker yang menyebar di sekitar paru-paru.

Sponsors Link

5.  Stadium 3B

Pada tahapan stadium 3B sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang sangat dekat dengan paru-paru dan pada bagian leher.  Kanker yang sudah pada tingkatan stadium 3B tidak bisa di lakukan dengan pembedahan.  Kemoterapi dan radiasi merupakan salah satu cara untuk mempertahankan sel kanker agar tidak menyebar.  Pada tingkatan ini pengobatan sangat sulit sekali, karena perkembangan sel kanker sudah menyebar.

6.  Stadium 4

Pada tingkatan stadium 4 perkembangan sel kanker telah menyebar luas dalam tubuh.  Jika anda dalam keadaan yang tidak sehat, semua cara pengobatan seperti pembedahan, kemoterapi, dan radiasi sangat sulit sekali untuk di obati.  Tetapi, jika anda dalam keadaan sehat semua pengobatan dapat membantu anda bertahan hidup lebih lama.  Ada pengobatan lain seperti terapi photodynamic, dimana terapi ini digunakan untuk membantu meringankan gejala.

Pada sebagian orang sel kanker tidak hilang sepenuhnya.  Dengan menggunakan pengobatan seperti radiasi, pembedahan, kemoterapi yang bisa menjaga, menahan dan mengurangi sel kanker menyebar.

Hal ini sangatlah penting untuk anda ketahui jika anda ingin memulai pengobatan.  Ada dua pilihan terapi  yang harus anda ketahui dalam pengobatan ini, yaitu terapi ajuvan dimana terapi ini berguna untuk mengurangi resiko kanker datang kembali.  Dan yang kedua, terapi neoadjuvan, dimana terapi ini berguna untuk mengecilkan tumor.

Ada banyak cara di lakukan dalam pengobatan kanker paru-paru dimana pengobatan ini bisa menyebabkan efek samping.  Setiap pasien tentu saja berbeda-beda dalam hal pengobatan, tergantung seberapa seriuskah penyakit kanker paru-paru yang di idapnya.

Sebelum melakukan pengobatan, ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui sebelum anda memulai pengobatan :

  • Pilihan pengobatan yang anda pilih.
  • Efek samping yang mungkin terjadi dalam pengobatan kanker.
  • Cara untuk menringankan rasa tidak nyaman dalam pengobatan.
ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 29th, November 2014 / 03:27 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru