Sponsors Link

14 Gejala Kanker Paru paru Stadium 1 dan Pencegahannya

ads

Paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran paling penting di dalam tubuh. Paru-paru ini berfungsi sebagai alat pernapasan bagi manusia. Pada saat menghirup udara, oksigen disebarkan ke dalam aliran darah kemudian karbondioksida di keluarkan pada saat menghela napas. Akan tetapi, lain halnya ketika terkena penyakit kanker paru-paru maka organ tubuh tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya sel-sel yang tidak terkontrol di dalam jaringan paru-paru. Jika penyakit ini tidak segera diatasi maka sel-sel tersebut akan menyebar ke organ tubuh lainnya bahkan dapat menyebabkan kematian. Gejala umum yang biasanya dialami yaitu seperti batuk darah dan sesak napas. (Baca juga: Penyebab Kanker Paru-paru )

Salah satu penyebab dari kanker ini dikarenakan adanya udara kotor yang terhisap ke dalam tubuh. Selain itu, penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari anak-anak sampai dengan orang lanjut usia. Kanker paru-paru dalam perkembangannya memiliki tingkatan dari stadium awal sampai dengan stadium akhir. Setiap tingkatan memiliki gejala-gejala yang berbeda. (Baca juga : Gejala Kanker Paru Paru).

Jika kanker masih pada stadium awal, ada kemungkinan dapat disembuhkan, Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui gejala dari kanker paru-paru tersebut khususnya dari stadium 1.Tetapi, jika kanker sudah mencapai tingkatan stadium akhir akan sulit diobati apalagi disembuhkan. Berikut ini adalah pemaparan untuk gejala kanker paru-paru stadium 1 :

  1. Batuk Batuk merupakan salah satu gejala dari kanker paru-paru. Gejala ini memang terlihat biasa dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, batuk yang dikarenakan adanya penyakit paru-paru akan berbeda dengan batuk biasa. Batuk yang dialami karena adanya penyakit kanker paru-paru biasanya berlangsung lama dan sulit untuk sembuh. Kemudian batuk tersebut akan menjadi batu berdarah. Segera konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui jenis batuk yang dialami.
  2. Batuk berdarah Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa batuk darah menjadi gejala awal terkena penyakit kanker paru-paru. Batuk berdarah ini sangatlah berbahaya, maka diharuskan melakukan penanganan yang insentif untuk mencegah timbulnya gejala lain dari kanker paru-paru.
  3. Sesak napas Paru-paru merupakan alat pernapasan utama manusia. Apabila pada saat bernapas terasa sesak, maka ada kemungkinan terkena kanker paru-paru. Hal ini juga merupakan gejala kanker paru-paru stadium awal. Sesak napas disebabkan karena adanya udara kotor yang terhirup ke dalam tubuh dan mengendap di dalam jaringan paru-paru.
  4. sponsored links
    Turunnya berat badan Menurunnya berat badan secara drastis bisa saja ditimbulkan karena adanya kanker paru-paru di dalam tubuh. Diperlukan asupan nutrisi yang cukup pada tubuh untuk mengembalikan berat badan menjadi normal.
  5. Demam Setiap orang tentunya sudah biasa mengalami demam ataupun gejalanya. Perlu diwaspadai jika demam yang dialami sulit disembuhkan. Bisa saja itu menjadi salah satu gejala dari adanya penyakit kanker paru-paru.
  6. Gada pada kuku jari Gada merupakan suatu keadaan dimana kuku jari terlihat menggelembung. Hal ini menandakan adanya sel kanker paru-paru yang menyebar pada kuku jari dan merupakan gejala awal dari kanker paru-paru.
  7. Mudah Lelah Pada saat melakukan berbagai aktivitas yang cukup banyak, tentu saja tubuh akan merasakan kelelahan. Lain halnya apabila jika melakukan aktivitas yang ringan tetapi tubu sudah mulai terasa lelah. Mungkin saja itu merupakan gejala awal dari kanker paru-paru. Segera periksa pada dokter ahli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  8. Nyeri dada Jika tiba-tiba dada terasa nyeri atau sakit ada kemungkinan itu merupakan gejala awal kanker paru-paru. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan dari dokter untuk mengatasi gejala tersebut.
  9. Nyeri tulang Sama halnya dengan nyeri dada, nyeri tulang juga merupakan salah satu gejala awal dari kanker paru-paru. Hal ini disebabkan karena sel kanker sudah mulai menyebar pada organ tubuh lainnya.
  10. Vena cava superior obstruksi Vena cava superior obstruksi merupakan suatu keadaan dimana terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga dapat membawa darah dibagian tubuh atas ke jantung. Hal ini perlu diwaspadai karena menjadi salah satu gejala kanker paru-paru stadium awal.
  11. Sulit menelan Adapun gejala lainnya dari kanker paru-paru adalah kesulitan menelan. Ini dikarenakan mulai terjadinya penyempitan pada paru-paru yang disebabkan oleh sel-sel kanker.
  12. Pembengkakan pada muka atau leher Orang yang memiliki penyakit kanker paru-paru akan mengalami pembengkakan pada muka atau lehernya. Hal tersebut disebabkan karena penyebaran sel kanker pada jaringan tubuh yang lainnya.
  13. Kehilangan selera makan Kehilangan selera makan juga merupakan salah satu penyebab kanker paru-paru. Hal ini pula yang menyebabkan berat badan menjadi turun drastis karena penyakit kanker paru-paru.
  14. Suara serak Suara serak ini menjadi efek yang ditimbulkan karena kanker paru-paru. Gejala ini terlihat biasa saja, tetapi apabila suara serak berkepanjangan bisa dipastikan ini merupakan gejala dari kanker paru-paru.

Gejala-gejala tersebut di atas harus segera ditangani agar stadium kanker tidak semakin meningkat dan bahkan bisa saja disembuhkan. Penanganan yang dapat dilakukan bisa berupa pencegahan sejak dini dengan menjaga pola hidup sehat ataupun melakukan pengobatan secara intensif dan berkala, baik berupa pengobatan medis ataupun herbal.

Baca juga :

Sponsors Link

Pencegahan Kanker Paru Paru

Sebelumnya, konsultasikan terlebih dahulu untuk mengetahui kemungkinan terjadinya berbagai penyakit di dalam tubuh. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan untuk mencegah kanker paru-paru agar tidak semakin parah. (Baca juga: Cara Melakukan Pencegahan Kanker Paru-paru )

  • Hindari merokok dan rokok itu sendiri. Sudah sangat jelas jika rokok menimbulkan berbagai macam penyakit yang mematikan, terutama kanker paru-paru. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan tersebut dan hindari pula menghirup asap rokok.
  • Memilih menu makanan yang sehat. Lakukan kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, ataupun makanan rendah lemak. (Baca juga: Makanan Sehari-hari Pencegah Kanker ). Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kanker peru-paru. Karena pada dasarnya kita meang harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan tinggi akan vitamin. Selain itu, hindari makanan yang dapat menyebabkan kanker. (Baca juga: Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker )
  • Olahraga secara teratur. Olahraga penting adanya untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk organ-organ yang ada di dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan haruslah teratur dan rutin. Olahraga dapat pula menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang mematikan, seperti kanker paru-paru.
  • Hindari menghirup udara kotor. Ketika kita beraktivitas di luar rumah tanpa kita sadari sudah menghirup udara kotor, seperti polusi kendaraan, asap pabrik, bahkan asap rokok. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan masker untuk mencegah udara kotor tersebut masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan kanker.

Itulah sekilas mengenai gejala kanker paru-paru stadium 1 berikut dengan pencegahannya. Selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena pada dasarnya upaya dalam pencegahan sejak lebih baik dibandingkan dengan pengobatan. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 04th, October 2016 / 08:59 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru