Sponsors Link

7 Cara Mengobati Kanker Paru Paru Yang Dianjurkan

Sponsors Link

Kanker Paru-paru lebih dominan diderita oleh laki-laki. Hal tersebut dikemukakan oleh WHO berdasarkan survey yang dilakukan pada lebih dari 100 rumah sakit di Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan kanker ini juga diderita oleh wanita, terutama wanita dengan aktifitas merokok baik secara aktif maupun pasif. Bahkan menurut penelitian lebih lanjut, kanker paru-paru termasuk dalam golongan kanker yang mudah untuk dicegah jika memiliki niat pola hidup yang teratur. (baca juga: Kemoterapi Kanker PayudaraPengobatan Kanker Hati Stadium 4 )

Sponsors Link

Dalam dunia medis, terdapat dua jenis kanker paru-paru yang dikategorikan menurut jenis sel. Pertama, kanker paru-paru non-sel kecil yaitu kanker paru-paru yang sering terjadi pada perokok. Kedua, kanker paru-paru sel kecil yaitu kanker paru-paru yang terjadi pada orang yang belum pernah merokok, dimulai dari bronkus dekat dada dan menyebar secara luas. Penyebaran kanker paru-paru sel kecil 2 kali lebih cepat dibanding jenis kanker paru-paru yang pertama. Beberapa faktor yang memengaruhi kanker paru-paru diantaranya adalah polusi, asap rokok, radiasi, serta arsenik.

Artikel terkait : Gejala Kanker Payudara Stadium 4Gejala Kanker Otak Ringan

Diangnosa kanker paru-paru yang lebih awal akan mempermudah penanganan terhadap penyakit ini. Penting diketahui diagnosa kanker paru-paru pada tahap awal dilakukan dengan  pemeriksaan fisik pasien, antara lain dari dahak (pemeriksaan terhadap dahak yang dikeluarkan pasien saat batuk), pencitraan X-Ray dan CT Scan untuk mengetahui jenis tumor yang ada, PET CT Scan untuk mengetahui lokasi tumor secara aktif, dan yang terakhir adalah Biopsi sel kanker untuk mengetahui penyebarannya. (baca juga: Biopsi Kanker NasofaringManfaat Bekam Untuk Kanker)

Kanker paru-paru memiliki beberapa metode pengobatan yang berbeda dari jenis kanker lainnya. Pengobatan dilakukan berdasarkan faktor diantaranya adalah sebagai berikut,

  • Jenis kanker
  • Kadar atau tingkat parahnya kanker serta penyebaran kanker
  • Kondisi penderita

Berikut ini adalah metode pengobatan dan penanganan yang harus dilakukan saat pasien terbukti menderita kanker paru-paru.

Artikel terkait : Gejala Kanker Rahim Stadium 1Biopsi Kanker Usus Besar

1. Terapi Fotodinamik

Terapi fotodinamik adalah sebutan untuk metode penghancuran sel kanker yang masih berada pada stadium awal. Pada stadium awal semacam ini biasanya pasien tidak berkenan melakukan tindakan operasi atau pembedahan, sehingga pada metode ini pengobatan dilakukan dengan cara memasukan tabung yang berbentuk pipih ke dalam lokasi tumor. Langah berikutnya adalah meluncurkan sinar laser guna menghancurkan sel kanker.

2. Terapi Biologis

Terapi biologis dilakukan pada penderita yang ingin mnegambil jalan alternatif. Berbeda dengan kemoterapi, untuk terapi biologis ini menggunakan beberapa jenis obat diantaranya gefitinib; erlotinib, yang sejatinya hanya menghambat pertumbuhan sel kanker. Biasanya metode terapi biologis ini disarankan bagi penderita kanker paru-paru non sel kecil yang sudah menyebar dan sulit dilakukan operasi. (baca juga: Manfaat Air Lemon Untuk KankerCiri-ciri Kanker Payudara Stadium 1)

Sponsors Link

3. Ablasi Radiofrekuensi

Stadium awal pada kanker paru-paru sel kecil biasanya menggunakan metode pengobatan ablasi. Pengobatan ini biasa dilakukan saat penderita aman dengan kondisi jantung, atau dengan kata lain memiliki kondisi jantung yang sehat. Pasalnya, metode pengobatan ini menggunakan aliran gelombang radio yang berpengaruh pada organ dalam lainnya. Pada metode ablasi tim medis akan melakukan tindakan berupa penusukan tumor dengan jarum yang diarahkan dengan menggunakanb CT Scan. Ketika jarum sudah berhasil menusuk tumor yang dimaksud, maka gelombang radio akan dialirkan dengan konsekuensi rasa panas aliran tersebut untuk membunuh sel kanker. Efek samping yang ditimbulkan akibat tindakan ini berupa munculnya kantung udara yang berada di lapisan luar dan dalam paru-paru pasien.

Baca juga:

4. Kryoterapi

Pada kondisi dimana sel kanker sudah berhasil menyebar dan menutup saluran udara maka tindakan kryoterapi dibutuhkan untuk mengatasi kondisi ini. Metode kryoterapi menggunkaan alat yang disebut kryoprobe yang diletakkan pada tumor dan dapat menghasilkan suhu dingin untuk membantu menyusutkan tumor yang ada.

5. Pengangkatan Sel Kanker

Metode pengobatan ini sudah banyak dilakukan bagi keseluruhan penderita kanker. Operasi dilakukan dengan mengambil atau mengangkat sel kanker serta beberapa bagian jaringan sehat yang berada disekitarnya untuk mencegah penyebaran sel kanker ke jaringan yang lain. Beberapa jenis tindakan operasi pengangkatan sel kanker paru-paru diantaranya adalah,

  • Wedge Resection, metode pengangkatan sebagian kecil jaringan paru-paru
  • Lobektomi, pengangkatan lobus (bagian paru-paru), paru-paru masih dapat berfungsi meski ini dilakukan.
  • Pneumonektomi, pengangkatan satu sisi paru-paru secara utuh. Dalam kondisi ini paru-paru masih bisa berfungsi.

Operasi pengangkatan semacam ini jelas menimbulkan beberapa komplikasi atau efek samping yang cukup dirasakan berat oleh penderita seperti penggumpalan darah pada bagian tertentu, peradangan paru-paru, dan pendarahan.

Sponsors Link

6. Radioterapi

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa metode radioterapi  adalah metode pengobatan yang cukup banyak dipilih oleh pasien kanker. Radioterapi memakai energi radiasi guna menghancurkan sel kanker. Metode ini juga dapat dilakukan ketika bermaksud membunuh sisa sel kanker yang kemungkinan masih tertinggal. Efek samping akibat tindakan ini biasanya berupa nyeri dada, lelah, batuk, pendarahan, dan sulit menelan.

Artikel terkait: Cara Pengobatan Kanker LidahLeukimia pada Anak

7. Kemoterapi

Kemoterapi adalah prosedur menghancurkan sel kanker melalui terapi obat-obatan tertentu. Kemoterapi dilakukan secara berselang karena membutuhkan masa pemulihan setelah menjalani proses kemoterapi sebelumnya. efek samping yang dihasilkan dari proses ini berupa sariawan, muntah, kerontokan rambut, dan kelelahan fisik. (baca juga: Perbedaan Kanker dan Tumor secara UmumManfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

Pada dasarnya kanker paru-paru tergolong jenis kanker yang mudah dicegah. Alangkah baiknya bagi anda untuk mencegah penyakit mematikan ini dengan beberapa tindakan seperti berikut,

  • Berhenti merokok dan hindari perokok
  • Berolah raga, sering menghirup udara segar di pagi hari
  • Banyak minum air putih
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang bebas dari bahan pengawet
  • Menerapkan pola hidup dan pola pikir yang sehat dan seimbang

Demikian artikel informatif mengenai cara mengobati kanker paru-paru, semoga bermanfaat bagi anda!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, March 2017 / 06:13 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru