Sponsors Link
     Sponsors Link

Gejala Kanker Pankreas– Faktor Penyebab, Diagnosa dan Pengobatan

ads

Kanker pankreas adalah penyakit dalam yang disebabkan sel sel yang ada dalam pankreas mengalami peningkatan dan mengalami proses mutasi dalam DNA yang memicu sel sel tersebut tumbuh dengan cepat  dan menyebar pada jaringan tubuh lain setelah keadaan sel yang normal mati.

Jika kondisi terus menerus dibiarka tanpa adanya upaya pengobatan maka akan terjadi pengkristalan sel sel yang membentuk seperti daging. daging inilah yang biasa disebut sebagai tumor yang jika ganas akan berubah menjadi kanker ganas. (Baca Juga: Penyebab Kanker Pankreas , Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

Gejala Kanker Pankreas:

  1. Meningkatkan depresi atau stres yang berkepanjangan
  2. Mengakibatkan Demam tinggi dan tubuh menggigil
  3. Peningkataan kadar gula adaalaam darah
  4. Menyebabkan gatal gatal pada kulit
  5. Darh mudah untuk mengalami pengkristalan
  6. Perut mual mual
  7. Sering mengalami muntah
  8. Mengalami gangguan pencernaan
  9. Buang air besar yang tidak teratur
  10. Nafsu makan berkurang
  11. Menderita saakit kuning

(Baca Juga: Gejala Kanker Lambung , Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal)

Faktor Penyebab munculnya penyakit kanker pankreas

  • Adanya bakteri jenis Helicobacter pylori yang menjadi penyebab infeksi dan luka pada lambung yang memicu sel baik pada pankreas berubah menjadi sel kanker
  • Karena seseorang menderita penyakit diabetes  yang dapat meningkatkan resiko serangan kanker pankreas (Baca Juga: Manfaat Nanas Untuk Penderita Kanker)
  • Merokok yang berlebihan dapat memicu kanker pankreas dimana racun yang ada padaa rokok mampu mengiritasi dan merusak jaringan organ dalaam, khususnya area pankreas (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)
  • Usia diatas 70 tahun beresiko tinggi terkena kanker pankreas karena pada usia tersebut dayaa tahan tubuh semakin menurun, kemampuan pankreas dan organ tubuh lainpun ikut  melemah dalam memblokir keaktifan sel kanker yang ada pada jaringan pankreas.
  • Seseorang yang tidak pernah berolahraga dapat mempercepat munculnya kerusakan pada area pankreas dan mempercepat sel sel mengalami mutasi ketika pankreas dimasuki partkel asing beracun yang dihasilkan dari radikal bebas (Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini)
  • Seseorang yang kelebihan berat tubuh didalam tubuhnya akan mempunyai kadar lemak yang tinggi. lemak berlebihan dapat menghambat kesehatan jaringan pankreas dan merusak kinerja pankreas dan menyebabkan kanker pankreas (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar)
  • Pola makan yang tidak memiliki standar kesehatan yang baik adalah pemicu tumbuhnya sel kanker dalam pankreas
  • Seseorang yang sebelumnya pernah menderita kanker pankreas dan terkadaang suatu hari bisa mendadak kambuh kembali jika area pankreas mengalami peradangaan
  • Karena faaktor keturunann, dimana seseorang mempunyai angota keluarga atau salah satu orangtuanya adalah pengidap kanker pankreas
  • Seseorag yang gemar minum minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan daan jaangka pankjang maka beresiko terkena kerusakan pankreas yang memicu sel kanker cepat bermutasi (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut)
  • Seseorang menderita penyakit kuning yang sudah parah sangat muddah mengalami kerusakan pankreas karena sel kanker mudah bermutasi dan menyebar pada jaringan organ lain yang dekat dengan hati dan pankreas.
  • Seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sekitar pankreas dan merusak jaringan sekitar pankreas yaang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker (Baca Juga: Gejala Kanker Prostat)
  • Seseorang yang gemar makanan siap saji atau segala bentuk makanan yang mengandung lemak jenug maka akan mengalami keruusakan pankreas yang diiringi dengan tumbuhnya sel kanker pad sekitar pankreas.
sponsored links

Tes untuk mengklaim seseorang menderita kanker pankreas

1. Melakukan tes pencitraan organ tubuh

Tes pencitraan organ tubuh ini menggunkan ultrasound scan, CT, PET Scan ataau bisa juga menggunakan endoluminal ultrasonography (eus) yaitu dengan cara memasukan endoskop (kamera mungil) kedalam rongga mulut kearah lambung untyk memeriksa secara detail kedaan terkini dari jaringan pankreas. (Baca Juga: Gejala Kanker Lambung Stadium Awal , Gejala Kanker Lambung)

2. Melakukan Laparoskopi

Yaitu cara menasukan mikroskop kecil (laparoskop) pada lubang pembuluh pada daerah perut menuju lambung atau pankreas.

3. Melakukan ERCP

ERCP adalah singkatan dari Endoscopic retrogade cholangiopan creatography yaitub memasuykan endoskop melalui rongga mulut kerah lambung , namun hal ini digunakan untk menyuntikan daan penyebaran pewarna khusus kesaluran pankreas dan saluran empedu agar dokter mengetahui dan memahami benar dimana tepatnya atau persisnya letak tumor atau sel kanker. (Baca Juga: Gejala Umum Kanker Empedu , Penyebab Kanker Empedu)

4. Melakukan Biopsi

Biopsi adalah proses pengambilan untuk contoh sel yang dicurigai dokter sebagi sel yang mengandung kanker. kemudian sampel sel tersebut akan diperiksa dan dipelajari lebih lanjut dilaboratorium agar di dapat jawaban yang pasti tentang ada atau tidaknya sel kanker padaa tubuh seorang pasien (Baca Juga: Biopsi Kanker)

Apa yang dilakukan jika seseorang yang telah menjalani serangkaian tes, ternyata seseorang tersebut mengidap kanker pankreas tetapi masih masih pada tahap awal?

Setelah melakukan serangkaian tes dan ternyata seseorang diklaim dokter telah mengidap sel kanker dalam pankreasnya,  biasanya dokter akan menyarankan untuk segera menjalani terapi  yaitu kemoterapi atau radioterapi untuk mempercepat penyembuhan dan pemusnahan sel kanker yang masih jinak. (Baca Juga: Radioterapi Kanker Serviks)

Manfaat kemoterapi dan radioterapi serta efek sampingnya

1. Manfaat Kemoterapi

Kemoterapi terbukti mampu melenyapkan , memblokir, menfghambat dan memusnaahkaan sel kanker didalam jaringan tubuh termasuk pankreas. Kemoterapi mampu memb perbaiki jaringan sel yang rusaak kembali mengalami kesembuhan dan meningkatkan kondisi pankreas dalam keadaan yang lebih sehat. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening , Kemoterapi Kanker)

Efek sampingnya :

Kemoterapi baik bagi penderita kanker namun jika terlalu sering menjalani kemoterapi juga tidak baik karena akan ada efek saampingnya berupa timbulnya sariawan yang berkepanjangan , tubuh mudah mengalamim kelelahan, perut merasa mual mual yang terkadang diselingi muntah muntah dan mudah terserang infeksi  pada luka. namun kondisi  akn hilang dengaan sendirinya ketika seseorang menjalani kemoterapi yang lebih dijarangkan tertapi teratur dan sesuai dengan anjuran dokter yang terkait.

2. Manfaat Radioterapi

Rodioterapi juga baik bagi penderita kanker apapun termasuk pankreas , karena menggunakan sinar radiasi energi yang tinggi  nyang lebih sering disebut sebagai terapi radioterapi yang dapat membantu mempersempit ruang dan gerak untuk sel kanker agar tidak cepat menyebar kebagian tubuh lain daan mampu memperkecil sel tumor agr tidaak terus berkembang dan berubah menjadi sel kanker. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring , Pembagian Stadium Kanker Serviks)

Efek sampingnya :

Radioterapi baik bagi pemblokiran aktifitas sel kanker agra mudah dikendalikan dann tidak lagi terus menyebar pada organ tubuh lain, namun efek sampingnya seseorang dapat merasakan rasa nyeri pada bagian yang mendapatkan sinar radiasi dari terapi radioterapi tersebut dan mengalami mual mual , muntah dan  tubuh meras tidak nyaman . namun keadaan ini akan hilang dengan sendirinya ketika terapi yang dilakukan sudah selesai dan seseorang telah mengalami pemulihan yang signifikan.

Bagi penderita kanker pankreas sebaiknya menjalani kombinasi dari kedua terapi tersebut yaitu kemoterapi dan radioterapi agar sel kanker mudah dilenyapkan dan mempercepat proses penyembuhan. Jangan khawatirkan tentang efek sampingnyaa, karena akan berbeda pada setiap individu dan akan hilang dengn sendirinya. misalnya timbul kemerahan pada kulut, perasaan selalu lelah dan letih, nafsu makan menghilang secara mendadak, terserang diare, perut terasa mual dan muntah muntah.

Tindakan alternatif untuk penderita kanker pankreas apabila kanker semakin parah yaitu dengan operasi

  • Operasi adalah cara yang paling baik dan paling banyak diminati oleh para penderita kanker pankreas karena dengan jalan itulah kanker paankreas dapat mudah disembuhkan dan sel kanker tidak kembali muncul . namun sayangnya tidak semua kanker pankreas akan mudah disembuhkan melalui cara operasi apalagi yang telah terdiagnaosa memasuki stadium 2 , 3 dan 4.
  • Operasi yang paling sering dilakukan para dokter yang diperuntukan bagi penderita kanker pankreas adalah untuk mengangkat kepalan pankreas, pada bagian usus kecil atau padaa kantong empedu yang telah disinggahi sel kanker dan juga bisa pada saluran empedu atau pada organ lambung. Operasi seperti ini  sangat baik karena mampu mempercepat proses penyembuhan dibandingkan dengan operasi pengangkatan pankreas secara total (keseluruhan) (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Usus , Gejala Kanker Usus Halus)
  • Operasi pancreatectomy distal untuk pengangkatan bagian organ dan ekor pankreas namun tidak pada kepala pankreas . bisa juga pada sekitar lambung, usus besar , ginjal sebelah kiri atarupun pada diafragma sebelah kiri.  (Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Lambung)

Kanker pankreas mempunyai beberapa tahap yang dimasukan sebagai kategori stadium atau tingaktan bahaya. semakin parah kanker pankreas yang diderita maka seseorang akan melewati tingkatan stadium yang lebih tinggi.

  • Stadium 1

Seseorang yang mempunyai kanker yangb hanya terdapat  didalam pankreasnya saja dan sel kankernya belum menyebar kearah organ tubuh lain. stadium 1 adalah tingkatan kanker yang masih mudah untuk diobati dan disembuhkan. bahkan bisa diobati hanya dengan cara meminum ramuan tradisional yang khusus untuk kanker secara rutin. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru Paru Stadium awal)

  • Stadium 2

Seseorang yang mempunyain kanker dimana selnya telah menyebar dan menjangkau jaringan organ tubuh yang dekat dengan area pakreas atau telah menyebar kejaringanlain yaitu jaringan kelenjar getah bening. stadium 2 adalaah tibngkatan kanker yang lebih tinggi yang masih bisa disembuhkan dengan cara terapi atau radioteraapi. (Baca Juga: ejala Kanker Serviks Stadium)

  • Stadium 3

Seseorang yang mempunyai kanker dimana sel sel kankernya telah mengalami percepatan penyebaran kejaringan pembuluh darh besar diarea paankreas dan telah menjangkau darha bagian nodus limfa. kondisi sudah dinyatakan penderita mengalami kanker yang parah dan perlu pengobatan lebih intensif melalui kemoterapi sekaligus radioterapi yang kemudian di lanjutkan dengan tindakan operasi. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium )

  • Stadium 4

Stadium 4 adalah fase dimana sel kanker telah menyebar secara meluas ke berbagai jaringan organ tubuh dan menjangkau pembuluh darah. kondisi ini sudah sulit untuk disembuhkan secara cepat dengan menggunakan kemoterapi, radioterapi ataupun tindakan pembedahan. namun masih ada juga penderita kanker dalam tingkatan stadium 4 bisa diselamatkaann yaitu dengan cara kemoterapi terus menerus dan menjalani radioterapi untuk menghambat perkembangan sel kanker agar tidak mencapai otak. (Baca Juga: Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

Sponsors Link

Tips sehat untuk pengobatan kanker pankreas bagi penderita kanker (stadium 1)

  • Rebusan daun sirsak

Daun sirsak bisa direbus lalu dinginkan airnya kemudian disaring airnya. tambahkan madu dan air jeruk lemon. minumlah ramuan tersebut setiap hari sampai sembuh. daun Sirsak mempunyai zat anti kanker yang kuat sehingga mamapu menghambata perkembangan sel kanker agar tidak mudah menyebar. (Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker Otak)

  • Rebusan kulit manggis

Kulit manggis bisa dikeringkan terlebih dahulu selam asatu hari, kemudia ciuci daann rebusla. setelah itu dinginkan lalu saring airnya daan tambaahkan madu serta air lemon. minumlahb setiap hari sampai sembuh. kulit manggis kaya manfaat bagi kesehatan lambung, pencernaan, hati, ginjal, empedu, meningktkan daaya tahan tubuh dimana semua itu sangat berhubungan dengan kesehatan pankreas. jika lambung, hati ginjal, empedu dan lain lain srhat maaka sel kanker pada pankreas tidaka akan perniah bermutasi menjadi sel kanker. (Baca Juga: Manfaat Ace Maxs untuk Pengobatan Kanker Serviks)

  • Daun seledri

Daun seledri mempunyai kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahn tubuh, dan memiliki senyawa flavonoid yang bertindak sebagai anin kanker, memiliki zat apigenin yang mampu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, memebubuh sel kanker pankreas dan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada pankreas . Seledri juga memiliki banyak asam amino essensial yang dapat meningkatkan kesehatan pankreas dan jaaringan yang ada didekatnya.  maka konsumsilah seledri dalam bentuk jus atau dimakan bersamaa nasi  dan lauk pauk lainnya. (Baca Juga: Manfaat Vitamin E Untuk Pengobatan Kanker)

  • Minuman teh hijau

Teh hijau memiliki zat anti kanker yang kuat yaang maampu menghambat pembelahan sel kanker, dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pankreas dan memiliki kemampuan nyata dalam mencegah penyebaran sel kanker pada tahap stadium yang lebih parah . (Baca Juga: Makanan Pencegah Kanker Rahim)

  • Mengkudu

Mengkudu adalah jenis buaha buahn yang mengandung Dammacanthel yaitu zat anti kanker yang kuat, mengkudu mampu membunuh pertumbuhan sel abnormal pada pankreas yang masih pada tahap pra kanker. pada penderita kanker pankreas maengkudu dapat memblokir aktifitas sel kanker agar tidak mudah menjalar kedaerah organ tubuh lain dan mempercepat proses penyembuhan yang dijalani lewat kemoterapi. (Baca Juga: Buah yang Baik Untuk Obat Kanker Darah , Daftar Tanaman Obat Kanker dan Cara Menggunakannya)

Orang yang menjalani kemoterapi lalu rajin minum air menkudu maka penyembuhan kankernya akan mudah dicapai.  caranya blenderlah mengkudu yang sudah dibersihkan kulitnya. peras airnya lalu tambahkan air lemon. minumlah tiga hari sekali untuk pencegahan kanker dan minumlah setiap hari untu penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

Cara mendeteksi kanker pankreas sejak dini

  • Untuk memastikan didalaam pankreas tumbuh sel kanker atau tidak sebaiknya periksa kondisi pankreas dengan beerapa tes pada dokter yaang terkait. agar jika telah ditemukan sel kanker maka akan lebih mudah untuk mencari jalan penyembuhannya. semakin sering mengontrol kesehatan tubuh maka anda akan dapat memgetahui keberadaan sel kanker secara dini yang bisa sangat cepat disembuhkan dengan cara pengobatan herbal tradisional. tanpa harus menjalani kemoterapi atau radioterapi yang berkepanjangan.
  • Pemeriksaan sel kanker seharusnya bukan hanya diperuntukkan bagi kaum tua saja melainkan orang orang yang berusia produktif antar usia 20 sampai 40 tahun, bisa juga terserang kanker pankreas. hal itu terjadi karena semakin banyaknya orang orang dari kalangan muda yang memiliki pola makan yang tidak sehat, kecanduan merokok, jarangnya beraktifitas olahraga, minum minuman beralkohol dan lain lain.

(Baca Juga: Manfaat Singkong Untuk Penderita Kanker , Manfaat Daun Afrika Untuk Pengobatan Kanker)

Jangan tunggu kanker pankreas melewati tahap stadium satu, karena jika telah melewatinya maka tindakan poengobatan akan semakin rumit dan membutuhkan banyak biaya. sebelum segalanya terlambat segera periksakan organ tubuh anda terutama bagian pankreas , setidaknya 6 bulan sekali untuk menditeksi sel kanker lebih awal dan  sekarang sudah saatnya merubah pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat,

 

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 17th, November 2016 / 10:26 Oleh :
Kategori : Kanker Pankreas