Sponsors Link

Kanker Pankreas

kanker pankreas

Pankreas merupakan suatu organ di dalam tubuh yang terletak di bagian bawah lambung. Di dalam pankreas , terdapat dua sel, yaitu sel endokrin dan sel eksokrin. sel endokrin menghasilkan hormone insulin, yang bertugas untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Sedangkan sel eksokrin bertugas untuk menghasilkan cairan pencernaan tubuh.

Kanker pankreas sendiri dapat timbul karena kemunculan sel – sel kanker yang berkembang pada bagian pankreas tersebut. Pada umumnya, sel – sel kanker yang memicu terjadinya kanker pankreas berasal dari sel eksokrin yang terdapat di dalam pankreas .

Kanker pankreas sendiri merupakan salah satu bentuk kanker yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Di Amerika, kanker pankreas menempati urutan ke – 4 dari penyakit kanker mematikan secara umum.

Penyebab

Sama seperti beberapa jenis kanker yang menyerang manusia, kanker pankreas memiliki penyebab yang belum pasti, namun terdapat beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker pankreas , yaitu :

  1. Merokok
  2. Diabetes
  3. Faktor Genetik
  4. Infeksi atau radang pada pankreas ( pancreatitis )
  5. Obesitas
  6. Tingginya asupan daging merah
  7. Kurangnya asupan sayur dan buah

Gejala

Kanker Pankreas sendiri memiliki berbagai jenis symptom atau gejala – gejala yang mirip seperti beberapa kanker pada umumnya. Gejala – gejala atau symptom yang terjadi pada kanker Pankreas antara lain :

  1. Penyakit Kuning
  2. Nyeri pada perut dan pada punggung
  3. Penurunan Berat Badan
  4. Diabetes yang tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Nausea
  7. Gatal – gatal pada kulit
  8. Gangguan pada pencernaan

Lalu bagaimana anda bisa benar – benar memastikan bahwa kanker pankreas memang menyerang anda? dari sisi medis, selain dilihat dari symptom – symptom atau gejala – gejala yang timbul, anda juga dapat melakukan pemeriksaan secara medis ke rumah sakit yang memiliki peralatan yang lengkap.

Metode Diagnosis

Berikut ini beberapa metode yang digunakan untuk mendiagnosa pasien yang menderita kanker, terutama kanker pancreas :

  1. CT Scan ( Computed Tomography Scan )

CT Scan merupakan metode imaging yang menggunakan x – ray untuk melihat kondisi bagian dalam organ tubuh. Dengan menggunakan CT Scan ini, maka kondisi bagian organ – organ di dalam tubuh anda dapat terpantau dan diobservasi dengan jelas. Selain itu, CT scan jugaa dapat memberikan gambaran mengenai pankreas anda dengan hjelas, dan mudah untuk di observasi. Dengan CT Scan, maka tim dokter juga dapat mengobersvasi, apakah sel kanker sudah menjalar ke bagian sekitarnya atau belum.

  1. MRI ( Magnetic Resonance Imaging )

MRI scan merupakan tipe pemindaian atau scanning yang mengunakan gelombang radio dan gelombang magnet yang kuat, dan bukan menggunakan x – ray dalam memindai bagian organ dalam tubuh anda. namun demikian, MRI lebih jarang digunakan dibandingkan CT scan, karena kemampuan melihat pankreas yang tidak sebaik CT Scan, namun demikian metode ini juga kerap digunakan, dan berhasil mengungkap sel kanker di dalam pankreas pasiennya.

  1. Ultrasound

Ultrasound merupakan salah satu metode lain dalam mendiagnosa kanker yang terdapat pada pankreas . Metode ultrasound ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Abdominal Ultrasound. Pada jenis ini, ultrasound akan diarahkan di bagian perut atau abdominal dari pasien untuk melihat ada atau tidaknya sel kanker pada pancreas, dengan memanfaatkan pantulan gelombang suara yang dihasilkan.
  • Endoscopic Ultrasound. Metode ini dinilai lebih baik dalam melakukan diagnose pasien kanker pancreas, dimana metode ini menggunakan teknik ultrasound yang dimasukan langsung ke dalam tubuh pasien melalui mulut, dan turun ke bagian pancreas, untuk mendeteksi ada atau tidaknya sel kanker.
  1. Cholangiopancreatography

Cholangiopancreatography merupakan suatu test imaging yang digunakan untuk melihat apakah pasien memiliki sel kanker di bagian pankreasnya.. test ini dapat menunjukkan apakah terdapat suatu saluran yang tesumbat, ataupun menyempit pada bagian pankreas , yang mungkin disebabkan oleh tumor atau kanker itu sendiri.

  1. Somatostatin Receptor Scintigraphy ( SRS )

Somatostatin Receptor Scintigraphy atau biasa dikenal dengan istilah octreoscan merupakan suatu teknik imaging yang sangat berguna dalam mendeteksi kanker pankreas , terutama pada neuroendocrine tumors ( NETs ). Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan senyawa bernama octreotide yang dapat dilihat atau di diagnose dengan bantuan camera yang dapat menunjukan kegiatan radioaktif di dalam pankreas .

  1. PET Scan ( Positron Emission Tomography )

Sama seperti beberapa alat imaging lainnya, PET Scan dapat membantu untuk mendeteksi kanker pada pankreas seseorang. Proses scan atau pemindaian dengan menggunakan teknik ini menggunakan zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam tubuh, yang akan menunjukkan reaksi tertentu setelah 1 jam dan dapat dideteksi melalu PET Scanner.

  1. Test Darah

Selain menggunakan metode imaging, kanker pankreas juga dapat dideteksi dan didiagnosa dengan menggunakan metode pengetesan pada darah pasien. Dari hasl pengetesan darah ini akan disimpulkan tentang kondisi kanker dan berbagai macam gangguan tubuh lainnya yang terdapat di dalam diri pasien.

Kanker pankreas sendiri, memang memiliki potensi yang sangat membahayakan, karena dapat menjadi pembunuh. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker pankreas dapat berkembang, dan perkembangannya di klasifikasikan dalam beberapa tahapan atau stadium.

Stadium Kanker Pankreas

Tahapan dan stadium pada kanker pancreas dilihat dari 3 bentuk yaitu :

  • T ( Tumor )

Mendeskripsikan ukuran dari tumor yang menyerang dan mendeskripsikan apakah tumor hanya berada di pankreas , atau sudah menyebar. Kategori T dibagi menjadi beberapa kategori lain, yaitu :

  • TX : Tumor utama tidak dapat di ukur
  • TO : tidak ada tanda kemunculan tumor
  • Tis : Tumor atau kanker terdapat di layer teratas pada pankreas
  • T1 : Kanker berada di pankreas dengan ukuran kira – kira 2 cm
  • T2 : Kanker masih berada di pankreas dengan ukuran 2 cm atau lebih
  • T3 : kanker sudah tumbuh di luar pankreas , namun belum mencapai bagian neuron atau syaraf
  • T4 : kanker sudah menyebar, dan sudah menjangkit bagian sel darah dan saraf.
  • N ( Nodes )

Nodes mengacu pada penyebaran di bagian getah bening terdekat ( lymph nodes ), yang terbagi menjadi :

  • NX : kelenjar yang berada di sekitar pankreas tidak dapat diukur
  • NO : kanker belum menjangkit kelenjar yang berada di sekitar pankreas
  • N1 : Kanker sudah menjalar ke bagian kelenjar getah bening di sekitar pankreas .
  • M ( Metastasized )

Mengacu pada keadaan dimana kanker sudah menyebar ke organ lain yang ada di dalam tubuh, terdiri dari beberapa kategori, yaitu :

  • MO : kanker belum merembet dan menjangkit organ tubuh lainnya.
  • M1 : kanker sudah menjalar ke bagian organ tubuh lainnya.

Terdapat 5 tahapan atau stadium yang mendeskripsikan kanker pankreas pada manusia, ke – 5 tahapan tersebut didefinisikan dari kategori – kategori T, N, dan M yang sudah disebutkan sebelumnya. Stadium atau tahapan tersebut adalah :

 Stadium 0

  • Kategori : Tis, NO, MO

Pada tahap ini tumor sudah terjadi pada pankreas , namun belum menyebar dan masih memiliki ukuran yang kecil, dan biasanya didiagnosa atau dikaitkan dengan pancreatic carcinoma in situ.

Stadium I

Terbagi menjadi 2 tahap, yaitu :

  • Stadium I A
    • Kategori : T1, NO, MO

Pada tahap ini, tumor di pankreas memiliki ukuran sekitar 2 cm, namun belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lainnya.

  • Stadium I B
    • Kategori : T2, NO, MO

Pada tahap ini tumor atau kanker pada pankreas  memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari 2 cm, dan masih belum menyebar.

Stadium II

Terbagi menjadi 2 tahap, yatu :

  • Stadium II A
    • Kategori : T3, NO, MO

Pada stadium ini, tumor mulai tumbuh di luar bagian pankreas , namun tidak dan belum menyebar ke dalam organ tubuh lainnya.

  • Stadium II B
    • Kategori : T1 – 3, N1, MO

Pada tahap ini kanker sudah berada di luar pankreas , dan mulai menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, namun tidak menyebar ke daerah yang lebih jauh.

Stadium III

  • Kategori : T4, N, MO

Pada tahap ini tumor atau kanker sudah tumbuh di luar pankreas , dan mlai menjangkit bagian sel darah ataupun saraf terdekat, namun belum tersebar ke bagian tubuh yang jauh.

Stadium IV

  • Kategori : T, N, M1

Pada stadium ini, kanker dan tumor sudah menyebar ke bagian – bagian tubuh yang letaknya jauh dari tempat asalnya, yaitu pankreas .

Pengobatan Kanker Pankreas

Pengobatan pada kanker pankreas ini memiliki metode yang sama dengan beberapa pengobatan kanker lainnya, yaitu dengan menggunakan :

  1. Radiotherapy
  2. Kemoterapi
  3. Operasi Pembedahan

Itulah beberapa informasi mengenai kanker pankreas . Cara yang paling baik untuk mencegah terjadinya kanker pankreas hanya satu, budayakanlah ppola hidup sehat tanpa rokok dan alcohol yang berlebihan, karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!