Sponsors Link

20 Tanda tanda Kanker Otak Paling Berbahaya

ads

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia. Di dalam otak terdapat syaraf-syaraf yang terdapat pada tubuh. Melalui otak, seseorang mampu melakukan pengaturan diri pada tubuhnya ketika berada dalam situasi, kondisi, ataupun lingkungan di sekitarnya. Jika kesehatan otak terganggu, maka otak tersebut akan kesulitan dalam bekerja secara efektif. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kondisi otak agar tetap sehat dan bekerja sesuai fungsinya. (Baca juga: Gejala Kanker Batang Otak).

Salah satu gangguan atau penyakit yang bisa menyerang otak adalah penyakit kanker otak. Kanker otak merupakan suatu kondisi dimana tumor otak ganas menyebar pada bagian lain dari otak dan tulang belakang. Tumor otak yang menjadi penyebab kanker merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang tidak wajar dan tidak terkendali. Jika otak terserang penyakit kanker, maka sistem syaraf tidak akan berfungsi dengan semestinya. (Baca juga: Gejala Ciri ciri Kanker Otak )

Tanda-tanda yang dialami dari adanya kanker otak dapat berbeda-beda pada setiap penderitanya. Hal ini didasarkan pada ukuran dan bagian yang terserang penyakit kanker. Akan tetapi kita perlu mengetahui tanda-tanda umum yang mungkin terjadi pada seseorang yang terkena penyakit kanker otak. Berikut ini adalah pemaparannya. (Baca juga: Penyebab Kanker Otak)

  1. Mudah lelah

Orang yang mengidap penyakit kanker otak akan mudah merasa lelah, meskipun hanya melakukan beberapa kegiatan yang sifatnya masih dalam tahap ringan. Tanda ini cukup umum dirasakan oleh orang yang sehat sekalipun. Tetapi jika kondisi ini terus menerus dirasakan, maka ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk mendeteksi adanya penyakit kanker otak. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Otak ).

  1. Mudah mengantuk

Selain mudah kelelahan, orang yang terkena penyakit kanker otak akan sering mengalami kondisi dimana ia mudah mengantuk. Tanda ini tidak bisa dianggap sepele karena jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan penyakit tersebut semakin parah.

  1. Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan secara umum dapat dialami oleh siapapun. Tetapi lain halnya jika gangguan penglihatan tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker otak. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mendiagnosis adanya penyakit kanker otak tersebut. Hal ini dikarenakan, kondisi yang terjadi pada indera penglihatan tidak dapat dibiarkan begitu saja. (Baca juga: Langkah Pengobatan Kanker Otak)

  1. Gangguan ketika berjalan

Orang yang terindikasi terkena penyakit kanker otak akan mengalami kesulitan dalam berjalan. Hal ini disebabkan karena sistem syaraf ikut terganggu dan tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Sehingga terjadi kesulitan atau gangguan ketika berjalan.

  1. Mengalami gangguan dalam berbicara

Selain gangguan ketika berjalan, orang yang terkena penyakit kanker otak akan mengalami gangguan ketika berbicara. Kata-kata yang diucapkan tidak dapat terdengar dengan jelas. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan bahwa hal tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker otak.

Sponsors Link

  1. Sering muntah-muntah

Kondisi muntah-muntah dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Karena kondisi tersebut tidak selalu mengindikasikan adanya penyakit kanker otak. Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

  1. Sering merasa sakit kepala

Sakit kepala merupakan hal yang umum dirasakan oleh setiap orang. Namun lain halnya jika sakit kepala tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker otak. Apabila sakit kepala yang dirasakan berkepanjangan dan sangat sering dirasakan, maka dapat dipastikan bahwa hal tersebut merupakan tanda dari adanya penyakit kanker otak.

  1. Mengalami kesulitan dalam mendengar

Penyakit kanker otak dapat memberikan efek negatif atau gangguan terhadap panca indera, salah satunya adalah indera pendengaran. Orang yang mengalami penyakit kanker otak akan mengalami gangguan terhadap pendengarannya. Sehingga ia akan kesulitan mendengar secara jelas. (Baca juga: Efek Kanker Otak).

  1. Sering mengalami mati rasa pada kaki dan tangan

Orang yang terkena penyakit kanker otak akan sering mengalami mati rasa pada bagian tubuh lain, khususnya kaki dan tangan. Hal ini disebabkan karena bagian tubuh tersebut mengalami gangguan yang disebabkan oleh terganggunya syaraf pusat yang ada pada otak.

  1. Kesulitan dalam berkonsentrasi

Kesulitan dalam berkonsentrasi bagi orang yang mengidap penyakit kanker otak akan mengakibatkan orang tersebut merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

  1. Daya ingat dan respon mengalami penurunan

Selain kesulitan dalam berkonsentrasi, orang yang terkena penyakit kanker otak akan mengalami penurunan pada daya ingat dan responnya. Hal ini disebabkan oleh adanya masalah pada otak yang mulai dikuasai oleh sel-sel kanker.

  1. Mengalami kelumpuhan

Orang yang terkena penyakit kanker otak secara perlahan akan mengalami kelumpuhan pada anggota tubuhnya. Tanda ini akan dialami ketika penyakit kanker otak sudah berada di stadium 3 atau stadium akhir. Oleh sebab itu, kenali tanda – tanda awal dari adanya penyakit kanker otak.

  1. Siklus menstruasi menjadi tidak normal

Bagi wanita, apabila mengalami siklus menstruasi yang tidak normal maka harus diwaspadai. Hal tersebut dikarenakan bisa saja kondisi ini merupakan tanda dari adanya penyakit kanker otak atau penyakit kanker lainnya.

sponsored links
  1. Sering pingsan

Pingsan menjadi hal yang wajar terjadi pada seseorang, terutama ketika tubuh mengalami kelelahan. Tetapi lain halnya jika pingsan tersebut sering terjadi secara tiba – tiba disertai dengan gangguan syaraf sehingga menyebabkan kesulitan dalam menggerakkan anggota tubuhnya. Hal tersebut dapat diindikasikan sebagai tanda dari adanya penyakit kanker otak. (Baca juga: Cara Diagnosis Kanker Otak ).

  1. Mengalami perubahan perilaku

Adanya penyakit kanker otak pada tubuh dapat ditandai dengan adanya perubahan kepribadian, yang disebabkan karena respon yang berkurang terhadap masalah sehari – hari. Hal ini dikarenakan kemampuan otak dalam memahami lingkungan di sekitarnya menjadi menurun atau menjadi lemah.

  1. Kehilangan memori atau ingatan

Orang yang terkena penyakit kanker otak akan mengalami penurunan dalam kemampuan mengingat suatu hal. Tanda ini menyebabkan orang tersebut mudah lupa terhadap apa yang ia ketahui sebelumnya. Secara perlahan kemampuan mengingat informasi menjadi menurun karena sistem pengolahan informasi yang ada dalam otak tidak dapat berjalan dengan semestinya akibat dari adanya sel kanker pada otak.

  1. Mengalami masalah dalam penalaran

Otak menjadi salah satu organ penting dalam tubuh yang dapat mengolah informasi ketika berada di suatu kondisi atau lingkungan. Apabila kesehatan otak terganggu, maka kemampuan kognitif seseorang menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena kemampuan otak menerima informasi menjadi menurun karena jaringan otak dikuasai oleh sel kanker.

  1. Mengalami kejang – kejang

Kejang – kejang menjadi salah satu tanda dari adanya penyakit kanker otak. Kondisi ini disebabkan oleh aktivitas motorik pada otak tidak berada dalam kondisi normal. Kondisi kejang – kejang yang dialami oleh penderita kanker otak terjadi secara mendadak tanpa alasan yang jelas, kemudian penderita akan mengalami hilang kesadaran dan tidak dapat mengontrol fungsi tubuh.

  1. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan menjadi salah satu tanda adanya penyakit kanker otak pada tubuh. Meskipun pada dasarnya menurunnya berat badan dapat disebabkan oleh banyak hal. Penurunan berat badan pada penderita kanker otak disebabkan oleh kemampuan kognitif dan aktivitas menjadi menurun dan tidak bekerja dengan normal. Hal ini mempengaruhi sistem metabolisme tubuh secara keseluruhan dan berdampak pada penurunan berat badan.

  1. Mengalami demam

Demam dapat terjadi karena beberapa hal. Demam juga dapat diidentifikasi sebagai salah satu tanda dari adanya penyakit kanker otak. Meskipun kondisi ini merupakan hal umum yang banyak dialami, kita tidak boleh menyepelekan tanda ini. Karena apabila dibiarkan, akan membahayakan kondisi tubuh dan membuat penyakit tersebut semakin parah. (Baca juga: Tahapan Operasi Kanker Otak).

Setelah kita mengetahui tanda – tanda dari adanya penyakit kanker otak, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan agar gejala tersebut tidak menjadi parah. Berikut ini merupakan cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker otak. Cara Mencegah Kanker Otak ).

  • Lakukan pemeriksaan secara medis. Jika mulai mengalami tanda – tanda seperti yang disebutkan di atas, maka harus segera dilakukan pemeriksaan secara medis oleh dokter untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit kanker otak pada tubuh, sehingga penyakit tersebut dapat segera ditangani sejak dini.
  • Hindari kondisi stres. Jangan biarkan stres menyerang tubuh secara terus menerus. Ada baiknya jika menyempatkan waktu untuk beristirahat dari segala aktivitas. Selain itu, luangkan waktu untuk refreshing untuk menghilangkan stres.
  • Hindari radiasi. Batasi radiasi langsung yang berlebihan pada tubuh. Radiasi dapat ditimbulkan dari peralatan elektronik yang sering kita gunakan, contohnya handphone. Ada baiknya jika menggunakan hansfree ketika menggunakan telepon seluler dalam waktu yang lama. (Baca juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak ).
  • Terapkan pola makan yang sehat. Menerapkan pola makan yang sehat dengan memperhatikan kandungan gizi yang seimbang, memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji – bijian, serta batasi tubuh untuk mengkonsumsi makanan berlemak.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang diproses melalui pengasapan, pembakaran, dan diawetkan melalui nitrit, ataupun zat – zat kimiawi lainnya.
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan rokok.
  • Lakukan pemeriksaan secara teratur.
  • Lakukan olahraga secara teratur dan membiasakan gaya hidup yang sehat.

Itulah pemaparan mengenai tanda – tanda dari adanya penyakit kanker otak beserta beberapa tips yang dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Otak )

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, November 2016 / 06:13 Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Parse error: syntax error, unexpected end of file in /home/faktakankerco/public_html/wp-content/themes/kanker/footer.php on line 64