Sponsors Link

8 Tanda Awal Kanker Otak Paling Berbahaya

ads

Otak adalah salah satu organ tubuh terpenting dalam tubuh manusia yang merupakan pusat dari segala sistem saraf yang tersebar di seluruh tubuh. Otak sangat memegang kendali atas segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia bahkan untuk beragam aktivitas yang dilakukan secara bersamaan. Organ tubuh yang satu ini dapat diibaratkan seperti prosesor dalam komputer. Jika prosesor tersebut mengalami sedikit saja gangguan atau bahkan rusak, maka komputer tidak akan dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Sama halnya dengan otak. Sedikit saja bagian otak ada yang terganggu maka tubuh manusia tidak dapat melakukan aktivitas dengan sempurna. Oleh karenanya, menjaga kesehatan otak sangatlah penting, karena kerusakan pada organ ini sangat berakibat fatal. (Baca juga : Gejala Kanker Tulang Kaki)

Otak sangat bertanggung jawab terhadap segala aktivitas sehari-hari manusia, bahkan hingga aktivitas yang sekecil apapun. Karena fungsinya yang begitu kompleks, organ tubuh ini pun sangat berpotensi mengalami gangguan tertentu. Begitu banyak penyakit atau gangguan yang kaitannya dengan fungsi otak. Sebut saja beberapa penyakit seperti stroke, alzheimer, parkinson, demensia, vertigo, meningitis, hingga yang paling berbahaya adalah kanker otak. Istilah ‘kanker’ itu sendiri saja sudah sangat menakutkan bagi yang mendengarnya, terlebih jika penyakit ini dikaitkan dengan organ tubuh yang menjadi pemegang kendali atas seluruh aktivitas tubuh manusia. (Baca juga : Penyebab Kanker Otak)

Kanker otak adalah suatu penyakit tumor ganas yang menyerang otak dan dapat menyebar ke bagian lain (bermetastasis) dalam waktu yang singkat. Seperti kanker-kanker yang menyerang organ tubuh lainnya, keberadaan kanker otak ini sering kali tidak disadari oleh para penderitanya. Padahal penyakit ini sungguh sangat membahayakan jika tidak ditangani secara dini. Untuk itu, mari kita kenali beberapa tanda kanker otak ketika ia mulai menyerang tubuh seseorang. (Baca juga : Kanker Otak)

  1. Sakit Kepala

Mudah terserang sakit kepala yang berkepanjangan dan terjadi berulang-ulang? Mulai sekarang waspadailah gejala ini karena kondisi ini merupakan salah satu dari tanda awal kanker otak. Sakit kepala memang dapat menjadi indikator berbagai penyakit, salah satunya kanker otak. Namun bukan berarti semua jenis sakit kepala adalah indikasi dari penyakit berbahaya ini. Untuk mengetahui sakit kepala yang diderita kita merupakan tanda awal dari adanya kanker otak atau bukan memang tidak mudah. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti CT Scan atau MRI (Magnetic Resonance Imaging). Tetapi beberapa sinyal sakit kepala ini dapat memberikan sedikit gambaran gejala kanker otak pada seseorang: (Baca juga : Penyebab Kanker Ovarium)

  • Sakit kepala yang muncul disertai dengan gejala lainnya, seperti mual, muntah, hilang kesadaran, atau bahkan hingga pingsan. (Baca juga : Kanker Mata)
  • Sakit kepala yang muncul ketika seseorang bagun di pagi hari. Sakit kepala ini pun biasanya disertai dengan mual dan muntah serta akan kembali pulih pada siang harinya. Walaupun semakin membaik, tetapi hati-hatilah bahwa kondisi ini justru merupakan tanda dari kanker otak. (Baca juga : Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)
  • Sakit kepala yang secara bertahap malah semakin memburuk, yaitu sakit kepala yang kemunculannya semakin lama semakin sering. (Baca juga : Pengobatan Kanker Paru-Paru Secara Alami)
  • Sakit kepala yang semakin memburuk karena gerakan-gerakan tubuh seperti membungkuk, batuk, ataupun bersin. (Baca juga : Kanker Mulut)

(Baca juga : Bahaya Kanker Kulit)

Sponsors Link

  1. Muntah

Muntah-muntah adalah gejala awal dari adanya kanker otak selain sakit kepala. Tetapi sama halnya seperti sakit kepala, tidak semua muntah-muntah dapat diindikasikan sebagai gejala penyakit berbahaya ini. Jangan sepelekan jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami muntah-muntah pada pagi hari tanpa didahului dengan perasaan mual. Sakit kepala juga biasanya menyertai muntah jika memang terjadi pada seseorang yang menderita kanker otak. Selain itu perhatikan pula warna cairan yang dikeluarkan, waspadai jika cairannya berwarna agak kehijauan karena hal ini merupakan tanda seseorang menderita kanker otak. (Baca juga : Stadium Kanker Otak dan Gejala Lengkapnya)

  1. Gangguan Kesadaran

Otak memegang kendali atas segala sistem saraf yang menyebar di seluruh tubuh. Karenanya jika kanker otak menyerang, sistem saraf pun dapat terganggu. Salah satu tanda dari terganggunya sistem saraf yang dialami oleh para penderita kanker otak adalah penurunan atau gangguan kesadaran. Kondisi ini biasanya ditandai oleh beberapa hal diantaranya sering terkejut, sering bengong, dan sering lupa dengan apa yang dikerjakan. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Otak)

  1. Demensia atau Pikun

Demensia, pikun, atau menurunnya daya ingat tidak hanya lazim dialami oleh kaum lansia saja. Kondisi ini juga dapat menjadi sinyal adanya kanker otak dimana para penderita penyakit berbahaya ini juga mengalami gejala demensia. Hal ini dikarenakan otak merupakan pusat segala memori sehingga jika mengalami gangguan maka daya ingat seseorang pun akan menurun. Namun kembali lagi, tidak semua orang yang mengalami demensia adalah penderita kanker otak. Perlu pemeriksaan penunjang lebih lanjut untuk memastikannya. (Baca juga : Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

sponsored links
  1. Gangguan Pada Penglihatan

Gangguan pada penglihatan memang dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, seperti diabetes melitus, katarak, dan salah satunya adalah kanker otak. Beberapa ciri gangguan penglihatan yang menjadi sinyal adanya kanker otak diantaranya adalah penglihatan yang menjadi kabur, kehilangan teks ketika sedang membaca, melihat lampu seakan berkedip, penglihatan ganda, dan hanya mampu melihat lurus kedepan. Konsultasikan ke dokter jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gejala demikian. (Baca juga : 4 Langkah Pengobatan Kanker Otak Secara Medis)

  1. Perubahan Mental

Kanker pada otak menyebabkan fungsi otak menjadi tidak optimal lagi. Salah satu tanda menurunnya fungsi otak adalah adanya perubahan kesehatan mental seseorang. Hal ini lazim terjadi karena pusat pengaturan mental berada di dalam otak. Beberapa perubahan mental yang dapat dialami oleh penderita kanker otak diantaranya adalah sulit berkonsentrasi, kehilangan memori/daya ingat, keluhan kantuk yang bekepanjangan walaupun jam tidur sudah cukup, dan adanya perubahan perilaku. (Baca juga : Kanker AdrenalKelenjar Getah Bening)

  1. Pergerakan yang Terganggu

Segala pergerakan yang dilakukan oleh tubuh dikoordinasikan oleh otak, sekecil apapun pergerakan tersebut. Karenanya, jika terdapat kanker pada otak maka akan terjadi gangguan pada pergerakan tubuh. Seseorang yang mengidap kanker otak akan mengalami beberapa kesulitan ketika bergerak, diantaranya kehilangan keseimbangan ketika berjalan, sering tersandung ketika berjalan, serta terganggunya atau sulitnya koordinasi gerakan anggota tubuh.

  1. Kejang-kejang

Kejang merupakan suatu gejala yang timbul akibat adanya penyakit yang biasanya terkait dengan gangguan fungsi otak. Selain para penderita epilepsi, penderita kanker otak pun dapat mengalami gejala ini. Kejang dapat terjadi karena adanya ketidaknormalan aktivitas motoris pada otak. Pada kasus kanker otak, kejang yang dialami oleh penderita biasanya sering terjadi mendadak, disertai dengan adanya kontraksi otot dan kehilangan kesadaran, henti napas dalam jangka waktu pendek, tubuh kehilangan kontrol, sakit kepala, serta penderita akan menjadi lemah. (Baca juga : Tanda-Tanda Kanker Otak)

Demikian informasi mengenai tanda atau gejala awal penyakit kanker otak. Beberapa diantaranya merupakan gejala klasik yang juga dialami oleh penderita penyakit lain. Untuk menegakkan diagnosis kanker otak tentunya tidak hanya terpaku hanya dari tanda-tandanya saja, namun diperlukan pemeriksaan penunjang agar hasilnya lebih valid. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (Baca juga : Penyebab Kanker Ovarium)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 05:48 Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Parse error: syntax error, unexpected end of file in /home/faktakankerco/public_html/wp-content/themes/kanker/footer.php on line 64