Sponsors Link
     Sponsors Link

Stadium Kanker Otak dan Gejala Lengkapnya

ads

Siapa yang tidak mengenal penyakit kanker, pasti semua orang pernah mendengar penyakit tersebut. Setiap orang juga tahu jika penyakit kanker mematikan. Yang tidak semua orang tahu adalah gejala munculnya penyakit tersebut dan apa yang diakibatkan oleh masing-masing stadium atau tingkatan kanker. Di negara berkembang seperti Indonesia,  penyakit kanker menempati penyakit mematikan nomor pertama sedangkan penyakit mematikan nomor kedua adalah penyakit jantung.

Kanker di Indonesia

Setiap detik warga Indonesia meninggal dikarenakan penyakit ini. Kanker adalah penyakit yang sulit disembuhkan, alasannya karena penyebab kanker belum jelas. Jika kita logika, bagaimana bisa menyembuhkan penyakit yang penyebabnya saja belum jelas. Selama ini pengobatan yang dilakukan hanya untuk memperpanjang usia pasien atau penderita, sedangkan untuk kesembuhan total masih belum bisa dilakukan bahkan di negara maju sekalipun. Medis mengatakan, untuk mengetahui tingkat kesembuhan penderita kanker dibutuhkan waktu selama lima tahun. Jika dalam waktu lima tahun pasien masih bertahan hidup dan kondisinya stabil maka pasien tersebut dinyatakan sembuh dari kanker.

Mengapa Kanker Otak Mematikan ?

Sayangnya, semakin tinggi stadium kanker maka semakin kecil pula harapan hidupnya. Misalnya saja pasien kanker stadium 1A memiliki angka hidup lebih lama dibandingkan dengan pasien kanker dengan stadium 3B. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk tahu gejala awal dari penyakit kanker. Semakin dini kanker diobati maka peluang sembuhnya akan semakin besar.

Namun banyak kasus ditemukan jika banyak pasien kanker yang datang berobat saat sudah memasuki stadium lanjut. Hal itu dikarenakan pasien tidak menyadari adanya gejala awal dari penyakit kanker. Salah satu kanker yang juga mematikan adalah kanker otak. Kanker ini berada di dalam otak, terlindunginya otak dengan tengkorak menyulitkan penyembuhan kanker. Setiap stadium pada kanker otak akan menimbulkan rasa sakit yang berbeda di kepala. Sebelum mengetahui stadium pada kanker otak sebaiknya kita mengetahui penyebab kanker otak terlebih dahulu.

Penyebab Kanker Otak

Kanker otak disebabkan oleh adanya penurunan DNA yang ada pada otak serta pertumbuhan DNA di dalam otak yang melampaui batas. Faktor itu bisa ditimbulkan dengan adanya faktor genetik dari keluarga dan bisa ditimbulkan oleh radiasi dari sinyal yang dipancarkan telepon genggam / handphone. Saat tidur banyak yang mendekatkan handphone yang dimilikinya di dekat kepala, hal tersebut mendorong munculnya radiasi yang menjalar ke otak. Pola makan yang tidak sehat pun juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker di dalam otak.

Sponsors Link

Kanker Otak Stadium 1

kanker otakBerbeda halnya dengan kanker serviks, kanker rahim, kanker paru dan juga kanker ovarium yang menggunakan tingkatan huruf dibelakang angka stadiumnya. Stadium pada kanker otak tidak ada deretan huruf di belakang angka stadiumnya. Stadium pada kanker otak hanya dibagi menjadi empat yaitu stadium 1 sampai dengan 4.

Gejala Yang di Timbulkan

Pada stadium 1, gejala penyakit pada kanker otak sulit dideteksi dikarenakan gejala tersebut hampir sama dengan sakit kepala biasa. Pada stadium ini banyak penderita yang tidak sadar jika di dalam otaknya telah hadir sel-sel kanker. Penderita baru akan merasakan gejala yang tidak wajar saat stadium pada kanker otak memasuki stadium dua.

Kanker Otak Stadium 2

gambar kanker otak stadium 2Gejala pada kanker otak stadium 2 tidak boleh dianggap sepele, dikarenakan akan merusak sel-sel di dalam otak secara cepat. Gejalanya pun tidak akan terasa begitu sakit.

Gejala Kanker Otak Stadium 2

1. Penderita Cepat Lelah. Penderita hanya akan merasakan cepat lelah padahal penderita tidak melakukan aktivitas fisik yang berat dan berlebihan. Kelelahan itu diakibatkan oleh asupan / aliran oksigen ke otak tidak lancar.

2. Kesehatan Menurun Drastis. Penderita juga akan merasakan begitu drop kesehatannya, saat drop tersebut penderita akan mudah pingsan. Bagi Anda yang sering pingsan sebaiknya Anda perlu waspada dan segeralah melakukan scan otak.

3. Mual dan Muntah. Selain kelelahan, drop dan pingsan ada gejala lain yang bisa dicurigai sebagai gejala kanker otak stadium 2 diantaranya adalah mual dan muntah. Adanya gangguan syaraf yang ada di dalam otak menyebabkan orang yang tidak pernah mual atau muntah menjadi mudah mual dan muntah. Padahal tidak ada rangsangan yang membuat penderita tersebut memuntahkan makanannya.

4. Kejang – Kejang. Pada stadium 2 penderita juga akan merasakan kejang-kejang, hal ini diakibatkan oleh otak yang menjadi organ motoriknya telah rusak dan terganggu. Otak adalah organ motorik dari semua panca indera manusia.

Kanker Otak Stadium 3

gambar kanker otak stadium 3Stadium pada kanker otak jika sudah memasuki stadium 3 bisa dikatakan berbahaya, sebab penderita akan mulai terganggu dalam aktivitas mengingat.

Gejala Kanker Otak Stadium 3

1. Sakit kepala yang hebat. Penderita yang divonis dengan penyakit ini biasanya akan mengalami sakit kepala yang hebat dan sering. Sakit kepala itu tidak hilang dalam waktu sehari namun bisa sampai berbulan-bulan, reda sebentar kemudian kambuh lagi sakit kepala tersebut.

2. Mengalami Mimisan. Gejala lain selain sakit kepala adalah penderita akan mengalami mimisan. Mimisan tersebut juga merupakan gejala dari kanker darah. Penderita yang sedang memikirkan hal yang berat akan langsung sakit kepala dan juga mimisan.

3. Tangan dan kaki sudah digerakkan. Tangan dan kaki penderita juga akan sulit digerakkan dikarenakan sel di dalam otaknya telah rusak. Keseimbangan tubuh terganggu bahkan yang menyedihkan adalah penderita akan kehilangan daya ingatnya seperti orang yang terkena penyakit alzheimer.

4. Daya ingat menurun drastis. Daya ingat menurun drastis juga akan terjadi pada orang yang memiliki daya ingat tinggi sekalipun. Jika sudah terkena penyakit kanker otak stadium tiga semua daya ingat manusia akan menurun, berkurang atau hilang samasekali.

Sponsors Link

Kanker Otak Stadium 4 Atau Lanjut

gambar kanker otak stadium 4Penderita yang sudah terkena penyakit kanker otak dengan stadium lanjut atau empat bisa dikatakan masa hidupnya tidak akan lebih dari setahun. Masa yang sulit akan dia alami. Sebab sel di dalam otaknya bisa dikatakan rusak parah.Panca indera pun banyak yang terganggu.

Gejala Kanker Otak Stadium 4

1. Pengelihatan akan terganggu. Penderita dengan kanker otak stadium 4 akan mengalami penglihatan yang terganggu.  Saat dia melihat sesuatu di depannya dia merasakan bahwa objek tersebut menjadi dua padahal objek yang dilihatnya hanya ada satu.

2. Pendengaran akan rusak. Indera pendengarannya pun akan terganggu, penderita akan mengalami kesulitan dalam mendengarkan suara di sekitarnya.

3. Indera Penciuman juga terganggu. Indera penciumannya juga akan terganggu hal ini disebabkan oleh penyebaran sel kanker yang meluas di berbagai organ tubuh manusia.

Dilema Pengobatan Kanker Otak Stadium Lanjut.

Kemoterapi dan radiasi pada penderita kenker stadium empat hanya dilakukan untuk memperpanjang usia pasien sedangkan untuk sembuh sangat nihil karena penyebaran sel kanker yang sudah meluas.  Jika penderita tidak rajin berobat dan tidak melakukan kemoterapi sel kanker di dalam otaknya bisa berbuat hal yang lebih ganas lagi. Sel kanker di dalam otak bisa menyebabkan kebutaan, tuli dan juga bisa menyebabkan kelumpuhan. Sungguh memprihatinkan sekali. Biaya pengobatan kanker yang mahal banyak yang membuat penderita kanker tidak bisa mendapatkan perawatan yang maksimal. Biaya kemoterapi dan radiasi yang mahal membuat banyak orang memutuskan untuk memilih jalan herbal, padahal herbal membutuhkan proses penyembuhan yang lama sedangkan kemoterapi dan radiasi bisa secara cepat membunuh sel kanker tersebut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 16th, February 2015 / 09:55 Oleh :
Kategori : Kanker Otak