Sponsors Link

4 Penyebab Kanker Batang Otak dan Gejalanya

ads

Otak adalah pusat sistem pusat saraf yang dimiliki oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Melalui otak, manusia bisa mengatur pergerakan seluruh tubuh, membantu berpikir dan bereaksi terhadap berbagai macam stimulasi dari lingkungan. Otak juga memiliki tanggung jawab dan peran yang sangat penting terhadap fungsi memori, emosi, pembelajaran, dan fungsi-fungsi penting lainnya.

Struktur Otak Manusia

Pada manusia, otak memiliki beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda namun sama pentingnya. Berikut ini adalah struktur otak manusia beserta fungsi pentingnya bagi manusia:

  1. Otak

Bagian inilah bagian terbesar dari otak manusia. Otak terdiri dari nanyak sekali sel saraf. Di bagian otak ini terdapat sebuah rongga kecil yang memisahkan antara bagian otak kanan dan kiri. Setiap belahan otak ini dibagi menjadi beberapa daerah, seperti frontal, temporal, parietal, dan oksipetal. Bagian otak inilah yang umumnya kita ketahui sebagai pusat berpikir, memori, belajar, kognisi dan lain-lain.

  1. Diencephalon

Diencephalon terletak di bagian atas batang otak. Diencephalon ini meliputi thalamus dan hipotalamus. Thalamus sendiri berfungsi penting dalam merespon informasi sensorik yang datang ke korteks serebral di bagian lain otak. Thalamus juga berfungsi untuk merespon rasa nyeri yang dirasakan tubuh, serta tekanan, suhu, sentuhan, bahkan juga berperan dalam beberapa emosi dan memori yang dimiliki manusia.

Sementara itu, hipotalamus berfungsi untuk mengatur fungsi sistem saraf otonom, diantaranya yaitu kontrol detak jantung dan pencernaan. Hipotalamus juga membantu untuk memproduksi sejumlah hormon, seperti endokrin serta mengatur suhu tubuh agar tetap nonrmal. Hal ini pula yang akan memberi informasi akan rasa lapar, kenyang, dan haus pada manusia. Tidak hanya itu, hipotalamus juga memiliki peran untuk memberi emosi pada manusia, seperti marah, mengantuk atau terjaga.

  1. Otak kecil

Otak kecil terletak di bagian bawah dan belakang batang otak. Otak kecil ini berbentuk seperti kupu-kupu, dimana sayapnya adalah bagian serebelum dan masing-masing sayap itu terdiri dari lobus yang memiliki bentuk berbeda. Otak kecil ini berfungsi sebagai pusat kontrol otot manusia yang dibutuhkan untuk mengatur keseimbangan tubuh, postur tubuh, dan mempertahankan tubuh agar tetap tegak.

  1. Batang Otak

Batang otak adalah bagian yang merupakan kelanjutan dari sum-sum tulang belakang. Bagian ini terdiri dari medula oblongata, pons dan otak tengah. Medula oblongata sebenarnya adalah sumsum tulang belakang yang membentang hingga ke otak.

Medula oblongata ini bertanggung jawab sebagai penghubung untuk pesan yang dikirim antara otak dan sumsum tulang belakang. Pesan atau kendali yang dipegang oleh bagian ini adalah koordinasi untuk menelan, muntah, cegukan, batuk dan bersin. Selain itu ada juga bagian di medula yang berperan dalam mempertahankan keadaan sadar manusia.

Pons juga berperan penting sebagai jembatan pesan antara sumsum tulang belakang dan otak secara keseluruhan. Sementara itu, otak tengah akan bertugas untuk menyampaikan stimulus dari korteks serebral dengan pons dan sumsum tulang belakang. Tidak hanya itu, bagian otak tengah juga bertugas merespon rangsangan visual dan audio yang akan melibatkan indera penglihatan dan kepala.

Dari begitu banyaknya fungsi otak di atas, maka kita tahu bahwa otak merupakan bagian yang sangat vital di tubuh manusia. Maka, bagaimana jika terjadi kanker di batang otak? Apakah dampaknya? Sebelumnya, mari kita bahas dahulu penyebab kanker batang otak berikut ini:

Penyebab Kanker Batang Otak

Sebenarnya, penyebab yang pasti terkait terjadinya tumor ataupun kanker otak masih belum diketahui. Secara umum kanker bisa terjadi akibat adanya kerusakan gen akibat mutasi sel pada tubuh manusia. Khusus untuk otak, terdapat kepercayaan bahwa penyebab utama terjadinya kanker otak adalah karena penderita terpapar radiasi atau racun tertentu sehingga meningkatkan resiko terjadinya tumor maupun kanker otak.

Sponsors Link

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kanker batang otak:

  1. Radiasi tinggi

Radiasi tinggi bisa menyebabkan DNA manusia rusak dan membuatnya mengalami mutasi. Radiasi tinggi yang menyebabkan kanker batang otak ini mungkin bisa dikarenakan bekerja di tempat yang tinggi radiasi, seperti di laboratorium radiologi, hingga penggunaan handphone yang berlebihan. (Baca juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

Memang belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa ada hubungan erat antara penggunaan handphone dengan terjadinya kanker otak. Namun, berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Lyon, Prancis, pada 31 Mei 2011, menemukan ada bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel. Radiasi ponsel digolongkan sama berbahayanya dengan zat karsinogenik atau zat pemicu kanker, seperti timbal, asap motor, dan kloroform yang bisa mengganggu proses biologis di tubuh dan menyebabkan kanker. (Baca juga: Penyebab Kanker Paru-paru)

  1. Faktor genetik

Seperti kanker lainnya, kanker batang otak juga bisa terjadi karena ada faktor genetik. Jika ada salah seorang anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker batang otak, maka resiko orang tersebut untuk menderita kanker batang otak juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki saudara yang pernah mengalami kanker batang otak, Anda harus lebih aware untuk menjalani gaya hidup sehat lebih dini untuk menurunkan resiko menderita penyakit yang sama.

  1. Virus HIV

Virus yang menyebabkan terjadinya HIV AIDS juga dipercaya merupakan virus yang sama yang menyebabkan kanker otak. Hal ini dikarenakan virus HIV AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya yang akhirnya juga membuat tubuh semakin mudah terserang virus lain yang menyebabkan kanker batang otak.

  1. Paparan zat kimia yang tinggi

Zat kimia juga bisa menjadi penyebab kanker batang otak. Zat kimia itu bisa berasal dari pestisida yang masuk ke tubuh melalui sayur atau buah yang dicuci kurang bersih dan masih tercemar pestisida. Selain itu, zat pengawet, penguat rasa dan zat adiktif lain pada makanan juga bisa menyebabkan kanker. Untuk itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan pencegah kanker otak supaya otak Anda sehat.

Baca juga:

Tidak hanya itu, terdapat banyak senyawa karsinogenik atau zat yang bisa menimbulkan kanker, seperti asap knalpot, timbal berat ataupun plastik yang juga bisa menyebabkan kanker batang otak. Masuknya berbagai zat kimia ini ke dalam tubuh akan meningkatkan resiko kanker, termasuk kanker batang otak.

  1. Merokok

Sudah umum diketahui bahwa merokok sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak buruk dari merokok adalah bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker. Merokok akan memasukkan racun ke dalam tubuh perokok yang lama kelamaan akan menumbuhkan sel kanker.

Baca juga:

Gejala Kanker Batang Otak

Bagi penderita kanker, penanganan untuk mengobatinya akan lebih efektif jika dilakukan saat kanker masih berada pada stadium awal. Jika penderita kanker telah mengenali gejalanya sejak dini, penanganan kanker akan lebih mudah sehingga bisa meningkatkan kemungkinan penderita untuk sembuh dan bersih dari kanker. Maka, mari simak beberapa gejala kanker batang otak berikut supaya Anda lebih aware dan bisa menangani kanker dengan lebih cepat.

sponsored links
  1. Sakit kepala

Sakit kepala yang terus menerus dan tak kunjung sembuh patut menjadi alasan yang membuat Anda khawatir sedang menderita penyakit yang lebih serius. Terlebih lagi jika sakit kepala tersebut sering menyerang Anda.

Baca juga:

  1. Mual

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada bagian batang otak yang bertugas memberi sinyal lapar, kenyang, muntah maupun cegukan. Maka, jika batang otak terkena kanker, fungsi ini akan terganggu dan membuat penderitanya merasakan mual dan ingin muntah. (Baca juga: Gejala Awal Kanker OtakGejala Awal Kanker Lambung)

  1. Merasa lemas

Merasa lemas merupakan gejala umum penderita kanker. Apalagi, jika yang dialami adalah kanker batang otak, dimana salah satu fungsi batang otak adalah menjaga postur tubuh serta menjaga kesadaran diri. Oleh karena itu, jika Anda merasa sangat lemas meskipun sedang bersantai, Anda boleh mewaspadai apakah ada gejala kanker batang otak yang terjadi pada Anda.

  1. Sulit berjalan

Berkaitan dengan gejala yang sebelumnya, penderita kanker batang otak juga akan merasa kesulitan berjalan akibat terganggunya fungsi menjaga keseimbangan dan postur tubuh. Setiap berdiri dan akan berjalan, penderita kanker batang otak akan merasa sempoyongan dan tidak bisa berjalan dengan baik.

  1. Penglihatan dan pendengaran terganggu

Kanker batang otak juga bisa mengganggu indera penglihatan dan pendengaran. Penderita akan merasa sulit mendengar dan penglihatannya pun akan terasa rabun. Semakin lama kanker ini tidak dirawat, akan semakin parah kanker yang dialami dan menyebabkan gejala gangguan penglihatan dan pendengaran juga semakin parah.

Baca juga:

  1. Mati rasa di kaki dan tangan

Gejala kanker otak juga bisa dilihat dari seringnya terjadi mati rasa di tangan dan kaki. Hal ini bisa terjadi karena pusat saraf tangan dan kaki terganggu oleh keberadaan sel kanker di otak.

  1. Sulit konsentrasi

Penderita kanker batang otak juga akan mengalami gangguan konsentrasi. Hal ini membuat penderita menjadi tidak fokus dan sering berpikir tidak sistematis atau melantur. (Baca juga: Ciri ciri Awal Kanker OtakGejala Awal, Penyebab dan Cara Antisipasi Kanker Otak pada Anak)

  1. Menjadi pelupa

Salah satu fungsi yang dipegang oleh batang otak adalah kemampuan memori pada manusia. Akibatnya, jika batang otak diganggu oleh sel kanker, akan menyebabkan penderitanya menjadi pelupa dan sulit mengingat sesuatu.

  1. Daya penciuman menurun

Tidak hanya indera penglihatan dan pendengaran, indera penciuman pun akan terganggu oleh adanya sel kanker yang menggerogoti otak. Akibatnya, penderita akan kurang sensitif terhadap bau-bauan di sekitarnya.

  1. Lumpuh

Pada kasus yang lebih parah, penderita kanker batang otak juga bisa menyebabkan lumpuh sebagian pada wajah atau tubuh penderita. Jika hal ini sudah terjadi, maka artinya kanker yang menyerang otak sudah semakin parah. Anda bisa mencoba mencari tahu tentang stadium kanker otak dan gejala lengkapnya untuk lebih mengetahui seberapa parah kanker otak yang mungkin sudah terjadi.

Baca juga:

  1. Mengantuk

Merasa mengantuk terus menerus juga bisa mengindikasikan batang otak terserang kanker. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan otak menjaga agar tubuh tetap terjaga mulai terganggu oleh keberadaan sel kanker di batang otak.

Dengan mengetahui penyebab dan gejala kanker batang otak di atas, maka Anda bisa semakin aware dengan keberadaan kanker batang otak di sekitar Anda. Tetap jaga kesehatan, ya!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 04:20 Oleh :
Kategori : Kanker Otak