Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Pengobatan Kanker Otak Secara Medis dan Tradisional

ads

Kanker otak juga dikenal sebagai sebuah kondisi tumor otak ganas di mana penyebarannya berjalan dengan cepat bisa sampai ke bagian otak lain serta tulang belakang. Sebenarnya tidak semua tumor otak itu ganas, karena pada dasarnya ada juga tumor otak jinak yang proses pertumbuhan sel-sel otak tersebut sangat pelan dan tak akan sampai ke bagian lainnya. Tumor otak yang menjadi kanker otak merupakan perkembangan sel otak secara abnormal dan sulit dikendalikan.

Pengobatan kanker otak secara medis dan alami dapat dilakukan dan biasanya untuk prosedur pengobatan medis, pengangkatan tumor melalui pembedahan adalah yang dibutuhkan oleh penderita. Berikut di bawah ini bisa dilihat ulasan mengenai penanganan medis dan tradisional terhadap kanker otak yang kiranya dapat membantu.

(Baca juga: efek kanker otak pada penderita)

1. Pengangkatan Tumor Lewat Operasi

Operasi atau pembedahan tampaknya sudah pasti ada dalam daftar pengobatan tumor pada jenis kanker umum. Pembedahan ini adalah suatu metode pengobatan untuk membuat tumor terangkat dari otak dengan tidak mengakibatkan kerusakan pada jaringan yang ada di sekitarnya. Memang ahli bedah akan membuka sebagian tengkorak pasien untuk dapat melihat otak serta tumor yang berada di dalam. Proses demikian disebut juga dengan istilah kraniotomi dan setelah pembukaan tengkorak itulah baru ahli bedak otak akan dapat mengangkat tumor sebanyak mungkin secara aman dan profesional.

(Baca juga: gejala awal kanker otak pada anak)

2. Terapi Photodynamic

Dokter pun berkemungkinan untuk menyarankan penderita kanker otak untuk menempuh terapi photodynamic selain dari operasi pengangkatan tumor. Untuk prosedur dari terapi ini, biasanya dokter akan memasukkan obat yang sensitif pada sinar ke dalam pembuluh darah pasien. Setelah itu sel kanker yang masih ada dan tersisa alias belum terangkat setelah operasi akan menyerapnya; dokter kemudian bakal mengarahkan sinar laser ke sel-sel kanker, obat ini kemudian akan teraktivasi sehingga sel-sel kanker tersebut akan terbasmi secara efektif. Namun terapi dan operasi saja belum cukup apabila kita menginginkan supaya potensi tumor untuk kembali lagi berkurang, masih ada prosedur pengobatan medis lainnya.

(Baca juga: radiasi hp menyebabkan kanker otak)

3. Radioterapi

Pada dasarnya radioterapi memiliki tujuan yang hampir sama dengan metode kemoterapi di mana memang tumor otak yang sulit diangkat dan ada pada jarak jauh di dalam otaklah yang bakal ditangani. Dokter pada umumnya akan memusatkan dosis radiasi betenaga tinggi pada tumor otak dalam prosedur radioterapi ini dengan tujuan agar sel-sel kanker berhenti berkembang. Sel kanker akan dengan cepat membelah atau menggandakan diri, dan proses inilah yang akan dihentikan atau dicegah oleh pengobatan ini.

(Baca juga: tahapan operasi kanker otak)

4. Radiosurgery

Selain radioterapi, ada juga prosedur medis untuk mengobati kanker otak yang dinamakan radiosurgery. Bedanya dari radioterapi adalah dokter akan memakai radiasi pada intensitas yang lebih rendah dan akan ada beberapa kali pemberian radiasi ini terhadap para pasien kanker otak. Tujuan pemberian atau pelaksanaan metode pengobatan ini adalah agar dosis radiasi dapat terpusatkan dengan energi tingkat tinggi di tumor untuk membasmi tumor-tumor tersebut secara total tanpa ada yang tertinggal. Operasi mungkin masih bisa menyisakan sel tumor, tapi dengan cara ini diyakini tumor akan terbunuh seluruhnya.

(Baca juga: cara diagnosis kanker otak)

sponsored links

5. Kemoterapi Kanker

Metode pengobatan ini memang sudah terkenal dan banyak pasien kanker yang justru memilih untuk menempuh cara ini supaya tumor dapat ditangani dengan baik. Kemoterapi adalah sebuah penanganan tumor otak yang terbilang efektif sebab tumor yang letaknya sulit dijangkau di dalam otak yang bahkan operasi pun sulit untuk mengangkatnya dapat dijamah oleh kemoterapi. Pasien pun tak usah khawatir karena jaringan saraf lain di sekitar otak tak akan terkena dampaknya, jadi dipastikan aman tanpa terjadi kerusakan.

Sel-sel kanker dapat dibunuh oleh kemoterapi karena prosesnya memang ampuh walau memang efek sampingnya tak terhindarkan. Dokter biasanya akan memberikan implan, suntikan, atau tablet sebagai prosedur pengobatan kemoterapi. Untuk pasien dengan kondisi kanker otak stadium lanjut, dua obat di bawah ini akan diberikan oleh dokter:

  • Temozolamide – Dokter akan memberikan obat ini kepada pasien yang menderita glioma ganas dengan tujuan agar perkembangan tumor dapat diperlambat sesudah perawatan awal. Ketika tumor kembali muncul, obat ini juga bisa diberikan lagi untuk perawatannya. Hanya saja, bersiaplah untuk segala kondisi efek samping dari obat ini, seperti halnya muntah-muntah, mual, nafsu makan menurun, tubuh yang cepat letih, konstipasi/sembelit, serta sering sakit kepala.
  • Implan Carmustine – Dokter bakal memberikan obat ini di mana implan diketahui sebagai obat kemoterapi yang bisa larut serta melepas carmustine. Carmustine ini akan dilepas denan tujuan supaya perkembangan sel kanker dapat dihentikan. Sama seperti obat sebelumnya, implan carmustine ini juga memiliki efek samping, seperti kadar cairan otak yang meningkat atau kita sebut dengan istilah edema otak. Selain itu, kejang-kejang serta infeksi dalam otak juga dapat terjadi sebagai bagian dari efek samping.

(Baca juga: stadium kanker otak dan gejala lengkapnya)

6. Mengonsumsi Buah Naga

Buah naga tampaknya tak asing lagi untuk kita karena pada dasarnya buah naga telah diteliti di Amerika akan kemampuannya dalam mengobati kanker otak secara alami. Apabila pengobatan medis dirasa belum cukup, atau misalnya ingin melakukan pengobatan tradisional, buah naga sebaiknya menjadi pilihan utama. Antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat tinggi sehingga akan sangat efektif dan terpercaya dalam tugasnya menangkal radikal bebas.

Tak heran bila buah naga pun digunakan juga untuk pengobatan alami kanker hati, kanker paru-paru serta kanker usus. Cara pengobatan kanker otak dengan bahan ini pun dapat dikatakan sederhana, karena kita hanya perlu mengonsumsi buahnya secara langsung secara rutin setiap hari. Apabila misal bosan mengonsumsinya begitu saja, cobalah untuk dijadikan jus atau konsumsi dengan cara lain sesuai dengan selera dan ide Anda. Konsumsi rutin akan menjamin progres terbaik bagi pemulihan kanker otak.

(Baca juga: kanker otak stadium 4)

7. Menggunakan Ekstrak Jamur Maitake

Bagi yang masih agak kurang familiar, jamur Maitake adalah sejenis jamur raksasa karena ukurannya cukup besar dan ukurannya pun kerap dibandingan dengan bola basket, itulah mengapa jamur ini mendapat julukan Raja Jamur. Jamur ini bukan jenis jamur yang mematikan karena justru jamur inilah yang akan menyelamatkan para penderita kanker otak dari kematian. Jamur yang ukurannya dapat mencapai 3 kaki ini benar-benar bermanfaat, khususnya pada bagian ekstraknya.

Dapatkan ekstrak jamur Maitake yang kemudian bisa diambil satu sendok makan saja, baru kemudian ditambahkan ke air sebanyak 300 ml. Dengan meminum ramuan ini secara rutin, yaitu sehari 2 kali selama 5 bulan berturut-turut, maka akan dapat dilihat dan dibuktikan sendiri hasilnya bagi kesehatan otak.

(Baca juga: kanker otak stadium 3)

8. Memanfaatkan Daun Sirsak

Pengobatan alami lainnya untuk kanker otak adalah daun sirsak di mana bahan satu ini berkhasiat luar biasa dalam membuat sel kanker terhambat 10 ribu kali lebih kuat. Tentu saja daun sirsak ini jauh lebih baik daripada kekuatan kemoterapi yang juga memberikan efek samping tak nyaman bagi pelaku kemoterapi. Sel kanker otak yang agaknya sulit untuk dibasmi akan mampu dimusnahkan oleh daun sirsak dikarenakan ada kandungan acetogenins di dalamnya yang sifatnya sangat selektif.

Bagusnya dari daun sirsak ini adalah hanya sel kanker yang bakal dilawan sehingga sel-sel lain yang termasuk sehat tak akan terganggu. Untuk pengobatan medis, mungkin kemoterapi dianggap terefektif, tapi untuk pengobatan alami, air rebusan daun sirsak boleh menjadi pilihan karena akan jauh lebih efektif ketimbang menempuh kemoterapi. Tentu efeknya pun lebih aman tanpa membahayakan organ tubuh lainnya.

(Baca juga: manfaat daun sirsak untuk kanker otak)

9. Mengonsumsi Kulit Manggis

Selain daun sirsak, pengobatan alami atau tradisional lainnya yang bagus dan efektif untuk penderita kanker otak adalah kulit manggis. Di dalam bahan satu ini ada kandungan tinggi akan xanthone (masih tergolong antioksidan super) yang juga ada di bagian dagingnya. Sama seperti daun sirsak, fungsi dari kandungan xanthone pada kulit manggis ini pun adalah untuk melawan dan membasmi sel kanker atau yang kita sebut juga dengan apoptosis.

Kulit manggis jugalah yang berfungsi melakukan antiproliferasi di mana itu artinya perkembangan sel kanker yang selalu mengkhawatirkan kita akan mampu dihambat oleh kandungan ini. Jadi dengan mengandalkan kulit manggis, para penderita kanker pun akan mampu memulihkan kondisi kanker otaknya didukung dengan sifat antioksidan pada bahan ini pula. Selain sel kanker akan dibunuh, sistem kekebalan tubuh penderita juga akan lebih meningkat berkat bantuan kulit manggis ini.

(Baca juga: kanker otak stadium 2)

Sponsors Link

10. Mengonsumsi Jus Buah dan Sayuran Organik

Untuk mengobati kanker otak serta jenis kanker lainnya, mengonsumsi sayuran dan buah jelas adalah solusi alami yang penting juga untuk dipertimbangkan. Peran yang vital dimainkan oleh jus buah serta sayuran organik dalam mencegah kanker juga. Dalam masa pemulihan atau pengobatan kanker otak, silakan membuat jus segar yang terbuat dari bayam, kale dan brokoli karena di dalam sayuran tersebut terdapat berbagai enzim, vitamin serta protein. Bahan lainnya yang juga efektif dan bisa dibuat jus antara lain adalah kubis, bit dan wortel karena manfaat wortel untuk kanker juga luar biasa.

(Baca juga: kanker otak stadium 1)

11. Menggunakan Ekstrak Lada Brasil

Satu lagi pengobatan tradisional yang bisa diandalkan ketika pengobatan medis dirasa kurang begitu membuat pasien kanker otak mantap, yakni ekstrak dari lada Brasil. Ekstraknya dapat disiapkan setelah menyediakan air sebanyak 300 ml, kemudian dilanjutkan dengan merebus 5-6 buah lada Brasil di dalam air tersebut selama sejam. Setelah direbus, saringlah dan air rebusan ekstrak lada Brasil ini dapat dikonsumsi sehari 2 kali setiap hari secara terus-menerus tanpa bolong. Konsumsi ramuan obat ini selama setengah tahun akan memberikan hasil nyata yang diharapkan oleh setiap pengonsumsinya.

(Baca juga: penyebab kanker otak dan faktor risikonya)

12. Menggunakan Jahe Segar

Jahe yang masih dalam keadaan segar juga dapat dijadikan obat alami kanker otak karena di dalamnya ada kandungan anti-inflamasi. Kandungan ini akan berperang melawan dan membasmi sel-sel kanker di dalam otak serta memperlambat pertumbuhan tumor. Obat dari jahe ini dapat dikonsumsi bersama dengan radioterapi atau kemoterapi di mana efek baiknya bakal sanggup meringankan mual yang menjadi efek samping kedua pengobatan medis tersebut.

Cara penggunaannya cukup mudah, jahe segar yang sudah diparut bisa ditambahkan ke salad buah atau tumisan sayuran. Atau, buat saja ramuan minuman dari sepotong jahe dengan ukuran 1 inci, kemudian diseduh sampai mendidih hingga 15 menit; ramuan ini dapat dikonsumsi baik dalam keadaan dingin atau panas sesuai selera.

(Baca juga: cara mencegah kanker otak)

Tanda-tanda Kanker Otak

Gejala dan ciri-ciri kanker otak terbilang beragam karena kecepatan pertumbuhannya, letak serta ukurannyalah yang akan menentukan. Saat tumor mengakibatkan tekanan di dalam rongga kepala menjadi naik, tanda-tanda berikut inilah yang akan terjadi:

  • Muntah secara tiba-tiba, bahkan tidak diketahui alasannya secara jelas.
  • Kepala sangat sakit yang bahkan tak dapat ditahan dan kondisi ini akan terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama pada frekuensi yang sering.
  • Gampang mengantuk, marah, serta lupa.
  • Tubuh kejang-kejang atau mengalami epilepsi dan ini dapat terjadi pada seluruh tubuh. Terkadang ada juga yang mengalami kedutan di bagian tubuh tertentu.
  • Kepribadian menjadi berubah di mana perilaku penderitanya dianggap tak wajar dan keluar dari watak yang biasanya.
  • Kehilangan pendengaran atau penglihatan secara sebagian.

Apabila gejala atau tanda-tanda ini mulai dirasakan, sambil mengonsumsi makanan pencegah kanker otak, cobalah untuk memeriksakan ke dokter. Tempuh metode diagnosa yang diperlukan dan dianjurkan dokter agar segera jelas apakah kanker otak telah menyerang. Demikianlah pengobatan kanker otak baik secara medis maupun tradisional yang kiranya mampu membantu setiap penderita kanker otak sampai benar-benar pulih.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 18th, June 2016 / 17:23 Oleh :
Kategori : Kanker Otak