Sponsors Link

15 Makanan Pencegah Kanker Otak Alami

ads

Kanker otak merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada sel-sel yang berada di dalam otak. Kanker akan tumbuh dengan menekan dan merusak daerah atau jaringan di sekitar otak. Kanker juga bisa berkembang pada bagian otak karena berasal dari sel kanker di jaringan tubuh lain. Kondisi kanker otak biasanya berkembang sesuai dengan waktu, namun biasanya menyerang beberapa bagian otak secara agresif. Penyebab kanker otak paling utama memang belum ditemukan saat ini. Semua penyebab masih bersifat dari masalah utama seperti kanker otak pada anak yang mendapatkan perawatan radioterapi. Sementara penyebab lainnya masih diteliti oleh pakar kesehatan di seluruh dunia.

Apa Gejala Kanker Otak?

Biasanya kanker otak memang tidak menimbulkan gejala khusus pada awal serangan. Hanya saja setelah masuk ke tahap yang lebih lanjut atau parah, biasanya akan membuat penderita merasa sangat pusing, gangguan penglihatan dan juga gangguan keseimbangan. Beberapa gejala kanker otak adalah seperti berikut ini :

  • Sakit kepala yang intens menyerang dan terkadang terletak pada bagian kepala tertentu
  • Awal gejala sering menyebabkan sakit kepala ringan dan kemudian menjadi lebih parah
  • Sering muntah atau tiba-tiba muntah meskipun sebelumnya belum pernah terjadi
  • Gangguan pada mata seperti sakit mata tiba-tiba, penglihatan kabur atau ganda
  • Beberapa bagian jari tangan dan kaki sering tidak terasa atau sulit digerakkan
  • Sering bermasalah ketika berjalan seperti gangguan keseimbangan
  • Timbul gangguan komunikasi seperti sulit berbicara
  • Sering merasa bingung dan panik
  • Perubahan tingkah laku dan sikap
  • Pada kondisi parah bisa menyebabkan kejang

Langkah yang paling tepat untuk memerangi kanker otak adalah dengan mencegah pertumbuhan kanker dalam otak. Meski tentu saja kita tidak bisa mengetahui apakah sel kanker itu tumbuh itu atau tidak, tapi kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat bisa mencegahnya. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung zat yang bisa melawan pertumbuhan sel kanker pada otak maupun sel kanker pada jaringan tubuh lain yang bisa menyebar ke bagian otak.

Dibawah ini adalah beberapa sumber makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari :

1. Brokoli

Brokoli biasanya menjadi sayuran yang paling kita hindari. Tapi ternyata brokoli sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker otak. Selain itu brokoli mengandung serat yang berperan melancarkan pencernaan dan mencegah masalah metabolisme tubuh. Konsumsi brokoli setiap hari tidak hanya baik untuk usus besar dan usus kecil, tapi juga melindungi otak dari pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Brokoli ini juga cocok dikonsumsi sebagai :

sponsored links

2. Teh Hijau

Hingga saat ini masyarakat di Jepang masih rajin mengkonsumsi teh hijau. Mereka bisa mengkonsumsi teh hijau tidak hanya waktu pagi atau sore hari saja. Mereka memiliki seduhan teh hijau dengan poci alami dan bisa diminum kapan saja. Hasilnya adalah kesehatan otak masyarakat di Jepang bisa dikatakan yang terbaik. Teh hijau mengandung zat antioksidan yang paling tinggi karena memiliki pengolahan yang paling sederhana. Tidak banyak zat antioksidan yang keluar saat proses pemasakan dan jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis teh merah atau hitam. Selain itu, teh hijau juga bisa membuat otak mendapatkan rangsangan yang baik sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Teh hijau ini juga dapat dikonsumsi sebagai :

3. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan sangat baik sebagai makanan pencegah kanker otak. Anda bisa mengkonsumsi kacang merah, kacang hijau, kacang putih, maupun jenis lainnya sebagai menu makanan sehari-hari pencegah kanker. Kacang mengandung serat yang tinggi dan juga asam lemak yang berperan melindungi otak dari kanker. Selain itu, kacang-kacangan juga bisa mencegah penyebaran kanker ke jaringan tubuh yang lain. Konsumsi kacang sebanyak dua cangkir dalam setiap minggu sangat dianjurkan.

4. Kenari

Kenari biasanya kita jumpai dalam campuran atau hiasan kue. Kenari juga bisa dimakan sebagai camilan. Kenari mengandung nutrisi zat omega 3 yang bisa membuat tubuh menjadi lebih santai. Kenari bisa mencegah kanker otak karena mengandung omega 3 yang bisa berfungsi seperti, omega 3 yang ditemukan pada ikan yang mengandung banyak minyak. Cara mencegah kanker otak dengan kenari sudah pernah di uji coba dalam sebuah penelitian. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan makan camilan dari kenari untuk setiap hari.

5. Jahe

Jahe yang termasuk sebagai tanaman rimpang bisa mencegah kanker otak karena mengandung senyawa seperti gingerol. Selain itu, jahe bisa menjadi sumber bahan yang bisa melindungi tubuh dari peradangan. Terkadang peradangan pada jaringan tubuh tertentu bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada otak. Untuk mendapatkan manfaat utama jahe bisa dicampurkan dalam minuman seperti susu atau teh. Tapi juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan terutama untuk masakan khas Indonesia.

Jahe ini kerap digunakan dalam pengobatan kanker sebagai :

6. Kunyit

Kunyit seperti jahe, juga termasuk tanaman akar atau rimpang. Kunyit menjadi salah satu bahan masakan atau bahan campuran obat tradisional yang mengandung antioksidan tinggi. Mulai sekarang pemakaian kunyit untuk mencegah kanker bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah menggunakan kunyit sebagai campuran bumbu masakan. Kunyit mengandung senyawa yang bisa mencegah proses peradangan yang sering memicu tumbuhnya sel kanker dalam otak. Selain kanker otak, umumnya kunyit juga bisa mencegah berbagai jenis kanker dalam tubuh seperti kanker usus dan kanker prostat.

7. Tomat

Tomat menjadi buah yang bisa digunakan untuk mencegah sel kanker. Hal ini disebabkan karena tomat mengandung senyawa likopen yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi antioksidan dan juga mencegah pertumbuhan kanker. Biasanya orang hanya mengkonsumsi tomat untuk mencegah kanker, tapi ternyata makan tomat yang sudah dimasak bisa meningkatkan manfaatnya. Jadi lebih baik untuk mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak atau dijadikan bahan campuran dalam masakan.

Tomat ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai :

8. Alpukat

Alpukat adalah buah lezat yang banyak mengandung omega 3, serat, zat antioksidan dan bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Alpukat bisa menjadi makanan pencegahan kanker otak yang menghalangi pertumbuhan sel kanker otak, dengan cara meningkatkan sistem metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Dengan cara ini tubuh lebih kuat dan sel-sel aktif dalam otak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Selain itu, alpukat juga bisa melindungi sel dalam otak agar tidak terusak oleh rangsangan zat aktif yang berasal dari udara atau makanan.

9. Bawang Putih

Bawang putih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu dari semua jenis masakan. Aromanya yang kuat sering tidak disukai, namun ternyata bawang putih bisa secara aktif mencegah pertumbuhan sel abnormal dalam otak. Selain itu bawang putih memiliki sifat lain yang sangat baik untuk mencegah kanker seperti melindungi tubuh dari bakteri, mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan bisa menyerang pertumbuhan sel kanker secara langsung. Bahkan bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kesehatan DNA dan mencegah kerusakan DNA. Karena itulah tambahkan bawang putih dalam menu masakan Anda.

Konsumsi bawang putih secara tidak langsung juga berkhasiat sebagai :

10. Pepaya

Pepaya adalah buah yang manis dan biasanya mengandung banyak air pada saat musim panas. Pepaya yang lunak dengan aroma khusus mengandung sebuah zat pencegah kanker. Likopen yang terkandung dalam pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaatnya hampir sama seperti likopen yang ditemukan pada buah tomat. Pepaya juga bisa dipercaya mencegah pertumbuhan semua jenis sel kanker, termasuk cara mencegah kanker kulit.

11. Kubis

Kubis bisa digunakan sebagai bahan masakan untuk sup atau jenis olahan lain. Terkadang kubis banyak dikonsumsi sebagai lalapan. Kandungan senyawa antioksidan dalam kubis seperti ditemukan pada sayuran kale. Kedua jenis sayuran ini sangat aktif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan bisa memelihara umur dan kekuatan sel sehat dalam tubuh. Konsumsi kubis dan kale yang sudah dimasak sangat dianjurkan, selain itu sumber sayuran ini juga bisa mencegah semua jenis sayuran. Kubis ini juga bisa dikonsumsi sebagai

Sponsors Link

12. Ikan Salmon

Ikan salmon yang ditemukan secara liar bisa menjadi makanan pencegah kanker otak yang paling ampuh. Banyak orang yang mengkonsumsi salmon tapi mereka tidak memilih salmon alami. Sementara metode kehidupan untuk salmon alami dan salmon yang diternak memang berbeda. Terlepas dari masalah itu maka salmon bisa melindungi dari kanker otak karena mengandung zat omega 3 alami yang sangat baik untuk merangsang kerja dan fungsi normal otak.

13. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah menyegarkan yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi.Vitamin C dalam buah jeruk sangat baik untuk melindungi sel otak dari serangan pertumbuhan sel kanker. Rasa jeruk yang manis dan sedikit asam mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Konsumsi jeruk yang paling disarankan adalah jeruk buah alami dan bukan jeruk yang sudah diolah dalam bentuk jus.

14. Bit

Buah bit biasanya banyak dihindari karena memiliki rasa yang agak aneh dan aroma yang kurang nyaman saat dikonsumsi. Tapi ternyata bit mengandung antioksidan tinggi yang bisa langsung mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah bit juga penting untuk mempengaruhi kondisi tubuh dan pikiran karena bisa memberikan efek yang cukup menyenangkan. Tapi konsumsi buah bit berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.

15. Apel

Apel selama ini masih dianggap sebagai buah yang menyegarkan saja, tapi ternyata buah apel mengandung manfaat yang sangat tinggi. Konsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap zat radikal bebas dan bisa mencegah resiko penyakit jantung. Konsumsi apel yang paling dianjurkan adalah apel segar yang sudah dikupas, karena terkadang kulit apel mengandung pestisida yang bisa berbahaya untuk tubuh.

Apel juga baik dikonsumsi sebagai :

Tips Mencegah Kanker Otak

Untuk mencegah kanker otak, anda juga bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

  • Hindari atau kurangi konsumsi makanan yang sudah dibekukan karena bisa meningkatkan resiko kanker otak
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji dan semua jenis makanan instan terlalu sering karena makanan ini mengandung bahan kimia makanan yang ditambahkan dalam proses pengolahan
  • Hindari semua jenis agen penyebab kanker otak seperti radiasi, paparan bahan bakar kendaraan secara langsung dan polutan dari udara
  • Pilih konsumsi sayuran dan buah organik yang tidak memakai pestisida, karena pestisida bisa meningkatkan resiko kanker
  • Lebih sering makan ikan alami dari lingkungan bebas daripada ikan yang sudah diternakkan karena makanan ikan sering mengandung bahan campuran yang bisa menyebabkan kanker otak.

Jadi, mulai sekarang kita bisa memelihara kesehatan, termasuk dengan melindungi tubuh dari kanker otak. Berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan bisa dikonsumsi secara aktif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker otak.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 28th, September 2015 / 09:14 Oleh :
Kategori : Kanker Otak