Sponsors Link

Kanker Otak Stadium 2 : Gejala, Gambar, Diagnosis, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Penyakit Kanker Otak dibagi menjadi dua jenis yaitu Kanker Otak Primer dan Kanker Otak Sekunder. Kanker Otak Primer adalah Kanker Otak yang berawal dari tumbuhnya tumor di bagian otak langsung. Sedangkan Kanker Otak Sekunder adalah Kanker Otak yang berasal dari bagian atau organ lain di mana tumor tersebut menyebar ke bagian otak.  Sampai saat ini penyebab dari tumbuhnya atau terjadinya Kanker Otak belum diketahui. Mari kita bahas Kanker Otak Stadium 2.

Sponsors Link

Gambar & Indikasi Awal

gambar kanker otak stadium 2

Kanker Otak Stadium 2 memiliki perbedaan dengan tingkat Kanker Otak lainnya. Ini menjadi proses sel Kanker Otak yang tumbuh terlihat seperti sel lainnya namun memberi perubahan pada sistem kerja tubuh penderita. Berbeda dengan tingkat stadium lain begitupun berbeda dengan kondisi pasien atau penderita tersebut. Pada umumnya penderita atau pasien Kanker Otak Stadium 2 mulai merasa ada yang tidak beres dan sebagian melakukan konsultasi pada dokter berbeda dengan Stadium 1 yang memang kebanyakan tidak menyadari karena tidak ada gejala khusus.

Gejala Kanker Otak stadium 2

Biasanya penderita awalnya merasakan gejala – gejala Kanker Otak Stadium 2. Di antaranya:

  • Muntah – muntah tanpa alasan yang jelas
  • Mudah merasa lelah meski hanya melakukan sedikit aktivitas.
  • Mudah mengantuk dan banyak menguap. Hal ini dikarenakan kerja oksigen yang tidak lancar untuk sampai ke otak.

Untuk penderita penyakt Kanker Otak Stadium 2 sebagian dapat disembuhkan bila memang penanganan pengobatannya tepat dan cepat. Tahap untuk menjalani pengobatan antara setiap penderita berbeda.

Tahapan Diagnosis Kanker Otak Stadium 2

Berikut tahap bagaimana perjalanan seoran penderita Kanker Otak Stadium 2 dari mulai diagnosis dokter, pengecekan, hingga penyembuhan:

Sponsors Link

1.) Tahap Wawancara

Sebelum dokter benar – benar memvonis seseorang atau pasiennya sebagai penderita penyakit Kanker Otak, dokter akan terlebih dahulu melakukan wawancara terhdap pasien tersebut. Dokter akan menanyakan dan mencari tahu penyebab mengapa sang pasien dapat diduga terserang penyakit Kanker Otak Stadium 2. Hal ini ada beberapa faktor yang dapat menunjang yaitu:

  1. Faktor genetik

Ada sebagian penderita yang memang terserang penyakit Kanker karena memiliki faktor genetik di mana ada keluarganya khususnya orangtua mereka juga terserang penyakit tersebut. Sehingga memang sulit dihindari untuk tidak terkena Kanker.

  1. Faktor lingkungan

Dokter juga akan bertanya bagaimana kita hidup. Ada banyak penderita Kanker Otak yang terseraang kanker dikarenakan lingkungan kerja atau juga tempat tinggal yang buruk. Misalnya bekerja atau tinggal di sekitar Industri Produksi Karet, Industri Perminyakan, dan lain – lain.

  1. Faktor Pola hidup

Selain dari faktor genetik dan faktor lingkungan, penderita juga akan ditanya bagaimana pola hidup mereka. Apakah terlalu sering menggunakan gadget dengan waktu yang lama, penggunaan ponsel yang terlalu lama, merokok, mengalami trauma di bagian kepala, ataupun menderita penyakit HIV. Karena semua itu dapat menjadi pendukung dan memicu sel Kanker tumbuh.

Setelah melakukan wawancara, dokter akan mulai memberi diagnosis terhadap pasien.

2.) Saran dan referensi dokter

Setelah tahu mengenai faktor dan pemicu, dokter akan menyarankan dan memberi surat referensi untuk melakukan berbagai tes. Mulaidari tes CT Scan (Computerizd Tomography), tes MRI (Magnetic Resonance Imaging), dan Uji fisik. Dokter akan menulis sendiri referensi untuk bagian Radiologi, apa suntikan tes yang harus diberikan begitupun keterangan yang harus dicari oleh pihak Radiologi.

3.) Diagnosis

Di tahap ini dokter akan kembali memikirkan dengan cermat atas hasil wawancara berupa faktor pemicu dan juga melihat hasil tes dari pihak Radiologi. Kemudian mereka akan memberi diagnosis secara jelas. Sudah di tingkat berapakan kanker Otak sang pasien dan di mana letak sel Kanker tersebut.

Sponsors Link

4.) Pengobatan

Dokter yang telah memberi diagnosis dan vonis Kanker Otak Stadium 2 pada sang pasien tentu akan memberi saran terhadap pengobatan. Untuk pengobatan mereka akan melihat terlebih dahulu mana pengobatan yang cocok dengan melihat kondisi Kanker Otak juga kondisi kesehatan sang pasien. Biasanya untuk Stadium 2, pengobatannya bisa melalui operasi dan bantuan pengobatan lain. Pengobatan – pengobatan lainnya yaitu Radiotherapy, Radiosurgery, Chemotheraphy. Hyperthermia, dan Immunotherapy. Inilah perbedaan cara pengobatan tersebut:

  1. Operasi: Pengobatan dengan cara menghilangkan dan mengangkan Kanker atau tumor dari otak agar tidak menyebar ke bagian lainnya juga agar tidak membesar.
  2. Radiotherapy: Pengobatan dengan menggunakan bantuan radiasi tinggi dengan tujuan untuk membuat sel – sel Kanker atau tumor menjadi lemah dan tidak lagi berkembang.
  3. Radiosurgery: Pengobatan yang bertujuan untuk mengangkat sel Kanker atau tumor di mana letak sel tersebut sulit dijangkau sehingga operasinya harus dibantu dengan Pisau Gamma.
  4. Chemotherapy: Pengobatan dengan bantuan suntikan obat yang ditunjukan langsung pada sel di mana bertujuan untuk mematikan sel secara perlahan. Obat untuk Kanker Otak Stadium 2 dengan lainnya berbeda – beda.
  5. Hyperthermia: Pengobatan dengan cara pemanasan.
  6. Immunotherapy: Pengobatan yang menggunakan media sel imun untuk dibimbing agar dapat melawan dan membunuh sel Kanker atau tumor.

Bila sang pasien dapat menerima dan mau untuk melakukan pengobatan, biasanyanya pasien Kanker Otak Stadium 2 tersebut dapat sembuh. Semua tergantung pada kemampuan sang pasien seperti ketahanan batin dan juga mengenai biaya. Karena tidak sedikit penderita Kanker Otak yang mengami penurunan atau merasa down ketika tahu bahwa mereka menderita Kanker Otak Stadium 2. Padahal hal tersebut dapat membuat pengobatan terganggu. Itu makanya biasanya dokter akan meminta keluarga dan kerabat juga teman agar terus memberi semangat dan motivasi agar sang pasien atau penderita terus bersemangat ingin sembuh.

Efek Pengobatan Kanker Otak Stadium 2

Adapun efek dari berbagai pengobatan tergantung dari reaksi tubuh pasien atau penderita. Untuk tahap operasi tentu sama dengan operasi lain di mana pasien akan terlebih dahulu mengalami penurunan metabolisme. Untuk pengobatan yang menggunakan radiasi dan obat khusus, biasanya membuat tubuh penderita bereaksi seperti bobot tubuh menjadi naik atau turun, perut merasa mual, dan rambut rontok. Dokter akan menyesuaikan dengan reaksi tubuh pasien dan akan menghentikan pengobatan bila memang tubuh pasien tersebut menolaknya.

Kanker Otak Stadium 2 akan mudah berlanjut ke Stadium 3 karena kondisi fisik penderita yang menurun sejak mengetahui terkena penyakit tersebut berbeda dengan Stadium 1 yang kebanyakan masih merasa tubuhnya sehat dan kuat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 15th, February 2015 / 06:55 Oleh :
Kategori : Kanker Otak