Sponsors Link
     Sponsors Link

Kanker Otak Stadium 1 : Penyebab, Ciri Ciri, dan Pengobatannya

ads

Kanker Otak Stadium Satu

Kanker adalah salah satu penyakit kronis yang sulit disembuhkan apalagi jika menyerang organ otak karena otak sendiri memiliki fungsi untuk menggerakkan semua bagian anggota tubuh manusia. Sebagai bahan pencegahan kanker otak sebaiknya anda perlu mengenali betul apa ciri-ciri, gejala, penanganan kanker otak tersebut agar lebih aware terhadap kesehatan anda.

Penyebab

Faktor Dalam

Kanker Otak Stadium satu bisa datang dari dalam diri kita sendiri seperti adanyanya faktor keturunan atau genetik. Apabila anda mempunyai kerabat yang memiliki riwayat kanker otak maka peluang anda menderita kanker otak dua kali lebih besar daripada mereka yang keluarganya tidak mempunyai penderita kanker otak. Selain itu apabila anda pernah mempunyai riwayat benturan kepala, benturan ini juga di kemudian hari dapat menimbulkan trauma pada jaringan otak sehingga menimbulkan jaringan abnormal dalam otak yang nantinya akan berkembang menjadi kanker otak.

Faktor Luar

Faktor luar penyebab kanker otak stadium satu adalah pola makan dan radiasi. Selain itu apabila anda mengonsumsi obat-obatan secara  terus-menerus pun dapat menimbulkan efek kanker. Merokok, mengkonsumsi makanan berlemak, penggunaan minyak goreng yang berulang-ulang, dan paparan radiasi juga akan memicu sel kanker dalam otak anda sama halnya dengan penyebab kanker paru-paru.

Ciri-Ciri Umum

Otak sendiri mempunyai bagian dan fungsi yang berbeda-beda sehingga ada beberapa gejala kanker otak stadium satu yang bisa terjadi. Gejala yang akan muncul sangat tergantung dengan  dimana kanker otak itu tumbuh. Berikut penjelasannya:

Sponsors Link


Ciri-ciri kanker otak stadium satu ini biasanya berupa perubahan mental ringan (psikomotor asthenia) pada penderita kanker otak. Perubahan mental ini biasanya dirasakan oleh orang-orang terdekat seperti keluarga dekat penderita dan kerabat. Contohnya seperti mudah tersinggung, mudah emosi, pelupa, dan labil. Hal ini dikarenakan adanya kanker di otak sehingga membuat otak menjadi lambat dan kehilangan inisiatif.


Salah satu ciri kanker otak stadium satu yang paling dapat jelas dirasakan oleh penderita adalah sakit kepala yang hebat. Berbeda individu tentu berbeda pula skala sakit kepalanya, mulai dari yang ringan namun berulang-ulang, sedang, sampai kepala menjadi tidak dapat digerakkan dan berdenyut. Umumnya sakit kepala ini akan semakin menyiksa penderita saat malam hari dan bangun pagi dimana adanya peninggian tekanan tinggi intrakranial. Sakit kepala yang hebat juga merupakan ciri-ciri kanker payudara dan gejala kanker darah.


Peneliti menyatakan bahwa gejala kanker otak dengan terjadinya muntah ditemukan di 30% kanker otak. Gejala muntah ini dibarengi dengan rasa sakit kepala. Oleh karena itu, apabila anda merasakan nyeri di kepala yang sangat hebat dan diiringi muntah-muntah segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri karena ini merupakan salah satu ciri-ciri kanker otak stadium satu.


Selain ketiga ciri-ciri diatas yang perlu anda waspadai ada beberapa ciri-ciri juga yang harus kalian perhatikan seperti  daya penglihatan yang berkurang secara siginifikan dimana umur anda sebenarnya masih sangat muda, keseimbangan tubuh yang mulai memudar, dan gangguan syaraf.


Pencegahan

Pencegahan kanker otak stadium satu tentunya dapat anda mulai dengan menjalankan pola hidup yang sehat seperti banyak mengonsumsi sayuran, menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, minum air minimal 8 gelas sehari, dan tentu saja istirahat yang cukup. Selain itu mulailah untuk mencoba mengurangi penggunaan handphone karena penggunaan handphone akan menimbulkan radiasi pada anggota tubuh manusia.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga karena olahraga sendiri memperlancar sirkulasi darah ke otak dan banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan agar melancarkan peredarah darah seperti kurma, jeruk, kismis, strawberry, buah plum, dan anggur merah. Olahraga sudah terbukti merupakan salah satu kunci pencegahan kanker apapun masuk ke dalam tubuh kita karena selain kanker otak olahraga juga merupakan cara mencegah kanker prostatcara mencegah kanker payudara sejak dini dan cara mencegah kanker hati.

Sponsors Link

Jenis-Pengobatan Kanker Otak Stadium Satu

Banyak pengobatan kanker otak yang bisa anda coba apabila anda sudah terserang penyakit tersebut, berikut diantaranya:


Pengobatan kanker lewat medis tentu dengan radiasi yaitu penyinaran. Apabila penyinaran tidak ampuh untuk membunuh kanker otak stadium satu maka akan dilanjutkan dengan kemoterapi sama halnya dengan pengobatan kanker paru-paru. Apabila penyinaran dan kemoterapi sudah ditempuh namun kanker otak tidak juga sembuh maka penderita harus melakukan operasi pengangkatan kanker otak yaitu dengan mengangkat jaringan-jaringan otak yang terkena kanker. Tujuan pengobatan ini adalah merusak dan membunuh kanker sehingga diharapkan tidak akan tumbuh lagi.


Pengobatan alternatif yang sekarang banyak dicoba oleh masyarakat adalah pengobatan herbal. Pengobatan herbal mulai menjadi pilihan bukan karena jauh lebih murah dari perawatan medis saja namun juga karena terbukti efektif dan minim resiko, contohnya tanaman obat kanker yang banyak ditemui. Pusat Bioteknologi LIPI sudah melakukan penelitian dan salah satu tumbuhan alami yang dipercaya ampuh untuk menyembuhkan kanker otak adalah sarang semut.


Jenis Jenis Kanker Otak Stadium Satu

Ada beberapa jenis Kanker Otak Stadium Satu, berikut diantaranya:


Kanker otak stadium satu terbagi menjadi dua yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer yaitu kondisi dimana kanker berasal dari otak itu sendiri sehingga sifatnya ganas dan terdapat 3 penyebabnya yaitu tipe sel otak yang menjadi kanker, letak kanker dalam otak, dan kondisi kesehatan penderita saat didiagnosis dengan kanker otak stadium satu. Penyakit kanker otak juga harus ditangani secepatnya karena apabila didiamkan saja akan menyebar dan merusak bagian lain dari otak dan syaraf tulang belakang.


Sedangkan kanker otak sekunder adalah kanker otak yang berasal dari bagian tubuh lainnya dan menyebar ke bagian otak. Kanker otak sekunder ini keadaannya jauh lebih mengkhawatirkan dibandingkan primer karena ini adalah tanda bahwa kanker telah menyebar ke seluruh bagian tubu. Kesembuhan total akan sangat sulit dicapai apabila kondisi penderita demikian.


ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 08th, February 2015 / 21:23 Oleh :
Kategori : Kanker Otak