Sponsors Link

7 Gejala Kanker Otak Stadium 1 (Penting Untuk Diketahui)

Sponsors Link

Penyakit kanker otak termasuk dalam penyakit mematikan yang menyerang organ otak. Pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada otak akan berakibat tumbuhnya sel kanker secara tidak terkendali dan dapat beralih menjadi ganas jika terlambat diberikan penanganan. Penyebaran kanker pada otak lebih cepat terjadi karena di organ vital ini mengandung berjuta-juta sel saraf yang bertugas mengendalikan organ tubuh lainnya. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya mendiagnosa penyakit kanker otak sedari dini untuk mendapatkan penanganan dengan cepat dan akurat. (baca juga: Gejala Kanker Usus Kecil, Gejala Kanker Getah Bening Stadium 1)

Sponsors Link

Berdasarkan ilmu medis terdapat dua jenis kanker otak pada stadium 1 yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer adalah kanker otak yang berasal dari organ otak itu sendiri. Kanker otak jenis primer termasuk kanker ganas yang sangat bergantung pada tiga faktor meliputi tipe sel kanker, kondisi pasien, serta lokasi kanker. Jenis yang kedua yaitu kanker otak sekunder disebabkan kanker yang berasal dari organ tubuh yang lain kemudian menyebar menuju otak. Kanker sekunder sedikit lebih berbahaya dari kanker otak primer. Hal ini dikarenakan kanker yang sudah terindikasi menyerang otak dan berasal dari organ yang lain menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar ke seluruh tubuh, sehingga tingkat kesembuhan pasien juga lebih sedikit. (baca juga: Fotodinamik Terapi , Gejala Kanker Serviks Stadium 4 )

Secara langsung serangan kanker yang tumbuh dibagian otak akan memengaruhi fungsi organ tubuh lainnnya, karena beberapa saraf berada di dalam otak. Pada penderita kanker otak yang masih stadium awal belum terlihat gejala yang signifikan. Akan tetapi beberapa kondisi berikut ini dapat diamati sebagai gejala awal kanker otak yang perlu diwaspadai saat terjadi pada anda.

Baca Juga:

1. Nyeri Kepala

Gejala awal yang patut diwaspadai adalah nyeri yang dirasakan pada bagian kepala. Nyeri ini berbeda dengan sakit kepala yang diderita sebelumnya. Biasanya sakit kepala akan berlangsung pada malam hari dan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan dalam kondisi yang parah sakit kepala ini menimbulkan rasa enggan bergerak pada kepala, atau kepala menjadi sulit digerakkan. Selain itu kondisi dapat semakin parah disaat esok harinya karena adanya tekanan pada intrakranial.

2.Mata Berkunang

Selain nyeri kepala yang berlangsung cukup lama. Penderita akan sering merasakan mata berkunang dengan penglihatan yang buram pada pagi dan malam hari. Kemampuan untuk melihat sekitar hanya dapat dilakukan secara normal dalam waktu sebentar saja. Pasien juga akan mengalami gangguan mata yang sebenarnya tidak lazim dirasakan seperti pandangan hanya bisa ke bagian depan, serta penglihatan semakin kabur. Bahkan jika kondisi semakin parah atau stadium meningkat dapat menyebabkan kebutaan.

Sponsors Link

3. Hilang Kesadaran

Sekitar 15 % dari penderita kanker otak juga mengalami pingsan atau ketidaksadaran dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini bermula dari pandangan mata yang kabur dan mual akut yang dirasakan oleh penderita. Penderita akan mengalami ketidaksadaran dengan tidak bernapas hampir kurang dari satu menit.

Baca Juga:

4. Gangguan Indera Pendengaran

Telinga juga terkena dampak apabila bersarang tumor di dalam otak. Rasa nyeri di kepala dapat menekan saraf telinga yang juga mengakibatkan gangguan pendengaran serta rasa sakit pada telinga. Rasa sakit ini disebabkan oleh tekanan tumor yang tidak mampu dibendung oleh otak sehingga beberapa organ lain seperti mata, telinga, dan tenggorokan akan merasakan efek berupa nyeri.

5. Perubahan Mental

Pada kondisi kanker otak masih berada di stadium 1 agaknya akan menimbulkan perubahan mental secara ringan. Perubahan mood yang dimaksud adalah mudah emosi, labil, sering lupa, dan biasanya orang terdekat pasien yang lebih merasakan perubahan ini. Gejala ini diakibatkan kanker yang berada dalam otak menghambat sirkulasi oksigen yang membuat otak menjadi tidak mampu berinisiatif atau berpikir terlalu rumit. (baca juga: Penyebab Kanker Ginjal Pada Anak, Gejala Kanker Paru paru Stadium 1)

Perubahan mental dialami secara drastis oleh pasien dalam waktu yang sangat singkat. Mulai dari perubahan kepribadian, gangguan penalaran dan konsntrasi, hingga tingginya keinginan untuk tidur. Gejala ini dapat berbahaya jika dibiarkan karena dapat menimbulkan depresi serta munculnya komplikasi penyakit lain karena emosi yang meningkat.

6. Mual dan Muntah

Sekitar 30 % penderita kanker otak pada stadium 1 mengalami rasa mual di pagi hari serta terkadang berlanjut pada muntah. Mual dan muntah tersebut bersamaan dengan dirasakannya nyeri kepala oleh pasien. Ciri khas mual serta muntah yang dirasakan pada pasien kanker adalah terjadi secara tiba-tiba, meskipun tidak merasakan sakit sebelumnya. Cairan muntah juga harus diamati karena jika berwarna kehijauan, dapat menjadi indikasi adanya tumor di dalam otak.

Artikel Terkait: Vaksin Kanker Payudara, Tanda Awal Kanker Darah

Sponsors Link

7. Tremor

Otak yang merupakan tempat berdiamnya seluruh sel saraf motorik memiliki peran vital. Jika terdapat gangguan pada otak berupa tumor maka seluruh saraf motorik juga akan terganggu. Tremor atau kejang merupakan salah satu ciri gejala kanker otak yang dapat terjadi pada pasien secara tiba-tiba. Penderita yang mengalami tremor biasanya disertai dengan menggigit lidah serta kehilangan kontrol pada beberapa organ tubuhnya. Kejang terjadi selama kurang dari 5 menit hingga kemudian penderita akan mengalami sakit kepala, mengantuk, dan sakit pada otot-ototnya. (baca juga: Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok, Gejala Leukemia Stadium 2)

Sebenarnya kanker otak stadium 1 dapat dicegah dengan beberapa pola hidup sehat serta rajin berolahraga. Beberapa tips lain untuk mencegah munculnya sel kanker pada otak diantaranya adalah:

  • Menerapkan pola makan sehat dengan menghindari bahan pengawet
  • Berhenti merokok
  • Kurangi radiasi dari komputer atau handphone
  • Lengkapi rumah dengan penerangan yang cukup pada malam hari
  • Istirahat cukup

Dengan mengaplikasikan pola hidup sehat, penyakit kanker dapat dicegah serta metabolisme tubuh berjalan lancar sehingga jenis penyakit yang lain pun bisa dengan mudah diatasi.

Baca Juga: Manfaat Bekam Untuk Kanker, Manfaat Air Lemon Untuk Kanker

Demikian artikel informatif mengenai gejala kanker otak stadium 1, semoga bermanfaat!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 02nd, April 2017 / 19:26 Oleh :
Kategori : Kanker Otak