Sponsors Link

14 Gejala Awal Kanker Otak – Stadium dan Penanganan

ads

Kanker otak tentu sudah bukan hal atau kondisi asing lagi di mana penyakit ini merupakan keadaan kronis yang memang menyerang bagian otak. Adanya sel-sel tubuh yang bertumbuh dan berkembang secara tak normal di organ otak tentunya bisa menjadi penyebab dari kehilangan atau kerusakan fungsi bagian tubuh. Gejala ciri-ciri kanker otak perlu Anda ketahui, terutama gejala awal kanker otak agar bisa dicegah sebelum menjadi serius dan sulit ditangani.

(Baca juga: stadium kanker otak dan gejala lengkapnya)

1. Sering Sakit Kepala

Karena sel kanker menyerang otak, gejala awal yang akan tampak pada penderita kanker otak adalah sakit kepala yang sangat sering alias konstan. Sakit kepala yang berkepanjangan bukanlah hal yang bisa dianggap wajar. Jika sakit kepala datang secara berulang-ulang, kondisi ini dapat menandai adanya kanker pada otak Anda.

2. Gampang Mual

Sakit kepala dan kemudian perut yang terasa mual tentunya bukanlah hal yang begitu mencurigakan karena pada dasarnya mual dan sakit kepala bisa jadi hanya gejala masuk angin biasa. Atau bahkan asam lambung naik pun juga bisa menjadi penyebab dari rasa mual di perut. Namun ketika rasa mual kerap muncul, ini harus Anda curigai sebagai sesuatu yang lain daripada sekadar masuk angin atau penyakit maag.

(Baca juga: manfaat apel untuk kanker)

3. Muntah-muntah

Ketika bicara soal rasa mual di perut, Anda biasanya juga akan muntah-muntah. Hal ini sudah biasa terjadi, tapi saat kondisi ini terlalu sering dan bahkan berkepanjangan, Anda harus mencoba untuk memeriksakannya. Ada kemungkinan akan kanker otak, namun bisa juga ada penyebab lainnya, jadi lebih baik dipastikan lebih dulu saja.

4. Penurunan Kualitas Penglihatan

Pada usia yang masih muda, bila Anda mengalami penurunan kualitas pada indera penglihatan Anda, ini bisa jadi adalah sebuah tanda dari adanya sel kanker di dalam otak. Sel-sel kanker yang mulai menggerogoti otak secara perlahan namun pasti akan menyebabkan bagian mata juga terkena imbasnya. Gejala pun harus diperiksakan sebelum akhirnya sel kanker menyebar dan menggerogoti saraf dan indera lainnya pada tubuh Anda.

(Baca juga: manfaat sambiloto untuk kanker)

Sponsors Link

5. Penurunan Kualitas Pendengaran

Selain dari penglihatan, kualitas pendengaran pun juga dapat menurun dan ini menjadi suatu hal yang terlihat tak wajar ketika terjadi di usia muda. Fungsi pendengaran yang berkurang akan terjadi ketika pertumbuhan sel kanker terjadi begitu cepat. Penurunan daya dengar ini harus juga diperiksakan apalagi kalau Anda merasakan adanya penurunan kualitas pendengaran drastis.

6. Tubuh Lemas dan Lemah

Rata-rata pada jenis kanker umum, tubuh akan semakin lama semakin lemas. Lemas bisa dikarenakan hal-hal ringan, seperti kurang tidur atau terlalu padatnya aktivitas sehar-hari tanpa waktu istirahat yang cukup. Tapi ketika tubuh lemas disertai dengan sakit kepala konstan dan perut mual dapat menandakan adanya ketidakberesan pada organ otak, jadi perlu pemeriksaan segera.

(Baca juga: manfaat cuka apel untuk kanker)

7. Sulit Berjalan

Kondisi di mana penderita kanker otak sulit berjalan adalah kondisi yang perlu diwaspadai juga. Mungkin ini dikarenakan rasa sakit kepala dan tubuh yang melemas, namun ketika hal ini terjadi terlalu sering dan rasanya menjadi terlalu sempoyongan, Anda harus mencurigainya. Kehadiran sel-sel kanker jangan dianggap enteng karena mampu mengganggu pengontrol aktivitas tubuh di dalam otak.

8. Kesulitan untuk Fokus

Serangan dari sel-sel kanker yang ada di bagian otak akan membuat penderitanya tak hanya pusing secara berkepanjangan. Sulit berkonsentrasi pun menjadi masalah atau gejala yang harus diperiksakan, terutama jika terjadi terlalu sering. Karena kehilangan fokus dan konsentrasi, maka penderita kanker otak akan merasa lebih sulit dalam menyelesaikan segala pekerjaannya. Inilah yang bakal otomatis menghambat kegiatan si penderita.

(Baca juga: daftar makanan sehari-hari pencegah kanker)

9. Kaki dan Tangan Mati Rasa

Kanker otak merupakan sebuah penyebab juga dari tangan dan kaki yang mati rasa. Apabila Anda terlalu sering merasakan kaki dan tangan mudah mati rasa dan hal ini terjadi berkepanjangan, terutama ketika terjadi tanpa alasan, Anda perlu memeriksakannya. Organ-organ tersebut terganggu lebih dikarenakan adanya saraf pusat yang mengalami gangguan oleh sel kanker. Semakin tidak ditangani dari awal, penyebaran sel kanker mampu mengganggu saraf organ lain secara lebih cepat.

10. Penurunan Kualitas Penciuman

Setelah indera pendengaran dan penglihatan yang menurun, kualitas indera penciuman pun juga turut mengalami pengurangan. Daya penciuman yang sebelumnya normal tak dapat dipertahankan oleh si penderita, jadi ini akan otomatis terjadi penurunan drastis. Ketika Anda mengalami hal mencurigakan semacam ini, silakan untuk langsung ke dokter dan menempuh diagnosa.

(Baca juga: daftar tanaman obat kanker dan cara menggunakannya)

11. Penurunan Daya Ingat dan Respon

Berhubungan dengan otak, tentu saja penurunan daya konsentrasi bukanlah satu-satunya. Daya ingat yang menurun padahal masih termasuk usia produktif adalah suatu tanda yang cukup tak wajar. Dengan lambatnya daya respon juga, ini adalah salah satu gejala kanker otak yang perlu Anda periksakan. Terjadinya penurunan daya respon dan ingat pada tubuh dikarenakan adanya sel kanker yang mulai menguasai organ otak Anda.

12. Menstruasi Tak Normal

Pada para perempuan, menstruasi yang berhenti secara tidak wajar juga patut untuk dicurigai. Hal ini wajib Anda waspadai karena bisa juga menjadi tanda awal dari adanya kanker otak. Mungkin gejala semacam ini lebih dikhawatirkan menjadi tanda sebuah kanker serviks atau kanker rahim, namun siklus haid yang tak pada keadaan biasanya mampu menjadi gejala dari kanker otak juga.

(Baca juga: kanker serviks pada wanita)

Sponsors Link

13. Sering Mengantuk

Rasa kantuk yang muncul terlalu sering juga bukan kabar baik bagi Anda karena ini berpotensi ada hubungannya dengan kanker otak. Kantung berkepanjangan walaupun sudah memperoleh kualitas tidur yang seharusnya dapat mengindikasikan adanya ketidaknormalan pada otak Anda. Efek kanker otak pada penderita sangat membahayakan, maka pastikan bahwa Anda tidaklah terlambat untuk memeriksakannya ke dokter sebelum sel kanker menyebar lebih jauh lagi.

14. Kehilangan Kesadaran

Sering pingsan bisa jadi menandakan adanya kondisi anemia atau kekurangan darah pada diri Anda. Tapi seringnya kehilangan kesadaran juga mampu menandakan adanya keganjilan pada kondisi kesehatan otak. Pingsan tanpa diawali dengan tubuh lelah atau suatu hal yang mengejutkan adalah suatu hal yang mencurigakan, apalagi kalau terjadi secara tiba-tiba. Menempuh metode diagnosa akan membantu Anda mendapatkan jawaban dari kondisi ini.

(Baca juga: gejala kanker umum)

Stadium dan Penanganan Kanker Otak

Saat melihat dari level perkembangan, penyebaran dan pertumbuhan dari sel kanker, tumor otak dibagi menjadi 4 stadium tentang keganasannya. Di bawah ini merupakan 4 stadium yang harus Anda tahu dan waspadai betul.

  • Stadium 1 dan 2 – Pada fase ini tumor masih terbilang jinak karena belum terjadi penyebaran yang berarti. Gejala awal pun masih termasuk ringan dan Anda masih bisa menanganinya.
  • Stadium 3 dan 4 – Pada fase ini, sudah sangat jelas bahwa sifatnya sudah sangat ganas dan pada tahap ini jugalah tumor bukan lagi tumor, justru sudah berkembang menjadi kanker.

Untuk menangani kanker otak, dokter akan bergantung pada 3 hal, yaitu:

  • Posisi atau letak dari tumor yang menyerang otak.
  • Jenis sel otak yang berubah menjadi tumor.
  • Kondisi kesehatan serta usia penderita ketika sudah keluar diagnosanya dengan tumor.

Pembedahan adalah langkah atau metode penanganan yang akan selalu diambil dokter ketika tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kanker. Untuk radioterapi, kemoterapi kanker, atau bahkan penanganan dengan mengombinasikan keduanya adalah langkah yang bisa diambil untuk pengobatan selanjutnya setelah operasi. Sebelum sel-sel kanker bisa memicu kerusakan saraf otak dan saraf tulang belakang sampai dengan organ lain, pembedahan adalah jalan terbaik yang bisa ditempuh.

(Baca juga: jenis kanker paling mematikan di dunia)

Demikianlah sekilas informasi penting tentang gejala awal kanker otak yang Anda wajib waspadai, begitu pula info mengenai stadium dan penanganan kanker otak yang tepat. Segera memeriksakannya adalah langkah bijak Anda sesaat setelah merasakan 2-3 atau lebih gejala tersebut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 19th, August 2016 / 15:37 Oleh :
Kategori : Kanker Otak