Sponsors Link
     Sponsors Link

15 Ciri ciri Awal Penderita Kanker Otak

ads

Otak merupakan organ tubuh yang terletak di kepala yang salah satu fungsinya adalah mengatur sel-sel syaraf yang ada dalam tubuh. Jika otak mengalami kerusakan, gangguan, atau terserang penyakit serius, maka sistem syaraf yang ada dalam tubuh tidak dapat dikendalikan dengan baik. Oleh sebab itu, keberadaan otak termasuk menjaga kesehatan organ tersebut merupakan hal yang paling penting. Karena otak memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia pada khususnya. (Baca juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak ).

Salah satu penyakit yang dapat menyerang otak adalah penyakit kanker otak. Kanker otak merupakan tumor otak yang ganas kemudian menyebar dengan cepat ke bagian lainnya, mulai dari otak sampai dengan tulang belakang. Tidak semua tumor otak bersifat ganas. Ada pula tumor otak yang bersifat jinak dimana tumor tersebut merupakan sekumpulan sel-sel otak yang pertumbuhannya masih dapat dikendalikan sehingga tidak menyebar ke jaringan lain di sekitar otak. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Otak ).

Ciri-ciri awal dari penyakit kanker otak cukup sulit untuk diidentifikasi. Diperlukan berbagai pemeriksaan yang lebih lanjut secara medis untuk mendeteksi adanya kanker pada otak. Akan tetapi, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, kita perlu mengenali ciri ciri awal kanker otak sedini mungkin. Meskipun pada dasarnya, gejala yang dialami setiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan bagian otak yang terkena tumor otak. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, kita dapat melakukan pencegahan lebih awal terhadap penyakit ini. Ciri-ciri awal tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Sering merasakan sakit kepala yang hebat

Sakit kepala merupakan suatu kondisi yang sangat umum dialami oleh orang banyak. Selain itu, penyebab dari sakit kepala ini berbeda-beda. Sangat disarankan untuk tidak mengabaikan kondisi ini, karena bisa saja merupakan ciri dari adanya kanker otak. Apalagi jika sakit kepala yang dirasakan sangat hebat, sering terjadi, dan berkelanjutan. Lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan apakah benar kondisi tersebut merupakan ciri-ciri awal dari kanker otak. (Baca juga: Efek Kanker Otak).

  1. Penglihatan menjadi tidak fokus

Apabila terjadi suatu kondisi dimana penglihatan menjadi kabur atau tidak fokus, bisa dipastikan hal tersebut merupakan ciri-ciri awal dari adanya penyakit kanker otak. Penyebab dari penglihatan yang tidak fokus ini berbeda-beda. Jika gangguan penglihatan terjadi secara tiba-tiba padahal mata dalam keadaan sehat, maka perlu diwaspadai adanya penyakit kanker otak. Kondisi ini dapat disebabkan karena sel kanker atau tumor mulai menyebar ke jaringan mata. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan ciri-ciri ini. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Otak ).

  1. Ada beberapa anggota tubuh yang sulit digerakkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, otak berfungsi sebagai pengatur sel-sel syaraf yang ada dalam tubuh. Jika kesehatan otak terganggu, maka kondisi tubuh pun akan ikut terganggu, salah satu dampaknya adalah kesulitan menggerakkan anggota tubuh. Jika sel kanker atau tumor menyerang jaringan otak, maka ciri-ciri ini akan dirasakan oleh orang yang terkena penyakit kanker otak.

  1. Terjadi perubahan pada mental

Adanya sel kanker atau tumor pada otak mengakibatkan terganggunya sistem syaraf yang ada dalam tubuh, dampaknya dapat mengakibatkan terganggunya kondisi mental seseorang. Gangguan mental yang dialami oleh orang yang mengidap kanker otak, seperti kehilangan memori atau ingatan, kesulitan dalam berkonsentrasi, sering mengantuk, serta terjadi perubahan perilaku. Akibat dari perubahan mental ini, orang yang mengidap penyakit kanker otak mengalami kesulitan dalam melakukan suatu kegiatan. Segera lakukan penanganan lebih lanjut agar kondisinya tidak semakin parah. (Baca juga: Pengobatan Kanker Otak ).

Sponsors Link

  1. Sering mengalami muntah-muntah

Orang yang mengidap penyakit kanker otak akan sering mengalami muntah – muntah. Kondisi ini biasanya terjadi pada pagi hari yang diiringi dengan sakit kepala yang luar biasa. Cairan muntah yang dikeluarkan biasanya berwarna agak kehijau-hijauan. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menangani kondisi ini. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Otak )

  1. Tubuh menjadi sering mengalami kejang – kejang

Adanya penyakit kanker pada otak mengakibatkan aktivitas motorik otak menjadi tidak normal sehingga orang tersebut mengalami kejang – kejang. Kondisi ini bagi penderita kanker otak biasanya terjadi secara tiba – tiba, kemudian menjadi hilang kesadaran, menggigit lidahnya sendiri, dan bahkan tidak bernapas selama 30 detik lamanya. Setelah melewati kondisi ini, penderita kanker otak akan mengalami sakit kepala, mengantuk, dan merasakan nyeri pada otot – ototnya.

  1. Mengalami kebutaan

Selain terjadi gangguan pada penglihatan, secara perlahan orang yang mengidap penyakit kanker otak akan mengalami kebutaan. Kondisi ini akan terjadi jika kanker otak sudah mulai memasuki tahap atau stadium lanjut. Hal ini terjadi setelah sebagian sel kanker atau tumor menjalar sampai mengganggu jaringan yang ada pada mata.

  1. Mengalami gangguan kesadaran

Ciri-ciri selanjutnya yang disebabkan karena adanya penyakit kanker otak adalah mengalami gangguan kesadaran pada penderita. Ciri – ciri ini dapat diketahui ketika penderita kanker otak, di antaranya sering terkejut, bengong, dan mengalami kehilangan ingatan atau lupa apa yang dikerjakan. (Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Otak )

  1. Terjadi ketidaksadaran

Ciri-ciri dari adanya kanker otak yaitu terjadi ketidaksadaran. Kondisi ini pun merupakan ciri yang terjadi apabila kanker berada pada stadium lanjut. Jika sel kanker atau tumor menjalar semakin luas, maka penderita kanker otak akan mengalami ketidaksadaran. Bahkan orang tersebut menjadi tidak mengetahui lingkungan di sekitarnya. Kondisi ini merupakan dampak dari gangguan kesadaran.

sponsored links
  1. Berat badan menjadi turun

Penderita kanker otak akan mengalami penurunan dalam kemampuan kognitifnya. Kondisi ini menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi tidak stabil karena terpengaruh oleh sel kanker yang menyerang otak. Dampaknya, berat badan orang yang mengidap kanker otak menjadi turun drastis.

  1. Mengalami demam

Demam merupakan suatu kondisi yang umum dirasakan oleh setiap orang. Akan tetapi, kondisi ini akan berbahaya bahkan mematikan, terutama jika dikaitkan dengan penyakit kanker otak. Oleh sebab itu, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter untuk memastikan gejala tersebut.

  1. Mengalami kehilangan sensasi

Kehilangan sensasi yang dimaksud di sini adalah penurunan kemampuan kognitif atau penalaran. Kondisi ini berkaitan erat dengan terganggunya perkembangan fungsi otak karena adanya sel kanker atau tumor pada otak. Sel kanker ini mengakibatkan otak menjadi tidak berfungsi secara normal, sehingga menyebabkan pemikiran menjadi datar.

  1. Kemampuan mendengar dan penciuman menjadi menurun

Kanker otak ternyata tidak hanya berdampak pada penglihatan, tetapi dapat berdampak pula pada sistem pendengaran dan penciuman. Kondisi ini akan semakin parah seiring dengan semakin luasnya penyebaran sel kanker pada organ tubuh yang ada di sekitarnya. (Baca juga: Tahapan Operasi Kanker Otak)

  1. Mengalami kelumpuhan

Otak merupakan suatu organ yang memiliki fungsi utama dalam mengontrol sistem syaraf. Jika sel kanker atau tumor menyerang otak bagian tengah, maka penderita kanker otak akan mengalami kelumpuhan pada wajah bahkan pada tubuhnya.

  1. Menstruasi berhenti secara tidak normal

Untuk kaum wanita, perlu diwaspadai apabila mengalami menstruasi yang berhenti secara tidak normal. Hal ini merupakan salah satu ciri dari adanya kanker otak. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kondisi ini segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Baca juga: Cara Diagnosis Kanker Otak )

Langkah Antisipasi Kanker Otak

Setelah kita mengetahui ciri-ciri awal dari adanya penyakit kanker otak tersebut di atas, tidak ada salahnya jika kita melakukan suatu tindakan pencegahan. Tindakan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal – hal yang timbul semakin memburuk. Peran keluarga menjadi sangat penting untuk melakukan pengambilan keputusan dalam penanganan penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi berbagai penyakit khususnya penyakit kanker otak. (Baca juga: Stadium Kanker Otak)

  • Mencari informasi kedokteran yang paling akurat mengenai penyakit dan pilihan metode pengobatan penyakit kanker otak.
  • Jika mengalami kesulitan dalam mengingat suatu pertanyaan dan jawabannya, disarankan untuk menulis hal-hal tersebut sebagai pengingat.
  • Disarankan untuk mengambil keputusan secara efektif dalam memilih metode penanganan atau perawatan yang akan dilakukan. Ini dapat membantu dalam menghilangkan rasa takut akibat ketidakpahaman mengenai penyakit kanker otak.
  • Hindari untuk memaksakan diri melakukan aktivitas seperti sebelum di diagnosa. Tentukan batasan-batasan tindakan yang akan dilakukan untuk diri sendiri.

Itulah pemaparan mengenai ciri-ciri awal penyakit kanker otak. Setelah mengetahui ciri-ciri tersebut, sebaiknya segera lakukan penanganan. Penanganan tersebut dapat berupa pencegahan atau pengobatan. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Langkah Pengobatan Kanker Otak Secara Medis )

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 02nd, November 2016 / 04:53 Oleh :
Kategori : Kanker Otak