Sponsors Link

12 Cara Mencegah Kanker Otak yang Mudah Dilakukan

ads

Para dokter atau tenaga medis lainnya sebenarnya belum secara spesifik mengetahui bagaimana penyebab terjadinya kanker otak. Begitu pula dengan cara mencegah kanker otak yang masih hanya sebuah penelitian. Namun beberapa penelitian ini tidak ada salahnya untuk dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap kanker otak :

1. Menyaring Air Keran

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi ekspos terhadap bahan yang mengandung karsinogen. Laporan oleh the President’s Cancer Panel baru baru ini tentang bagaimana mengurangi paparan karsinogen, dengan melakukan penyaringan keran yang akan membuatnya lebih aman daripada air botolan langsung, yang kualitasnya kemungkinan juga tidak lebih baik ((nbcnews.com, 13 Everyday Ways To Avoid Cancer, diakses 10 November 2014)).

2. Lumuri Bumbu Sebelum Memanggang Daging

Daging yang dipanggang dalam tingkat kematangan apapu dapat mengandung penyebab kanker amina heterosiklik, yang terbentuk ketika daging pada suhu tinggi dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang masuk ke dalam makanan ketika di panggang. “Rekomendasi untuk mengurangi daging panggang memiliki bukti ilmiah yang benar-benar solid dan hal tersebut diutarakan oleh seorang profesor karsinogenesis di University of Texas M.D. Anderson Cancer Center yaitu Cheryl Lyn Walker, PhD, s “Jika mungkin akan memanggang daging, tambahkan rempah ke dalam bumbu favorit dan rendam daging setidaknya selama satu jam sebelum dimasak. Rempah-rempah yang kaya antioksidan dapat memangkas HCA sebanyak 87%, menurut penelitian di Kansas State University.

3. Konsumsi Kopi

Meminum kopi sebanyak 5 cangkir atau lebih memiliki 40% penurunan risiko terhadap terjadinya kanker otak, dibandingkan dengan orang yang minum dalam jumlah yang lebih sedikit pada sebuah penelitian di Inggris tahun 2010. Para peneliti menyebutkan bahwa kopi adalah pelindung yang lebih kuat melawan kanker daripada teh, para peneliti Inggris juga mengatakan bahwa kopi dapat memberi perlindungan terhadap kanker otak.

4. Hindari Paparan Zat Tertentu

Kadang-kadang, daerah yang terletak dekat manufaktur bisa membuang bahan kimia ke udara. Menurut Asosiasi Kanker Amerika, paparan terapi radiasi di kepala, dianggap sebagai penyebab utama kanker anak. Anak-anak yang sebelumnya diobati dengan metode radiasi dalam dosis rendah karena kondisi tertentu, dapat meningkatkan risiko penyebab kanker otak. The American Cancer Society menambahkan bahwa pengobatan radiasi untuk kanker lainnya dapat menyebabkan tumor otak, sehingga radiasi untuk pengobatan dalam kondisi minor tidak lagi digunakan pada anak-anak atau orang dewasa.

Sponsors Link

5. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang tinggi asam lemak Omega-3 seperti ikan dan daging tanpa lemak. Selain itu, sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, kacang-kacangan, bayam, apel, jeruk dan nanas yang kaya akan antioksidan, untuk mencegah kanker dan sejumlah penyakit lainnya. Selain itu, di dalamnya juga terdapat sejumlah vitamin yang memberi dukungan terhadap fungsi otak dan tubuh yang sehat. Menurut American Cancer Society, diet tinggi sayuran dan buah-buahan telah dikaitkan dalam pengaruhnya untuk mengurangi kanker tertentu ((livestrong.com, How To Prevent Brain Cancer, diakses 10 November 2014)) .

6. Batasi Konsumsi Alkohol

Menurut University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa, konsumsi minuman alkohol yang berlebihan dan merokok dapat menyebabkan penyakit tertentu yang dapat menempatkan seseorang pada risiko terjadinya kanker. Tumor otak Metastic berada di bagian lain pada tubuh dan bisa menyebar ke otak melalui aliran darah. Sebagai contoh, jika seseorang yang mengalami kanker paru-paru akibat merokok, kemungkinan bahwa kanker dapat menyebar dan menjalar ke otak. Begitu pula, alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit hati yang dapat menyebar ke otak juga.

7. Hindari Ponsel Dekat Kepala

Gunakan ponsel hanya saat melakukan panggilan sebentar atau untuk berkirim pesan. Gunakan ponsel memakai hands free untuk menghindari energi dari frekuensi radio yang memancarkan radiasi ke kepala. Meskipun bukti bahwa ponsel dapat meningkatkan resiko kanker otak belum secara konsisten dibuktikan, tapi sejumlah ulasan penelitian menunjukkan adanya hubungan. Intinya adalah lebih baik untuk menjauhi segala resiko, daripada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

8. Kunjungi Dokter Secara Teratur

Pemeriksaan fisik secara teratur baik dilakukan, terutama jika mengalami ciri-ciri kanker otak atau gejala abnormal. The National Institute of Neurological Disorders melaporkan bahwa, identifikasi terhadap tumor otak pada tahap awal sangat penting untuk mencegah adanya kanker otak.

Sponsors Link

Bahan Alami Pencegah Kanker Otak

Penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa beberapa jenis perawatan alami, efektif dalam pencegahan dan bahkan tumor otak ((findhomeremedy.com, 10 Cure For Brain Tumor, diakses 10 November 2014)). Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Jus Organik Sayuran dan Buah

Jus buah memainkan peranan penting sebagai makanan pencegahan kanker. Jus segar yang terbuat  dari brokoli, kangkung dan bayam merupakan sumber makanan alami yang kaya mineral, protein, vitamin, dan enzim.

2. Asam Folat

Makanan yang kaya akan asam folat dapat mencegah penyebaran sel kanker. Sangat dianjurkan untuk memasukkan asam folat sekitar 400 mg dalam makanan sehari-hari. Asam folat bisa didapatkan dari jenis makanan seperti :

  • Bayam
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang-kacangan
  • Beras
  • dan buah-buahan seperti jeruk, berry dan sebagainya.

3. Antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam sejumlah makanan dapat membantu untuk mencegah kanker otak. Antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan seperti blueberry, anggur, stroberi dan akan memberikan manfaat lebih banyak, pada buah-buahan dan sayuran yang segar. Buah-buahan akan lebih baik dimakan dalam bentuk mentah alami. Selain itu, aAntioksidan juga hadir pada kulit buah-buahan seperti apel dan jeruk.

4. Indirubin

Zat herbal ini telah bayak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengalahkan tumor otak. Indirubin diperoleh dari tanaman Indigo. Studi menunjukkan bahwa Indirubin bekerja dengan menargetkan proses yang disebut angiogenesis, sebuah proses yang melibatkan pertumbuhan pembuluh darah baru dari pembuluh yang sudah ada sebelumnya.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, November 2014 / 09:56 Oleh :
Kategori : Kanker Otak