Sponsors Link
     Sponsors Link

11 Tanda Awal Kanker Mulut yang Wajib Diketahui

ads

Kesehatan mulut adalah salah satu hal yang mungkin banyak diabaikan oleh masyarakat. Mereka cenderung tidak menggubris apabila sedang mengalami masalah yang ada pada mulut, seperti sariawan, sakit gigi, gusi berdarah, dan lainnya. Padahal kesehatan mulut merupakan satu point penting yang juga harus kita perhatikan. Berbagai penyakit berbahaya pun dapat mengancam pintu utama bagi asupan makanan dan minuman kita sehari-hari ini. Termasuk penyakit sekelas kanker. Apakah Anda pernah menduga sebelumnya bahwa mulut pun dapat terserang penyakit berbahaya ini? (Baca juga : Kanker Mulut , Makanan Penyebab Kanker Mulut)

Kanker dapat menyerang organ apapun di dalam tubuh manusia. Tak terkecuali mulut. Sesuai dengan namanya, kanker mulut merupakan kondisi sel kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat banyak bagian di dalam mulut seseorang, sebut saja bibir, lidah, gusi, dinding mulut, dan juga langit-langit mulut. Kanker yang berkembang di mulut dapat menyerang seluruh bagian yang ada di dalam mulut tersebut serta jaringan-jaringan di sekitarnya melalui kelenjar getah bening. Tidak hanya itu, karena letaknya yang berdekatan, kanker mulut juga dapat menyerang tenggorokan (orofaring), sehingga istilah kanker mulut pun seringkali disebut juga dengan istilah oral and oropharyngeal cancer. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Mulut Dengan 8 CaraPenyebab Kanker Mulut Paling Utama)

Seperti jenis kanker lainnya, kanker mulut dapat terjadi dikarenakan adanya perubahan pada perkembangan sel-sel yang terdapat di dalam mulut ataupun bibir. Penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti, hanya saja terdapat beberapa faktor risikonya. Kejadian kanker mulut memang terbilang jarang, hanya sekitar dua persen dari total kasus kejadian kanker yang berada di dunia. Walaupun demikian, kanker mulut tidak boleh dianggap sepele karena jika penderitanya tidak mendapatkan penanganan segera dan tepat maka dapat berpotensi menyebabkan kematian. Oleh karena itu, mengetahui gejala awal datangnya kanker mulut merupakan hal penting yang harus kita ketahui agar dapat ditindaklanjuti segera. Apa sajakah tanda-tanda awal kanker mulut tersebut? (Baca juga : Kanker Nasofaring , Tanda Kanker Rahim Stadium Awal)

  1. Sulit Mengunyah dan Menelan

Sel kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut, termasuk di daerah lidah, gusi, dan gigi akan menyebabkan mulut sulit untuk digerakkan dan otot di sekitar mulut menjadi tidak begitu kuat. Akibatnya penderita akan merasa kesulitan untuk mengunyah, menghancurkan makanan dengan baik, hingga menelan. Hal ini tentunya akan membuat penderita merasa tidak nyaman, terlebih mulut adalah gerbang utama bagi asupan tubuh. (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2 , Tanda Awal Kanker Otak)

Sponsors Link

  1. Terjadinya Pembengkakan dan Munculnya Benjolan

Adanya perubahan dalam perkembangan sel-sel yang terdapat di dalam mulut menyebabkan munculnya benjolan-benjolan yang tak semestinya di daerah mulut seperti bibir ataupun gusi. Selain memunculkan benjolan, mulut juga dapat mengalami pembengkakan yang tidak biasa akibat sel kanker ini. Pembengkakan ini dapat berawal dari benjolan yang terjadi di daerah gusi atau mulut tadi. (Baca juga : Tanda Kanker Pita Suara , Gejala Kanker Pita Suara)

  1. Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan adalah kondisi yang umum terjadi pada setiap orang akibat dari kurangnya kadar vitamin C di dalam tubuh. Tetapi, Anda perlu waspada jika mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh dalam waktu 2 minggu atau malah semakin meluas dan membengkak meski telah diobati karena hal ini bisa menjadi indikasi kanker mulut. (Baca juga : 11 Penyebab Kanker Pita Suara , Penyebab Kanker Lidah)

  1. Terdapat Bercak Kemerahan atau Putih Di Dalam Mulut

Perhatikan mulut Anda, apakah terdapat bercak berwarna kemerahan atau putih di dalamnya? Jika iya, maka Anda perlu waspada karena bisa jadi kondisi tersebut adalah salah satu tanda awal dari kanker mulut. Munculnya bercak kemerahan atau bercak putih tanpa sebab yang jelas terlebih bila bercak tersebut tidak hilang dalam jangka waktu yang lama merupakan satu tanda bahwa sel kanker sedang menjalar di dalam jaringan mulut. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Lidah , Gejala Awal Kanker Mulut)

  1. Gigi Goyah Tanpa Penyebab yang Jelas

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahkwa sel kanker yang terdapat di dalam mulut dapat menyerang seluruh bagian isi mulut, termasuk gigi. Sel kanker yang sedang menjalar ke daerah gigi dapat merusak akar gigi di dalam gusi. Hal ini dapat ditandai dengan gigi menjadi longgar dan goyah tanpa sebab yang jelas dan terjadi secara tiba-tiba. Bila salah satu gigi sudah dalam kondisi yang seperti ini, maka kondisi yang sama juga dapat menjalar ke gigi yang lain. Akibatnya, satu per satu gigi akan tanggal atau lepas. (Baca juga : Gejala Kanker Nasofaring , Tanda Awal Kanker Gusi)

  1. Terdapat Perubahan Suara

Sel kanker yang terdapat di dalam mulut juga dapat mempengaruhi suara penderitanya. Jika suara seseorang tiba-tiba mengalami perubahan misalnya menjadi lemah, serak, meninggi atau perubahan lainnya dalam waktu singkat dan tanpa sebab yang jelas, maka perlu diwaspadai karena hal tersebut merupakan gejala awal adanya kanker mulut.  (Baca juga : Makanan Penyebab Kanker Nasofaring , Ciri ciri Kanker Tenggorokan)

  1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Pada Leher

Kanker mulut dapat menyebar ke jaringan serta organ yang terdapat di sekitar mulut termasuk tenggorokan. Sel kanker yang terdapat di dalam mulut dapat menyebar melalui kelenjar getah bening. Akibatnya, leher menjadi terlihat bengkak akibat pembesaran dari kelenjar getah bening tersebut. Selain itu penderita juga mengalami rasa sakit pada daerah rahang.  (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Tiroid , Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

  1. Bagian Mulut Terasa Tidak Normal

Gejala berikutnya yang dialami oleh penderita kanker mulut adalah rasa tidak normal pada bagian mulut dan sekitarnya seperti bibir, rongga pipi, lidah, serta gusi. Hal ini dapat diakibatkan oleh sel kanker di dalam mulut yang dapat menjalar ke daerah-daerah tersebut.  (Baca juga : Gejala Kanker Tiroid , Penyebab Kanker Tiroid)

Sponsors Link

  1. Terdapat Perubahan Warna Pada Mulut

Perubahan warna yang terjadi pada mulut juga dapat menjadi indikasi adanya kanker mulut pada seseorang. Bibir dan gusi misalnya, apabila terdapat perubahan warna yang tak seperti biasanya pada daerah tersebut Anda perlu waspada. Gejala ini sebenarnya mudah dilihat dengan bantuan cermin atau meminta bantuan dokter untuk melihatnya secara langsung. (Baca juga : Ciri-ciri Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak)

  1. Sering Terjadi Pendarahan

Jangan abaikan ketika mulut Anda sering mengalami pendarahan yang tidak jelas sebabnya dan terjadi secara tiba-tiba, karena kondisi ini dapat menjadi tanda awal adanya kanker mulut. Salah satu contohnya adalah ketika seseorang menggosok giginya dan keluar darah secara tiba-tiba. (Baca juga : Gejala Kanker Tonsil , Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher)

  1. Rasa Kebal atau Mati Rasa Pada Daerah Sekitar Mulut

Kanker mulut juga dapat menyebabkan seseorang merasakan rasa kebal atau mati rasa di daerah sekitar mulut, seperti pada leher, rahang, dan sekitar wajah. Hal ini dapat disebabkan oleh sel kanker yang dapat menjalar ke area-area tersebut. (Baca juga : Penyebab Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

Itulah beberapa tanda awal yang dapat menjadi indikasi adanya kanker mulut di dalam tubuh seseorang. Kanker mulut dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Namun, seiring dengan pertambahan usia, maka risiko terkena kanker mulut pun akan lebih meningkat. Usia 50 tahun ke atas adalah usia yang dinilai lebih berisiko untuk terkena penyakit berbahaya ini. Selain itu, kanker mulut pun ternyata lebih sering dialami oleh pria dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut dapat disebabkan karena salah satu faktor pemicu kanker mulut adalah perilaku merokok, yang tentunya lebih banyak dilakukan oleh kaum pria. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan kewaspadaan Anda terhadap kanker mulut. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 23:29 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut