Sponsors Link
     Sponsors Link

3 Makanan Penyebab Kanker Mulut Yang Patut Diwaspadai

ads

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang menyerang tubuh bagian mulut. Area yang memungkinkan untuk terkena kanker mulut adalah bagian bibir, gusi, dan lidah. Meskipun kanker mulut sangat jarang terjadi, namun kita tetap perlu mewaspadai penyakit ini dengan memahami hal apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut dan bagaimana cara pencegahannya. Berikut ini merupakan penyebab kanker mulut yang paling utama:

  1. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang mengandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi setiap hari. Konsumsi alkohol setiap hari dapat merusak berbagai jaringan tubuh yang dilewatinya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan alkohol bukan hanya menjadi penyebab kanker mulut saja, namun juga jenis kanker lainnya, seperti kanker hati, kanker usus, kanker rahim, dan sebagainya.

  1. Mengkonsumsi tembakau

Bagi banyak orang, tembakau bukanlah hal baru lagi sebagai pemicu berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Tembakau juga masuk dalam nominasi penyebab terjadinya kanker mulut, kanker paru-paru, kanker rahim, dan kanker hati. Oleh karena itu, jika Anda termasuk dalam kategori perokok, Anda bisa mulai mengurangi kebiasaan merokok dan mulai menjalani hidup sehat. Resiko kanker mulut terbesar terdapat pada orang yang biasa menggunakan rokok kretek dan mengkonsumsi tembakau dengan cara mengunyah langsung.

  1. Cahaya Matahari

Cahaya matahari sudah dikenal sebagai penyebab kanker kulit. Kandungan sinar UV yang secara langsung mengenai tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel sehingga dapat memicu terjadinya kanker kulit. Terlebih jika Anda kurang mengkonsumsi buah dan sayur, sehingga tubuh sangat minim pertahanan terhadap serangan senyawa radikal bebas.

  1. Virus HPV

HPV (Human Papilloma Virus) memiliki berbagai macam bentuk sehingga dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks dan kanker kulit. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan jika virus HPV ini juga menyerang mulut. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang kurang menjaga kebersihan sebagai pemicu utama tubuh dapat terserang virus HPV. Pada intinya, virus HPV adalah virus yang dapat menginfeksi jaringan kulit. Sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menyebarkan serangan kanker ke bagian tubuh yang lain.

Sponsors Link

  1. Riwayat Kanker

Bagi Anda yang memiliki riwayat kanker, baik secara genetik maupun terhadap diri Anda sendiri, ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan dalam faktor genetik, ada sistem DNA yang memungkinkan terdapat bibit jenis kanker tertentu, sehingga jika ada pemicu, Anda akan lebih mudah terserang. Sedangkan jika riwayat kanker terdapat pada diri Anda sendiri, maka tidak menutup kemungkinan sistem pertahanan tubuh Anda masih belum sempurna untuk melindungi diri. Sehingga perlu 2x lebih ekstra dalam menjaga kesehatan tubuh.

  1. Kurang menjaga kebersihan mulut, gigi, dan gusi

Bakteri dan kuman yang berlebih pada mulut dapat menyebabkan infeksi yang berkepanjangan bahkan dapat menyebabkan kanker mulut. Oleh karena itu jangan membiarkan gigi berlubang hingga menyebabkan gusi terkena infeksi. Langkah pencegahan paling tepat adalah jika Anda merasa gigi sakit, segera pergilah ke dokter gigi, dan lakukan pemeriksaan. Terapkan pemeriksaan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali, sehingga Anda dapat segera mendapatkan perawatan jika muncul gejala kanker mulut.

Apakah daun sirih merupakan penyebab kanker mulut?

Beberapa rubrik artikel di internet banyak yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi daun sirih (nginang) dalam jangka waktu yang lama dapat memicu terkena kanker mulut. Mari kita telaah satu per satu apakah pernyataan tersebut sesuai atau tidak. Daun sirih memiliki minyak atsiri yang mampu membunuh kuman. Oleh karena itulah pada dasarnya mengapa terkadang saat mengalami sakit gigi beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi daun sirih. Namun demikian, untuk menjaga kebersihan mulut, Anda tidak perlu mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama, hanya sesekali saja. Karena ternyata daun sirih juga memiliki efek negatif yang dapat mengurangi kesuburan.

Penyebab utama terjadinya kanker mulut adalah konsumsi daun sirih yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti tembakau, buah pinang, dan kapur. Campuran tersebutlah yang lebih berbahaya dibandingkan dengan mengkonsumsi daun sirih saja. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi daun sirih tidak sepenuhnya menjadi penyebab terjadinya kanker mulut, namun yang menjadi pemicu adalah bahan-bahan tambahan yang menyertainya. Meskipun demikian, konsumsi daun sirih sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Sponsors Link

Makanan apa saja yang dapat menyebabkan kanker mulut?

Mulut merupakan bagian tubuh yang menjadi awal penerima makanan dan minuman pertama kali sebelum makanan dan minuman tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan. Oleh karena itulah, mengapa penting untuk mewaspadai makanan yang dapat memicu kanker. Berikut ini adalah makanan yang patut diwaspadai:

  1. Makanan yang terlalu manis

Makanan yang terlalu manis dapat menyebabkan gigi berlubang sehingga dapat menginfeksi gusi. Hal ini mengakibatkan infeksi berkepanjangan terlebih jika Anda jarang membersihkan gigi secara rutin sesuai anjuran kesehatan. Ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis dan memperbanyak minum air putih setelah Anda mengkonsumsi makanan manis. Makanan tersebut dapat berupa permen, kue, coklat, dan sebagainya.

  1. Makanan yang mengandung banyak bahan pengawet

Makanan yang mengandung banyak bahan pengawet dapat memberikan efek pada lidah dan area rongga mulut. Biasanya, makanan yang mengandung banyak MSG dapat memicu terjadinya sariawan atau panas dalam, terlebih bagi Anda yang memang memiliki alergi pada zat-zat tertentu. Jika memang Anda terlanjut mengkonsumsi makan yang mengandung banyak bahan pengawet, segera bersihkan mulut dengan menggosok gigi, berkumur dengan air hangat, dan jangan lupa membersihkan lidah dengan cara menyikatnya.

  1. Gorengan

Gorengan termasuk dalam kategori 10 makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung banyak lemak jahat, terlebih jika pada proses menggorengnya menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali. Hindari mengkonsumsi banyak gorengan, gantilah konsumsi gorengan dengan konsumsi buah segar, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, May 2016 / 09:57 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut