Sponsors Link
     Sponsors Link

25 Gejala Kanker Bibir yang Wajib Diketahui

ads

Kanker mulut adalah sel kanker yang pada biasanya twerjadin perubahan pada permukaan bibir misalnya  timbul berupa benjolan, pembengkakan, munculnya bisul dan sariawan yang sulit disembuhkan yang awalnya tumbuh sel skuamosa yang menutupi permukaan bibir. Kanker bibir biasanya menyerang pada orang orang yang telah berusia antara 50 sampai 70 tahun -an yang sering menyerang pria ketimbang wanita. (Baca juga : Kanker Mulut , Makanan Penyebab Kanker Mulut)

Inilah faktor faktor utama yang menyebabkan munculnya kanker bibir

1. Pola makan yang tidak sehat

Kebiasaan makan makanaa yang minim gizi seimbnag seperti makanan siap saji atau junkfood atau makanan  yang berlemak tinggi dapat memberi pernekanan pada  sel baik yang akhirnya akan mengalami keruskan dan berkembang menjadi sel yang abnormal. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Mulut Dengan 8 CaraPenyebab Kanker Mulut Paling Utama)

2. Kecanduan merokok

Tembakau dan zat berbahaya yang ada dalam rokok mampu mengiritasi dan  merusak jaringan tubuh termasuk bibir. zat yang ada pada rokok dapat mempermudah sel kanker muncul pada usia dibawah 50 tahunan.

3. Kecanduan minuman beralkohol

Alkohol bersifat tajam, panas dan melukai jaringan seluruh tubuh teermasuk jaringan rongga mulut dan sekitarnya. alkohol dapat membuat sel yang abnormal menjadi cepat untuk bermutasi menjadi kanker. (Baca juga : Kanker Nasofaring , Tanda Kanker Rahim Stadium Awal)

4. Sering paparan sinar matahari

Bibir yag terus menerus terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, maka jaringan bibir akan cenderung kering, mudah iritasi dan radiasi dari UVA dan UVB memicu tumbuhnya sel kanker pada sekitar bibir.

5. Terlalu sering terkena radiasi pengion

Radiasi pengion adalah radiasi yang dihasilkan dari sinar X atau radiasi dalam bentuikm gelombang ekelktronik tinggi yaang bisa mengenai bibir manusui dapat memicu tumbuhnya sek sel kanker dan tumor. (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2 , Tanda Awal Kanker Otak)

6. Terkena infeksi HPV atau human papiloma virus

Human papiloma adalah jenis virus yang ada pada kanker serviks dimana virus ini dapat menjadi cikal bakal kanker bibir pada sebagian kaum pria yang sering melakukan oral sex bebas terhadap wanita yang berbeda atau pada  penjaja sex komersil yang telah menderita kanker serviks tanpa sepengetahuan sang pria.

sponsored links

7. Tidak menjaga kesehatan bibir

Seseorang yang tidak menperdulikan kondisi bibirnya (tidak melindungi bibir dari pelembab atau sejenisnya) maka bibir akan mudah dirusak oleh partikel partikel kecil beracun hasil dari radikal bebas yang memicu tumbuhnya sel kanker. (Baca juga : Tanda Kanker Pita Suara , Gejala Kanker Pita Suara)

8. Karena oral sex bebas

Orakl sex bebas yang dilakuakan kaum pria pada wanita yang berbeda beresiko terkena kanker bibir, karena seorang waanita yang telah terjangkit kanker serviks biasanya tidak diketahui oleh pria. kaanker serviks mengandung banyak virus papiloma yaang jika masuk pada rongga mulut mak akan berkembang menjadi sel kanker mulut atau bibir.

9. Karena penggunaan kosmetik bibir yang berbahaya

Banyak sekali kosmetik bibir yang menjanjikan perlindungan dan mempercantik kondisi bibir pada keadaan yang selalu sehat. perlu diwaspadai karena kosmetik yang dijual bebas dan tidak masuk penelitian lewat BPOM dapat dipastikan mampu merusak jaringan bibir dan zat berbahaya yang ada didalamnya memicu tumbuhnya sel kanker pada bibir. (Baca juga : Penyebab Kanker Pita Suara , Penyebab Kanker Lidah)

10. Karena faktor genetik (keturunan)

Seseorang yang menpunyai saudara, kerabat dekat atau salah satu orang tua yang pernah menderita kanker ini maka keturunannyapun akan mengalami hal yang selama. hal ini kan benaar benar terjadi jika seseorang tersebut mempunyai gay hidup dan pola makan yang buruk.

Bagaimana gejala gejala awal bahwa seseorang terserang kanker bibir?

  1. Timbul Bercak merah dan putih pada permukaan bibir
  2. Pembengkakan pada bibir
  3. Pendarahan pada bibir
  4. Ada luka pada bibir yang sulit sembuh
  5. Bibir terasa nyeri
  6. beberapa gigi tanggal
  7. Nyeri disekitar telinga
  8. Rongga mulut ikut terasa nyeri
  9. Neri pada bagian leher
  10. sulit mengunyah dan menelan
  11. tenggorokan sakit dan mengganjal
  12. Gusi mengalami pembengkakan
  13. lidah berlubang dan berwarna pucat
  14. pipi memnesar (bengkak)
  15. Pembengkakn pada kelenjar getah bening
  16. Ada perubhan pada suara
  17. Pendengaran berkurang
  18. Mati rasa pada bibir
  19. Ada benjolan pada bibir
  20. Perubahan warna pada bibir
  21. Bibir terasa kaku
  22. berat badan terus menurun
  23. Bibir kering dan mudah iritasi
  24. Tumbuh sariawan yang sulit sembuh
  25. Muncul bisul bisul pada permukaan bibir

(Baca juga : Cara Mencegah Kanker Lidah , Gejala Awal Kanker Mulut)

Bagaiamna cara mengatasi jika seseorang telah terdiagnosa terkena kanker bibir?

  • Kanker bibir tahap awal atau stadium pertama dapat disembuhkan dengan penggunaan laser secara teratur yaitu dengan prosedur Photodynamic Therapy (PDT)
  • Dilakukan kemoterapi secara rutin dan pemberian obat obatan yang telah direkomendasikan oleh dokter ahli kanker yaitu obat yang mampu menghancurkan dan menghilangkan DNA dari sel sel kanker yang tidak berkembang lebih luas lagi. namun jika mengkonsumsi obat obatan ini secara berlebihan dan jangka panjang maka tubuh akan kehilangan keseimbangannya berupa menurunnya sistem kekebalan tubuh. (Baca juga : Gejala Kanker Nasofaring , Tanda Awal Kanker Gusi)
  • Dilakukajn terapi dengan menggunakan radioterapi untuk upaya pencegahan serta penggagalan agar sel sel kanker tidak kembali lagi. karean radioterapi mampu memperkecil sel kanker dan menghancurkannya sehingga mampu menghambat penyebarannya lebih awal.
  • Dilakukan penggunaan Cetuximab yang digunakan untuk pencegahan kanker bibir agar tidak meluas ketahap stadium berikutnya. Obat Cetuximab tersebut dapat dikombinasikan dengana terapi kemoterapi dan radioterapi cetuximab yang sangat bermanfaat untuk menyerang dan melumpuhkan zat protein pada permukaan sel sel kanker untuk menggagalkan penyebaran kanker secara sistematik.

Inilah langkah langkah cerdas untuk pencegahan munculnya kanker bibir

  1. Tinggalkan rokok dan menghindari perokok aktif
  2. Hindari minuman beralkohol secara berlebihan
  3. Melakukan olahraga secara teratur
  4. Pola makan yang sehat
  5. Menjaga kesehatan bibir
  6. Hindari oral sex bebas
  7. Hindari pemakaian kosmetik bibir yang mengandung zat berbahaya
  8. Rajin memakai pelembab bibir yang diformulasikan khusus untuk perlindungan bibir akibat paparan sinar matahari

(Baca juga : Cara Mencegah Kanker Tiroid , Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

Mengapa kanker bibir lebih sering menyerang kaum pria?

Penyakit kanker bibir memang banyak ditemukan pada kaum pria dengan usia rata rata antara 50 sampai 70 tahun-an, namun seiring berkembangnya jaman ternyata kanker bibir dapat menyerang usia yang lebih muda yaitu antara 30 sampai 40 tahun-an. Kondisi tersebut terjadi akibat banyaknya aktifitas oral sex bebas yang dilakukan oleh laki laki yang sering berganti pasangan terhadap wanita yang tanpan disadari telah menderita kanker serviks.  (Baca juga : Gejala Kanker Tiroid , Penyebab Kanker Tiroid)

Michael .C seorang professor genius asal Amerika Serikat yang mempelajari dan meneliti bidang patologi mulut di universitas Tufts Amerika yang menyatakan bahwa :

Sponsors Link

  • Kaum pria banyak melakukan oral sex terhadap wanita yang bukan pasangannya atau sering berganti ganti pasangan wanita, lalu tidak menyadari jika pasangan bebasnya tersebut telah membawa Human papiloma Virus didaerah kewanitaanya,  yaitu jenis virus yang menyerang bagian ovarium wanita yang kemudian akan berpindah ke rongga mulut pria dan memicu pertumbuhan sel abnormal pada bibirnya. (Baca juga : Ciri-ciri Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak)
  • Kanker serviks mremiliki sel kanker yang aktif dan mempunyai cara penularan yang  tergolong paling mudah dan cepat  yaitu melalui oral sex bebas dimana sel kanker tersebut langsung masuk dan menyebar melalui rongga mulut pria dan dapat menyebabkan munculnya sel kanker pada bibir setelah beberapa bulan kemudian.
  • Cepat atau tidaknya sel kanker bibir muncul,  hal itu lebih disebabkan oleh kondisi imunitas atau kekebalan tubuh seseorang.  Jika semakin lemah kekebalan tubuh seseorang maka akan mudah terserang kanker bibir melalui serangkaian tes yang menggunakan Ultrasound scan atau PET scan. itulah alasannya mengapa kanker bibir lebih sering menyerang pada kaum pria. (Baca juga : Gejala Kanker Tonsil , Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher)

Munculnya kanker identik dengan gaya hidup yang kurang sehat dan pola  makan yang buruk

Sel kanker dapat menembus dan menyerang bagian tubuh manapun, namun mengkonsumsi makanan yang mengandung zat anti kanker sangaat baik untuk mencegah tubuh disusupi oleh pergerakan sel yang abnormal pada jaringan tubuh kita. hal ini bukan hanya berlaku bagi orang orang yaang memiliki riwayat keluarga yang menderita kanker saja,  melainkan pada orang orang yang keluarganya sehat dan tidak ada yang menderita kanker apapun. (Baca juga : Penyebab Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

Tidak ada keluarga yang menderita kanker bukan berarti anda akan selamanya lolos dari seranagan kanker, hal itu akan terjadi jika anda mempunyai gaya hidup dan pola makan yang tidak baik selama bertahun tahun. Intinya, Sel kanker tidak akan tumbuh dijaringan tubuh bagian manapun selama anda mempunyai gaya hidup wajar dan pola makan yang sehat. Maka dari itu kenali Gejala Kanker Bibir agar dapat dideteksi secara dini dan tidak menimbulkan efek yang semakin parah. (Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kanker , Manfaat Jahe Untuk Penderita Kanker)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 07th, December 2016 / 05:42 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut