Sponsors Link

10 Gejala Awal Kanker Mulut Yang Perlu Diwaspadai

ads

Kanker mulut merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh di sekitar area mulut. Kanker ini disebabkan oleh sel-sel yang tidak terkontrol. Sel tersebut akan menutupi permukaan lidah sampai dengan bibir dan akan menyebar luas jika tidak ditangani dengan baik.

Kanker ini dialami oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok dalam jumlah yang melebihi batas maksimal. Contohnya, di negara-negara Eropa yang sering mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak bisa saja terserang penyakit ini. Kasus ini biasanya menyerang orang-orang dewasa di usia 40 tahun ke atas yang memiliki pola hidup yang kurang sehat. Tidak ada salahnya jika kita mengenali gejala-gejala awal dari kanker mulut tersebut dimulai dari hal-hal kecil yang sebenarnya biasa kita alami. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Mulut)

1. Sariawan pada bibir yang tak kunjung sembuh
Sariawan ternyata menjadi salah satu gejala awal dari kanker mulut. Hal ini sangat biasa kita alami dalam kehidupan sehari-hari yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Sariawan yang kita alami biasanya akan sembuh dalam waktu beberapa hari, tapi bagaimana jika sariawan tersebut ternyata masih belum sembuh dalam waktu berminggu-minggu? Kita patut waspada, karena bisa saja kita terkena kanker mulut.

2. Adanya bercak putih atau merah pada mulut atau bibir
Jika di bibir atau mulut terdapat bercak dan adanya perubahan warna yang tidak biasa, kita perlu mewaspadainya. Mungkin saja itu merupakan gejala dari kanker mulut. Sebaiknya, periksa atau konsultasikan segera pada dokter untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bibir atau mulut terasa nyeri
Ketika bibir atau mulut tiba-tiba terasa nyeri, akan ada kekhawatiran yang timbul. Apalagi jika nyeri yang dirasakan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Rasa nyeri tersebut termasuk salah satu dari gejala awal kanker mulut. Hal ini akan membuat kita merasa sangat tidak nyaman dan terganggu dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

4. Terjadi pendarahan di mulut
Pendarahan di mulut merupakan hal yang tidak biasa. Hal ini pun menjadi salah satu gejala dari kanker mulut. Perlu pemeriksaan yang lebih insentif agar terhindar dari gejala-gejala kanker mulut lainnya yang mungkin akan timbul jika tidak ditangani dengan cepat.

5. Kehilangan gigi
Bukan hal yang tidak mungkin jika kehilangan gigi merupakan salah satu gejala dari kanker mulut. Karena sel-sel penyebab kanker mulut tersebut dapat menyebar ke area mulut termasuk gigi. Adanya gigi yang hilang atau lepas secara terus menerus perlu diwaspadai dan diharuskan mendapatkan pemeriksaan yang lebih lanjut oleh dokter.

Sponsors Link

6. Nyeri pada saat menelan
Saat kondisi tertentu ketika kita makan kemudian menelannya, terkadang terasa sakit. Kita akan menganggap bahwa ini adalah sakit tenggorokan yang biasa dialami. Tapi bagaimana jika rasa nyeri tersebut berlangsung sangat lama? Kekhawatiran muncul ketika hal ini termasuk dalam gejala kanker mulut. Untuk memastikannya, segeralah melakukan pemeriksaan.

7. Kesulitan memakai gigi palsu
Untuk orang-orang yang telah lanjut usia, gigi palsu merupakan komponen penting terutama ketika akan makan. Namun, tiba-tiba terdapat kesulitan pada saat akan memasang gigi palsu tersebut. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh gejala kanker mulut yang telah menyebar ke gusi atau gigi, sehingga akan terasa sulit ketika memasang gigi palsu.

8. Terdapat benjolan di leher
Adanya benjolan di leher perlu kita waspadai pula sebagai gejala dari kanker mulut. Benjolan ini bisa disebabkan karena adanya pembengkakan di dalam tenggorokan yang ditimbulkan oleh sel-sel penyebab kanker mulut.

9. Terasa nyeri pada telinga
Gejala kanker mulut bisa menyebar kemana saja selain di area lidah sampai bibir. Salah satunya bisa menyebar pada telinga. Rasa sakit atau nyeri pada telinga menjadi indikator dari gejala awal kanker mulut. Perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut apakah nyeri pada telinga ini merupakan gejala dari adanya kanker mulut atau bukan. Karena nyeri pada telinga tidak selalu menjadi gejala dari kanker mulut.

10. Suara menjadi serak dalam waktu yang lama
Saat kondisi tenggorokan sedang tidak baik, suara kita cenderung menjadi serak. Akan tetapi, hal tersebut bisa sembuh dalam waktu beberapa hari saja. Tetapi lain halnya ketika suara serak tersebut ternyata tidak kunjung sembuh atau hilang. Ini bisa saja merupakan salah satu gejala dari kanker mulut. Kekhawatiran pun muncul karena kita di diagnosa mengidap kanker mulut. Oleh sebab itu, kita memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dari dokter ahli untuk memastikan kekhawatiran terhadap gejala ini.

Sponsors Link

Langkah Pencegahan Kanker Mulut

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, maka hal yang harus Anda lakukan adalah memeriksanya terlebih dahulu apakah hal tersebut merupakan gejala kanker mulut atau tidak. Tapi alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sebelum gejala-gejala tersebut muncul. Hal-hal yang bisa dilakukan di antaranya, sebagai berikut:

  • Hindari mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Apabila alkohol menjadi salah satu saran dari dokter untuk menjamin kesehatan, sebaiknya perhatikan dosis yang diberikan dokter.
  • Kurangi merokok. Jelas sekali bahwa merokok menimbulkan kerusakan fisik terutama pada organ bagian dalam tubuh. Apabila Anda merupakan perokok pasif, segera hindari kebiasaan merokok. Tetapi jika Anda merupakan perokok aktif, sebaiknya Anda harus mengurangi pengkonsumsian rokok tersebut dan alangkah baiknya bila Anda berhenti untuk merokok.
  • Jangan terlalu sering terkena sinar matahari. Sinar matahari tidak selamanya baik untuk kita. Pada jam-jam tertentu sinar matahari tidak sehat untuk daya tahan tubuh. Gunakan perlindungan dari sinar matahari seperti penggunaan lipstik atau pelembab bibir.
  • Gosok gigi secara teratur. Hal ini merupakan hal yang paling utama dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Lakukan hal ini secara teratur untuk mencegah pertumbuhan sel atau kuman penyebab kanker mulut.
  • Ketahui riwayat penyakit di keluarga Anda. Wajib Anda ketahui apakah keluarga Anda memiliki riwayat kanker atau tidak. Segera lakukan konsultasi pada dokter ahli untuk mengetahui kemungkinan adanya indikasi penyebab kanker pada diri Anda.
  • Olahraga secara teratur. Membiasakan olahraga secara teratur akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit, khususnya kanker mulut.
  • Memakan makanan sehat anti kanker. Kita bisa mengkonsumsi makanan-makanan anti kanker yang dapat meminimalisir kemungkinan timbulnya penyakit kanker. Makanan-makanan tersebut, seperti kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun gelap, teh hijau, serta bawang putih dapat menjadi obat untuk mencegah penyakit kanker. Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya kanker. (Baca juga: 3 Makanan Penyebab Kanker Mulut Yang Patut Diwaspadai )

Penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit. Perlu kita ketahui berbagai gejala awal dari suatu penyakit. Segera lakukan periksaan atau konsultasi pada dokter ahli atau spesialis.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 29th, September 2016 / 06:41 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut