Sponsors Link

CIri Ciri Kanker Gusi Paling Berbahaya

Sponsors Link

Keganasan pada gusi biasanya tidak berdiri sendiri, karena jenis lapisan mukosanya sama dengan lapisan yang melingkupi pipi bagian dalam. Keganasan pada gusi dimasukan ke dalam karsinoma rongga mulut. berikut ini ciri ciir kanker gusi yang perlu diketahui :

Sponsors Link

Baca juga: gejala kanker mulut

1. Karsinoma Rongga Mulut

Karsinoma rongga mulut memiliki karakteristik pasien dengan usia 44,8. Faktor-faktor yang bertanggung jawab, yaitu merokok, gigi bergerigi tajam, sepsis, sindrom Plummer- Vinson dan glossitis sifilitis. Insiden kanker mulut enam kali lebih banyak daripada bukan perokok. Kebiasaan mengunyah daun tembakau di dalam mulut dapat meningkatkan angka kejadian kanker mulut, gusi dan langit- langit.

Bubuk tembakau, dicampur dengan jeruk nipis, Ditempatkan di beberapa bagian ruang depan mulut. Karsinoma berkembang di lokasi yang sering terpapar makanan iritan serta alkohol. Alkohol menjadi penyebab kanker mulut dan pencernaan. Insidennya terjadi 6 kali lipat lebih tinggi pada peminum berat dibandingkan orang yang bukan peminum. Penyebab kanker rongga mulut juga dapat disebabkan karena defisiensi zat makanan tertentu. Peran defisiensi zat makanan sebagai penyebab kanker masih belum memiliki data yang cukup, namun terdapat beberapa zat makanan yang dicurigai memiliki peran dalam terjadinya kanker rongga mulut.

Baca juga: makanan penyebab kanker mulut

Kekurangan riboflavin , yaitu vitamin B2 Mungkin bertanggung jawab atas kanker gusi dan rongga  mulut pada pecandu alkohol berat, sindrom Paterson-Brown-Kelly juga disebut sindro  Plummer-Vinson (anemia defisiensi besi) bertanggung jawab Untuk kanker rongga mulut dan hipofaring. Penyebab kanker rongga mulut yang selanjutnya adalah sepsis gigi. Sepsis gigi adalah infeksi yang terjadi pada gigi, gusi dan rongga mulut. Infeksi ini terjadi akibat terjadinya luka pada gusi atau rongga mulut dan kurang terjaganya higienitas mulut.

baca juga:

Luka dapat terjadi karena gigi tajam bergerigi dan gigi palsu yang lepas. Akibatnya dapat timbul iritasi kronis pada gusi dan dapat berkembang menjadi kanker, area tempat berkembangnya kanker karena sepsis di bibir dan rongga mulut adalah :

  1. Bibir mukosa (dari persimpangan pinggir kulit vermilion pada garis kontak bibir atas dan bawah)
  2. Mukosa bukal (termasuk mukosa pipi bagian dalam dari bagian bibir bawah dalam sampai garis kontak bibir atas
  3. dua pertiga bagian depan lidah
  4. Langit-langit keras
  5. Gusi bawah dan tulang alveolar mandibula bagian bawah
  6. Gusi atas dan tulang alebolar maksila bagian atas
  7. Lantai mulut
  8. Segitiga dibelakang gigi geraham.

baca juga: cara mencegah kanker mulut dengan 8

Presentasi klinis dan pengobatan kanker rongga mulut di bagian- bagian yang berbeda dapat dijelaskan di bawah ini. Karsinoma bibir dan gusi sebagian besar adalah berjenis karsinoma sel skuamosa atau sel piphj. Karsinoma ini sering terlihat pada jenis kelamin laki-laki pada kelompok usia 40-70. Bibir bawah lebih banyak Sering terlibat Situs predileksi adalah antara pertengahan garis lekukan bibir. Kanker bibir bersifat tumbuh keluar Atau jenis ulseratif.

Metastasis ke kelenjar getah bening yang di leher terjadi saat penyakit sudah lanjut, kelenjar getah bening submental dan submandibular adalah kelenjar getah bening yang pertama kali mengalami penyebaran kanker ini, kemudian baru terjadi pada kanker getah bening bagian leher. Penyebaran kanker ke kelenjar getah bening membutuhkan pembedahan dengan bius lokal. Selain itu, pengobatan kanker ini memerlukan pengobatan radioterapi agar memberikan hasil yang baik pada kasus awal kanker ini.

Sponsors Link

2. Karsinoma mukosa bukal

Mukosa bukal meliputi area yang luas, yaitu meluas dari titik pertemuan bibir di depan pterygomandibular belakang dan dari sulkus gingivobukal atas ke bagian yang lebih rendah. Karsinoma mukosa bukal termasuk kanker gusi sangat umum terjadi. Insidennya menduduki peringkat kedua seletah kanker lidah. Jumlah penderita kanker mukosa bukal sama diantara  kedua jenis kelamin. Bagian di dalam rongga mulut yang paling sering ditemukan kanker mukosa bukal adalah sudut mulut atau garis oklusi gigi bagian atas dan bawah. Juga timbul dari sulkus bukal dimana tembakau atau sirih sering dikunyah di bagian tersebut.

Karakteristik dari tumor ini adalah bersifat eksofitik (tumor tumbuh) atau merusak jaringan di dalam mukosa bukal yang disebut ulseroinfiltratif. Tumor ulseroinfiltratif dapat sangat merusak hingga kelapisan mukosa dalam. Sedangkan tipe eksofitik dapat dikaitkan dengan eritroleukoplakia. Mukosa bukal juga merupakan tempat yang paling umum digunakan karsinoma verrucous yang merupakan pertumbuhan papiler putih dengan keratinisation yang cukup besar. Penyebaran lokal Dari tempat asalnya, lesi mungkin terjadi Menyebar secara mendalam melibatkan submukosa, otot, subkutan, lemak jahat dan kulit.

ads

Keterlibatan otot buccinator atau Masseter anterior dapat meyebabkan trismus. Tumor dapat menyebar secara radial dari tempat asalnya dan Melibatkan sudut mulut dan bibir anterior, trigomum retromolar dan pterygoid medial posterior, lekukan antara gusi dan bukal serta maksila bagian superior, turun ke lekukan antara gusi dan gusi bawah. Penyebaran limfatik pada kelenjar getah bening terjadi pada 50% kasus keganasan gusi rahang bawah dan kemudian pembuluh darah jugularis bagian atas.

baca juga: tanda awal kanker gusi yang pelru diketahui

Gambaran klinis yang diperlihatkan pasien kanker gusi dan mukosa bukal adalah pada awalnya kanker tidak memberikan gejala. Baru kemudian timbul rasa sakit dan perdarahan jika luka memiliki sifat merusak jaringan dibawahnya. Kanker mukosa bukal yang memiliki sifat seperti ini dapat merusak otot- otot yang ada di area mulut yaitu otot buccinato, masseter dan pterigoid sehingga dapat menyebabkan rahang bawah tidak dapat digerakan. Akhir dari gejala ini adalah infeksi jamur pada luka yang ditimbulkan oleh kanker. Pada akhirnya gejala akan menjadi lebih parah dan mulut menjadi berbau busuk.

baca juga: penyebab kanker kelenjar getah bening

Karkteristik jaringan pada kanker ini yang paling banyak ditemukan adalah bertipe sel skuamosa atau pipih. Selain itu tumor ini juga dapat timbul dari kelenjar ludah minor dengan ditunjukannya gambaran jaringan seperti kelenjar ludah dengan pemeriksaan FNAB. Pemeriksaan CT scan dilakukan untul melihat apakah kanker sudah meluas ke daerah dalam otak.

baca juga: gejala awal kanker kelenjar getah bening

Pengobatan untuk kanker gusi dan mukosa bukal dapat dilakukan berdasark stadium kanker. Jika stadium I dapat dilakukan operasi pembedaha. Pada kanker yang mencapai stadium II dilakukan radioterapi pada tumor kanker dan kelenjar getah bening jika tidak ada keterlibatan tulang, jika ada keterlibatan tulang dan otot pilihan pengobatannya adalah dengan pembedahan. Operasi pada kanker yang sudah melibatkan tulang dilakukan dengan melakukan eksisi sebagian tulang rahang bawah atau tulang rahang atas dan kemudian dilakukan rekonstruksi dengan penutupan dengan kulit atau mukosa. Pada kanker yang sudah mencapai stadium III dan IV dilakukan pembedahan dan rekonstruksi dengan lipatan kulit dan / atau myocutaneous flaps dan dikombinasikan dengan radioterapi postoperasi di area tumor dan kelenjar getah bening.

baca juga :  gejala kanker kelenjar getah bening di leher –  tanda awal kanker kelenjar getah bening

3. Kanker Lidah

Karsinoma lidah melibatkan dua pertiga anterior lidah sering ditemukan pada pria dalam dengan kelompok umur 50-70 tahun. Kanker ini mungkin dapat juga terjadi pada kelompok usia muda dan pada wanita. Selain itu, kanker ini bisa juga berkembang pada leukoplakia yang sudah ada sebelumnya. Jenis jaringan pada sebagian besar kanker ini adalah sel skuamosa atau sel pipih. Lokasi- lokasi kanker lidah yang paling umum adalah di tengah tempat perbatasan lateral atau aspek ventral lidah. Biasanya di ujungnya atau punggung lidah.

Sponsors Link

Penyebaran kanker lidah secara lokal, dengan infiltrasi ke dalam otot lidah dan menyebabkan ankyloglossia atau bisa menyebar ke lantai mulut, tulang rahang atas dan tulang rahang bawah. Penyebaran ke lelenjar getah bening terjadi pada kelenjar getah benig yang terletah pada menuju rahang bawah dan kelenjar getah bening pada area atas vena jugular. Keterlibatan nodal teraba pada bilateral dan juga bisa pada kontralateral.

baca juga: cara mencegah kanker lidahtanda tanda kanker lidah

Secara klinis, karakteristik kanker lidah adalah eksofitik (tumbuh keluar) seperti pada papiloma atau membentuk luka yang menginvasi jaringan di bawah lidah dengan tepi yang tidak rata dan berwarna keabu-abuan dengan dasar putih. Luka ini akan sulit sekali untuk sembuh. Nodul submokusa dengan indurasi pada jaringan sekitarnya. Karena karakteristiknya ini, gejala kanker lidah adalah lesi awal tidak menimbulkan rasa sakit dan tetap seperti itu untuk waktu yang lama.

Perasaan nyeri di lidah secara lokal di tempat luka. Nyeri dapat menjalar di telinga ipsilateral (sisi yang sama dengan letak luka). Penjalaran ini karena lokasi saraf yang mempersarafi lidah melewati telinga. Benjolan di mulu. Massa kelenjar getah bening membesar di area leher. Disfagia (sulit menelan), sulit menjulurkan lidah, bicara yang tidak jelas, keluarnya perdarahan dariu mulut adalah gejala- gejala akhir dari kanker mulut.

Pengobatan kanker lidah bertujuan untuk mengobati tumor primer di lidah, kontrol penyakit leher (penyebaran ke kelenjar getah bening) dan menjaga fungsi lidah sebaik mungkin. Tumor kecil tidak memberikan hasil yang sama jika diobati dengan radioterapi atau operasi. Ukuran tumor yang lebih besat Tumor dapat diobati dengan radioterapi. Selain itu, kemoterapi juga ditujukan untuk kelenjar getah bening di leher tujuannya untuk menghilangkan mikrometase. Tumor ini juga dapat diobati dengan pembedahan eksisi.

Baca juga: cara pengobatn kanker lidah

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, July 2017 / 03:34 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut