Sponsors Link

Cara Mencegah Kanker Mulut Dengan 8 Cara

ads

kanker mulutSiapa yang tidak seram mendengar penyakit kanker mulut? Kita semua pastinya tidak ingin terserang penyakit mematikan ini. Langkah pengobatan untuk pasien kanker memang sangat panjang dan sangat sulit, maka dari itu lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ada banak cara untuk mencegah kita terserang penyakit kanker mulut yang memang sulit diprediksi dan tidak memandang usia. Cara – cara tersebut juga sangat mudah dilakukan dan bisa menjadi salah satu tahap untuk mencoba pola hidup yang baik dan benar.

Berikut cara mencegah kanker mulut:

  1. Hindari Konsumsi Alkohol

Cara yang pertama adalah hindari untuk mengkonsumsi alkohol. Ini mengapa beberapa agam melarang kita untuk mengkonsumsi minuman ini. Selain karena dapat menambah dosa, mengkonsumsi alkohol juga memberi efek negatif yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Salah satunya memicu tumbuhnya sel kanker seperti kanker mulut. Alkohol mengandung zat di mana dapat membakar dan menjadi racun bagi tubuh kita. Ia merupakan penyebab kanker mulut dan penyebab kanker payudara paling utama.

  1. Hindari Tembakau

Cara yang kedua adalah segeralah hindari ketergantungan pada tembakau. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang di dunia termasuk Indonesia yang ketergantungan pada tembakau dalam bentuk rokok misalnya. Tidak sedikit yang menganggap rokok dapat menyegarkan mulut layaknya makanan pencuci mulut. Lebih baik buang jauh – jauh pemikiran tersebut. Tembakau menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker pada mulut.

Sponsors Link

  1. Lindungi Kulit (terutama mulut)

Sinar matahari langsung juga merupakan penyebab utama terjadinya kanker mulut. Gunakan lip balm dengan campuran kandungan sun cream di mana dapat melindungi bibir dari sinar matahari langsung. Khusunya bagi anda yang memang gemar beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya mulut, bagian kulit lainnya juga wajib dilindungi sun cream bila beraktivitas di luar ruangan.

  • Gunakan masker berada di tempat berpolusi atau pada saat naik motor
  1. Mengkonsumsi makanan Bernutrisi

Banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi juga menjadi cara mudah menghindari kanker mulut. Cara keempat ini memang terkadang tidak disadari bisa berlansgsung begitu saja. Sering memakan banyak buah – buahan segar dan sayuran segar salah satunya. Selain memberi nutrisi pada tubuh, buah – buahan segar dan sayuran segar yang dikonsumsi juga membantu menyehatkan mulut kita. Terutama pada buah dan sayur yang memang dapat membantu menyehatkan gigi seperti strawberry, apel, dan lain – lain.

  1. Tidak Malas Menyikat Gigi

Sejak dulu gerakan menyikat gigi dua kali sehari merupakan gerakan yang selalu dupublikasi melalui iklan di televisi maupun acara kesehatan. Ini tentu ada benarnya karena mulut kita perlu dibersihkan dengan menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan kegiatan menyikat gigi dengan durasi dua menit dan satu kali kumur – kumur setelah bangun tidur dan setelah makan malam. Ini berfungsi untuk mengusir kuman pada mulut. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigitiga bulan sekali.

Sponsors Link

  1. Sering Kumur – Kumur

Rajin kumur – kumur juga sangat disarankan untuk menghindari sel kanker tumbuh dalam mulut. Kumur – kumur minimal lima kali dalam sehari dapat membantu mulut terhindar dari kotoran sisa makanan. Gunakan juga obat kumur – kumur yang tidak mengandung alkohol sekali dalam sehari setelah melakukan dua kali sikat gigit. Ingat, gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

  1. Usahakan Tidak Menggunakan Behel

Behel sebenarnya adalah alat bantu untuk meratakan dan membentuk gigi agar terlihat rapi. Seiring berkembangnya jaman, behel menjadi salah satu tren yang merupakan mode fashion di kalangan anak muda. Padahal memakai behel juga beresiko besar akan penyakit kanker mulut. Oleh sebab itu usahakan tidak menggunakan behel bagi anda yang memang tidak membutuhkannya. Sudah terbukti ada banyak yang mengidpa kanker mulut akibat menggunakan behel.

  1. Jaga Kebersihan Sekitar Mulut

Cara kedelapan dan terakhir adalah jagalah kebersihan. Baik kebersihan mulut, bagian tubuh lainnya, maupun lingkungan sekitar. Kanker mulut bisa saja muncul karena adanya riwayat kanker lain. Untuk menghindari ini maka aturlah pola hidup sebaik mungkin dan jagalah kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Hidup dengan diri dan lingkungan yang bersih akan memberi dapak hebat dalam tubuh kita. Kita akan terhindar dari penyakit ringan hingga berat seperti kanker mulut.

Nah, mulai dari sekarang cobalah untuk melakukan kegiatan atau cara yang dapat menghindari kita dari penyakit kanker mulut.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 06th, March 2015 / 15:45 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut