Sponsors Link

7 Penyebab Kanker Mulut Paling Utama

Sponsors Link

kanker mulutKanker mulut atau Oral Cancer adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang tubuh bagian mulut sekitarnya. Tidak sedikit yang merupakan penderita kanker mulut di dunia. Di Amerika Serikat saja pada tahun 2014 lalu terdaftar 40.000 orang mengidap penyakit kanker mulut. Penyebab dari kanker mulut sangat banyak tetaapi ada lima penyebab utama yang biasanya menjadi alasan seseorang mengidap penyakit kanker mulut.

Sponsors Link

Berikut 5 penyebab utama kanker mulut:

1. Mengkonsumsi Tembakau

Penyebab kanker mulut yang paling utama adalah konsumsi tembakau, terutama MEROKOK. Daun tembakau yang mengandung nikotin memang tidak sulit ditemukan. Sebab daun ini menjadi bahan utama dalam produksi rokok. Di dunia, rokok telah menjadi sebuah racun mematikan yang beredar bebas karena sebagian besar pemerintah tidak mampu menhan laju penjualan rokok. Padahal rokok bisa menjadi salah satu penyebab utama seseorang dapat mengidap penyakit kanker mulut karena bahan utama daun tembakau di dalamnya. Bentuk kegiatan yang memakai tembakau dan memicu tumbuhnya sel kanker mulut:

  • Merokok: Terutama merokok tanpa filter atau kretek. Juga perokok berat.
  • Mengisap sari: Ada sebagian orang di dunia yang mengkonsumsi tembakau dengan cara mengunyahnya untuk diisap sarinya.

2. Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol juga menjadi penyebab kanker mulut utama di mana kandungan zat berbahaya dalam alkohol dapat menumbuhkan sel kanker pada bagian mulut dan sekitarnya. Alkohol yang terus – menerus dikonsumsi akan merusak jaringan pada mulut, lidah, hingga tenggorokan. Bentuk kegiatan yang memakai alkohol dan memicu tumbuhnya sel kanker mulut:

  • Mengkonsumsi alkohol rutin tanpa henti: Mengkonsumsi alkohol secara rutin tanpa henti bahkan melupakan minuman sehat lain seperti air putih.
  • Menggkonsumsi alkohol dan menjadi perokok berat: Biasanya seorang pecandu alkohol juga merupakan perokok berat. – Minum minuman beralkohol sembarangan: Mengkonsumsi minuman alkohol sembarangan dengan kandungan lakohol yang berlebihan juga mencampurkannya dengan bahan lain.
Sponsors Link

3. Cahaya Matahari

Tidak hanya menjadi penyebab kanker kulit, cahaya matahari ternyata juga berdampak pada kanker lainnya seperti mulut. Selain tembakau dan alkohol, ada penyebab utama lain dari kanker mulut yaitu cahaya matahari. Sama seperti kanker kulit, cahaya matahari yang menyinari secara langsung pada mulut (tanpa pelindung) juga dapat menjadi penyebab kanker mulut. Tidak sedikit yang tidak menyadari bahaya cahaya matahari langsung pada kulit dan mulu. Karena UV yang terdapat dalam kandungan cahaya matahari sangat berbahaya dan dapat merusak jaringan pada mulut serta memicu tumbuhnya sel kanker. Bentuk kegiatan yang berhubungan dengan cahaya matahari dan memicu tumbuhnya sel kanker mulut:

  • Berkegiatan di luar ruangan: Terlalu lama berkegiatan di luar ruangan seperti berenang, bermain di pantai, upacara, dan lain – lain dalam waktu lama.
  • Mulut dalam kondisi tidak sehat: Mulut yang sedang terjadi radang dan terkena matahari langsung.

4. Riwayat Kanker

Seseorang yang memiliki riwayat kanketr baik dari keluarga (genetik) atau juga diri sendiri dapat terkena penyakit kanker mulut. Apa lagi bila kanker tersebut telah memasuki tahapan atau stadium tinggi. Riwayat kanker yang dapat memicu timbulnya sel kanker mulut:

  • Terkena kanker pada bagian leher: Penderita memiliki riwayat penyakit kanker pada bagian leher.
  • Terkenan kanker pada bagian kepala: Penderita memiliki riwayat kanker pada bagian kepala misalnya otak.

5. Virus HPV

HPV atau Human Papilloma Virus juga menjadi penyebab utama timbulnya sel kanker pada bagian mulut. Virus HPV dikenal sebagai virus utama penyebab kanker serviks. Virus ini muncul dan berasal dari orang lain dikarenakan sang penderita pernah bersentuhan khusus atau memiliki tubuh dengan kondisi buruk. Namun hal ini menjadi penyebab yang jarang terjadi. Bentuk kegiatan yang berhubungan dengan HPV dan memicu tumbuhnya sel kanker mulut:

  • Berciuman: Seseorang yang berciuman dengan penderita kanker mulut.
  • Menggunakan alat yang sama: Menggunakan sendok atau gelas yang sama dengan penderita kanker mulut.
Sponsors Link

6. Tidak Menjaga Kesehatan Mulut

Berpergian dengan motor dengan tingkat polusi tinggi tidak menggunakan masker, tidak membersihkan mulut secara bersih ketika sudah mengkonsumsi makanan tertentu atau merokok merupakan salah satu penyebab dari kanker mulut yang perlu di waspadai. Bakteri yang tumbuh nanti dikhawatirkan akan mengganggu sel di sekitar mulut yang akhirnya berdampak pada kanker.

7. Buah Pinang

Nah buah ini adalah salah satu buah yang paling sering kita temukan di Indonesia, bahkan ada beberapa kebiasaan orang mengunyah pinang. Ternyata buah ini hampir memiliki efek yang stimulan yang mirip dengan kopi. Pinang juga memiliki efek karsinogenik, yang dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Risiko ini diperparah karena banyak orang menikmati mengunyah buah pinang bersama dengan tembakau. Karena tradisi menggunakan buah pinang, tingkat kanker mulut jauh lebih tinggi di masyarakat etnis Indonesia, India dan Sri Lanka daripada populasi pada umumnya.

Itulah 7 penyebab utama yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit kanker mulut. Para dokter sendiri biasanya tidak dapat memprediksi dengan pasti mengapa seseorang dapat terkena atau mengidap kanker mulut. Biasanya dokter akan bertanya dan melakukan interview terlebih dahulu agar mengetahui penyebab yang paling memungkinkan orang tersebut dapat mengidap penyakit kanker mulut seperti salah satunya di atas. Oleh karenanya, kenali ciri ciri kanker mulut stadium awal agar terhindari darinya.

Baca Juga : Kanker Mulut

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 06th, March 2015 / 15:27 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut