Sponsors Link

13 Ciri Ciri Kanker Mulut Wajib Diketahui

ads

ciri kanker mulutPastinya sebelum seseorang dinyatakan mengidap sebuah penyakit, orang tersebut akan terlebih dahulu merasakan gejala – gejala yang tidak beres dan tidak normal dalam dirinya. Begitupun seseorang yang menderita penyakit kanker mulut. Penderita kanker mulut dapat merasakan hal yang tidak beres melalui gejala – gelaja yang tidak normal pada mulutnya. Inilah daftar ciri ciri kanker mulut yang wajib anda waspadai :

  1. Bagian Mulut Terasa Tidak Normal

Gejala pertama adalah terasa tidak normal pada bagian mulut sekitarnya. Penderita akan merasa aneh di bagian mulutnya. Bagian – bagian mulut yang biasanya dapat terkena kanker mulut ialah bibir, rongga pipi, kelenjar ludah, langit – langit mulut, lidah, anak lida, dan gusi.

  1. Timbul Warna Yang Berbeda

Dalam bagian – bagian mulut ada warna yang terlihat berbeda dari biasanya. Inilah gejala yang juga mudah dilihat. Misalnya ada bagian bibir yang berubah warna ataupun bagian gusi. Dapat dicek dengan bantuan cermin atau pergi ke dokter untuk dilihat secara langsung.

  1. Terjadi Pendarahan

Bagi anda yang sering mengalami pendarahan pada mulut misalnya sering keluar dara ketika gosok gigi patut melakukan pemeriksaan di dokter. Sebab pendarahan yang sering terjadi di dalam mulut juga menjadi salah satu gejala yang paling dapat dirasa bagi penderita kanker mulut.

  1. Pembengkakan

Di bagian mulut dan sekitarnya juga dapat terjadi pembengkakan mendadak. Pembengkakakn tersebut terjadi tidak normal dan tanpa alasan tertentu. Berbeda dengan pembengkakan pada gusi apa bila sedang sakit gigi. Pembengkakan juga dapat terjadi pada bibir.

  1. Kerusakan Gigi

Gejala kelima adalah terjadinya kerusakan gigi. Misalnya gigi tiba – tiba copot dengan sendirinya. Atau tiba – tiba mudah keropos. Patut dicurigai karena berarti ada sel jahat yang merusak kekuatan akar gigi di dalam gusi.

  1. Terdapat Bercak

Munculnya bercak merah atau putih tanpa sebab di bagian mulu misalnya bibir, lidah, ataupun rongga mulut juga dapat menjadi salah satu gejala munculnya sel kanker pada mulut. Apa lagi bercak tersebut tidak hilang dalam waktu lama. Berbeda dengan sariawan ataupun lecet.

Sponsors Link

  1. Kehilangan Rasa

Penderita penyakit kanker mulut juga dapat kehilangan rasa atau indera perasa. Ini merupakan gejala yang dapat sangat dirasakan dan biasa terjadi pada tahap lumayan serius. Penderita akan sulit membedakan mana rasa asin, mana ras pahit, dan lainnya. Penderita juga tidak dapat merasakan makanan yang kasar maupun lembut.

  1. Sulit Mengunyah dan Menelan

Gejala lainnya adalah kesulitan mengunyah dan menelan. Mulut akan sulit digerakan untuk mengunyah dan tidak dapat menhancurkan makanan dengan baik. Selain itu kesulitan menelan dan merasa sakit juga otot dalam mulut tidak begitu kuat.

  1. Kesulitan Berbicara

Gejal kesembilan adalah kesulitan berbicara. Penderita akan merasa sulit mengucapkan kata – kata atau kalimat dengan jelas. Karena lidah dan bibir tidak berfungsi dengan baik atau sulit dipindahkan. Gejala ini biasanya terjadi ketika kondisi kanker pada tahap yang lumayan tinggi.

  1. Perubahan Suara

Ada gejala yang mempengaruhi pita suara. Di mana suara penderita tiba – tiba berubah. Atau biasa juga suaranya menjadi melemah, serak, meninggi, atau lainnya dalam waktu lama berbeda dengan ketika terjangkit penyakit batuk atau flu (bindeng). Perubahan suara juga menjadi gejala yang sangat jelas dapat dilihat.

  1. Pendengaran Terganggu

Karena syaraf mulut dengan telinga sangat dekat makan gejala lainnya juga dapat dirasakan di bagian telinga. Di mana telinga terasa tidak enak dan tidak nyaman. Atau pendengaran terganggu.

  1. Berat Badan Menurun Drastis

Gejala lainnya yang memang menjadi gejala umum penderita penyakit kanker adalah penderita mengalami penurunan berat badan secara drastis di mana sel – sel kanker mulai menggerogoti sel lainnya.

Sponsors Link

  1. Ada Sel Yang Tumbuh Tidak Normal

Gejala terakhir adalah terlihat ada sel yang tumbuh tidak normal dalam mulut. Hal ini tentu dapat dilihat oleh dokter melalui langkah check up. Tetapi biasanya penderita sebelumnya merasakan gejala lainnya terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan dan ditemukan sel kanker.

Kapan Harus Cek di Dokter?

Ciri ciri kanker mulut di atas mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal yang sangat berpengaruh dengan kondisi penyakit lain seperti sariawan atau panas dalam. Selain itu gejala yang tercantum di atas dapat disebabkan oleh kondisi yang kurang serius, seperti infeksi ringan. Lalu kapan anda harus memeriksanya ke dokter ?

  • Sangat disarankan agar anda mengunjungi dokter jika salah satu gejala yang tercantum di atas telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu.
  • Peminum berat
  • Perokok.

Pencegahan

Sama seperti ciri ciri kanker payudara, kanker mulut cenderung tidak menyebabkan gejala pada tahap awal penyakit ini. Jadi sangat penting untuk sering memeriksakan check up pada dokter gigi jika anda seorang perokok, peminum, atau pengunyah sirih.  Umumnya dokter gigi lebih paham mengenai gejala yang anda rasakan.

Ciri tersebut biasanya banyak dihiraukan oleh penderita karena pemahaman dan kesadaran yang kurang. Hal ini juga patut diingat oleh anda untuk rajin melakukan pengecekan rutin atau secepat mekakukan pengecekan ketika merasakan gejala tidak normal pada daerah mulut ataupun sekitarnya.

Baca Juga : Kanker Mulut

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 06th, March 2015 / 14:55 Oleh :
Kategori : Kanker Mulut