Sponsors Link

8 Tanda-Tanda Kanker Mata Yang Mudah Dideteksi

ads

Penyakit kanker memiliki banyak jenis yang bisa kapan saja menyerang organ-organ vital tubuh manusia, salah satunya mata. Sebagai salah satu organ penting yang membuat kita dapat melihat semua hal yang di dunia ini, keberadaan mata adalah harta yang tak tergantikan bagi manusia. Mata juga dapat terserang kanker dan disebut dengan kanker mata. Prosentase terjadinya kanker mata ini memang tidak setinggi kanker jenis lain dan biasanya hanya menyerang pada kelompok usia tertentu.

Kanker mata tergolong jenis kanker yang kedatangannya sulit diprediksi sejak dini. Kebanyakan penderita mengetahui bila dirinya mengidap kanker mata bila kanker telah memasuki stadium menengah. Kanker mata sama sekali tidak boleh diremehkan karena bila sudah memasuki stadium akhir dan keganasan sel-sel kankernya sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain dapat menimbulkan kematian. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Mata , Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

Lantas, apa sebenarnya penyebab dari timbulnya kanker mata ini?

Menurut para dokter dan ahli medis, ada beragam faktor baik internal maupun eksternal di sekitar lingkungan manusia yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker. Faktor pemicu kanker mata yang paling umum dijumpai adalah faktor genetika atau keturunan, kekurangan unsur pigmen pada bagian tepi kelopak mata, terkena paparan radiasi sinar matahari dan kekurangan vitamin A.(Baca juga: penyebab kanker mata pada balita)

Tanda-Tanda Kanker Mata

Meski kanker mata tergolong jenis kanker yang tidak mudah dideteksi pada kondisi stadium awal, namun sebenarnya ada beberapa gejala atau tanda-tanda yang dapat kita perhatikan dan waspadai lebih lanjut bila menemukannya. Adapun tanda-tanda itu diantaranya sebagai berikut: (Baca juga: gejala-gejala kanker mata)

1. Mata Terasa Nyeri

Tanpa disadari, mata yang sering terasa nyeri ternyata dapat menjadi tanda-tanda awal dari gejala kanker mata. Hal ini patut kita waspadai apabila rasa sakit yang menyerang berlangsung lama dan terus merambat hingga ke area kepala. Bila nyeri pada mata berlangsung terus-menerus dengan ciri khas seperti ini, segera pergi ke dokter guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring , Gejala Kanker Batang Otak)

2. Mata Berubah Juling

Mata juling adalah suatu kondisi dimana otot mata yang terhubung ke otak tidak dapat bekerja dengan tepat sebagaimana biasanya sehingga menyebabkan perbedaan gerakan bola mata. Banyak orang yang mengalami juling sejak lahir dan dianggap biasa saja, namun ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan bahwa kondisi itu tidak berbahaya. (Baca juga: gejala kanker tonsil dan stadiumnya)

Sponsors Link

3. Pupil Berwarna Putih

Anda gemar berfoto? Ternyata, hobi berfoto dapat dijadikan sebagai patokan pemeriksaan awal apakah seseorang terindikasi menderita kanker mata atau tidak. Saat seseorang melakukan pemotretan dengan kamera yang dilengkapi flashlight dan pupil matanya terlihat berwarna putih, hal itu harus diwaspadai segala gejala penyakit kanker mata. Pupil mata berwarna putih disebabkan oleh jaringan di belakang mata yang sangat sensitif terhadap cahaya. Segera periksakan ke dokter apabila Anda menemukan diri Anda atau orang terdekat Anda mengalami hal semacam ini. (Baca Juga: Penyebab Kanker Mulut Paling Utama)

4. Mata Sering Kemerahan

Mata yang berwarna kemerahan sering dianggap remeh oleh banyak orang. Kebanyakan hanya akan menganggapnya karena disebabkan iritasi debu atau kurang tidur. Padahal, bila mata sering berwarna merah dan berlangsung dalam jangka waktu lama, hal itu harus diwaspadai sebagai salah satu tanda-tanda kanker mata. (Baca Juga: Gejala Kanker Adrenal)

5. Iris Kedua Bola Mata Berwarna Berbeda

Iris adalah bagian pupil mata yang akan bertugas menghasilkan warna pada objek yang dipandnag mata. Bila seseorang menemukan bahwa mata kanan dan kirinya melihat satu objek yang sama dengan warna yang berbeda (misal, mata kanan melihat bola berwarna biru langit sedangkan mata kiri melihat bola berwarna jingga padahal objek bola yang dilihat sama), hal ini harus diwaspadai. Gejala kanker mata yang paling kerap terjadi adalah masalah pada iris mata seperti contoh kasus di atas. (Baca juga: penyebab kanker getah bening pada anak)

6. Penglihatan Sering Berkabut

Saat memakai kacamata atau kontak lensa, mata sesekali akan terasa berkabut saat menatap objek karena pengaruh lensa yang digunakan. Namun bagaimana bila kita tidak menggunakan kacamata atau kontak lensa namun mata terasa berkabut? Waspada, hal itu bisa menjadi tanda awal gejala penyakit kanker mata. (Baca Juga: Penyebab Kanker Di Mata)

7.  Sering Merasa Silau

Gejala kanker mata yang paling khas adalah kondisi mata yang sensitif terhadap cahaya. Itulah sebabnya bila seseorang terkena kanker mata, penglihatannya akan sering merasa silau saat melihat cahaya.

8. Terdapat Benjolan di Kelopak Mata

Bila Anda menemukan kelopak mata Anda membesar atau membengkak namun bukan disebabkan oleh luka benturan, gigitan serangga atau iritasi debu, Anda harus mewaspadai kondisi ini sebagai tanda-tanda kanker mata. Kelopak mata membengkak berarti menandakan bahwa telah terjadi peradangan pada bagian dalam mata yang harus segera diperiksakan lebih lanjut. (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara dan Cara Pemeriksaannya , gejala kanker kulit)

Diagnosa Kanker Mata

Saat Anda telah menemukan tanda-tanda di atas, segera buat jadwal konsultasi ke dokter mata di rumah sakit terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan apakah benar gejala-gejala yang Anda temui merupakan penyakit kanker mata atau bukan. Tahapan pemeriksaan yang dilakukan dokter sebelum menentukan diagnosa biasanya sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Pemeriksaan fisik mata. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah mata pasien ditemukan indikasi-indikasi kuat yang mengarah ke penyakit kanker mata atau tidak.
  • Pemeriksaan CT Scan. Pemeriksaan CT Scan akan dilakukan di bagian kepala untuk melihat lebih jauh jaringan-jaringan bola mata yang tersambung ke otak setelah dokter menemukan indikasi kuat gejala kanker mata pada pemeriksaan fisik mata. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)
  • Pemeriksaan laboratorium. Setelah dokter yakin dan menegakkan diagnosa kanker mata, tentu penyebab dari terjadinya kanker mata ini perlu ditelisik lebih lanjut. Maka, pemeriksaan laboratorium sangat dibutuhkan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kanker mata.

(Baca juga: diagnosa dan cara mengobati kanker mata , Gejala Kanker Empedu)

Pengobatan Kanker Mata

Kanker mata harus ditangani dengan tindakan medis sesegera mungkin agar penyebarannya tidak makin melebar ke bagian-bagian jaringan dan organ tubuh lain. Ada beberapa pilihan tindakan medis yang dilakukan dokter tergantung dari tingkat keparahan penyakit kanker mata sebagai berikut:

  • Operasi. Tindakan operasi biasanya langsung diputuskan begitu gejala kanker mata terdeteksi. Hal ini karena langkah operasi adalah cara paling tepat dan cepat untuk mengangkat sel-sel kanker dan memutus rantai penyebaran kankernya.
  • Radioterapi. Selain operasi, apabila kanker mata yang ditemukan masih berada pada stadium awal, tindakan radioterapi dapat dilakukan. Caranya adalah menggunakan penyinaran sinar X yang kuat agar sel-sel kanker terbunuh dan tidak menyebar kemana-mana. (Baca Juga: Pengobatan Kanker Serviks)
  • Kemoterapi. Kemoterapi biasanya adalah langkah medis yang terakhir dilakukan setelah dilakukan tindakan operasi atau radioterapi. Kemoterapi diperlukan untuk lebih mengintensifkan pengobatan terhadap kanker mata. (Baca Juga: Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)

(Baca juga: pengobatan kanker mata yang wajib dilakukan pasien)

Begitulah gejala-gejala kanker mata dan langkah pengobatan medis yang dapat dilakukan untuk mengobatinya. Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mencegah agar jangan sampai terkena penyakit kanker mata dengan senantiasa menjaga kesehatan mata dan melakukan pemeriksaan mata secara rutin guna memastikan kanker mata tidak pernah singgah di hidup Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 02:41 Oleh :
Kategori : Kanker Mata