Sponsors Link

14 Gejala Kanker Mata – Diagnosa dan Cara Mengobati

ads

Kanker mata memang cukup jarang kasusnya, tapi sekalinya terjadi, ini bisa saja menyerang bagian dalam (kanker intraokular) dan luar mata (kelopak mata misalnya). Retinoblastoma adalah contoh jenis kanker mata yang diderita rata-rata oleh anak-anak di mana semua awalnya adalah dari retina. Sedangkan limfoma dan melanoma adalah dua jenis kanker mata intraokular yang terjadi pada orang dewasa.

Kanker mata berpotensi juga dialami oleh seseorang diakibatkan oleh kanker pada organ lain yang menyebar dan kemudian mengenai mata. Pada umumnya, kanker mata hanya akan menyerang sebelah mata saja, namun ada kemungkinan berkembang berpindah ke mata yang lain. Supaya bisa lebih mewaspadainya, ada baiknya menyimak sejumlah gejala kanker mata yang umum terjadi di bawah ini.

(Baca juga: penyebab kanker mata pada balita)

1. Benjolan yang Jelas

Kanker selalu terdeteksi dengan diawali adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu, seperti kanker payudara yang benjolannya bisa ada di bagian ketiak atau area di dekatnya. Benjolan di bawah jakun pun juga menjadi pertanda gejala kanker tiroid. Untuk kanker mata, benjolan dapat kelihatan dan terasa jelas di bagian kelopak mata.

Pada tahap yang lebih serius, dari benjolan tersebut kemudian bakal timbul ulserasi benjolan. Ketika benjolan ini muncul, penglihatan pun makin kurang nyaman dan sebagian besar kasus penglihatan penderita pasti terpengaruh. Sebelum benjolan menjadi begitu berpengaruh, segera periksakan agar dapat menanganinya segera.

2. Titik Putih di Bagian Pupil Mata

Bila seseorang yang diduga menderita kanker mata terkena flash fotografi pada bagian matanya, maka titik putih akan terlihat. Asal titik putih tersebut biasanya ada pada pupil mata Anda. Perhatikanlah setiap terkena flash tersebut, bila Anda atau orang terdekat Anda melihat titik putih tersebut, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter spesialis mata.

Bahkan pada pencahayaan normal, dari pupil mata keluar juga bintik-bintik putih. Maka untuk membuktikannya, silakan untuk menyinari bola mata Anda sendiri dan periksalah apakah bintik-bintik putih tersebut memang ada. Bila memang ada, tak ada salahnya untuk segera ke dokter karena takutnya itu sungguhan gejala kanker mata.

(Baca juga: penyebab kanker di mata)

3. Merasa Silau

Ketika mata terkena cahaya sedikit saja, penderita kanker mata akan mudah merasa silau. Sering merasa silau ini dapat menjadi tanda bahwa sensitivitas terhadap cahaya meningkat di bagian mata. Terkadang hal seperti ini juga tidak bisa langsung dijadikan patokan untuk menunjukkan adanya kanker mata. Untuk itulah perlu didiagnosa lebih dulu, apalagi kalau disertai oleh gejala-gejala lainnya.

4. Bintik Hitam di Bagian Iris Mata

Selain adanya bintik putih yang membuat penglihatan kurang nyaman, ada juga beberapa kasus yang menunjukkan adanya bintik hitam. Bintik hitam ini muncul pada bagian iris mata dan dapat dirasakan oleh penderitanya. Rasanya sama tidak nyamannya dengan ketika bintik putih muncul karena pandangan akan terhalang sehingga penglihatan menjadi kurang jelas.

(Baca juga: gejala ciri-ciri kanker otak)

5. Penglihatan Mengabur

Karena bintik hitam maupun putih yang muncul, akibatnya penglihatan menjadi terganggu. Ketidaknyamanan tersebut terjadi dikarenakan pandangan kemudian menjadi kabur. Hal ini mengartikan bahwa kemampuan penglihatan penderita akan hilang, sehingga saat melihat benda-benda di sekitarnya walau jarak dekat sekalipun akan sulit. Maka penting untuk mengecek kesehatan mata secara berkala ke ahlinya agar gejala-gejala pun dapat dihindari.

sponsored links

6. Mata Membengkak

Pembengkakan pun dapat terjadi pada mata penderita di mana ini hanya akan dialami oleh salah satu bagian mata saja. Meski begitu, pembengkakan ini jangan dianggap enteng karena bila dibiarkan dapat dikhawatirkan menjadi lebih besar dan parah. Pembengkakan dapat berasal dari sel kanker yang tumbuh, maka ketika diabaikan justru dapat berpotensi untuk berkembang dan menyebar ke mata yang lain. Saat menyadari pembengkakan ini, jangan ragu untuk mendatangi dokter dan melakukan diagnosa.

7. Warna Kedua Mata Berbeda

Anda pun patut curiga ketika melihat kedua mata berwarna beda. Saat warna mata yang satu tidaklah sama dengan warna mata satunya, ini juga bisa menjadi gejala dari kanker mata. Bila ditambah juga dengan gejala-gejala lainnya yang sudah disebutkan, sebaiknya memang memeriksakan kesehatan mata secepatnya.

(Baca juga: manfaat buah nanas untuk mencegah kanker)

8. Nyeri pada Mata

Bagian mata juga bisa terasa sakit di mana ini menjadi bagian dari tanda kanker mata yang sudah cukup jelas. Terkadang mata yang sakit hanya dianggap sebagai kondisi iritasi biasa sehingga kemudian diabaikan. Ketika mata terdapat benjolan, menjadi kabur pandangannya, belum lagi ditambah dengan rasa sakit, gejala ini patut untuk didiagnosa tanpa menunggu lagi.

9. Sakit Kepala

Sewaktu mata kita terasa lelah saja, kepala dapat terpengaruh dan ikut menjadi pusing. Rasa sakit pada mata yang didukung dengan penglihatan yang kabur juga mampu membuat kepala menjadi sakit. Gejala seperti ini biasanya ditemukan pada kanker mata sejenis melanoma koroid, retinoblastoma dan jenis-jenis lainnya. Jadi, cepatlah tanggap dan cek keadaan mata Anda ke dokter ahlinya.

(Baca juga: manfaat mahkota dewa untuk kanker)

10. Keluar Air Mata

Air mata pun bisa ikut keluar walaupun kita tidak sedang menangis. Kondisi ini mirip memang dengan ketika mata kita teriritasi dan perih sehingga air mata tak tertahankan. Masalah ini cukup serius bila disertai gejala lainnya yang sudah disebutkan, maka memeriksakan diri akan membantu Anda.

11. Gangguan Gerakan Mata

Saat sudah berada pada tingkat yang cukup lanjut, kanker mata akan menimbulkan gejala-gejala yang kurang begitu mengenakkan. Tak hanya kehilangan penglihatan, gerakan pada mata pun menjadi terganggu. Ketidaknyamanan yang dirasakan dapat coba dikonsultasikan dengan dokter agar jelas kondisi yang sebenarnya seperti apa.

(Baca juga: manfaat sambiloto untuk kanker)

12. Mata Kemerahan. 

Seperti ketika mata teriritasi saat kita bepergian di luar dan terkena debu, mata menjadi mudah merah. Sama juga halnya dengan gejala kanker mata, hanya saja yang membedakan adalah kemerahan pada mata terjadi tiba-tiba. Mata merah yang bukan dikarenakan iritasi debu maupun polusi atau kemasukan benda tertentu bisa saja menandakan adanya kanker di dalam mata. Jika kondisi ini tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

13. Bola Mata Melotot/Juling

Saat bercermin, cobalah untuk mengecek apakah ada yang beda dari bola mata Anda. Salah satu gejala dari kanker mata adalah bola mata yang terlihat seperti hendak keluar. Bola mata ini persis bentuknya seperti ketika Anda melotot, namun pada beberapa kasus bola mata akan kelihatan juling. Ketika terjadi perbedaan pada bola mata dan ada juga gejala lainnya, lebih baik memeriksakan diri sebelum terlambat.

(Baca juga: manfaat kacang almond untuk kanker)

14. Tampak seperti Mata Kucing

Ada juga beberapa orang penderita yang mengalami gejala mata kucing. Seperti yang Anda mungkin sudah tahu, mata kucing dapat memantulkan cahaya dan begitu juga dengan mata penderita kanker mata.

(Baca juga: manfaat daun pepaya untuk kanker)

Metode Diagnosa Kanker Mata

Dokter spesialis mata adalah yang terbaik saat Anda ingin memeriksakan gejala-gejala yang dialami. Biasanya, dokter mata akan mengawali pemeriksaan dengan bertanya tentang gejala yang sudah terjadi dan Anda diminta untuk menjelaskan secara rinci. Kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang lebih detil sesuai dengan anjuran dokter. Metode diagnosa yang pada umumnya perlu ditempuh penderita antara lain:

  • USG mata.
  • Pemeriksaan kesehatan pada mata, hal ini akan meliputi biomikroskopi dan optalmoskopi.
  • Biopsi kanker atau langkah di mana dokter perlu mengambil sampel jaringan yang lalu masih harus diperiksa di laboratorium.
  • Metode diagnosa ini dilakukan dengan tujuan supaya pembuluh darah yang ada pada area tumor dan di dalam tumor bisa diperiksa secara detil.
  • Tes darah.
  • MRI dan CT Scan.
  • USG perut.
Sponsors Link

Serangkaian metode pemeriksaakn tersebut dibutuhkan, berikut juga tes lanjutannya supaya penyebaran kanker dapat terdeteksi secara dini. Dengan tes-tes tersebut, akan dapat dibuktikan apakah benar Anda mengidap penyakit kanker mata atau tidak.

(Baca juga: khasiat asparagus untuk kanker)

Cara Mengobati Kanker Mata

Ada berbagai jenis dan pilihan pengobatan medis yang dokter anjurkan untuk diperoleh pasien kanker mata. Jenis kanker, tingkat penyebaran tumor, serta ukuran dari tumor perlu adalah bahan pertimbangan untuk menentukan pengobatan yang tepat. Tapi faktor lainnya seperti kesehatan secara menyeluruh pada pasien dan usia pasien pun turut memengaruhi pemberian obat.

Secara umum kita dapat melihat adanya sejumlah metode pengobatan yang biasa diberikan atau dianjurkan kepada pasien kanker mata. Mirip seperti tindakan pengobatan pada jenis kanker lainnya, inilah langkah pengobatan yang dimaksud:

  • Radioterapi
  • Kemoterapi kanker.
  • Operasi, yakni langkah mengangkat tumor yang juga disertai sebagian jaringan sehat yang berada di dekatnya. Diketahui bahwa ada 4 pilihan jalur operasi di mana pasien akan dianjurkan dan ditawari oleh dokter. Pertama adalah iridektomi di mana hanya bagian iris mata yang perlu diangkat. Kedua adalah iridosikletomi atau proses pengangkatan bagian yang ada pada iris mata dan badan siliari. Ketiga adalah endoresection atau pengangkatan tumor koroidal tapi tetap menjaga bola mata. Atau, operasi enukleasi, yakni mengangkat seluruh bola mata.
  • Terapi laser yang salah satunya adalah dengan memakai sinar inframerah.

(Baca juga: pengobatan kanker mata yang wajib dilakukan pasien)

Untuk metode pengobatan, Anda dapat mengonsultasikannya dengan dokter ahli mata kepercayaan Anda. Asalkan gejala yang tampak dan terasa segera diperiksakan, belum terlambat untuk mengobatinya secara maksimal.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 22nd, July 2016 / 09:47 Oleh :
Kategori : Kanker Mata