Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Gejala Awal Kanker Mata Dan Cara Pengobatannya

ads

Kanker mata merupakan salah satu penyakit kanker yang terjadi pada daerah belakang mata yang peka terhadap cahaya. Kanker ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata yang akan menyebar ke kantung mata dan otak. Penyebab kanker mata yaitu dikarenakan tidak adanya gen yang menurunkan tumor dan pada umumnya terjadi karena faktor keturunan. Kanker mata dapat menyerang setiap orang dari berbagai usia, tetapi biasanya kanker ini menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Baca juga:

Perlu kita ketahui berbagai gejala awal kanker mata yang mungkin terjadi. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, kita dapat melakukan pencegahan sejak dini agar kanker mata tidak semakin menyebar. Selain itu, kita juga dapat melakukan berbagai pengobatan yang bisa saja menyembuhkan penyakit kanker tersebut. Gejala awal dari kanker mata diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pupil berwarna putih
    Pada saat seseorang mengalami mengalami penyakit kanker mata, pupil pada matanya akan terlihat berwarna putih, terutama ketika orang tersebut melakukan pemotretan dengan kamera yang menggunakan flashlight . Hal ini disebabkan karena jaringan yang terletak dibelakang mata sangat sensitif terhadap cahaya sehingga pupil mata berwarna putih. Gejala ini menjadi salah satu ciri dari adanya penyakit kanker mata.
  2. Mata menjadi juling
    Mata juling merupakan suatu kondisi dimana otot mata yang terhubung pada otak tidak bekerja dengan tepat sehingga terjadi perbedaan gerakan pada bola mata. Terkadang orang menganggap remeh kondisi ini, padahal jika tidak ditangani dengan segera akan menimbulkan penyakit kanker mata. (Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Sesuai Jenisnya , Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)
  3. Mata terasa nyeri
    Sering merasakan nyeri pada mata merupakan salah satu gejala awal dari kanker mata. Apalagi jika rasa sakit tersebut berlangsung lama dan merambat hingga ke kepala. Segera lakukan pemeriksaan pada dokter ahli untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit kanker mata. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara , Ciri Benjolan Kanker Payudara)
  4. Mata selalu merah
    Pada saat kondisi mata berwarna merah, orang sering menganggap sepele. Padahal bisa jadi itu merupakan gejala adanya penyakit kanker mata. Jika mata sering merah dan berlangsung lama, perlu diwaspadai bahwa itu merupakan gejala kanker mata. (Baca Juga : Gejala Kanker Kulit) 
    sponsored links
  5. Penglihatan menjadi terganggu
    Orang yang mengidap kanker mata, penglihatannya selalu terganggu. Hal ini sangat menjengkelkan ketika seseorang sedang beraktivitas. Lakukan pemeriksaan oleh dokter jika kondisi tersebut sering terjadi. Karena hal ini merupakan salah satu gejala awal kanker mata.
  6. Iris pada kedua mata memiliki warna yang berbeda
    Iris merupakan salah satu bagian dari pupil mata yang akan menghasilkan warna pada saat melihat sesuatu. Kondisi ini akan berbahaya jika warna yang dihasilkan di antara kedua mata menjadi berbeda. Bisa jadi ini merupakan gejala dari adanya kanker pada mata.
  7. Mengalami kebutaan
    jika seseorang sudah mengalami kanker mata yang cukup parah, secara perlahan akan mengganggu penglihatan dan pada akhirnya menyebabkan kebutaan. Kebutaan dapat disebabkan oleh beberapa macam. Salah satu penyebab kebutaan adalah adanya penyakit kanker mata. Hal ini merupakan yang patut diwaspadai karena kanker sudah menyerang semakin parah. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak , Stadium Kanker Otak dan Gejala Lengkapnya)
  8. Adanya bintik hitam pada iris mata
    Sebelumnya, kita perlu mengetahui bagian-bagian dari mata, misalnya iris, pupil, dan retina. Dalam bagian tersebut terdapat bintik hitam yang perlu diwaspadai. Bila bintik hitam tersebut berada di bagian iris dan mengganggu penglihatan, maka kita harus mencurigai bahwa hal tersebut merupakan gejala awal dari kanker mata.
  9. Sering merasa silau
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kanker mata menyebabkan seseorang menjadi sensitif terhadap cahaya. Kondisi sensitif ini mengakibatkan penglihatan sering merasa silau ketika melihat cahaya.
  10. Bentuk pupil atau jaringan sekitar mata menjadi berubah
    Orang yang terkena kanker mata akan menyebabkan bentuk pupil atau jaringan di daerah mata menjadi berubah. Perlu diwaspadai bahwa hal ini merupakan gejala awal dari adanya kanker pada mata. Lakukan pemeriksaan untuk melihat bentuk pupil mata tersebut untuk menangani gejala kanker mata.
  11. Adanya pembengkakan pada salah satu mata
    Jika mata terkena penyakit kanker, maka akan terjadi pembengkakan pada salah satu mata. Kondisi ini tidak bisa diremehkan karena akan berbahaya bagi kesehatan mata dan bisa saja menyebabkan kanker mata.
  12. Adanya benjolan pada kelopak mata dan bola mata terlihat makin membesar
    Benjolan pada kelopak mata juga terjadi karena adanya pembengkakan. Sehingga akan menyebabkan bola mata terlihat semakin membesar. Hal ini juga merupakan salah satu gejala awal dari kanker mata yang perlu diwaspadai.

Orang akan merasa kesulitan untuk mengetahui gejala dari penyakit kanker mata. Karena gejala-gejala tersebut di atas memang sangat umum dialami oleh siapa saja meskipun dalam kondisi yang sehat atau normal. Dampaknya yaitu seseorang tidak akan mengetahui adanya penyakit kanker pada matanya apalagi jika tidak melakukan pemeriksaan oleh dokter terkait dengan gejala yang dirasakan. Jika kanker mata sudah menyerang, langkah yang harus dilakukan yaitu dengan adanya pengobatan pada kanker mata. Pengobatan ini bisa berupa pencegahan sel kanker tumbuh cepat atau bahkan dapat pula menyembuhkan kanker. Pengobatan yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut. (Baca juga: Pengobatan Kanker Mata , Penyebab Kanker Di Mata)

Sponsors Link

  1. Kemoterapi. Kemoterapi merupakan pengobatan dengan menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi untuk penyakit kanker mata dilakukan dengan cara memberikan pil kemoterapi pada penderita kanker. Selain dikonsumsi langsung, obat tersebut dapat disuntikan pada pembuluh darah. (Baca Juga : Efek Kemoterapi Kanker Kelenjar Getah Bening)
  2. Radioterapi. Radioterapi ini merupakan pengobatan dengan menggunakan efek frekuensi gelombang radio untuk mematikan sel kanker. Selanjutnya, gelombang ini akan menyasar sel-sel kanker yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap sel kanker yang mungkin akan muncul kembali. (Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring)
  3. Terapi laser. Terapi laser merupakan pengobatan yang dilakukan dengan cara menembakkan sinar laser pada sel kanker yang sebelumnya telah diberikan suntikan. Suntikan ini akan menimbulkan sel kanker menjadi lebih peka terhadap cahaya. (Baca Juga: Pengobatan Kanker Paru-Paru)
  4. Operasi. Operasi atau pembedahan merupakan jenis pengobatan yang paling umum dilakukan untuk mengangkat tumor atau sel kanker yang ada dalam tubuh. Operasi yang dilakukan tergantung pada tingkatan kanker yang dialami pada saat penderita kanker melakukan operasi. (Baca Juga: Tahapan Operasi Kanker Otak , Operasi Kanker Serviks)

Pengobatan-pengobatan tersebut di atas dilakukan pada saat kanker mata sudah mulai menyerang dan merupakan upaya agar kanker tidak semakin menyebar ke organ tubuh lainnya. Adapun pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit kanker mata. Upaya pencegahan tersebut di antaranya sebagai berikut. (Baca juga: Manfaat Brokoli Kanker , Pengobatan kanker dengan Stem Cell )

  • Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mata setiap hari.
  • Melakukan deteksi sejak dini terkait dengan gejala awal kanker mata. Hal ini akan meminimalisir terjadi penyakit tersebut karena sudah melakukan antisipasi terhadap penyakit kanker mata.
  • Menjaga pola makan sehat dan hindari makanan yang mengandung bahan kimia. (Baca Juga: Daftar Makanan Sehari-Hari Pencegah Kanker)
  • Hindari kontak mata dari segala macam zat kimia yang berbahaya dan berbagai macam sinar radiasi.
  • Atur pemakaian softlens untuk menghindari adanya iritasi pada mata.
  • Sering menggunakan kacamata ketika berada di luar rumah atau ketika beraktivitas.
  • Melakukan pemeriksaan pada dokter mata secara teratur untuk mengecek kesehatan mata.

Itulah penjelasan mengenai gejala awal kanker mata, berikut dengan pengobatan yang bisa dilakukan dan upaya pencegahan. Ada baiknya jika kita melakukan upaya pencegahan daripada pengobatan. Semoga bermanfaat.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 00:59 Oleh :
Kategori : Kanker Mata