Sponsors Link

11 Penyebab Kanker Lidah dan Pengobatan Medisnya

Sponsors Link

Kanker lidah tentu bukan hal baru karena jenis kanker ini cukup banyak juga dialami di negara kita walau kasusnya tak sebanyak kanker paru-paru, kanker serviks, atau kanker payudara. Jenis kanker ini adalah kondisi di mana ada pertumbuhan tumor di bagian sel-sel lidah dan perkembangannya biasanya di bagian sel-sel skuamosa. Sel-sel tersebut dapat dijumpai pada bagian permukaan lidah dan oleh karena itu jugalah kanker ini dinamakan karsinoma sel skuamosa.

Sponsors Link

Organ lidah kita sendiri ada 2 bagian, yakni bagian pangkal atau yang posisinya tak jauh dari tenggorokan serta bagian depan dengan posisi berada di dalam mulut. Perlu diketahui bahwa kanker lidah mampu berkembang di dua bagian itu. Untuk kanker yang pertumbuhannya di pangkal lidah, biasanya ini juga masih tergolong kanker orofaring, sedangkan yang pertumbuhannya ada pada bagian depan lidah, ini tergolong kanker mulut.

Kanker lidah sebetulnya masih tergolong kanker mulut, sama halnya dengan kanker yang terjadi pada bagian bibir, lapisan pipi di bagian dalam, langit-langkit keras, serta mulut bagian bawah depan lidah dan juga gusi. Kanker lidah juga dapat dianggap sebagai tumor lidah yang berkembang menjadi lebih ganas dan mampu memberikan serangan pada jaringan sekitar. Bahkan diketahui pula bahwa penyebarannya bisa sampai ke bagian tubuh lain walaupun cukup jauh dan inilah yang disebut dengan metastase.

Penyebab kanker lidah sendiri belumlah diketahui secara jelas, namun ada beberapa faktor risiko dan pemicu yang berasal dari gaya hidup sehari-hari. Di bawah ini bisa dilihat apa saja yang menjadi penyebab utama dari kanker lidah.

(Baca juga: makanan penyebab kanker mulut)

1. Merokok

Rokok dengan segala zat berbahayanya memang patut untuk dihindari sebaik mungkin karena memang sudah tak dipungkiri lagi efeknya yang dapat memicu kanker paru-paru. Selain kanker paru-paru, rupanya kanker lidah pun dapat dipicu oleh kebiasaan buruk satu ini. Yang perlu diwaspadai betul di sini adalah asap rokok dan sebaiknya tidaklah dianggap remeh akrena asam yang mengepul terlalu lama dan sering pada bagian rongga mulut serta lidah bakal menyebabkan kanker lidah.

Kebiasaan merokok terlalu sering dan dalam takaran banyak adalah penyebab utama dari kebanyakan kasus kanker lidah. Biasanya penderita kanker lidah adalah yang sebelumnya merupakan perokok aktif dengan merokok sebanyak 2 pak setiap harinya atau bahkan lebih dari itu. Kekeringan pun dapat terjadi pada lidah dikarenakan asap rokok yang memaparnya.

(Baca juga: cara mencegah kanker mulut)

2. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman keras adalah salah satu faktor perusak tubuh, jadi tidaklah heran bila kanker pun dapat bersarang di dalam tubuh. Mengonsumsi minuman beralkohol sesekali saja bukan masalah, namun ketika ini menjadi sebuah kebiasaaan, dengan takaran yang berlebihan pula, maka penyakit pun tak ragu untuk berdatangan.

Kanker lidah merupakan salah satu kondisi yang dapat disebabkan oleh minuman keras, khususnya bagi pengonsumsi aktif. Para pecandu minuman beralkohol ditambah juga dengan perokok aktif akan mengakibatkan sel kanker dapat tumbuh dan menyebar lebih cepat di dalam mulut. Biasanya risiko perkembangan kanker yang dapat dipicu adalah yang berada pada kepala dan leher, tak terkecuali kanker lidah.

Memang pada minuman beralkohol tidaklah ada kandungan karsinogeniknya di mana ini merupakan zat penyebab kanker. Namun pada minuman keras tak diragukan lagi ada kandungan etanol. Etanol ini adalah kandungan yang bisa membuat penyerapan zat karsinogenik lebih mudah untuk diserap. Itulah yang menjadi alasan besar mengapa mengonsumsi alkohol ditambah dengan beraktivitas merokok adalah dua hal pemicu kanker lidah.

ads

3. Faktor Usia

Potensi untuk terkena kanker lidah dapat lebih besar pada orang-orang yang usianya justru sudah memasuki masa lansia. Usia lanjut yang dimaksud di sini adalah sekitar usia 60 tahun ke atas dan seiring dengan peningkatan umur serta ditambah juga kebiasaan merokok, risiko kanker menjadi semakin tinggi. Hanya saja memang tak menutup kemungkinan bahwa anak muda pun dapat mengalami kanker lidah.

Usia tua tak lagi menjadi jaminan selalu menjadi faktor penyebab dari kanker lidah karena memang usia muda pun juga kini banyak yang terserang penyakit yang sama. Namun dengan mengetahui risiko kanker lebih gampang menyerang usia lanjut, para manula memang sebaiknya mulai menata pola hidup dengan baik. Pola hidup yang buruk sewaktu muda akan membuat kesehatan di masa tua lebih berisiko terkena penyakit serius. Oleh karena itulah, penting adanya untuk mulai berhenti merokok secepatnya dan berdiet untuk meningkatkan kualitas kesehatan diri sendiri.

(Baca juga: khasiat asparagus untuk kanker)

4. Faktor Jenis Kelamin

Percaya atau tidak, kanker lidah adalah jenis penyakit yang cenderung menyerang para pria ketimbang wanita. Jenis kelamin rupanya sangat berpengaruh karena dilihat dari gaya hidupnya pun, pada umumnya kebiasaan merokok dilakukan laki-laki berikut juga aktivitas mengonsumsi minuman keras lebih sering. Perbandingan pria dan wanita dalam kebiasaan merokok pun diketahui 2:1.

Hanya saja tampaknya untuk di zaman seperti sekarang ini, memang tak menjamin bahwa prialah yang paling sering merokok. Telah terjadi pergeseran cukup signifikan bila melihat secara jeli bahwa ada lebih banyak wanita yang kini memiliki kebiasaan merokok sama seperti kebanyakan pria. Meski demikian, tetap jumlah pria yang menjadi perokok aktif masih jauh lebih banyak di atas wanita.

5. HPV atau Human Papillomavirus

Meski termasuk dalam penyebab kanker lidah yang cukup langka dan jarang, jenis virus satu ini sekalinya muncul dapat memicu pertumbuhan jaringan tak wajar pada mulut. Dari situla kanker berawal dan mampu berkembang dengan cepat apabila didukung oleh kebiasaan pola hidup yang buruk.

Virus ini jelas dapat menular dan proses penularannya bisa terjadi ketika melakukan kontak dengan kulit penderita virus ini secara langsung. Atau, bila Anda memegang barang tertentu yang sudah terkontaminasi virus HPV, ini pun dapat menjadi sarana penularan dari virus. Melalui kontak seksual pun juga berkemungkinan besar menyebarkan virus lebih cepat, seperti misalnya hubungan seks oral dan seks anal.

(Baca juga: manfaat antioksidan untuk kanker)

6. Nginang

Ada sebagian orang yang suka nginang atau istilah lainnya mengunyah sirih. Tak banyak yang tahu bahwa nginang ini bisa menjadi penyebab kanker lidah meski memang hal ini merupakan kebiasaan orang tua pada zaman dulu. Kebanyakan lansia di negara kita pasti kenal dengan istilah nginang ini di mana bahan utama yang dipakai adalah daun sirih yang dikunyah-kunyah.

Diketahui bahwa nginang adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi agar pada usia lanjut pun gigi tetap terjaga kekuatannya. Setelah menginang, biasanya para orang tua bakal menggunakan tembakau untuk kiranya membersihkan bagian dalam mulut akibat kemerahan yang dihasilkan dari aktivitas menginang tadi. Justru tembakau inilah yang berpengaruh kurang baik terhadap kesehatan mulut dan lidah.

Tembakau adalah bahan utama yang dipakai dalam pembuatan rokok, jadi bila ditelaah tetap ada hubungannya mengapa nginang menjadi salah satu faktor risiko kanker lidah. Pada produk tembakau pun selalu ada sifat karsinogenik atau zat pemicu kanker pada kandungan nikotinnya. Zat berbahaya tersebutlah yang patut dihindari oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut sehingga kanker lidah dapat dicegah.

7. Tingkat Kebersihan Mulut yang Rendah

Jarangnya menyikat gigi jangan dikira hanya akan memicu karies gigi atau bau mulut saja. Keadaan mulut dengan tingkat kebersihan yang rendah dan berlangsung cukup lama mampu memicu sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Kanker lidah pun menjadi salah satu akibat dari tidak teraturnya dalam menjaga kebersihan area dalam mulut.

(Baca juga: penyebab kanker tenggorokan)

8. Sering Sariawan

Rupanya keadaan sariawan yang cukup sering bukan hanya menjadi tanda bahwa kekebalan tubuh seseorang tersebut terlalu rendah. Sariawan yang dialami sesering mungkin bukanlah hal baik karena seseorang dengan riwayat sariawan seperti ini ternyata mampu meningkatkan potensi kanker lidah. Jadi, sebaiknya berhati-hatilah dan konsumsi vitamin lebih banyak serta konsultasikan ke dokter untuk mencari solusinya.

9. Riwayat Kesehatan Keluarga

Anggota keluarga yang pernah atau tengah mengidap kanker lidah ternyata dapat berimbas juga terhadap keadaan tubuh anggota keluarga lainnya. Satu orang di dalam keluarga mengalami kanker lidah dapat meningkatkan potensi anggota keluarga lainnya untuk mengalami jenis kanker yang sama. Maka penting untuk mengecek kesehatan ke dokter secara rutin demi mendeteksi ada tidaknya pertumbuhan jaringan abnormal dalam tubuh.

(Baca juga:  penyebab kanker mulut)

10. Iritasi Membran Mukosa Mulut

Membran mukosa mulut dapat mengalami iritasi dan iritasi inilah yang kemungkinan besar dapat menjadi faktor pemicu dari kanker lidah. Iritasi penyebab kanker lidah ini tak hanya terjadi sekali dua kali, tapi iritasi berulanglah yang memberikan peluang lebih besar pada penderita untuk mengidap penyakit kanker lidah. Berulangnya iritasi di bagian tersebut adalah bagian dari akibat konsumsi minuman keras dan merokok terlalu sering dan berlebihan. Maka semuanya masih ada kaitannya satu dengan yang lain, bahkan untuk iritasi sekalipun.

11. Rendahnya Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh seseorang yang rendah akan dengan mudah diserang berbagai virus dan bakteri. Seseorang dengan sistem imun lemah, contohnya seperti penderita HIV, bakal lebih rentan untuk mengalami kanker lidah. Potensi ini lebih besar ketika didukung dengan faktor-faktor lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

(Baca juga : ciri-ciri kanker mulut)

Sponsors Link

Cara Mengobati Kanker Lidah

Untuk mengobati kanker lidah, ada 3 cara yang biasanya akan dokter tawarkan. Tentu cara pengobatan akan direkomendasikan setelah proses diagnosa dan telah diketahui tingkat keparahan dari kondisi kanker lidah itu sendiri. Stadium kanker lidah yang mencakup perluasan penyebaran kanker serta ukuran kanker akan menjadi hal yang menentukan metode pengobatan.

  • Terapi Radiasi – Jenis pengobatan ini juga dikenal dengan istilah radioterapi di mana dokter bakal menyarankan apabila kanker lidah pada pasien telah mencapai pangkal lidah. Pangkal lidah di sini artinya adalah kanker sudah sampai pada belakang lidah, maka pasien memerlukan radioterapi. Penggunaan radiasi adalah inti dari metode pengobatan satu ini dan tujuan utamanya adalah untuk membunuh sel kanker serta menyusutkannya.
  • Terapi Bedah – Operasi atau terapi bedah ini merupakan sebuah metode untuk mengangkat tumor lidah. Terapi ini juga bakal mengangkat jaringan yang ada di sekitarnya, bahkan juga kalau perlu bagian kelenjar getah bening juga yang letaknya tak begitu jauh. Operasi atau pembedahan biasanya akan dipilih oleh dokter dan pasien apabila ukuran tumor di bagian lidah belum ada 2 cm. Pembedahan juga dilakukan tanpa melibatkan pangkal lidah dan jika tumor masih berada di satu sisi saja.
  • Kemoterapi Kanker – Metode kemoterapi ini memang sudah banyak dilakukan pada pasien-pasien kanker. Untuk penderita kanker lidah, dokter akan memberikan obat-obat kanker lidah pada metode pengobatan ini dan biasanya juga akan dilakukan bersama dengan terapi radiasi. Obat yang diberikan tentunya adalah yang bersifat anti kanker supaya sel-sel kanker di dalam tubuh dapat hancur. Pada umumnya pilihan metode pengobatan ini adalah saat kanker telah mengalami metastase atau penyebaran jauh. Kombinasi pengobatan kemoterapi dilakukan juga supaya kemungkinan resistensi obat dapat dikurangi dengan baik.

(Baca juga : cara mencegah kanker lidah)

Demikianlah sejumlah info mengenai penyebab kanker lidah berikut cara mengobatinya secara medis paling umum. Untuk menjaga supaya kesehatan lidah dan bagian mulut tetap baik, memang sebaiknya segala macam faktor penyebab yang bisa dihindari, hindarilah sebaik mungkin.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 03rd, August 2016 / 17:33 Oleh :
Kategori : Kanker Lidah