Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Gejala Awal Kanker Lidah Paling Berbahaya

ads

Penyakit kanker dapat menyerang organ tubuh manapun tanpa kita sadari. Pada dasarnya penyakit kanker dapat segera disembuhkan apabila dilakukan diagnosa lebih awal. Diantara beberapa organ yang diserang, satu diantaranya adalah lidah. Lidah berada di dalam mulut yang pasti menjadi satu organ rentan terhadap bakteri dan zat- zat kimia asing. Meski letaknya berada di dalam mulut, lidah juga tidak luput dari serangan penyakit. (baca juga : Gejala Kanker Bibir, Tanda Kanker Pita Suara)

Segala makanan dan minuman yang dikonsumsi kali pertama lewat ke organ ini. Lidah merupakan organ dalam mulut yang berfungsi luar biasa banyak. Di lidah terdapat indera pengecap yang membuat manusia mampu merasakan makanan. Selain itu, lidah juga merupakan tempat pembentukan enzim yang membantu kita mengunyah makanan. Fungsi lidah yang lain adalah dalam proses fonologi bahasa. Lidah memudahkan kita untuk berbicara dengan abjad yang berbeda- beda. Terkadang sebagai manusia ada masa kita untuk lupa menjaga kesehatan organ yang penting seperti lidah. Seringnya merokok, mengkonsumsi alkohol, serta memakan berbagai zat kimia pengawet dan pemanis buatan dapat memicu sel- sel yang ada disekitar lidah menjadi rusak dan buruknya berkembang menjadi sel kanker. Hal tersebut mengakibatkan lidah juga menjadi organ yang rawan terkena penyakit kanker. (baca juga : Tanda Awal Kanker Mulut, Tanda Awal Kanker Gusi)

Kanker yang menyerang lidah sering juga disebut sebagai bagian dari kanker rongga mulut oleh sebagian besar tenaga medis. Kanker ini dapat menyerang lidah, langit- langit, gusi, dasar mulut, ruang belakang gigi, serta bagian dalam pipi. Jika kanker jenis ini ditemukan sejak awal (stadium rendah) maka kemungkinan besar dapat disembuhkan dengan jalan operasi oleh dokter ahli kanker. Sebaliknya jika kanker ditemukan pada kondisi yang sudah akut (stadium tinggi) kecil kemungkinan harapan hidup bagi penderitanya.

Baca juga :

Beberapa gejala yang mengindikasikan adanya kanker di bagian rongga mulut terutama lidah akan dipaparkan pada penjelasan berikut.

  1. Sariawan

Sariawan yang berlangsung secara terus-menerus dan tidak kunjung menurun gejalanya merupakan indikator dari kanker lidah. Jangka waktu sariawan untuk penyakit ini adalah sekitar lebih dari 2 minggu. Perbedaan sariawan penyebab kanker dengan sariawan biasa (karena kekurangan vitamin C ) terletak pada lidah yang terasa keras atau kaku. Luka sariawan pada lidah yang terkena kanker cenderung mengalami pengerasan. Berbanding terbalik dengan luka sariawan biasa yang akan terasa lunak (lembek). Letaknya pun dapat diamati. Pada sariawan biasa luka sering berpindah, berbeda pada sariawan karena kanker karena lukanya hanya pada satu tempat saja, dan tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama. Perlu diperhatikan luka yang tidak kunjung sembuh tersebut lambat laun akan menjadi benjolan yang semakin membesar seiring waktu. Benjolan tersebut berukuran seperti bunga kol.

Sponsors Link

  1. Sakit tenggorokan

Indikator berikutnya adalah pada tenggorokan yang terasa sakit saat digunakan untuk menelan. Banyak yang mengira hal tersebut merupakan bagian dari penyakit gangguan amandel yang biasa menyerang kerongkongan. Namun, perbedaan sakit tenggorokan pada penyakit kanker lidah adalah terasa adanya penghambat yang menghalangi masuknya makanan atau bahkan zat cair (air, sirup obat) ke dalam kerongkongan. Penggunaan antibiotik tidak mampu menekan rasa sakit tersebut karena memang bukan berasal dari bakteri. Sakit tenggorokan yang berangsur lama ini juga dibarengi dengan perubahan pada pita suara dan terkadang disertai sakit (nyeri) di bagian dalam telinga.

  1. Bercak Merah dan putih

Munculnya bercak merah atau putih pada sekitar lidah merupakan gejala awal kanker lidah. Bentuknya hampir sama dengan sariawan dan bisa muncul di bagian manapun sekitar lidah. Bagian tengah dari bercak berwarna merah atau putih tersebut biasanya lunak dan sering mengalami pendarahan. Pendarahan itu dapat terjadi apabila tekanan yang diterima oleh bagian lidah terlalu besar ketika mengunyah makanan, minum, atau menelan makanan. Dari gejala inilah dapat dikenali bahwa sariawan yang diderita bukan sariawan biasa.

  1. Kebas Mulut (mati rasa)

Kebas mulut atau rasa lidah yang terlalu tebal menyebabkan mati rasa pada indera pengecap. Lidah tidak mampu merasakan rasa manis, asam, maupun asin. Rasa kebas ini merupakan satu gejala kanker lidah yang akan semakin akut bila tidak diatasi. Kebas tidak kunjung hilang bersamaan dengan sariawan dan sakit tenggorokan yang tidak seperti pada umumnya gejala panas dalam. (baca juga : Penyebab Kanker Lidah, Penyebab Kanker Nasofaring)

  1. Benjolan

Gejala lain yang menjadi indikator kanker lidah adalah munculnya benjolan yang semakin mengeras di sekitar area lidah, benjolan juga dapat muncul di bagian belakang tenggorokan sehingga mengakibatkan sulit untuk membuka mulut. Benjolan pada kanker lidah berbeda dengan benjolan sariawan atau lipom. Benjolan kanker lidah akan sangat peka dengan sentuhan. Kepekaan itu dapat mengakibatkan pendarahan apabila disentuh atau tersenggol oleh makanan yang cukup keras.

Sponsors Link

Kelima gejala tersebut merupakan indikator awal yang dapat diamati oleh mata. Segera lakukan pemeriksaan jika muncul bintik pada lidah yang menimbulkan rasa nyeri dalam waktu lebih dari dua minggu. Bintik ini sebenarnya dapat diamati oleh dokter gigi yang berpengalaman pada pengamatan jaringan halus. Namun, untuk lebih nyamannya konsultasikan pada dokter spesialis kanker untuk mendapatkan diagnosa lebih dini. (baca juga : Gejala Kanker Tenggorokan)

Kanker lidah pada umumnya menyerang orang dewasa, tapi tidak menutup kemungkinan juga anak- anak. Apalagi bagi perokok dan pecandu alkohol sangat berpotensi terkena penyakit mematikan ini. Kanker lidah dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut. Hal yang paling mudah dilakukan adalah menggosok gigi teratur serta menghilangkan kuman dengan cairan pembersih mulut. Menjaga pola hidup sehat dan menyeimbangkan antara pola makan dan pola pikir akan menunjang pencegahan penyakit mematikan seperti kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 17th, December 2016 / 03:48 Oleh :
Kategori : Kanker Lidah