Sponsors Link

4 Cara Mencegah Kanker Lidah yang Mudah Dilakukan

ads

Kanker mulut merujuk pada kanker yang tumbuh di bagian-bagian di dalam mulut. Kanker mulut merupakan salah satu jenis penyakit yang masuk ke dalam kelompok kanker leher dan kepala. Kanker di bagian kepala, kanker leher serta kanker mulut memiliki cara pengobatan yang relatif sama. Kanker mulut sendiri bisa menyerang bagian – bagian mulut, seperti:

  • Bibir
  • Gusi
  • Langit-langit mulut
  • Dasar mulut
  • Daerah sekitar pipi bagian dalam
  • Lidah

Khususnya kanker lidah pada bahasan kali ini, terjadi apabila saat sel di dalam bagian mulut yang mengalami mutasi dalam DNA-nya. Mutasi atau perubahan DNA ini memungkinkan sel kanker untuk tumbuh dan membelah diri ketika sel-sel yang sehat akan mati. Sel-sel yang mati dan membentuk sel kanker selanjutnya menumpuk di dalam mulut menjadi tumor. Dari waktu ke waktu, tumor ini bisa menyebar ke bagian lain dalam mulut bahkan hingga ke kepala, leher dan bagian tubuh lainnya. Pada awalnya kanker yang muncul masih berbentuk pipih dan kecil sehingga kemungkinan untuk dideteksi dengan kasat mata masih sulit. Namun seiring pertumbuhannya, kanker pun akan mudah dapat diketahui bahkan oleh orang awam.

Faktor Resiko penyebab Kanker Lidah

Ada beberapa hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang beresiko tinggi terkena kanker lidah. Dan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kanker lidah, ada baiknya anda menghindari hal-hal berikut ini:

  • Tembakau, baik dalam bentuk rokok, dan dalam bentuk yang lainnya ( penyebab kanker yang paling umum terjadi)
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Sering terkena sinar matahari langsung
  • Terkena virus yang ditularkan melalui aktifitas seksual yaitu virus human papillomavirus (HPV)

Cara Mencegah Kanker Lidah dengan Gaya Hidup

Walaupun belum ada cara yang benar-benar terbukti untuk mencegah kanker lidah, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai langkah berikut ini, guna menghindarkan diri dari penyakit berbahaya seperti kanker lidah :

1. Jangan merokok dan jangan mulai merokok. Jika anda seorang perokok aktif, mulai sekarang anda sebaiknya berhenti merokok. Rokok bisa menyebabkan penyakit kanker termasuk kanker lidah. Tembakau di dalam rokok mengandung zat – zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.

2. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol bisa mengiritasi sel – sel di dalam mulut dan meningkatkan resiko kanker.

Sponsors Link

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Berbagai vitamin dan antioksidan di dalam buah dan sayur bisa membantu mengurangi resiko terkena kanker mulut termasuk kanker lidah. Dan, mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

4. Ke dokter gigi secara teratur. Memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin bisa membantu untuk mencegah tumbuhnya sel – sel kanker di dalam mulut. Saat memeriksakan diri ke dokter, minta juga dokter anda untuk memeriksa seluruh bagian mulut untuk mengantisipasi jikalau ada area di dalam mulut yang mungkin terkena kanker.

Diagnosa Kanker Lidah

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang menderita kanker lidah atau tidak. Berikut beberapa cara serta prosedur yang harus ditempat untuk mendiagnosis kanker lidah :

1. Pemeriksaan fisik

Untuk mendiagnosis kanker lidah, dokter akan memeriksa bibir dan mulut untuk melihat apakah terdapat ketidaknormalan atau tidak. Ketidaknormalan ini merujuk pada iritasi, seperti rasa sakit di mulut atau bibir dan bisa juga lidah, serta gejala lainnya bisa berupa bintik-bintk merah di dalam mulut atau lidah yang terlihat tidak wajar.

2. Pengambilan sampel jaringan

Jika terdapat bagian di dalam mulut yang mencurigakan maka dokter akan mengambil jaringan tersebut untuk dijadikan sampel dalam pengujian laboratorium yang disebut dengan prosedur biopsi. Di dalam prosedur biopsi tersebut, sel – sel dari jaringan yang diambil akan dianalisa apakah ada tanda-anda sel kanker atau tidak.

Jika setelah pemeriksaan, dokter mendiagnosa bahwa ada tumor di bagian lidah, maka pemeriksaan lanjutan akan dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kanker yang diderita. Pemeriksaan kanker lidah selanjutnya, meliputi:

  • Dokter menggunakan alat untuk memeriksa bagian tenggorokan. Selama prosedur pemeriksaan yang disebut dengan istilah endoskopi, dokter akan memasukan alat yang disertai sinar ke dalam bagian tenggorokan untuk melihat apakah kanker sudah menyebar ke dalam bagian tersebut atau belum.
  • Pemeriksaan dengan menggunakan citra. Pencitraan bagian mulut dan atau tenggorokan bisa membantu untuk melihat apakah kanker sudah menyebar di luar bagian mulut atau tidak. Pemeriksaan seperti ini biasanya menggunakan Sinar X, Computerized Tomography atau CT Scan, MRI atau Magnetic Resonance Imagining hingga PET Scan. s
Sponsors Link

Seorang pasien yang didiagnosa menderita kanker tidak harus menjalani semua tes yang sudah disebutkan di atas, dokter akan memutuskan tes atau pemeriksaan apa yang akan dilakukan kepada pasien tersebut sesuai dengan kondisi si pasien.

Tingkatan dalam kanker menurut parah dan apakah kanker sudah menyebar atau belum, digunakan angka romawi. Tingkatan yang paling rendah adalah stadium I yakni stadium awal, mengindikasikan jika sel kanker masih berukuran kecil dan hanya terdapat di bagian tertentu saja, seperti lidah. Tingkatan yang paling tinggi yakni stadium IV mengindikasikan jika tumor sudah berukuran besar dan sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Jika stadium kanker sudah diketahui, hal tersebut akan membantu dokter menentukan treatmen atau penogobatan yang sesuai bagi pasien tersebut.

Gejala Kanker Lidah

Jika seorang terkena kanker lidah, ia bisa mengalami beberapa gejala – gejala yang menandakan jika ia terkena kanker lidah. Gejala – gejala tersebut meliputi:

  • Rasa sakit yang tak kunjung sembuh
  • Munculnya benjolan atau penebalan pada area lidah
  • Muncul bercak putih atau kemerahan di dalam mulut
  • gigi palsu sulit digunakan
  • sakit pada lidah yang sangat
  • kaku dan nyeri pada rahang
  • mengalami kesulitan saat mengunyah
  • timbulnya nyeri di tenggorokan

jika menemukan dan merasakan gejala-gejala tersebut dan dalam waktu yang berkepanjangan, penting bagi anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Lebih cepat keadaan tersebut diketahui dokter, lebih besar kesempatan anda untuk benar-benar sembuh dari kanker.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 25th, September 2015 / 06:24 Oleh :
Kategori : Kanker Lidah