Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Gejala Kanker Lambung Paling Parah

ads

Sebenarnya mengenai gejala kanker lambung ini belum diketahui secara pasti. Tetapi secara umum gejala ini berhubungan dengan dengan tukak lambung, peradangan pada lambung yang disertai penyusutan pada lambung atau faktor genetik. Dari beberapa penelitian juga didapatkan hasil ada hubungan antara kanker lambung dengan makanan yang dikonsumsi oleh orang tersebut. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker LambungMakanan yang Dapat Menyebabkan Kanker)

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenali beberapa gejala dari kanker lambung ini dan membahas mengenai detail dari gejala- gejala ini. selain gejala- gejala, kita juga akan membahas mengenai hal- hal lain yang berhubungan dengan kanker lambung ini seperti penyebab kanker lambung. Sebenarnya, gejala kanker lambung itu dibagi menjadi dua tahap yakni pada tahap awal dan juga tahap yang parah.

Gejala kanker lambung pada tahap awal

Kanker lambung pada tahap awal ditandai dengan terjadinya gejala- gejala sebagai berikut:

1. Mual

Gejala pertama dari kedatangan kanker lambung ini adalah mual. Mual- mual akan seringkali dirasakan pada orang yang terserang kanker lambung. Namun, mual saja tidak mengindikasikan kasikan seseorang mengidap kanker lambung. Dicurigai terkena kanker lambung ketika seseorang juga mengalami tanda- tanda lainnya disamping mual ini. (Baca Juga: Gejala dan Ciri Ciri Kanker Otak)

2. Muntah

Selain merasa mual, gejala kanker lambung juga ditandai dengan muntah. Memang adalah hal yang wajar jika mual ditindaklanjuti dengan muntah. Namun ketika hal ini terjadi secara rutin atau terus- terusan, maka kita perlu membawa diri atau memeriksakan diri ke dokter. Namun mual dan dilanjutkan dengan muntah ini juga bukan merupakan satu- satunya gejala seseorang mengidap kanker lambung. Pasalnya ada banyak penyakit yang ditandai dengan gejala mual dan sisertai muntah. Seseorang dicurigai mengidap kanker lambung ketika ditemukan juga gejala- gejala lainnya. (Baca Juga: Kanker Otak Stadium 1)

3. Perut terasa kembung

Perut yang terasa kembung terlalu sering bisa jadi seseorang terkena kanker lambung. Namun hal itu belum bisa disimpulkan secara utuh, karena perut yang kembung ini merupakan salah satu ciri kedatangan berbagai penyakit. Dengan kata lain, penyakit yang ditandai dengan peru kembung bukan hanya kanker lambung saja.

Perut yang kembung merupakan perut yang terlalu banyak terisi angin. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menepuk- nepuk perut. Apabila perut berbunyi nyaring seperti tong kosong maka kemungkinan kita terserang perut yang kembung. Perut kembung ini hanyalah salah satu dari beberapa gejala yang mengindikasikan kenker lambung. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Halus , Penyebab Kanker Empedu )

4. Seringkali bersendawa

Seringkali bersendawa merupakana salah satu ciri dari penyakit lambung. Tidak hanya kanker lambung, namun sering bersendawa juga merupakan salah satu gejala dari asam lambung yang naik. Sendawa memang sangat berkaitan dengan perut yang kembung. Sehingga apabila perut seseorang kembung kemudian diteruskan dengan banyak bersendawa itu merupakan hal yang wajar. Namun bila seseorang seringkali mengalami hal seperti ini (perut kembung dan sering bersendawa) maka sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan perutnya.

5. Perut terasa mulas atau sakit

Gejala dari kanker lambung yang selanjutnya adalah perut seringkali merasakan mulas atau sakit. Satu atau dua kali merasakan mulas adalah suatu hal yang wajar terjadi pada seseorang. Namun ketika perut seringkali mengalami mulas dan juga sakit dengan intensitas atau frekuensi yang berlebihan, maka hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Akan lebih baik jika kita segera membawa diri ke dokter dan memeriksakan diri ke dokter terkait dengan kesehatan lambung kita.

sponsored links

6. Nyeri pada tulang dada

Barangkali gejala- gejala di atas merupakan gejala yang umum yang dirasakan oleh beberapa orang. Dengan kata lain gejala- gejala di atas merupakan beberapa gejala yang umum terjadi pada seseorang dan belum cukup mengindikasikan terjadinya penyakit tertentu, termasuk kanker lambung.

Bac juga:

Gejala yang lebih khusus yang menandai terjadinya penyakit kanker lambung adalah nyeri pada tulang dada. Nyeri pada tulang dada merupakan salah satu tanda atau gejala yang dialami pada orang yang terkena kanker lambung. Lambung memang ada hubungannya dengan oran yang ada di dada, sehingga kanker lambung juga akan menimbulkan sakit di bagian dada.

7. Sulit menelan makanan

Gejala khusus terjadinya kanker lambung selanjutnya adalah sulitnya menelan makanan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya lambung ini merupakan muara dari berbagai makanan yang masuk dari mulut. Sehingga apabila lambung kita mengalami luka atau kanker, muncul kesulitan pada diri kita untuk menelan makanan tersebut. Jika sudah sampai tahap ini gejala- gejala yang menyerang diri Anda, maka perlu sekali untuk emmeriksakan terkait lambung kita ke dokter. Akan lebih baik jika kita pergi ke dokter spesialis yang biasa menangani masalah lambung atau khusus organ dalam lainnya. (Baca Juga: Gejala Kanker Tiroid , Gejala Kanker Pita Suara )

8. Seringnya mengalami gangguan pencernaan

Gejala terakhir yang menandai kanker lambung awal setelah beberapa gejala yang sudah dijelaskan di atas adalah seringkali terjadi gangguan pencernaan atau ada gangguan pencernaan yang sering kumat atau sering melanda perut seseorang. Jika seseorag mengalami semua gejala yang telah disebutkan di atas dan juga gejala yang terakhir ini maka diindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit kanker lambung stadium awal. Untuk mengetahuinya secara pasti, kita bisa membawanya ke dokter agar dokter melakukan beberapa pengecekan terhadap perut kita, sehingga diketahui masalah yang pasti. Jangan ditunda- tunda, pasalnya kanker labung bukanlah penyakit yang bisa diremehkan.

(Baca Juga: Penyebab Kanker Anal , Gejala Kanker Anal)

Itulah beberapa gejala yang menandai datangnya kanker lambung stadium awal. Kanker lambung syadium awal akan dapat kita curigai kedatangannya ketika kita merasakan tidak hanya satu atau dua gejala saja, namun sebagian besar dari gejala- gejala tersebut atau hampir semua dari gejala tersebut. Namun sekali lagi untuk lebih pasti kebenarannya kita harus memeriksakan diri ke dokter dan mengecek secara medis kebenarannya. Setelah stadium awal, ada beberapa gejala lain lagi jika seseorang mengalami kanker lambung stadium lanjut atau tingkatan yang lebih parah.

Gejala kanker lambung pada tahap yang lebih parah

Berikut ini beberapa gejala kanker lambung yang terjadi pada tingkatan yang lebih parah. Dengan kata lain gejala berikut ini akan terjadi ketika kita sudah melewati beberapa gejala yang dijelaskan di atas.

1. Muntah darah

Gejala pertama yang terjadi pada kanker lambung tingkatan lanjut adalah terjadinya muntah darah. Muntah darah merupakan akibat dari lambung kita yang terluka akibat kanker. Kanker lambung atunya lambung kita mengalami luka, dan merupakan hal yang wajar jika luka pada lambung kita menimbulkan darah. Ketika lambung kita berdarah maka akan memicu kita menjadi ingin muntah. Dan ketika kita muntah, maka darah yang berada di lambung kita akan ikut keluar sehingga seolah kita mengalami muntah darah. (Baca Juga: Ciri-Ciri Kanker Hati yang Sangat Mematikan)

2. Anemia

Gejala yang dapat timbul dari kanker lambung yang selanjutnya adalah terjadinya anemia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya anemia ini merupakan penyakit kurang darah. Pada saat lambung kita terluka akibat kanker, trombosit yang ada di dalam tubuh kita berkurang jumlahnya sehingga kita mengalami gejala anemia yang dapat membuat tubuh atau badan kita menjadi lemah, letih, lesu, lemas, lelah, lunglai. (Baca Juga: Gejala Kanker Darah)

3. Sakit kuning

Sakit kuling merupakan salah satu gejala seseorang terkena kanker lambung yang parah. Sakit kuning ini terjadi dengan ditandai dengan badan kita atau kulit kita berwarna seperti kekuning- kuningan daripada tubuh atau badan kita biasanya. Sakit kuning ini merupakan penyakit yang tidak boleh diremehkan karena merupakan salah satu penyakit yang berbahata mabi manusia. Sakit kuning juga merupakan sebuah penyakit yang menandai terjadinya penyakit lain, salah satunya penyakit kanker lambung ini. (Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Payudara)

4. Hilangnya nafsu makan

Nafsu makan yang hilang merupakan salah satu tanda dari penyakit kanker lambung. Lambung merupakan wadah makanan yang masuk dari dalam mulut. Jika lambung kita terluka pastilah tidak ada keinginan untuk menelan makanan. Otomatis tidak ada keinginan untuk untuk makan, dengan kata lain nafsu makan kita akan mengalami penurunan. (Baca Juga: Gejala Kanker Ginjal )

5. Tubuh merasa lelah

Gejala selanjutnya dari kanker lambung yang sudah parah adalah tubuh terasa lelah. Sudah dikatakan sebelumnya mengenai anemia adalah salah satu gejala dari kanker lambung parah. Anemia ini salah satu gejalanya adalah badan terasa lemas dan cepat lelah. Sehingga dapat dikatakan bahwasannya tubuh yang sering merasa lelah merupakan salah satu gejala dari kanker lambung yang parah. Selain karena anemia, yang membuat tubuh menjadi cepat lelah adalah karena hilangnya nafsu makan pada seseorang. ketika seseorang kehilangan nafsu makannya, maka nutrisi yang diserap dalam tubuh akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan tubuh tidak seimbang antara aktivitas yang dilakukan dengan nutrisi yang didapatkan. Akibatnya tubuh seseorang akan mudah mengalami kecapekan atau kelelahan. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Otak Pada Anak)

6. Penurunan berat badan

Salah satu gejala dari kanker lambung parah yang sudah disebutkan di atas adalah hilangnya nafsu makan. Ketika seseorang mengalami penurunan nafsu makan, otomatis asupan makanan yang didapatkan tubuh menjadi berkurang. Ketika asupan makanan yang ada di dalam tubuh menjadi berkurang maka tubuh seseorang akan kekurangan nutrisi atau nutrisi yang akan didapatkan seseorang menjadi berkurang daripada biasanya. Hal ini akan mempengaruhi berat badan yang dimiliki seseorang menjadi berkungan daripada berat badan awal. Maka sari itu penurunan berat badan dimasukkan sebagai salah satu gejala dari kanker lambung yang sudah parah.

7. Feses berwarna hitam atau berdarah

Selanjutnya yang menjadi gejala terjadinya kanker lambung adalah adanya feses atau tinja yang berwarna kehitam- hitaman atau terdapat darah pada feses/ tinja kita. Hal ini kemungkinan karena adanya reaksi dari lambung yang berdarah sehingga tinja yang merupakan sisa- sisa makanan yang dimakan oleh kita juga ikut terkena darah dari lambung tersebut. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar)

8. Terjadi pembengkakan pada perut

Gejala yang selanjutnya dan sekaligus menjadi gejala terakhir dari kanker lambung adalah terjadinya pembengkakan pada perut. Pembengkakan pada perut ini terjadi karena adanya kanker di lambung kita. Mengapa perut yang mengalami pembengkakan? Hal ini karena lambung terletak di dalam perut. Maka dari itu perut kita mengelami pembengkakan. (Baca Juga: Ciri Benjolan Kanker Payudara)

Sponsors Link

Itulah beberapa gejala yang menandai datangnya kanker lambung ini, baik itu kanker lambung stadium awal atau yang lebih parah. Bila Anda mengalami beberapa gejala tersebut dalam waktu yang beriringan maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera memeriksakan ke dokter gar lekas bisa ditangani dan tidak lebih parah.

Penyebab Kanker Lambung

Terjadinya kanker lambung pada manusia ini bisa dipicu karena beberapa bah. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kanker lambung antara lain:

  1. Merokok
  2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan- makanan sebagi berikut: daging asap, garam, ikan asin, acar, dan makanan yang mengandung aflatoksin
  3. Infeksi bakteri pylori
  4. Menderita infeksi lambung dalam waktu yang cukup lama
  5. Pernah menjalani operasi pada bagian lambung
  6. Menderita anemia pernisiosa
  7. Memiliki keluarga atau kerabat yang mempunyai penyakit kanker lambung juga
  8. Mempunyai kondisi yang memicu terjadiya polip di lambung
  9. Pernah menderita penyakit kanker di bagian lain.

(Baca Juga: Kanker Usus Besar , Penyebab Kanker Usus Besar)

Itulah beberapa penyebab yang dapat memicunya kanker lambung ini. Kemudian kanker lambung ini terjadi dalam empat tahap atau yang disebut dengan stadium.

Tahapan dalam Kanker Lambung

Beberapa stadium atau tahapan dalam kanker lambung adalah sebagai berikut:

  • Stadium 1. Kanker mulai tumbuh di lapisan jaringan dalam lambung dan mulai menyebar pada kelenjar getah bening yang berada di paling dekat.
  • Stadium 2. Sel kanker mulai menyebar di kelenjar getah bening dan semakin meluas dan mulai menyebar di lapisan otot pada dinding lambung.
  • Stadium 3. Sel kanker sudah menggerogoti seluruh lapisan lambung atau sel kanker yang kecil- kecil banyak menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 4. Merupakan stadium akhir dimana sel kanker sudah menyerang organ tubuh lainnya.

(Baca Juga: Stadium Kanker Usus (0-4) , Stadium Kanker Otak dan)

Itulah beberapa informasi mengenai kenker lambung. Semoga dengan infirmasi tersebut kita akan semakin waspada.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 07th, October 2016 / 09:22 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung