Sponsors Link

8 Gejala Awal Kanker Lambung yang Patut Diwaspadai

ads

Lambung merupakan salah satu bagian dari sistem perncernaan manusia. Organ ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf J, letaknya diantara bagian akhir dari esofagus dan bagian awal dari usus halus. Di dalam tubuh manusia lambung menjalankan fungsinya saat ada asupan yang masuk ke perut. Beberapa fungsi dari lambung diantaranya sebagai media penyalur hasil pengolahan makanan yang berbentuk cair untuk digiring masuk hingga usus dua belas jari, sebagai tempat penampungan makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia hingga beberapa lama, sebagai tempat untuk mengubah protein yang terkandung di dalam makanan menjadi bentuk pepton, dan sebagainya. (Baca juga : Penyebab Kanker Lambung dan Gejalanya , Kanker Pankreas)

Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka organ pencernaan ini pun tak luput dari berbagai gangguan yang dapat menghambat fungsinya di dalam tubuh. Selama ini gangguan pada lambung yang sudah sangat akrab di telinga masyarakat adalah penyakit maag. Adapun beberapa gangguan pada lambung lainnya seperti gastritis, dyspepsia (rasa sakit pada perut bagian atas), GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease), dan sebagainya. Selain beberapa gangguan pada lambung diatas, perlu Anda ketahui pula bahwa ada satu penyakit berbahaya yang juga dapat mengancam lambung Anda. Penyakit tersebut adalah kanker lambung. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Lambung , Bahaya Kanker Darah)

Apa yang Dimaksud Dengan Kanker Lambung?

Kanker lambung adalah jenis tumor ganas yang tumbuh pada lapisan organ lambung. Kanker lambung merupakan salah satu penyakit serius yang dapat mengancam jiwa penderitanya. Secara teori, penyebab kanker lambung sebenarnya masih belum dapat diketahui secara pasti. Tetapi, seperti jenis kanker yang menyerang organ tubuh lainnya, diagnosis kanker lambung dapat ditegakkan apabila sel-sel pada bagian tertentu di dalam lambung mengalami perkembangan yang tidak terkontrol. (Baca juga : Tanda Awal Kanker Gusi , Tanda Kanker Rahim Stadium Awal)

Akibat dari kondisi tersebut maka sel-sel yang seharusnya dapat membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik, akan berubah menjadi tumor ganas yang justru dapat merusak dan menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya. Kanker lambung terdiri dari beberapa jenis, namun salah satu jenis kanker yang paling umum diderita adalah adenocarcinoma, yaitu kanker pada lapisan mukosa, lapisan yang dapat menghasilkan asam lambung. (Baca juga : Gejala Leukemia Stadium 2 , Penyebab Leukimia Pada Anak)

Sponsors Link

Apa Saja Gejala Awalnya?

Kanker memang identik dengan penyakit yang cepat meningkat stadiumnya jika tidak diobati dan dapat cepat menyebar menggerogoti organ tubuh lain di sekitarnya. Oleh karena itu, mengetahui gejalanya dari awal adalah hal penting agar penanganan dapat segera dilakukan. Seperti jenis kanker lainnya, kanker lambung juga memiliki gejala awal tersendiri. Beberapa dari gejala awal kanker lambung ini mirip dengan gejala penyakit lain yang juga menyerang lambung, dan mungkin diantaranya pernah Anda alami. Apa saja gejala-gejalanya? (Baca juga : Tanda Awal Kanker Otak , Tanda tanda Kanker Otak)

  1. Perut Terasa Mulas atau Sakit

Sakit perut ataupun rasa mulas yang melanda perut adalah kondisi umum yang biasa terjadi pada semua orang. Namun berhati-hatilah jika Anda sering merasakan gejala ini dan terjadi berkepanjangan tanpa sebab yang jelas, karena bisa jadi rasa sakit atau mulas yang dialami adalah tanda awal dari kanker lambung. Terlebih jika nyeri perut yang dialami terasa di sebelah kiri. Hal ini dapat terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal pada lambung sehingga dapat menyebabkan rasa sakit pada perut. (Baca juga : Penyebab Kanker Ovarium , Gejala Kanker Ovarium)

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan yang terjadi secara tiba-tiba dapat mengindikasikan adanya sel kanker yang sedang tumbuh di dalam lambung. Karenanya, jangan diabaikan jika Anda mengalami gejala ini yang berkepanjangan. Hilangnya nafsu makan dapat diakibatkan karena rasa nyeri pada perut bagian atas yang pada akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Rasa yang tidak nyaman ini kemudian akan semakin terasa setelah makan. Dampak yang paling terlihat jika seseorang kehilangan nafsu makannya adalah penurunan berat badan. Sedangkan untuk dampak yang tidak terlihat namun berbahaya adalah timbulnya luka pada bagian atas perut dan luka ini dapat bertambah parah. (Baca juga : Ciri-ciri Awal Kanker Rahim , Tanda tanda Kanker Rahim)

  1. Pendarahan Gastrointestinal

Pendarahan gastrointestinal atau pendarahan saluran cerna adalah suatu pendarahan yang dapat terjadi di sepanjang saluran pencernaan mulai dari mulut hingga anus. Pendarahan gastrointestinal biasanya diawali oleh terjadinya peradangan pada lambung dalam waktu yang cukup lama dan tidak diobati. Muntah darah atau hematemesis serta tinja yang berwarna hitam dan bercampur darah adalah salah satu tanda seseorang yang sedang mengalami pendarahan gastrointestinal. (Baca juga : Makanan Pencegah Kanker Rahim , Penyebab Kanker Rahim)

  1. Perut Kembung dan Sering Bersendawa

Rasa kembung pada lambung adalah suatu gejala yang biasa terjadi pada penderita maag. Namun, berhati-hatilah karena rasa kembung ternyata tidak dialami oleh mereka yang memiliki maag saja, tetapi juga oleh mereka yang lambungnya sedang digerogoti oleh sel kanker. Sekitar 70% dari penderita kanker lambung merasakan gejala ini pada stadium awal. Selain perut yang kembung, frekuensi bersendawa yang semakin meningkat juga dapat menjadi indikasi penyakit berbahaya ini. Perut kembung dan sendawa yang dialami oleh penderita dapat terjadi baik ketika mereka sedang beraktivitas maupun ketika mereka sedang beristirahat. (Baca juga : Tanda-tanda Kanker Paru-paru , Gejala Kanker Usus Halus)

  1. Cepat Kenyang Saat Makan

Sel kanker yang tumbuh pada lambung akan membuat lambung terasa penuh sehingga penderitanya akan merasa cepat kenyang, terlebih ketika ditambah dengan masuknya asupan makanan. Gejala ini memang sedikit sulit untuk diketahui mengingat banyak orang normal yang juga dapat mengalami perasaan cepat kenyang disaat makan. (Baca juga : Pengobatan Kanker Paru-paru Secara Alami , Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal)

Sponsors Link

  1. Mual dan Muntah

Rasa mual memang dapat disebabkan oleh banyak faktor. Tetapi rupanya rasa mual ini juga merupakan tanda awal dari kanker lambung. Rasa mual yang terjadi dapat disebabkan karena lambung sedang dalam kondisi yang tidak baik dan tidak dapat berfungsi secara optimal akibat sel-sel kanker yang berada di dalamnya. Akibatnya makanan yang masuk ke lambung tidak dapat diterima dengan baik oleh organ pencernaan ini dan selanjutnya dapat menyebabkan perut terasa mual bahkan hingga muntah. (Baca juga :Cara Melakukan Pencegahan Kanker Paru-paru , Cara Mengobati Kanker Serviks)

  1. Sulit Menelan Makanan

Selain gejala-gejala yang telah disebutkan, penderita kanker lambung stadium awal juga mengalami rasa sulit ketika menelan makanan. Hal ini dapat terjadi karena penderita merasakan lambungnya seolah-olah sudah penuh sehingga sulit untuk menerima makanan yang masuk. Kondisi yang demikian tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderita dan dapat menurunkan nafsu makannya. (Baca juga : Pengobatan Kanker Paru-paru , Cara Mencegah Kanker Serviks)

  1. Nafas yang Kurang Sedap

Nafas yang berbau kurang sedap ataupun bau mulut seringkali dikaitkan erat dengan kesehatan mulut. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bau mulut atau nafas yang kurang sedap ini merupakan salah satu indikasi adanya kanker lambung. Gejala ini sebenarnya cukup seulit untuk dideteksi karena bau mulut atau nafas yang kurang sedap dapat pula dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu bau mulut. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Dini , Cara Deteksi Dini Kanker Serviks dan Pencegahannya)

Itulah beberapa gejala awal dari kanker lambung yang perlu Anda waspadai. Kanker lambung yang terjadi pada stadium awal adalah kanker yang sudah mulai tumbuh di dalam lapisan jaringan pada lambung ataupun sudah mulai menyebar pada kelenjar getah bening terdekat. Karenanya jika kanker lambung dapat diketahui secara dini tentunya akan dapat meningkatkan harapan hidup seseorang hingga 90%. Tentunya dengan tetap menjalani pengobatan secara teratur dan disiplin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.(Baca Juga: Gejala Kanker Pankreas)

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 23:45 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung