Sponsors Link

10 Ciri Ciri Kanker Lambung Stadium Awal

ads

Perut manusia didesain dengan fungsi yang sedemikian kompleks dan menakjubkan bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan perut memiliki beberapa organ penting yang terlindungi di dalamnya. Salah satu organ utama yang berperan penting dalam proses pencernaan dan pengolahan sari-sari makanan adalah lambung. Sebagai bagian dalam sistem pencernaan manusia, lambung haruslah dalam kondisi yang prima agar proses pencernaan dapat terus berlangsung dengan baik. Namun, lambung juga dapat terancam penyakit berbahaya salah satunya kanker lambung. (Baca juga: Makanan pemicu kanker , Gejala Kanker Lambung)

Kanker lambung adalah jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tergerogotinya jaringan-jaringan dalam lambung oleh sel kanker. Bila tidak segera mendapat penanganan yang serius, sel-sel kanker dalam jaringan lambung akan dengan cepat menyerang organ tubuh lainnya. Kanker lambung umumnya diderita oleh orang dewasa yang telah berusia di atas 50 tahun. Namun, sejatinya penyakit ini dapat menyerang siapa pun tanpa memandang lapisan usia dan jenis kelamin.

Baca Juga:

Seperti jenis kanker lain, kanker lambung juga memiliki stadium atau tingkatan kondisi tergantung kondisi keparahan jaringan lambung yang telah terpapar sel kanker. Gejala yang ditunjukkan juga berbeda-beda pada setiap stadiumnya. Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang ciri-ciri kanker lambung stadium awal yang tampaknya masih berupa gejala ringan, namun dapat mengancam jiwa bila tidak segera ditangani dengan tepat. Bukan tidak mungkin kanker lambung itu akan meningkat menjadi kanker lambung stadium menengah hingga akhir.

(Baca juga: Gejala Awal Kanker Otak , Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan waspada akan gejala kanker lambung stadium awal meski pada umumnya gejala-gejala itu masih sulit dikenali. Hal ini sangat penting sebagai upaya kewaspadaan untuk menangkal kanker agar tidak menjalar semakin parah dan menyerang organ tubuh yang lain. Banyak orang yang tidak peduli dan cenderung mengabaikan gejala-gejala aneh yang dirasakan di area perut, khususnya bila mereka mengidap penyakit maag.

Gejala-gejala awal kanker lambung yang timbul memang tampak sepele. Contohnya, seperti rasa mual, sakit perut dan perih di lambung. Jangan salah, gejala-gejala sepele itu bisa menjadi sinyal ancaman bahwa ada sesuatu yang salah dengan lambung kita yang bukan tidak mungkin akan menyebabkan kanker lambung di kemudian hari.

Penyebab kanker lambung sebenarnya bisa sangat beragam. Faktor-faktor utama pemicu kanker lambung stadium awal adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan berkadar garam tinggi, genetika, sering mengkonsumsi makanan olahan yang diasap, minum alkohol, merokok, kurang asupan serat dan terpapar kuman helicobacter pylory.

Sponsors Link

Baca Juga:

Setelah memahami penyebab kanker lambung di atas, kita harus juga memahami dan mengenali ciri-ciri kanker lambung stadium awal agar dapat mengantisipasinya. Bila ciri-ciri kanker lambung dapat terdeteksi dengan baik dan cepat, pengobatan yang dilakukan akan makin mudah agar sel-sel kanker tidak makin menyebar ke organ tubuh lain.(Baca juga: gejala kanker lambung stadium awal)

Berikut adalah rangkuman beberapa ciri-ciri umum kanker lambung stadium yang perlu diamati dan dipelajari

1. Perut Kembung dan Sering Bersendawa

Saat perut kerap kembung dalam jangka waktu lama dengan frekuensi berulang, bisa dipastikan itu bukanlah sakit maag biasa. Kebanyakan gejala kanker lambung selalu diawali dengan perut kembung dan sendawa yang terus-menerus. Hal ini dikarenakan lambung mengalami banyak penumpukan gas yang coba dikeluarkan tubuh secara alami melalui mekanisme sendawa. (Baca Juga: Gejala Kanker Usus Besar , Gejala Kanker Usus Halus)

2. Sering Mulas

Mulas kerap dianggap kondisi biasa dan orang-orang cenderung mengabaikan rasa nyeri di perut itu dengan asumsi mereka hanya salah makan atau kurang asupan serat. Namun, waspada bila mulas yang dirasakan berlangsung lama dan susah dihilangkan meski sudah menelan obat sekalipun. Bisa jadi itu adalah indikasi ada yang salah dengan lambung Anda. (Baca juga: Ciri kanker rahim , Penyebab Kanker Kandung Kemih)

3. Tulang Dada Nyeri

Orang yang sudah terdiagnosa menderita kanker lambung akan mengalami rasa sakit yang terasa tidak hanya di perut, namun juga menjalar hinga tulang dada. Ini tanda sel kanker mulai menyerang organ dan jaringan yang ada di sekitar lambung. (Baca Juga: Gejala Awal Kanker Tulang , Tanda Kanker Tulang , Penyebab Kanker Tulang)

4. Mudah Merasa Kenyang

Kanker lambung menyebabkan proses pencernaan terganggu, maka wajar bila penderitanya akan mudah kenyang saat makan. Lambung sudah sulit menerima asupan makanan yang masuk. (Baca Juga: Gejala Kanker Ovarium , Gejala Kanker Hati)

5. Kerap Mual Disertai Muntah

Sakit perut biasa seperti maag atau flu perut memang selalu disertai gejala mual dan muntah, maka wajar bila banyak orang tertipu dan tidak sadar bahwa bahaya kanker lambunglah yang sedang mengintai mereka. Penderita kanker lambung akan merasakan rasa mual dan muntah yang berkepanjangan dan tidak normal, bahkan dapat disertai dengan muntah darah. (Baca juga: Manfaat akupreser untuk mengobati kanker)

6. Sulit Menelan Makanan

Selain saluran pencernaan yang terganggu, penderita kanker lambung juga akan bermasalah dalam hal saluran eksofagus atau kerongkongannya. Hal ini karena otot-otot dan jaringan yang menyambung antara kerongkongan hingga lambung juga ikut terpapar sel kanker sehingga mengganggu fungsi normalnya.

Sponsors Link

7. Berat Badan Menurun Drastis

Jangan girang dulu bila mendapati tiba-tiba berat badan Anda menyusut dengan mudahnya, padahal selama ini diet yang mati-matian Anda terapkan tidak pernah membuahkan hasil. Waspadalah karena ini bisa jadi merupakan salah satu ciri-ciri kanker lambung. Seperti halnya jenis kanker lain, kanker lambung juga dapat menyebabkan berat badan menurun drastis karena penurunan fungsi kerja lambung dalam mencerna makanan sehingga mengakibatkan tidak terserapnya vitamin dari makanan untuk tubuh. (Baca Juga: Tanda tanda Kanker Otak)

8. Peradangan Lambung

Radang lambung diawali dengan rasa perih yang menusuk pada lambung. Gejalanya mirip dengan maag, namun dalam intensitas yang lama dan lebih parah. Bila tidak segera diobati, besar kemungkinan radang lambung akan berubah menjadi kanker lambung. (Baca juga: Pencegahan kanker lambung)

9. Muntah Darah

Saat lambung sudah tidak bekerja sevara normal, tubuh kita akan otomatis kekurangan asupan gizi dan vitamin untuk diolah menjadi energi. Tubuh pun akan mudah letih dan iritasi pada lambung akibat sel kanker akan menyebabkan muntah darah bila sudah akut. Istilah hematemesis dipakai dalam dunia medis untuk menyebut muntah darah. (Baca Juga: Ciri-Ciri Kanker Hati yang Sangat Mematikan)

10. Tinja Berwana Kehitaman

Gejala kanker lambung yang paling parah dan sudah terindikasi memasuki stadium gawat adalah bila tubuh sudah mengeluarkan tinja yang berwarna kehitaman. Tinja hitam diakibatkan oleh gangguan proses sekresi tubuh akibat kegagalan lambung mengolah dan menyerap gizi dari makanan. Berobat ke dokter adalah mutlak dilakukan di tahap ini. (Baca juga: Cara mencegah kanker lambung)

Penyakit kanker lambung memang gawat dan sangat membutuhkan kewaspadaan dan penanganan serius. Namun, bila kita sudah memahami secara dini informasi soal ciri dan gejala kanker lambung, kita akan dapat mendeteksi dengan mudah dan mempermudah proses pengobatan yang berjalan. Selalu perhatikan setiap sinyal sekecil apapun yang diberikan tubuh kita agar kita terhindar dari bahaya kanker lambung.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 11:07 Oleh :
Kategori : Kanker Lambung