Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Cara Penularan Virus Penyebab Kanker Kulit

ads

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang patut diwaspadai. Kanker kulit merupakan jaringan kulit yang sel-selnya mengalami suatu ketidaknormalan. Penyebab kanker kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari sengatan matahari secara langsung, gaya hidup, genetik, tanning bed, dan infeksi kulit. Baru-baru ini ditemukan salah satu penyebab kanker kulit adalah virus. Virus yang menyebabkan kanker kulit adalah virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks, dan virus HIV yang menyebabkan seseorang terkena penyakit AIDS, sehingga kehilangan sistem imun untuk melindunginya.

Virus memiliki struktur yang berbeda dengan bakteri. Virus dapat berkembang dengan cepat sehingga harus dilakukan penanganan segera jika terlihat tanda-tanda mulai terinfeksi oleh virus. Virus melakukan infeksi melalui ribosom sel. Ketika virus terpisah dari induk virus harus segera memperoleh media agar dapat berkembang biak. Jika Virus tidak segera mendapat media virus tidak akan berkembang, namun juga tidak mudah dimusnahkan.

Virus HPV

Kebanyakan orang mengenal HPV sebagai salah satu virus penyebab kanker serviks. Namun demikian, baru-baru ini ditemukan bahwa HPV dapat juga menjadi penyebab terjangkitnya kanker kulit selain virus HIV. Virus HPV pada dasarnya menginfeksi jarang kulit. Ada banyak jenis virus HPV, 60 diantaranya dapat menimbulkan kutil pada area permukaan kulit bebas, sedangkan 40 diantaranya memicu kutil di sekitar alat kelamin. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk mencari tahu apakan virus HPV memegang peranan langsung terjadinya kanker kulit. Hal ini dikarenakan ternyata hasil penelitian lanjutan menunjukkan bahwa perkembangan virus HPV sebagai penyebab kanker meningkat tidak hanya pada kanker serviks saja, namun juga kanker rahim dan kanker anal.

Virus HIV

Virus HIV menyebabkan tubuh penderitanya kehilangan sistem imunitas. Sehingga hal ini menyebabkan tubuh yang terinfeksi virus HIV menjadi lebih rentan terserang berbagai macam penyebab penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit kronis seperti kanker kulit.

Proses Penularan Kanker Kulit yang Disebabkan Virus

Penyakit digolongkan menjadi 2 macam, yaitu menular dan tidak menular. Rata-rata jika penyakit yang disebabkan oleh virus, memiliki kemungkinan penularan yang lebih besar dibandingkan penyakit akibat faktor genetik. Pada kanker kulit yang disebabkan oleh virus memiliki sifat menular. Sehingga kita harus berhati-hati agar tetap dapat menjaga tubuh dalam kondisi yang sehat. Berikut ini merupakan proses penularan yang mungkin terjadi:

Sponsors Link

  1. Sentuhan langsung pada area yang luka

Sentuhan secara langsung pada area yang luka si penderita tentu saja dapat menyebabkan penularan penyakit. Hal ini dikarenakan darah sel dara penderita telah terinfeksi virus, dan tidak menutup kemungkinan darah yang dikeluarkan juga dapat menjadi sebuah media penularan.

  1. Menggunakan alat mandi bersama

Dengan menggunakan alat mandi bersama akan semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya penularan. Virus dapat berada dimana saja, dan virus dapat hidup dimana saja, karena sifatya virus sangat sulit untuk dimusnahkan kecuali tubuh telah membentuk antibodi sendiri. Tidak menutup kemungkinan melalui pakaian, karena munculnya keringat penderita dapat menjadi penyebab penularan penyakit.

  1. Transfusi darah dari tubuh penderita

Virus dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dikarenakan bagian pertama yang diserang adalah darah. Darah merupakan tempat paling nyaman bagi virus untuk menyebarkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itulah seseorang yang sedang berada dalam kondisi sakit dan disebabkan oleh virus, dokter ataupun petugas donor darah tidak memperbolehkan untuk melakukan proses donor dan transfusi darah. Hal ini dikarenakan virus akan terbawa oleh sel darah sehingga terjadi penularan kepada orang lain.

  1. Menggunakan alat makan bersama

Sebisa mungkin jika Anda hidup satu rumah dengan penderita kanker kulit, maupun penyakit lainnya yang menular, sediakan alat makan tersendiri untuk penderita. Bukan untuk mengucilkan, namun hanya mengantisipasi agar tidak semakin banyak orang yang terjangkit penyakit yang serupa. Tidak menutup kemungkinan alat makan terkena virus melalui gusi yang berdarah, atau infeksi di dalam mulut.

Sponsors Link

  1. Menggunakan peralatan perawatan tubuh bersama

Perawatan tubuh bersama dalam hal ini adalah barang pribadi seperti sisir, alat cukur, potongan kuku. Gunakan alat-alat tersebut secara sendiri. Bagian tubuh yang bertumbuh, tentu saja ada faktor hubungan darah di dalam tubuh. Sehingga saat terjadi pemotongan seperti kuku, rambut, jenggot, tidak menutup kemungkinan pada bagian tersebut telah memiliki virus yang menular.

  1. Hubungan seksual

Sudah dapat dipastikan penularan melalui hubungan seksual adalah melalui organ reproduksi manusia. Oleh karena itu janganlah Anda berganti-ganti pasangan dan jangan melakukan hubungan seksul dengan pasangan yang tidak jelas riwayat kesehatannya. Untuk meminimalisir terjadinya penularan, Anda dapat menggunakan alat pengaman seperti kondom saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda.

Kebanyakan kanker kulit menyerang bagian tubuh yang sering tersengat oleh sinar matahari. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari sentuhan pada area tumbuhnya sel kanker dengan penderita untuk mencegah penyebaran penyakit. Selain melakukan 6 usaha yang telah disebutkan, Anda dapat melakukan usaha tambahan dengan mengkonsumsi buah dan sayur sumber senyawa antioksidan untuk mencegah terserang virus penyebab kanker. Selain kanker kulit, penyakit kanker lainnya yang penularannya dapat melalui virus yaitu kanker rahim, kanker serviks, dan kanker hati.

Jika Anda mulai terinfeksi oleh virus penyebab kanker, dan mulai menunjukkan gejala kanker kulit, maka segera lakukan penanganan awal dengan memeriksakan diri ke dokter dan mulai merubah pola hidup Anda sehari-hari. Terapkan pola hidup sehat. Hindari tubuh dari konsumsi makanan sehari-hari penyebab kanker dan mengganti dengan konsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker. Jika Anda sudah mulai menjalani perawatan, lakukan pemeriksaan secara rutin agar Anda dapat memastikan kondisi tubuh Anda sudah terbebas dari penyakit yang hinggap di tubuh Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 24th, April 2016 / 23:18 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit