Sponsors Link

11 Gejala Kanker Kulit Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Kanker kulit adaah salah satu jenis kanker yang sering dianggap tidak terlalu berbahaya dibanding kanker jenis lain. Akibatnya, banyak orang yang menganggap enteng penyakit ini hingga tak abai akan gejala-gejala yang timbul. Padahal, apapun jenisnya kanker adalah penyakit serius yang patut diwaspadai.

Sponsors Link

Berbicara soal kanker, masyarakat masih beranggapan bahwa kanker biasanya akan menyerang pada usia dewasa. Faktanya, banyak anak-anak yang dapat terpapar kanker baik karena kelainan bawaan sejak lahir atau virus yang menyerang saat masa pertumbuhan. Gejala kanker kulit pada anak sangat penting untuk diperhatikan dan diperiksakan sejak dini agar dokter dapat memutuskan tindakan medis dan penanganan yang paling tepat.

Penyebab kanker kulit bisa beragam, salah satunya yang paling umum adalah akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang memiliki tingkat radiasi sangat tinggi yaitu mencapai 97% dan langsung menembus kulit yang tidak dilindungi lapisan sunblock cream. Selain itu, ciri ciri kanker kulit bisa juga disebabkan oleh cacat bawaan lahir atau kelainan DNA saat di kandungan meski angkanya sangat minim.

Sebagai orangtua, Anda harus jeli memperhatikan kesehatan anak Anda. Bila menemukan gejala kanker kulit seperti yang dijelaskan di bawah ini, segera periksakan ke dokter untuk ditangani lebih lanjut dan penyebarannya tidak melebar ke organ-organ vital lain. Gejala kanker kulit pada anak dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Benjolan Berbentuk Asimetris

Gejala paling dini dan selalu menandai kehadiran penyakit kanker adalah benjolan. Pada kanker kulit, benjolan yang muncul biasanya berbentuk asimetris atau tidak beraturan bila diperhatikan secara dekat. Berhati-hatilah bila buah hati Anda memiliki benjolan semacam itu dan segera periksakan ke dokter kulit agar diketahui dengan pasti dan mendapat penanganan tepat.

2. Benjolan dengan Pinggiran Tidak Rata

Bila Anda menemukan benjolan yang bagian pinggirannya tidak rata dan memiliki tekstur cenderung kasar bila diraba pada anak, Anda patut berhati-hati. Benjolan jenis ini juga dapat menjadi pertanda awal bahwa anak mengidap kanker kulit stadium awal.

3. Benjolan Berukuran Abnormal

Selain dilihat dari bentuk dan teksturnya, benjolan yang mengindikasikan kanker dapat dilihat dari ukuran diameternya yang tak wajar. Coba periksa, apakah pada tubuh anak Anda ada benjolan yang diameternya lebih besar dari diameter sebuah pensil? Jika iya, maka hal ini patut dikhawatirkan dan harus segera diperiksakan lebih lanjut.

4. Memiliki Tompel

Tompel, kerap dianggap sebagai tanda lahir khas yang pada setiap orang yang memilikinya ukurannya bisa berbeda-beda. Biasanya tompel terdapat pada bagian wajah, ditumbuhi sedikit rambut dan berwarna hitam. Bila tompel pada anak Anda nampak makin besar dengan rambut yang makin lebat tumbuh di atasnya, maka Anda perlu waspada. Tompel yang membesar dapat menjadi pertanda gejala kanker kulit yang serius. Oleh karena itu, pemeriksaan sedini mungkin sangat diperlukan agar resiko yang timbul kedepan dapat lebih diminimalisir.

5. Tahi Lalat

Setiap orang pasti punya tahi lalat. Biasanya, tahi lalat hanya berbentuk bintik-bintik cokelat atau kehitaman yang bisa ditemukan di berbagai bagian kulit. Namun, waspadalah bila tahi lalat pada anak Anda yang semula hanya berbentuk bintik-bintik kecil tiba-tiba tampak membesar. Tahi lalat yang membesar, apalagi jika disertai dengan tumbuhnya rambut, bisa saja merupakan gejala kanker kulit pada anak. Oleh karena itu, segera periksakan anak Anda ke dokter untuk mengetahui apakah tahi lalat tersebut berbahaya atau tidak.

Sponsors Link

6. Kulit Mudah Memerah (Terbakar)

Anak-anak memang senang bermain di luar ruangan, namun ada baiknya Anda lebih teliti lagi memperhatikan apakah kulitnya cenderung mudah memerah karena terbakar oleh sinar matahari sehabis bermain di luar ruangan atau saat pergi ke pantai. Biasanya, anak-anak yang memiliki kulit putih dan pucat cenderung lebih mudah terbakar dan berwarna kemerahan. Hal ini dapat mengindikasikan anak Anda memiliki gejala kanker kulit jenis melanoma.

7. Kulit Kaki Bersisik

Gejala kanker kulit juga dapat terdeteksi dari kaki. Bila kaki anak terdapat benjolan yang disertai sisik seperti mutiara putih, bisa jadi itu adalah gejala kanker kulit. Sekecil apapun luka dan benjolan yang timbul di kaki anak harus diperhatikan dan diwaspadai sehingga bisa diberikan penanganan yang tepat sebelum terjadi kanker.

8. Kulit Berdarah

Area kulit dimana benjolan tumbuh atau tahi lalat berada tiba-tiba berdarah dan mengelupas tanpa adanya benturan atau luka? Segera bawa anak Anda ke dokter karena itu jelas merupakan pertanda gejala awal kanker kulit akibat kerusakan sel-sel di bawah kulit yang telah terinfeksi oleh kanker kulit.

9. Rambut Memerah

Bila rambut anak Anda yang berwarna hitam tiba-tiba berubah kemerahan atau bahkan pirang. Anda harus lebih waspada dan memeriksakannya ke dokter. Perubahan warna rambut seperti ini tidaklah wajar dan dapat menjadi sebuah penanda adanya suatu hal yang tidak beres pada kulit kepala anak dimana itu bisa jadi merupakan gejala kanker kulit.

10. Kelainan Pada Kuku

Gejala kanker kulit juga dapat terindikasi pada kuku. Waspadalah bila kuku anak Anda berubah warna menjadi cokelat tua atau cokelat muda, ukurannya bertambah lebar, berwarna kebiruan, tampak pucat dan terdapat warna putih di bawah kuku. terdapat garis merah dan gelap di bagian ujung serta kondisinya sering lembab padahal anak Anda tidak berkeringat. Hal itu dapat mengindikasikan gejala kanker kulit atau sistem organ yang bermasalah pada tubuh anak Anda.

Sponsors Link

11. Bibit Kering, Panas, dan Gatal

Kanker kulit juga dapat timbul pada area bibir karena bibir juga merupakan lapisan kulit. Kanker kulit pada bibir dapat menyebabkan kanker mulut bila terlambat ditangani dengan tepat. Gejala kanker kulit pada bibir dapat dilihat dari kondisi-kondisi seperti bibir yang kering, terasa gatal dan panas, ada benjolan kecil berwarna merah muda dan bersisik, mengalami iritasi, nyeri bila disentuh, mengalami mati rasa, mengalami pendarahan, bau mulut yang berlebihan dan kondisi bibir terasa bengkak dan menebal. Bawa segera anak Anda ke dokter karena gejala-gejala tersebut sangat jelas mengindikasikan bahwa kanker telah menyerang.

Bila Anda telah memahami gejala kanker kulit pada anak di atas, sekarang saatnya Anda lebih waspada dan teliti saat memeriksa kondisi tubuh anak Anda. Bila anak Anda sehat dan tidak menunjukkan gejala-gejala seperti di atas, Anda tetap harus hati-hati dan sebisa mungkin menjaga anak Anda agar menghindari penyebab kanker kulit. Ada beberapa tips yang mudah dan ampuh untuk diterapkan pada anak untuk cara mencegah kanker kulit sebagai berikut:

  • Selalu gunakan sunblock cream saat akan beraktivitas di luar ruangan dan bepergian ke area terbuka dengan paparan sinar matahari yang terik. Sunblock adalah perlindungan kulit terbaik dari radiasi sinar ultraviolet matahari yang merupakan faktor utama penyebab kanker kulit.
  • Hindari berada di bawah terik sinar matahari antara pukul 9 pagi sampai 4 sore. Jam-jam tersebut adalah saat dimana sinar matahari sedang terik-teriknya.
  • Konsumsi makanan dan minuman kaya vitamin E seperti susu almond, ikan salmon, dan buah-buahan untuk menutrisi kulit agar lebih banyak memproduksi melamin alami sebagai perlindungan terhadap ultraviolet matahari.
  • Gunakan kacamata hitam saat terpaksa berada di bawah terik matahari. Selain melindungi mata, kacamata juga melindungi area kulit sekitar mata agar tidak terpapar langsung sinar matahari.

Demikian ulasan mengenai gejala kanker kulit pada anak yang harus diwaspadai dan diperhatikan secara seksama khususnya bagi orang tua. Pencegahan memang lebih baik, namun deteksi dini gejala kanker kulit pada anak juga akan sangat bermanfaat agar sel-sel kanker tidak menyebar lebih luas dan menimbulkan komplikasi lain yang berbahaya bagi anak. Semoga anak Anda selalu sehat dan terhindar dari penyakit apapun.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 05:22 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit