Sponsors Link

12 Ciri ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat (Paling Berbahaya)

Sponsors Link

Jerawat adalah benjolan kecil yang terdapat pada area wajah. Banyak orang yang mengaitkan kemunculan jerawat dengan masa pubertas seseorang. Mereka beranggapan bahwa jika seseorang masih berjerawat maka ia masih berada dalam masa pubertas. Padahal anggapan demikian tidak sepenuhnya benar. Jerawat dapat muncul akibat dari adanya kotoran yang menumpuk dan mengendap di bawah kulit sehingga menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat lalu terbentuklah benjolan kecil berupa jerawat. Kemunculan jerawat pun dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya seperti stress yang berlebihan, jarang membersihkan area wajah sehingga kotoran menumpuk, pengaruh hormonal, konsumsi makanan tinggi lemak, rendahnya konsumsi sayur serta buah, dan sebagainya. (Baca juga : Bahaya Kanker Kulit)

Sponsors Link

Sebenarnya kemunculan jerawat di area wajah adalah hal lumrah yang biasa terjadi terutama pada usia remaja. Apalagi jika seseorang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, tentunya jerawat dapat menjadi ‘penghuni’ langganan pada area wajah mereka. Namun, bukan berarti kemunculan jerawat bisa dianggap sepele karena ternyata jerawat pun dapat menjadi indikasi penyakit lain yaitu kanker kulit. (Baca juga : Ciri ciri Kanker Kulit)

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah penyakit ganas yang dapat menyerang siapa saja dan organ apapun di bagian tubuh. Kanker kulit sebenarnya bukan penyakit baru di Indonesia, kasus kanker kulit sudah ada sejak beberapa tahun silam dan bahkan beberapa diantaranya pun ada yang tidak dapat terselamatkan. Namun mereka yang tak terselamatkan akibat kanker kulit memang tak sebanyak kasus kanker lainnya seperti kanker serviks dan kanker payudara, sehingga penyakit ini tidak terlalu terdengar keganasannya seperti dua penyakit kanker tersebut. Walaupun demikian kanker kulit bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele, terlebih gejala kemunculannya dapat berupa jerawat yang mungkin saja tidak disadari oleh penderitanya. Lalu, apa sajakah ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat? Berikut diantaranya: (Baca juga : Penyebab Kanker Kulit)

  1. Jerawat yang Berbentuk Asimetris

Tentunya kita semua sudah mengetahui dengan pasti bagaimana bentuk dari jerawat. Di area wajah, jerawat yang normal dapat berupa benjolan ataupun berbentuk seperti bulatan. Bentuk jerawat yang normal tersebut tentunya berbeda dengan jerawat yang menjadi indikasi dari kanker kulit. Mengidentifikasi bentuk jerawat yang berbeda dengan jerawat biasa memang sedikit sulit untuk dilakukan, namun jika terdapat jerawat yang tidak hilang dalam jangka waktu cukup lama, cobalah untuk mulai memperhatikan bentuknya. Jerawat yang merupakan kanker kulit memiliki bentuk asimetris, yaitu bentuknya menyerupai bulatan yang tidak beraturan, tidak seperti jerawat pada umumnya. Bentuk bagian atau sisi kiri dan kanan dari jerawat ini akan terlihat berbeda. Jika tetap sulit mengenalinya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter agar bisa diidentifikasi lebih lanjut. (Baca juga : Pengobatan Kanker Kulit)

  1. Jerawat Tidak Hilang Dalam Jangka Waktu Lama

Dengan ataupun tanpa melakukan perawatan, jerawat biasanya akan dapat hilang hanya dalam hitungan hari ataupun minggu saja. Walaupun setelah itu bekas dari jerawat tersebut akan meninggalkan noda ataupun jaringan parut yang hilangnya membutuhkan waktu beberapa bulan. Apabila terdapat jerawat pada wajah Anda yang tidak hilang dalam jangka waktu lama (dalam hitungan bulan atau bahkan tahun), maka Anda perlu mewaspadainya karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan indikasi awal adanya kanker kulit.

Terlebih jika semakin lama jerawat malah menjadi semakin banyak. Sebaiknya pun apabila wajah sedang berjerawat janganlah sesekali mencoba untuk memencetnya agar jerawat menjadi kempes dan hilang. Karena yang terjadi justru sebaliknya, jerawat akan meninggalkan bekas pada wajah dan bisa jadi jerawat yang dipencet tersebut bukan jerawat biasa melainkan kanker kulit. Hal ini tentunya akan semakin memperparah penyakit tersebut. (Baca juga : Gejala Awal Kanker Kulit)

Sponsors Link

  1. Tekstur yang Kasar

Selain bentuknya yang asimetris, kanker kulit yang menyerupai jerawat pun memiliki tekstur yang berbeda jika dibandingkan dengan jerawat biasa. Jerawat biasa yang sekalipun terkadang dapat menimbulkan rasa sakit ketika diraba memiliki tekstur yang halus. Berbeda dengan kanker kulit. Jika diperhatikan secara teliti, tekstur dari kanker kulit akan terasa kasar terutama pada bagian pinggir dari benjolan. Waspadai jika Anda memiliki jerawat yang ciri-cirinya seperti demikian. (Baca juga : Tanda Kanker Paru Paru , Tanda Kanker Payudara Mulai Sembuh)

  1. Diameter Jerawat yang Berubah-ubah

Ukuran jerawat memang bermacam-macam, ada yang kecil namun ada juga yang besar sehingga sangat mengganggu. Namun, biasanya jerawat yang berukuran besar sekalipun lama kelamaan akan mengecil dengan sendirinya jika jerawat sudah mulai mengempis. Kondisi demikian berbeda dengan kanker kulit yang menyerupai jerawat. Kanker kulit ini biasanya berukuran cukup besar dibandingkan jerawat pada umumnya, diameternya dapat berubah-ubah, dan biasanya memiliki diameter yang ukurannya tidak wajar.(Baca juga : Bahaya Kanker Kulit Melanoma , Manfaat Nanas Untuk Kanker)

  1. Perbedaan Warna

Jerawat, baik yang berukuran besar, sedang, ataupun kecil biasanya memiliki warna yang kemerahan, dengan ataupun tanpa bintik putih di bagian tengahnya. Berbeda dengan kanker kulit yang menyerupai jerawat. Kanker kulit biasanya memiliki warna yang tidak merata dan umumnya berwarna gelap seperti cokelat atau bahkan hitam di bagian tengah sementara bagian pinggirnya berwarna sedikit lebih muda. Coba perhatikan, apakah di area wajah Anda terdapat jerawat yang berwarna demikian? (Baca juga : 1Gejala Kanker Kulit Pada Anak, Kanker Mata)

Sponsors Link

  1. Perubahan Bentuk

Selain diameternya yang berubah-ubah, bentuk dari kanker kulit yang menyerupai jerawat ini juga dapat mengalami perubahan dari minggu ke minggu. Perubahan bentuk ini juga dapat dipengaruhi oleh perubahan diameter pada kanker kulit seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika terdapat jerawat yang tidak hilang dalam beberapa minggu, cobalah untuk memperhatikan bentuknya, apakah mengalami perubahan atau tidak. Jika iya, maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk identifikasi lebih lanjut. (Baca juga : Gejala Kanker Hati Stadium 4, Cara Mencegah Kanker Otak)

Itulah beberapa ciri kanker kulit yang menyerupai jerawat. Sedikit sulit untuk mengenalinya karena terkadang ciri-ciri tersebut tidak dapat dilihat secara kasat mata karena sangat mirip dengan jerawat pada umumnya. Beberapa orang bahkan membutuhkan bantuan tenaga medis yang lebih ahli untuk dapat mengidetifikasi kanker kulit yang menyerupai jerawat tersebut. (Baca juga : Gejala Kanker Kulit , Ciri-ciri Kanker Otak)

Kanker kulit dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan dalam kondisi kulit yang sedang tidak dalam perlindungan. Selanjutnya paparan tersebut membawa radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada kulit. Karenanya, jika ingin beraktivitas di lapangan yang sekiranya akan terkena sinar matahari langsung, gunakanlah perlindungan pada kulit seperti menggunakan sunblock ataupun pelembab pada wajah. Alasan penggunaan produk ini bukanlah hanya untuk estetika semata, tetapi juga untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi matahari yang berlebihan sehingga dapat menghindari diri dari kanker kulit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 15th, March 2017 / 05:35 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit