Sponsors Link

9 Pengobatan Kanker Kulit dan Perawatannya

ads

Pilihan pengobatan untuk kanker kulit dan lesi kulit prakanker dikenal dapat dilakukan dengan bervariasi, tergantung pada ukuran, jenis, kedalaman dan lokasi lesi. Ciri-ciri kanker kulit yang telah didiagnosa tenaga medis, memerlukan pengobatan yang tepat untuk menghilangkan jaringan kanker secepatnya, sebelum menjalar pada jaringan sehat lainnya.

Sejumlah pilihan pengobatan kanker kulit ini termasuk ((skincancer.org, Treament Options, diakses 13 November 2014)) ((skincancer.org, Actinic Keratosis Treatment Options, diakses 13 November 2014 )) ((skincancer.org, Basal Cell Carcinoma Treatment, diakses 13 November 2014)) :

1. Operasi Mohs Micrographic

Dokter melakukan pengangkatan tumor yang terlihat dengan lapisan sangat tipis dari jaringan di sekitarnya. Lapisan ini segera diperiksa di bawah mikroskop secara menyeluruh. Jika tumor masih hadir di kedalaman atau pinggiran jaringan di sekitarnya, prosedur harus diulang sampai lapisan terakhir dilihat di bawah mikroskop. Hal ini sering digunakan pada tumor yang telah terulang atau didaerah kritis di sekitar mata, hidung, bibir, dan telinga, serta leher, tangan dan kaki.

2. Operasi Eksisi

Dokter bedah melakukan pengangkatan untuk mengambil seluruh jaringan pertumbuhan sel. Luka di sekitar lokasi bedah kemudian ditutup dengan jahitan. Jaringan yang dipotong kemudian dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan mikroskopis untuk memverifikasi bahwa semua sel kanker telah diangkat.

3. Operasi Elektro

Sel kanker dikerok dengan kuret panas yang dihasilkan oleh jarum elektrokauter untuk menghancurkan tumor residu dan kontrol perdarahan. Prosedur ini biasanya diulang beberapa kali, hingga lapisan yang lebih dalam untuk memastikan tidak ada sel-sel tumor tetap. Hal ini dapat menghasilkan tingkat kesembuhan mendekati orang-orang dari operasi eksisi. Namun tidak dianggap efektif untuk situs yang sulit, seperti kelopak mata, alat kelamin, bibir dan telinga.

4. Cryosurgery

Dokter menghancurkan jaringan tumor dengan membekukan nitrogen cair. Tidak ada pemotongan atau perdarahan dan tidak ada anestesi. Prosedur ini dapat diulang beberapa kali pada sesi yang sama untuk membantu memastikan penghancuran semua sel-sel ganas. cryosurgery mungkin pengobatan yang aman untuk pasien dengan gangguan perdarahan atau intoleransi terhadap anestesi. Namun, ia memiliki angka kesembuhan keseluruhan yang lebih rendah daripada metode bedah.

Sponsors Link

5. Radiasi

Sinar X-ray diarahkan langsung pada tumor, namun tidak memerlukan pemotongan atau anestesi. Penghancuran tumor biasanya membutuhkan serangkaian perawatan, yang diberikan beberapa kali selama 1-4 minggu atau kadang-kadang setiap hari selama satu bulan. Terapi ini terutama digunakan untuk tumor yang sulit diobati dengan pembedahan, serta pasien yang tidak disarankan untuk melakukan operasi seperti orang tua atau orang-orang dengan kesehatan yang buruk.

6. Terapi Photodynamic

Terapi photodynamic ini dilakukan pada sel kanker yang tumbuh pada wajah dan kulit kepala. Topikal asam 5-aminolevulinic (5-ALA), agen photosensitizing ini diterapkan pada lesi. Selanjutnya daerah yang diberikan obat, dikenai cahaya yang kuat untuk mengaktifkan 5-ALA. Perawatan selektif ini dapat menghancurkan tumor, dengan hanya menyebabkan sedikit kerusakan kulit di sekitarnya yang normal, meskipun pembengkakan dan kemerahan pada kulit sering terjadi.

7. Operasi Laser

Operasi laser menggunakan karbon dioksida yang difokuskan ke lesi dan pemotongan dilakukan melalui jaringan tanpa menyebabkan perdarahan. Ini adalah pilihan yang baik untuk lesi di daerah kecil atau sempit dan karena itu dapat sangat efektif untuk kanker pada wajah dan kulit kepala. Namun anestesi lokal mungkin diperlukan dan gangguan pigmen mungkin dapat terjadi. Operasi laser memberikan kontrol dokter atas kedalaman jaringan yang diambil dan kadang-kadang juga digunakan sebagai terapi sekunder ketika teknik lain tidak berhasil.

8. Obat Tipikal

  • Imiquimod adalah Krim yang digosok lembut ke tumor, lima kali seminggu selama enam minggu atau lebih. Ini adalah jenis pertama dalam kelas baru pengobatan gejala kanker kulit, yang bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.
  • 5-fluorouracil (5-FU) adalah cairan atau salep lembut usapkan ke tumor dua kali sehari selama tiga sampai enam minggu.
Sponsors Link

Efek samping pengobatan ini dapat bervariasi untuk setiap pasien. Beberapa infeksi tersebut misalnya mengalami rasa tidak nyaman, kulit kemerahan, iritasi, dan peradangan.

9. Terapi Kombinasi

Jika mungkin salah satu bentuk pengobatan saja belum memberikan hasil yang baik, kombinasi beberapa bentuk mungkin akan memberikan penyembuhan. beberapa pilihan pengobatan yang dijelaskan diatas, sangat efektif bila digunakan bersama-sama atau secara berurutan. Pendekatan terapi kombinasi ini dapat dilakukan untuk meningkatkan presentasi kesembuhan dan mengurangi efek samping. Misalnya, Satu sampai dua minggu menggunakan obat tipikal 5-FU yang diikuti dengan cryosurgery. Hal ini mkemungkinan akan mengurangi waktu penyembuhan dan mengurangi kemungkinan bintik-bintik putih setelah cryosurgery.

Terapi Alternatif Untuk Perawatan Kanker Kulit

Setelah didiagnosa mengalami kanker kulit satu-satunya pengobatan yang dapat diterima adalah dengan perawatan medis. Pendekatan alternatif mungkin berguna untuk mengurangi mual, muntah, pengobatan-kanker-kulit-1kelelahan, dan sakit kepala dari kemoterapi, radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker kulit lebih lanjut. Pastikan untuk mendiskusikan pengobatan alternatif pada dokter yang menangani. Hal ini termasuk juga nutrisi yang harus dicukupi para penderita kanker kulit.

Ahli kulit tahu bahwa mineral seng dan antioksidan vitamin A (beta-karoten), C, dan E dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan tubuh dan kulit yang sehat. Para peneliti banyak melakukan percobaan untuk menentukan adanya unsur-unsur gizi, yang dapat melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar matahari. Untuk menguji teori ini, pasien kanker kulit yang dipilih diberi suplemen eksperimental vitamin, dengan harapan dapat mencegah kambuhnya kanker. Namun sampai saat ini, tidak ada bukti yang meyakinkan agen vitamin ini dapat membantu kanker kulit ((webmd.com, Skin Cancer Treatment, diakses 13 November 2014)).

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, November 2014 / 09:32 Oleh :
Kategori : Kanker Kulit